Pantai Ngurtafur – Pesona Indah Pantai Pasir Putih yang Membelah Lautan

1618
Pantai Ngurtafur
img via: https://dolandolen.com/wp-content/
Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

Pantai Ngurtafur, sebuah pantai indah yang terletak di Pulau Woha, Maluku Tenggara ini memang memiliki daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung dan menghabiskan waktu liburan mereka sembari menikmati keindahan pantai.

Nama pantai ini sendiri terdiri dari 2 kata yakni ngur yang berarti pasir, dan tafur yang berarti timbul (menurut bahasa warga setempat). Sebab memang pantai ini memiliki hamparan pasir sepanjang 2 km, yang timbul ketika air laut sedang surut.

Dan ketika momen inilah, kamu akan melihat keindahan Pantai Ngurfatur yang amat sangat sayang untuk dilewatkan ketika berwisata ke Pulau Woha, Maluku Tenggara.

Daya Tarik Pantai Ngurtafur

Ketika kamu berwisata ke Maluku Tenggara, tentu tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi Pantai Ngurtafur, sebab ada beragam hal menarik yang bisa kamu temukan di sini, seperti:

1. Berjalan di Tengah Lautan Lepas

Ketika berada di Pantai Ngurtafur kamu akan melihat bagaimana hamparan pasir yang muncul ketika air laut sedang surut. Dan pada momen inilah kamu bisa merasakan sensasi berjalan di tengah lautan lepas dengan pemandangan yang indah tentunya.

View Pantai Ngurtafur
img via: https://trekpapua.files.wordpress.com/

Dan tentu saja pada saat momen hamparan pasir muncul inilah kamu bisa berfoto bersama teman, keluarga, ataupun pasanganmu. Sebab pemandangan yang ditampilkan juga tak kalah menarik tentunya.

Namun kamu harus tetap berhati-hati ketika menyebrang di hamparan pasir ini. Sebab ketika air laut kembali pasang, hamparan pasir yang timbul akan kembali tertutup seperti semula. Jadi, pastikan kamu menanyakan perihal waktu air laut surut dan pasang, ya.

2. Berfoto dengan Burung Pelikan

Ketika berkunjung ke Pantai Ngurtafur dan menyebrangi hamparan pasir yang membelah lautan tadi, jika kamu beruntung kamu akan menemukan burung pelikan yang juga berkunjung ke hamparan pasir di Pantai Ngurtafur ini.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Wisata Alam Indonesia Terbaik untuk Liburan
Menyaksikan-Burung-Pelikan di Pantai Ngurtafur
img via: https://cdn.nativeindonesia.com/

Kamu bisa berfoto ataupun melihat keindahan burung pelikan yang biasanya hanya bisa kamu lihat di kebun bintang. Namun tetap berhati-hati ya, karena mungkin saja ada larangan untuk tidak memberi makan burung pelikan sembarangan.

3. Spot Foto yang dengan Pemandangan yang Luar Biasa Indah

Spot Foto di Pantai Ngurtafur
img via: https://phinemo.com/wp-content

Keindahan alam Pantai Ngurtafur sendiri memang tiada duanya. Dengan hamparan pasir putih bersih dan lembut, ditambah dengan birunya laut dengan putihnya awan yang menaungi, tentu keindahan alam ini menjadi spot foto yang instagramable.

Itulah mengapa, banyak para wisatawan yang mengabadikan momen dalam bentuk foto ataupun video akan keindahan Pantai Ngurtafur ini.

Lokasi Pantai Ngurtafur

Untuk sampai ke Pantai Ngurtafur, jika kamu berangkat dari Jakarta kamu bisa menggunakan pesawat menuju Bandara Karen Sadsuitubun di Kota Langgur, dengan menempuh perjalanan sekitar 5 jam.

Setelah sampai di Bandara kamu bisa menuju ke Pelabuhan Ohoi Debut, dan melanjutkan perjalanan dengan menyewa perahu yang disewakan di sana. Atau kamu bisa melihat lokasinya di Google Maps.

Jam Operasional Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur sendiri beroperasi setiap harinya, selama 24 jam. Namun untuk waktu terbaik menikmati hamparan pasir yang muncul ketika air laut surut adalah pada bulan April-Mei, dan Oktober-Desember.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngurtafur

Untuk berkunjung ke sini, kamu tidak akan dikenakan biaya sepeserpun, tapi kamu harus mengeluarkan uang untuk menyewa perahu sekitar 1 juta rupiah per perahu yang mampu menampung sekitar 8 sampai 10 orang. Jadi, kamu bisa split bill jika berkunjung bersama teman-temanmu.

Dan itulah tadi ulasan mengenai Pantai Ngurtafur yang indah. Gimana nih, sudah siap untuk memasukkan Pantai Ngurtafur kedalam wishlist liburan kamu?