Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

Wisata alam di Jogja memang tak hentinya berhasil menghipnotis para wisatawan domestik maupun luar, untuk berkunjung dan menghabiskan waktu libur mereka.

Sebagaimana kita tau, Jogja sendiri memang dikenal dengan beragam tempat wisata dan juga hidden gem serta beragam jenis kulinernya yang khas.

Belum lagi dengan culture dan keindahan alam yang ditawarkan, membuat Jogja menjadi salah satu destinasi favorit pengunjung, untuk melepas penat.

5 Wisata Alam di Jogja

Dengan beragam keindahan alam yang dimiliki, berikut ini BookingToGo sudah merangkum beberapa destinasi wisata alam di Jogja, yang bisa menjadi sarana short escape kamu untuk melepas penat.

1. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan
via cahndeso.id
Tiket Masuk Rp 5.000
Lokasi Sukorame, Dusun Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Wilayah Spesial Yogyakarta
Jam Operasional 06.00 – 19.00

Menjadi salah satu destinasi ekowisata yang cukup terkenal, Hutan Pinus Mangunan bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang ingin berlibur sembari menyatu dengan alam.

Destinasi wisata ini menghadrikan beragam pohon pinus yang memberi suasana teduh para pengunjung yang hadir, dan tentu saja pemandangan di sini sangat instagramable dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Selain itu, tempat ini juga memiliki beragam wahana serta spot menarik lain, seperti rumah pohon, taman bunga, hammock, gardu pandang, anjungan perahu, taman rumput sintetis, rumah hobbit, pentas teater alam, outbond.

2. Goa Pindul

Goa Pindul
via goapindul.com
Tiket Masuk Anak-anak Rp20.000
Dewasa Rp40.000
Lokasi Jalan Goa Pindul Ajang 2, RT.3/RW.16, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Wilayah Spesial Yogyakarta
Jam Operasional 07.00 – 19.00

Selain keindahan alam berupa hutan pinus, ternyata Jogja juga memiliki wisata alam lain berupa Goa Pindul.

Wisata alam ini akan membawa kamu untuk menyusuri indahnya Goa Pindul dengan mengenakan ban karet dengan panjang rute perjalaan sekitar 350 meter, yang memakan waktu hampir 1 jam.

Selama penyusuran, kamu bisa menikmati keindahan Goa Pindul yang berusia ratusan tahun, dengan suasana yang tenang, dan juga sejuk.

Selepas itu para pengunjung bisa berenang atau bermain air disekitar pintu keluar Goa, atau sekedar berfoto.

Selain dari harga tiket masuk yang tertera di atas, kamu masih akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000 yang sudah termasuk tour guide, minuman/snack, jaket pelampung, ban, sepatu karet, dan transportasi penjemputan keluar Goa.

3. Pantai Ngamblor

Pantai Nglambor
via wisato.id
Tiket Masuk Rp5.000 – Rp10.000
Lokasi Desa Purwodadi, Dusun Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Wilayah Spesial Yogyakarta.
Jam Operasional 24 jam

Selanjutnya ada Pantai Ngamblor yang juga menjadi spot favorit para pengunjung, untuk menikmati keindahan pantai yang bersebelahan dengan Samudera Hindia.

Kana letak geografisnya yang berdampingan dengan Samudera Hindia, tak heran jika ombak Pantai Ngamblor cukup besar.

Tapi tak usah khawatir, karena di sekitar pantai ini ada 2 gunung karang besar yang berfungsi untuk memecah ombak, sehingga ombak yang sampai ke tepi pantai cukup tenang.

Ada banyak spot foto yang instagramable dan kamu juga bisa menewa peralatan snorkeling dengan biaya sekitar 50.000 100.000 saja.

4. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut
via jogjatourwisata.id
Tiket Masuk Rp11.000
Lokasi Jl. Kutogiri Gunung Warna, Desa Kembang, Dusun Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Wilayah Spesial Yogyakarta
Jam Operasional 08.00 – 16.00

Selanjutnya ada Air Terjun Kedung Pedut, yang juga merupakan destinasi wisata alam yang cukup banyak dikunjungi.

Nama Kedung Pedut sendiri berasal dari bahasa Jawa yang mana Kedung berarti kolam, sedangkan Pedut berarti kabut.

Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki kolam bertingkat dengan kedalaman sekitar 2 – 5 meter.

Selain itu, keunikan lain dari air terjun ini ialah warna airnya yang memiliki 2 warna, yakni bening, dan biru tosca yang tercipta akibat pantulan sinar matahari pada bebatuan sungai.

Para pengunjung biasa menikmati derasnya air terjun di kolam paling bawah, sembari menikmati beragam tempat menarik seperti spot foto, jembatan bambu, hammock, dan juga flying fox.

5. Blue Lagoon

Air Terjun di Blue Wagoon Jogja
via ksmtour.com
Tiket Masuk Rp 10.000
Lokasi Dusun Dalam, Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Wilayah Spesial Yogyakarta
Jam Operasional 08.00 – 17.00

Yang terakhir ada Blue Lagoon. Salah satu wisata alam di Jogja ini merupakan pemandian dari sumber mata air di tengah hutan, yang di kelola dengan baik oleh warga sekitar, sehingga menjadi tempat wisata.

Pemandian ini menyajikan beragam keindahan alam, serta suasana yang sejuk sebab dikelilingi oleh pepohonan yang rindang.

Para pengunjung bisa bermain air, berenang, atau sekedar duduk santai sembari menikmati keindahan alam yang disediakan, sembari berfoto bersama.

Untuk kamu yang ingin menikmati liburan di salah satu destinasi wisata alam yang ada di Jogja, BookingToGo bisa banget wujudin keinginan kamu nih!

Dengan promo tiket pesawat dan juga hotel di GREAT DEALS 10.10, kamu bisa dapat potongan harga untuk pemesanan hotel, dan tiket pesawat.

Promo 1010

Jadi Tunggu apalagi? Yuk pesan tiket pesawat dan juga hotel di BookingToGo sekarang juga!


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...