Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

Kebun Raya Indrokilo – Hai BTG Traveler udah pernah berlibur ke Boyolali belum? baru baru ini ada kebun raya yang sempat dijadikan sebagai kebun raya terbaik se-Indonesia loh. Namanya Kebun Raya Indrokilo.

Kebun raya indrakilo
Kebun raya indrakilo credit by maulana pradika

Kebun raya yang berada di Mojosongo, Boyolali ini merupakan salah satu bentuk inisiatif pemerintah boyolali dalam menggerakan konservasi dan pelestarian alam di Indonesia. Kebun raya indrokilo yang dibuka pada Mei 2019 lalu ini berdiri di area persawahan seluas 8,9 Hektar, dan merupakan tempat yang cocok banget untuk bersantai sambil menikmati keindahan serta angin yang sepoi.

Yuk coba kita jelajahi lebih dalam tentang Kebun Raya Indrokilo ini dan apa aja sih yang bisa kamu temukan disini.

Baca Juga: Bestie Kopi Solo, Tempat Ngopi Santai di Dekat UMS

Harga Tiket Masuk Dan Denah Lokasi

Sebelum kamu memasuki area kebun raya ini kamu diharuskan membeli tiket masuknya dulu ya BTG Traveler. Pembelian tiket bisa dilakukan secara offline di loket masuk maupun online di aplikasi Si Boy yang bisa kamu download disini untuk tarif tiket masuknya pun hanya dikenakan sebesar Rp. 5.500/orang

Hari Jam Operasional Tarif
Selasa – Minggu 08.00 – 16:00 WIB Rp. 5.500
Senin Tutup

Dilansir dari Instagram Kebun Raya Indrokilo, selain biaya tiket masuk kamu juga bisa melakukan reservasi kegiatan dengan biaya sebagai berikut:

Tiket masuk kebun raya indrokilo
Source Instagram Kebun Raya Indrokilo

Kamu juga bisa menggunakan denah lokasi ini sebagai referensi ketika berada di lokasi ya BTG Traveler.

denah lokasi taman indrokilo boyolali
denah lokasi taman indrokilo boyolali source from kebunrayaindrokilo.boyolali.go.id

Alamat : Area Sawah, Butuh, Kec. Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Google Maps)

7 Spot Ikonik yang Bisa Kamu Temukan

Apa aja sih daya tarik dari Kebun Raya Indrokilo ini? coba yuk cek spot yang udah minboo rangkum dan bisa kamu temui disini.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Batam Kekinian dan Tempatnya

1. Gerbang Pasingsingan

Gerbang pasingsingan indrokilo
Gerbang Pasingsingan credit by Misbakhul Munir

Spot pertama yang bisa kamu temui disini adalah Gerbang Pasingsingan, gerbang yang memiliki tinggi 12 meter dan lebar 25 meter ini terinspirasi dari Monumen Chiang Kai Shek di Taipei loh.

Spot satu ini juga merupakan gerbang pintu selamat datang di kebun raya indrokilo dan merupakan spot ikonik yang bisa kamu temui pertama.

2. Patung Sosro Birowo

Patung sosro birowo
Patung Ajian Sosro Birowo credit by asep cahyo prasetyo

Kemudian kamu juga akan menemui patung yang memiliki tinggi 17 meter disini, yang diberi nama Patung Sosro Birowo, patung ini adalah tokoh dalam ilmu ajian sakti mahesa jenar.

Diceritakan mahesa jenar adalah sosok yang tangguh dan kuat, dia memiliki ajian yang bernama sosro birowo, ajian yang hanya dengan gerak tangan sederhana saja dia dapat membelah batu sebesar kepala kerbau, serta ajian tersebut konon dapat membuat takut jin dan hantu karena dapat menghancurkan bahkan membakar makhluk halus.

3. Replika Mini Air Terjun Niagara

Air Terjun Niagara Indrokilo
Replika Air Terjun Niagara credit by Sulistiyo Wibowo

Spot kedua yang bisa kamu temui adalah replika Air terjun Niagara. Air terjun yang memiliki tinggi 7 meter ini merupakan sebuah miniatur atau replika dari air terjun niagara yang berada di Amerika Serikat.

Sumber air dari replika ini berasal dari sungai sekitar yang dibendung alirannya, dan airnya dialirkan ke hulu tebing dari replika air terjun, sehingga akhirnya menyajikan air terjun mini yang indah.

4. Bermain di Taman Labirin

Taman labirin indrokilo
Taman Labirin credit by N Heru S

Selanjutnya kamu bisa menemukan spot yang unik lagi disini yaitu taman labirin, taman yang satu ini adalah taman unik yang memanfaatkan jenis tumbuhan yang dapat dibentuk menjadi jalanan liku layaknya labirin.

Taman ini jika dilihat dari atas memiliki bentuk gunungan wayang yang melambangkan persatuan bangsa loh.

5. Taman Paku

Rumah Kubah Taman Paku
Berfoto di Rumah Kubah Taman Paku credit by Najib Knc

Kemudian Spot selanjutnya ada taman paku, taman ini adalah taman tematik yang ada di indrokilo, lokasi ini sendiri digunakan sebagai taman konservasi penyelamatan tumbuhan langka yang hampir punah.

Baca Juga:  Istilah di Perhotelan yang Harus Kamu Tahu

Rumah yang berbentuk kubah ini mengoleksi berbagai tanaman tematik loh, seperti tanaman paku, tanaman obat, dan tanaman hias.

6. Ecological House

Ecological House
Sewa sepeda hanya Rp. 5 000 credit by Renald Hadi Prasetya

Spot selanjutnya yang bisa kamu temui adalah Ecological house, lokasi ini merupakan kantor sekretaris sekaligus pusat pengelola kebun raya indrokilo.

Selain itu disini kamu juga bisa menyewa sepeda loh, hanya cukup dengan Rp. 5.000 kamu bisa berkeliling di area kebun raya indrokilo dengan puas.

7. Bahtera Nabi Nuh di Fitur Lukisan Kolam

bahtera nabi nuh
Fitu Lukisan Kolam, bangunan bahtera nabi nuh credit by NOVI ANITRA

Terakhir yang bisa kamu temui disini adalah fitur lukisan kolam, uniknya fitur lukisan kolam ini sendiri memiliki bangunan berbentuk replika kapal nabi nuh. Menurut bupati boyolali Drs. Seno Samodro, lokasi ini akan diisi dengan beberapa lukisan dari para seniman terkemuka dari seluruh daerah.

Sesuai dengan cerita nabi nuh, nantinya lokasi ini akan dilengkapi dengan berbagai patung hewan yang berpasang pasangan yang sedang keluar dari bahtera.

Fasilitas Pendukung Kebun Raya Indrokilo

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Kios atau Warung
  • Menara pandang
  • Taman
  • Sepeda kayuh dan Sepeda listrik

Capek Berkeliling di Boyolali Enaknya Staycation Bareng BookingToGo!

Nah itu dia 7 spot ikonik yang bisa kamu temukan di Kebun Raya Indrokilo, sebenarnya masih banyak loh selain 7 spot diatas yang bisa kamu jadikan background foto dan aktivitas lainnya. Penasaran? Yuk langsung aja ke Boyolali, jangan lupa booking hotel, pesawat dan kereta nya di BookingToGo, ada Promo aMayzing dari Indodana juga yaa! Smart Booking, Easy Travel!

Promo Tiket Hotel Mei 2023

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.