Bagikan Artikel
5
(1)

BookingToGo – Halo sahabat BookingToGo! Bali selalu saja mempunyai tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi dan selalu asyik untuk dibahas, bukan? Kali ini kami ingin memberikan informasi wisata Bali yang populer bernama Pura Ulun Danu Bratan. Tempat wisata ini mengenai pura estetik yang lokasinya ada di tepi danau Bratan. Suasana tempat wisata ini sangat sejuk, karena Pura Ulun Danu Bratan ini berlokasi di dataran tinggi mencapai 1200 meter diatas permukaan laut. Yuk, mari kita ulas saja isi artikelnya. Isi kontennya ada dibawah ini:

Isi Konten

    1. Pura Ulun Danu Bratan dimana?
    2. Berapa harga tiket masuk Pura Ulun Danu Bratan?
    3. Kapan dan jam berapa objek wisata Ulun Danu Bratan buka?
    4. Apa yang menjadi daya tarik wisata di Pura Ulun Danu Bedugul?
    5. Wahana dan aktifitas apa saja yang bisa dilakukan saat berwisata?

 

 

Alamat Beserta Peta Lokasi

Lalu, Pura Ulun Danu Bratan dimana lokasinya? Lokasinya ada di Jalan Raya Bedugul, Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Kalau kamu dari Pantai Kuta, untuk pergi ke Pura Ulun Danu Bratan sekitar 2 jam perjalanan dengan mobil. Sebagai orang modern, pakai GPS Maps aja. Biar kamu lebih mudah juga untuk menuju ke tempat wisatanya. Tinggal klik “get directions” di map bawah ini:

Harga Tiket Masuk (HTM) Pura Ulun Danu Bratan

Berikut adalah tabel informasi harga tiket masuk (htm) Pura Ulun Danu Bratan, Bedugul, Bali:

Kategori Harga Tiket Masuk
Dewasa (Domestik) 30.000 rupiah
Anak-anak (Domestik) 20.000 rupiah
Dewasa (Turis Internasional) 75.000 rupiah
Anak-anak (Turis Internasional) 50.000 rupiah

Sumber: ulundanuberatan.com (2020)

Kamu juga harus bayar biaya parkir, bukan? Berikut adalah tabel informasi biaya parkir:

Kategori Biaya Parkir
Motor 3.000 rupiah
Mobil 5.000 rupiah
Bis 10.000 rupiah

Sumber: ulundanuberatan.com (2020)

Jam Operasional (Jam Buka & Jam Tutup)

Pura Ulun Danu Bratan buka setiap hari jam 07:00 – 19:00 WITA. Waktu terbaik untuk datang ke wisata ini adalah sekitar jam 08:00 – 10:00. Karena selain suasananya lebih sejuk, biasanya di jam segitu tempat wisatanya lebih sepi pengunjung. Jadi jika kamu mau foto, akan lebih leluasa lagi.

bookingtogo-tiket-pesawat-bali
Advertisement: Pesan Tiket Pesawat Murah ke Bali melalui BookingToGo

Daya Tarik Pura Ulun Danu Bratan 

Pura Ulun Danu Bratan masuk peringkat 10 besar objek wisata yang paling banyak dikunjungi Turis di Bali. Menurut Humas Ulun Danu (dilansir dari Kompas), wisatawan pada Oktober 2020 sudah menembus angka 5.000 orang. Hal ini sudah menunjukan betapa populer-nya objek wisata satu ini.

Lalu apa sih yang membuat wisata ini begitu menarik? Pura Ulun Danu Bedugul ini menyediakan pura yang unik dan estetik di tepi danau. Selain pura, di objek wisata pura ulun danu bedugul ini juga ada kebun dengan bunga yang bervariatif. Suasana yang sejuk dan alam yang asri di sekitar pura, menjadikan objek wisata ini sangat memanjakan mata.

Yang menjadi daya tarik utama dari Pura Ulun Danu Bedugul adalah terdapat dua puranya yang telihat seperti mengapung di tepi danau Bratan. Pura Ulun Danu Bratan ini pernah jadi gambar mata uang rupiah 50.000, loh. Tapi untuk mata uang 50.000 rupiah keluaran tahun 2005-2016. Kalau tahun 2016 keatas sampai saat ini, sudah ganti gambarnya. Masih ingat? mata uang kita dulu pernah seperti ini:

mata-uang-50.000-rupiah-tampak-depan-tahun-2005-2016
Mata uang 50.000 rupiah tampak depan pada tahun 2005 – 2016. Ada gambar pahlawan nasional Indonesia, I Gusti Ngurah Rai
Sumber: en.wikipedia.org (2013), Credit: Bank Indonesia
mata-uang-50.000-rupiah-tampak-belakang-tahun-2005-2016
Mata uang 50.000 rupiah tampak belakang pada tahun 2005 – 2016. Ada gambar Pura Ulun Danu Bratan
Sumber: en.wikipedia.org (2008), Credit: Bank Indonesia

Selain itu, kamu tau tidak kalau Pura Ulun Danu itu ada dua di Bali? Iyap, ada dua! Pura Ulun Danu yang lagi kita bahas itu ada di danau Bratan. Yang satunya lagi ada di danau Batur di Kabupaten Bangli. Itulah kenapa orang-orang selalu membedakannya dengan nama danau-nya. Bratan ya berarti di danau Bratan, jika Batur ya berarti di danau Batur.

Wahana & Aktifitas di Pura Ulun Danu Bratan

Misalnya kita sudah sampai nih di Pura Ulun Danu Bedugul. Lalu ngapain ya? Nah, kami sudah ngelist hal yang bisa kamu lakukan saat berada di wisata ini. Ada banyak kok, things to do-nya, Berikut adalah listnya:

Foto dengan latar belakang Pura di tepi danau

pura-ulun-danu-bratan-bedugul-bali
Foto asyik di Pura ulun Danu Bratan
Sumber: freepik.com (2020)

Sudah pasti, dong? Masa iya kita jalan-jalan tidak foto. Kamu harus selalu mengabadikan setiap momen saat kamu berada di Bali dengan berfoto atau buat vlog. Selain pura, ada banyak loh spot foto kece, ada kebun bunga yang cantik, ada juga aksesori buatan untuk background foto. Banyak deh, explore saja dan foto setiap spot yang menurut kamu kece.

>>Baca destinasi atau objek wisata Bali lainnya: Garuda Wisnu Kencana, Pura Uluwatu, Pantai Lovina, Monkey Forest Ubud.

Foto bersama binatang di Ulun Danu Bratan Bali

Di wisata Ulun Danu Bratan ini kamu bisa foto bersama dengan binatang, loh. Binatang yang ada di wisata ini bervariasi. Ada ular piton kuning, burung hantu, kelelawar, bunglon, elang, burung rangkong dan masih banyak lagi. Berani tidak? Ayo, silahkan dicoba foto dengan binatangnya.

foto-dengan-ular-piton-di-ulun-danu-bedugul
Ular Piton Kuning di Ulun Danu Bratan
Sumber: ulundanuberatan.com (2016)

Naik speedboat untuk mengelilingi danau Bratan

wahana-speed-boat-di-pura-ulun-danu-bedugul
Sumber: ulundanuberatan.com (2016)

Banyak orang belum tau kalau kamu bisa sewa perahu speedboat untuk mengelilingi danau Bratan. Cobain deh, kamu hanya perlu bayar uang sekitar 100.000 – 185.000 / 1 kali putaran. Harga tergantung kapasitas dan jenis speedboatnya, ada yang kapasitas 4 orang, ada juga yang 8 orang. Selain speedboat, ada juga perahu angsa, loh. Kamu pilih saja mau naik yang mana.

Hati-hati ya kalau main wahana speedboat atau perahu angsa ini. Kamu harus tau, kedalaman danau Bratan bisa mencapai 88 meter (info dari wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Bratan). Jika kamu bawa anak-anak untuk naik wahana ini, mohon untuk dijaga dengan baik, ya.

Aktifitas memancing di tepi danau

memancing-di-danau-bratan-bedugul-bali
Sumber: ulundanuberatan.com (2016)

Kamu senang memancing tidak? Jika ya, untuk informasi saja, disekitar pura tepi danau ada yang menyewakan alat pancing untuk wisatawan. Biasanya, orang pada memancing ikan di jembatan arah sisi kiri pura. Untuk biayanya terjangkau kok, hanya 10.000 rupiah termasuk umpannya. Kamu juga bisa memancing sepuasnya, sampai sore juga tidak apa-apa. Ikan yang ada di danau Bratan bervariatif, ada ikan mujair, ikan mas / karper, ikan lele, dan ikan tawes.

Kulineran di area sekitar pura 

ulun-danu-bratan-resto
Restoran Ulun Danu Bratan
Sumber: ulundanuberatan.com (2016)

Di area sekitar pura ulun danu bedugul ada banyak banget kuliner enak untuk kamu cobain. Dari makanan ringan seperti jagung bakar dan es krim, bahkan sampai restoran yang menyediakan makanan yang mengenyangkan perut pun ada disini.

Di restoran kamu bisa makan ayam bakar, ikan bakar, sup, dan aneka minuman dan makanan pencuci mulut. Usahakan kamu pilih restoran yang menyediakan daftar menu berserta harganya, ya. Biar kamu juga bisa memperkirakan berapa harga setiap makanan yang kamu pilih.

Beli oleh-oleh di Pura Ulun Danu Bedugul

toko-oleh-oleh-di-ulun-danu-bratan-bedugul-bali
Foto toko oleh-oleh di wisata pura ulun danu bedugul
Sumber: ulundanuberatan.com (2016)

Jika kamu ingin keluar dari tempat wisata, di sekitaran gerbang keluar ada toko-toko kecil yang menjual oleh-oleh khas bali. Ada yang jual kaos, tas, topi, gantungan kunci, aneka cemilan khas bali, dan lain sebagainya. Keliling saja dan lihat souvenirnya, siapa tau ada ingin kamu beli.

 

Kami rasa itulah informasi yang bisa kami berikan tentang Pura Ulun Danu di Bedugul. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca setia blog.bookingtogo.com. Ikuti terus artikel kami selanjutnya atau daftar newsletter agar tidak ketinggalan informasi dari kami. Jangan lupa untuk rating artikel kami dan beri komentar. Segala feedback dari pembaca bisa menjadi acuan untuk kami dalam memberikan informasi wisata yang lebih baik lagi. Thank You!

 

 

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here