Cek Ini Wisata Kuliner Palangkaraya Yang Wajib Kamu Datangi

Kalumpe
Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

wisata kuliner Palangkaraya – Palangkaraya memang dianugerahi dengan wisata alam yang indah. Tapi, liburan ke Palangkaraya tentu saja tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas yang dimilikinya. Ada banyak tempat dan makanan yang bisa BTG Traveler jika ingin mencoba wisata kuliner Palangkaraya. Mulai dari makanan berat sampai dengan camilan ringan.

Buat BTG Traveler yang tertarik dengan wisata kuliner, berikut ini beberapa wisata kuliner khas Palangkaraya yang bisa BTG Traveler coba:

1. Kalumpe

Kalumpe
Kalumpe via Youtube.com

Kisaran Harga : mulai dari Rp10.000

Kalumpe sebenarnya adalah masakan tradisional khas suku Dayak yang berasal dari Kalimantan Tengah. Selain disebut sebagai kalumpe, makanan ini juga sering disebut sebagai karuang. Menu ini adalah sayur singkong dengan kuah santan kental.

Untuk membuat kalumpe, daun singkong direbus kemudian ditumbuk. Kemudian, daun singkong disiram dengan kuah santan panas. Biasanya, kalumpe disajikan dengan taburan ikan goreng, kacang, dan bawang goreng. Dan dinikmati bersama sambal merah dan nasi putih hangat.

2. Hintalu Karuang

Hintalu Karuang
Hintalu Karuang via youtube.com

Kisaran Harga : mulai dari Rp12.500

Secara harfiah, wisata kuliner Palangkaraya ini berarti telur kelelawar. Nama tersebut diambil dari bahasa Dayak. Namun, meskipun secara nama memiliki arti yang ekstrem, makanan ini dibuat dari bahan yang aman dan halal.

Sekilas, hintalu karuang terlihat mirip dengan biji salak atau candil. Hanya saja, bahan pembuatnya berbeda. Umumnya, biji salak dibuat dari singkong atau tepung singkong. Sedangkan dalam pembuatan hintalu karuang, bahan yang digunakan adalah ketan.

Selain itu, kuah biji salak biasanya berupa bubur encer yang terbuat dari kanji. Sedangkan kuah hintalu karuang terbuat dari gula aren dan santan. Sehingga rasanya lebih legit dan kenyal. Kalau ingin mencoba wisata kuliner Palangkaraya satu ini, BTG Traveler bisa menemukannya di pasar tradisional atau beberapa warung khusus.

3. Lontong Banjar

Lontong Banjar
Lontong Banjar via cookpad.com

Kisaran Harga : mulai dari Rp20.000

Tidak sulit menemukan lontong banjar di Palangkaraya. BTG Traveler bisa menemukannya hampir di setiap rumah makan di kota ini. Biasanya, lontong banjar disajikan dengan kuah santan, telur pedas, dan ayam lembek. Untuk sayurnya, BTG Traveler bisa memilih antara sayur nangka dengan sayur asem.

Biasanya, lontong banjar dinikmati di pagi hari sebagai menu sarapan. Tapi kalau mau, kamu juga bisa menikmatinya sebagai menu makan siang. Agar lebih nikmat, kamu juga bisa menikmati lontong banjar ini bersama kerupuk dan es teh manis.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Wisata Malam Pontianak Terbaru

4. Wadi Patin

Wadi Patin
Wadi Patin via osc.medcom.id

Kisaran Harga : mulai dari Rp35.000

Sesuai namanya, wisata kuliner Palangkaraya satu ini terbuat dari ikan patin. Namun, ikan patin yang diolah melalui proses fermentasi terlebih dahulu. Sehingga menghasilkan cita rasa asam dan asin yang unik.

Setelah melalui proses fermentasi, ikan patin diolah sesuai keinginan. Biasanya, ikan patin ini akan diolah dengan cara dikukus atau pun digoreng. Agar semakin nikmat, jangan lupa untuk menikmatinya bersama sambal serai dan nasi hangat yang baru masak.

5. Keripik Kalakai

Keripik Kalakai
Keripik Kalakai via indonesiakaya.com

Kisaran Harga : mulai dari Rp10.000

Keripik Kalakai adalah salah satu camilan khas masyarakat Dayak. Biasanya, keripik ini menjadi salah satu oleh-oleh wisata kuliner Palangkaraya. Sesuai namanya, keripik ini terbuat dari tanaman Kalakai yang banyak tumbuh di Palangkaraya.

Masyarakat Dayak percaya kalau mengonsumsi kalakai dapat memberikan banyak manfaat. Termasuk meredakan diare, menambah darah, dan bahkan menjaga tubuh tetap awet muda.

Untuk membuat keripik kalakai, kalakai muda dibersihkan dan dimasukkan dalam adonan tepung bumbu. Selanjutnya, daun kalakai digoreng dan siap disajikan. Sensasi renyah dan rasa yang gurih akan terasa lezat dan nagih di mulut.

6. Jelawat Goreng

Jelawat Goreng
Jelawat Goreng via cookpad.com

Kisaran Harga : mulai dari Rp40.000

Ikan jelawat adalah salah satu ikon di Kalimantan Tengah karena merupakan hewan khas setempat. Tidak heran kalau banyak wisatawan yang tertarik untuk mencicipi wisata kuliner Palangkaraya satu ini. Kalau BTG Traveler sedang datang ke Palangkaraya, pastikan kamu mencoba ikan satu ini, ya.

Biasanya, ikan jelawat diolah dengan cara dibakar. Namun, ikan jelawat yang digoreng juga menawarkan rasa yang tidak kalah enak. Perpaduan rasa yang unik, daging yang lembut, rasa yang gurih, dan tekstur yang renyah akan berpadu dalam mulut kamu dengan pas. Apalagi kalau dinikmati bersama nasi hangat dan es jeruk manis.

7. Juhu Umbut Rotan

Juhu Umbut Rotan
Juhu Umbut Rotan via cookpad.com

Kisaran Harga : mulai dari Rp10.000

Wisata kuliner Palangkaraya satu ini merupakan salah satu kuliner warisan leluhur suku Dayak. Konon, leluhur suku Dayak yang mencabut sendiri rotan di hutan tropis Kalimantan. Meskipun begitu, saat ini juhu umbut rotan bukan hanya dimasak oleh suku Dayak.

Untuk membuat juhu umbut rotan, rotan yang digunakan adalah rotan muda atau tunas rotan. Pada awalnya, rasa tunas rotan cenderung pahit dan gurih. Karena itu, dibutuhkan bumbu khusus untuk mengolahnya. Namun, setelah diproses dan dimasak, rasanya akan terasa gurih, asam, dan sedikit pahit dari bumbunya. Sedangkan teksturnya sendiri akan terasa kenyal, dan tidak keras.

Baca Juga:  Gili Ketapang, Keindahan Wisata Seperti Gili Lombok di Probolinggo

8. Bangamat

Bangamat
Bangamat via travel.okezone.com

Kisaran Harga : mulai dari Rp25.000

Tertarik untuk menikmati kuliner ekstrem? Palangkaraya juga punya wisata kuliner Palangkaraya dengan menu ekstrem yang disebut bangamat. Bangamat sendiri dibuat dari kelelawar besar atau kalong.

Namun, tidak sembarang kalong digunakan untuk makanan ini. Suku Dayak hanya menggunakan kelelawar pemakan buah saja. Salah satu alasannya karena ukurannya yang lebih besar dari jenis kelelawar lainnya.

Kemudian, kalong akan dibersihkan dulu sebelum diolah. Termasuk membuang kuku, serta bulu kasarnya. Selanjutnya, bagian usus, punggung, sayap, dan dagingnya akan dimasak. Biasanya, bangamat diolah dengan menggunakan banyak bumbu. Ada juga yang mengolahnya bersama sayur hati batang pisang yang dipotong-potong.

9. Lemang

Lemang
Lemang via goodnewsfromindonesia.id

Kisaran Harga : mulai dari Rp10.000

Wisata kuliner Palangkaraya satu ini sebenarnya lebih identik sebagai makanan Melayu. Karena dulu, banyak orang Melayu yang juga tinggal di Kalimantan. Sehingga, makanan khas keduanya mengalami beberapa kemiripan.

Sekilas, lemang memang cukup mirip dengan lontong. Bentuknya memanjang dan terbuat dari beras. Hanya saja, lontong dibuat dari beras putih, sedangkan lemang terbuat dari beras ketan. Selain itu, proses pembuatannya juga berbeda. Lemang dimasak dengan menggunakan bambu. Sehingga rasanya lebih nikmat dan aromanya juga lebih harum.

Biasanya, lemang disajikan jika ada acara-acara adat atau perayaan besar. Seperti pesta adat atau pernikahan. Tapi, BTG Traveler juga bisa menemukan wisata kuliner Palangkaraya lemang di berbagai rumah makan yang menjual makanan khas Palangkaraya.

Liburan Tenang No Worry, Gak Rugi Di BookingToGo!

Promo Tiket Pesawat Boookingtogo

Itulah beberapa wisata kuliner Palangkaraya yang bisa BTG Traveler coba saat liburan ke Palangkaraya. Agar lebih aman dan tenang, jangan lupa untuk mengecek aplikasi dan website Bookingtogo sebelum memesan. Bookingtogo menyediakan tiket pesawat dan hotel dengan harga dan penawaran terbaik untuk perjalanan ke Palangkaraya dan wilayah lainnya di Indonesia. Selamat liburan. Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.