Taman Sungai Mudal, Secuil Keindahan Alam yang Menawan

1543
Taman Sungai Mudal Kulon Progo
via IG @taufiqashari1
Bagikan Artikel
5/5 - (4 votes)

Taman Sungai Mudal – Menjadi salah satu Kota dengan destinasi wisata alam yang indah, Jogja tak hentinya membuat para wisatawan ingin kembali lagi dan lagi.

Walaupun kawasan Yogyakarta lebih dikenal dengan Malioboro-nya, ternyata kota satu ini juga memiliki banyak destinasi wisata alam yang sangat indah.

Dan rata-rata, destinasi wisata alam yang ada di Jogja ini merupakan hidden gem yang mungkin belum pernah kamu temukan sebelumnya.

Seperti pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas beberapa tempat wisata di Jogja yang menjadi pusat destinasi wisata favorit untuk para pengunjung, seperti Watu Amben, Jurang Tembelan, dan Tumpeng Menoreh.

Berfoto di Kawasan Sungai Mudal Jogja
via IG @herulakbar21 / @wulanproboo

Dan salah satu destinasi wisata alam yang cukup tenar serta menjadi ‘surga’ kecil di Jogja adalah Sungai Mudal, yang terletak di kawasan Kulon Progo.

Objek wisata Sungai Mudal atau Taman Sungai Mudal ini, merupakan destinasi wisata berupa air terjun yang sumber airnya berasal dari kedalam Goa.

Sejarah singkat dari destinasi wisata ini sendiri bermula dari sebuah air terjun yang tak terurus, yang mana airnya sendiri baru akan mengalir atau terlihat ketika musim hujan tiba.

Namun karena kesadaran masyarakat sekitar, akhirnya mereka mengelola tempat ini dengan membersihkan dan mempercantik kawasan sekitar, hingga akhirnya air terjun sepanjang 600 meter ini menjadi taman sungai yang indah, dengan pemandangan yang menawan.

Taman Sungai Mudal Kulon Progo Yogyakarta

Alamat Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta
Harga Tiket Masuk Gratis
Jam Operasional Setiap hari (08.30 – 15.30)
Fasilitas Gazebo, Camping Ground, Toilet umum, Kantin Spot foto
Google Maps Klik di sini

Daya Tarik Taman Sugai Mudal

Walaupun berbeda dengan tempat wisata pada umumnya yang mana lebih diharapkan indah pada saat tidak turun hujan, Taman Sungai Mudal justru sebaliknya.

Baca Juga:  Tidak Mudik? Ini 7 Rekomendasi Tempat Wisata yang Buka Saat Lebaran Selain Mall

Sebab keindahan dari air sungai yang mengalir ini akan terlihat jauh lebih indah selepas hujan atau ketika debit air sedang meningkat.

Walaupun demikian, pesona dari taman air terjun ini juga tak kalah menarik ketika musim kemarau. Suara gemericik air terjun masih bisa didengar pengunjung, dengan penuh warna-warni bunga disekitar area sungai.

Keindahan Alam Sungai Mudal Kulon Progo
via ksmtour.com / beritagar.id

Selain itu, ada juga jembatan bambu yang kerap digunakan pengunjung untuk berswafoto dengan pemandangan alam yang indah.

Untuk bisa sampai ke titik Sungai Mudal, pengunjung bisa melewati tangga kecil yang terbuat dari bambu. Selain itu pengunjung juga bisa menemukan beberapa kolam air terjun dengan tingkat yang berbeda.

Fasilitas di Sungai Mudal

Walaupun masuk dalam destinasi wisata alam, tempat ini juga sudah menyediakan beberapa fasilitas umum untuk para pengunjung, seperti

  • Gazebo
  • Camping Ground
  • Toilet umum
  • Kantin
  • Spot foto

Tiket Masuk

Untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke sini, biaya tiket masuknya sendiri masih gratis dan para pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan sekitar Rp 2.000 – Rp 5.000 saja.

Lokasi dan Jam Operasional

Taman Sungai Mudal berlokasi di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta.

Destinasi wisata ini beroperasi setiap hari, dari pukul 08.30 – 15.30 yang biasa disambangi pengunjung baik dari dalam kawasan Jogja, maupun luar Jogja.

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.