Tugu Tani Jakarta : Sejarah dan Pesona Wisata di Jakarta Pusat

Bagikan Artikel
0
(0)
5/5 - (1 vote)

Tugu Tani Jakarta – sebuah landmark yang berada di Kota Jakarta Pusat, tepatnya di kawasan lapangan Monas (Monumen Nasional). Tugu ini punya nilai sejarah yang sangat tinggi karena pernah jadi saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia untuk melawan penjajah Belanda pada masa lalu loh.

Tugu Tani sendiri punya bentuk yang unik dan menarik, yaitu berupa patung seorang petani dengan berbagai hasil pertanian di tangannya, yang diletakkan di sebuah pilar tinggi dengan relief-relief perjuangan rakyat Indonesia pada masa lalu. Selain sebagai landmark, Tugu ini juga jadi salah satu objek wisata yang cukup populer di Jakarta, karena keindahan dan pesona sejarahnya.

Sejarah Tugu Tani

Tugu ini diresmikan pada tanggal 20 Januari 1962 oleh Presiden Soekarno. Pembangunan Tugu Tani sendiri dimulai pada tahun 1953 oleh arsitek Indonesia, bernama Frederich Silaban. Tugu ini juga dibangun sebagai penghormatan dan penghargaan untuk para petani Indonesia yang telah berjuang dan berkorban untuk kemerdekaan Indonesia.

Pada masa penjajahan Belanda, para petani di Indonesia menjadi korban kebijakan yang merugikan mereka, seperti pemaksaan sistem tanam paksa dan pengambilan tanah-tanah pertanian mereka untuk kepentingan pihak kolonial Belanda. Tugu ini dibangun untuk mengenang perjuangan para petani, dan untuk menginspirasi generasi muda Indonesia agar tetap menghargai jasa para pejuang dan merawat nilai-nilai nasionalisme.

Pesona Tugu Tani Jakarta

Tugu ini punya pesona yang sangat menarik untuk dijelajahi loh. Buta para wisatawan yang berkunjung ke Jakarta, Tugu Tani jadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi, karena selain sebagai landmark, Tugu ini juga memiliki nilai sejarah dan keindahan yang menarik.

Salah satu pesona yang menonjol dari Tugu Tani adalah bentuk patung petani yang ada di atas pilar. Patung tersebut sangat mengesankan, karena memberikan gambaran nyata tentang kesederhanaan dan keuletan para petani Indonesia dalam mengolah tanah mereka. Patung petani di Tugu ini juga memiliki makna yang dalam, yaitu bahwa Indonesia adalah negara agraris yang berbasis pada hasil-hasil pertanian.

Di sekitar Tugu ini juga terdapat berbagai macam tanaman yang disusun dengan rapi dan indah, sehingga memberikan nuansa hijau yang menenangkan. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan lapangan Monas yang indah dari ketinggiannya.

Rekomendasi Hotel di Dekat Tugu Tani Jakarta

Nah, buat kamu yang mau berkunjung ke Tugu Tani Jakarta, ada beberapa rekomendasi hotel yang sudah Booking To Go rangkum buat kamu nih dan bisa jadi pilihan menginap di sekitar lokasi wisata tersebut. Berikut adalah rekomendasi hotelnya:

Mercure Jakarta Sabang

hotel Mercure Jakarta Sabang
Hotel Mercure Jakarta Sabang

Hotel Mercure Jakarta Sabang ini berjarak sekitar 1,5 kilometer dari Tugu Tani. Selain itu, hotel ini juga dekat dengan tempat-tempat wisata populer lainnya di Jakarta, seperti Monumen Nasional, Sarinah, dan Plaza Indonesia. Mercure Jakarta Sabang memiliki fasilitas yang lengkap, seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan spa.

Hotel Borobudur Jakarta

Hotel Borobudur Jakarta

Hotel Borobudur Jakarta terletak sekitar 3 kilometer dari Tugu Tani. Hotel ini menawarkan pemandangan yang indah dari kebun tropis dan kolam renang yang luas. Selain itu, hotel ini juga dilengkapi dengan fasilitas olahraga dan rekreasi, seperti lapangan tenis, pusat kebugaran, spa, tempat bermain anak dan sebagainya.

Hotel Pullman Jakarta

Hotel Pullman Jakarta
Hotel Pullman Jakarta

Pullman Jakarta Indonesia terletak sekitar 2,5 kilometer dari Tugu Tani. Hotel ini memiliki fasilitas yang lengkap, seperti kolam renang, pusat kebugaran, spa, tempat penukaran mata uang, serta diperbolehkannya binatang peliharaan untuk masuk ke hotel. Selain itu, Pullman Jakarta Indonesia juga dekat dengan beberapa tempat wisata populer lainnya di Jakarta, seperti Monumen Nasional dan Kota Tua

Hotel Arya Duta Menteng

Hotel Aryaduta menteng
Hotel Aryaduta menteng

Hotel Arya Duta Menteng adalah hotel bintang 5 yang memiliki total 76 kamar yang terbagi menjadi beberapa jenis kamar, yaitu Superior, Signature, Junior, Club, Signature, Pool, Terrace, Business dan Ambassador Room. Hotel ini juga menawarkan berbagai fasilitas dan layanan, seperti restoran, bar, ruang rapat, layanan laundry dan dry cleaning, layanan antar-jemput bandara dengan biaya tambahan, dan layanan resepsionis 24 jam. Hotel ini berada dekat dengan berbagai tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan kawasan bisnis.

Itulah 4 rekomendasi hotel yang bisa jadi pilihanmu selama mengunjungi Tugu Tani Jakarta. Selain hotel-hotel tersebut, masih banyak hotel lainnya yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu, buat kamu yang bingung mau Booking Hotelnya kamu bisa banget pesan di Booking To Go loh, yuk segera rencanakan sekarang!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like