Bagikan Artikel
5
(1)

BookingToGo – Hallo, sahabat BookingToGo. Kali ini kami ingin membahas tempat wisata di Bali yang bernama Tanah Lot. Tanah Lot ini sudah lama telah menjadi wisata ikonik saat berwisata di Bali. Jika ditanya, tempat wisata apakah ini? Tanah Lot adalah wisata pura yang menjadi tempat sembayang masyarakat Bali kepada Tuhan dalam bentuk Dewa Baruna / Dewa Laut. Di lokasi ini, ada 2 pura terpisah, satu terletak diatas tebing mirip seperti pura uluwatu bali, dan satunya lagi berada di bongkahan batu besar.

Tanah Lot begitu populer bukan hanya pantai beserta sunsetnya saja yang indah. Namun, ada sesuatu di dalam pura yang menjadi daya tarik utama dari wisata ini. Penasaran apa yang ada di dalam pura? Baca sampai habis ya! Berikut adalah ulasan artikelnya:

Alamat beserta Peta Lokasi Tanah Lot 

Tanah Lot dimana sih? Tanah Lot lokasinya berada di desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Jika kamu dari Pantai Kuta, jika lancar sekitar 48 menit via Jalan By Pass Tanah Lot. Untuk memudahkan kamu agar sampai di Tanah Lot, pencet “Get Directions” di map bawah ini:

Jam Buka Tanah Lot Bali dan Kapan Jam Tutup-nya

Untuk jam buka, Tanah Lot buka setiap hari jam 07:00 pagi sampai jam 19:00 (7 malam) waktu Indonesia bagian Tengah (WITA).

Kapan Waktu yang Tepat Mengunjungi Tanah Lot?

Jika pertanyaannya, kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Tanah Lot? Perlu kamu ketahui, Pura Tanah Lot ini akan tertutup air laut saat pasang. Ini menandakan kamu tidak bisa masuk ke Goa yang terletak dibawah dan samping pura tanah lot. Jadi, kami sarankan untuk datang ke tempat wisata Tanah Lot ini sekitar jam 4 sore sampai 5 sore ( 16:00 – 17:00 ).

Selain kamu bisa menikmati wahana yang tersedia di Tanah Lot, di jam segitu kamu juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam. Karena Tanah Lot ini juga merupakan salah satu wisata Bali dengan spot sunset-nya yang indah.

Harga Tiket Masuk Tanah Lot Bali

Berikut adalah tabel harga tiket masuk Tanah Lot Bali:

Kategori Harga untuk Wisatawan Domestik Harga untuk Wisatawan Internasional
Anak-anak (6-12 tahun) 15.000 rupiah 30.000 rupiah
Dewasa 20.000 rupiah 60.000 rupiah

Sumber:www.tanahlot.id (2021)

Berikut adalah tabel harga parkir Tanah Lot Bali:

Kategori Kendaraan Harga
Motor 3.000 rupiah
Mobil 5.000 rupiah
Bis 10.000 rupiah

Sumber:www.tanahlot.id (2021)

Berikut adalah harga untuk syuting foto / video Tanah Lot Bali:

Kategori Syuting Harga
Foto 500.000 rupiah
Video 2.000.000 rupiah
Drone 500.000 rupiah

Sumber:www.tanahlot.id (2021)

Daya Tarik Tanah Lot Bali

Nah, pada tahapan ini kita akan membahas tentang daya tarik apa yang ada di Tanah Lot, Bali. Apa keunikannya sehingga membuat Tanah Lot menjadi wisata ikonik dan wajib dikunjungi saat berada di Bali. Berikut adalah ulasannya:

Gua Air Suci / Holy Water Tanah Lot

gambar-air-suci-tanah-lot
Sumber: commons.wikimedia.org (2015), credit: LuizCent

Seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya, Tanah Lot ini memiliki 2 pura yang satu ada di atas tebing dan satunya lagi ada di atas bongkahan batu besar. Dan pura yang diatas bongkahan batu besar itu, dibawahnya ada gua yang berisi air suci yang biasa masyarakat Bali gunakan sebelum bersembayang.

Masyarakat Bali terutama yang Hindu percaya jika menggunakan percikan air suci / beji dapat membersihkan Niskala. Niskala adalah sesuatu yang tidak bagus, ataupun pikiran-pikiran negatif. Untuk membasuh diri dengan air suci ini ada caranya loh, travellers. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencuci tangan dengan airnya, lalu percikkan airnya ke kepala tiga kali, lalu usapkan airnya ke dahi sekali saja.

Selesai membasuh dengan air suci, para pemangku yang ada disana akan memberikan percikan air lagi di kepala, dan memberikan airnya untuk kamu minum dengan tangan sebanyak tiga kali. Setelah itu kamu akan diberi beras di dahi dan pangkal tenggorokan, lalu diselipkan bunga kamboja di telinga kamu.

Yang barusan kamu lakukan adalah tradisi dari umat Hindu. Biasanya umat Hindu sebelum sembayang, mengambil beras untuk ditaruh di dahi, pangkal tenggorokan, dan tiga biji beras untuk ditelan. Hal ini menandakan simbol dari Tri Kaya Parisudha, yaitu simbol pemusatan pikiran yang baik / Manacika Parisudha (beras di dahi), simbol dari pengendalian ucapan di lidah atau perkataan / Wacika Parisudha (beras untuk ditelan), dan simbol pengendalian perbuatan / Kayika Parisudha (beras di pangkal tenggorokan). Sedangkan bunga kamboja itu merupakan lambang dari dewa Siwa, dan memang bunga kamboja sering digunakan untuk bersembayang umat Hindu.

bookingtogo-tiket-pesawat-bali
Advertisement: Pesan Tiket Pesawat Murah ke Bali melalui BookingToGo

>>Baca artikel tentang wisata Bali lainnya: Pura Uluwatu, Pura Ulun Danu Bratan, Pantai Lovina, Monkey Forest Ubud, Garuda Wisnu Kencana.

Gua Ular Suci / Holy Snake Tanah Lot

Sumber: commons.wikimedia.org (2017), credit: Marcellinohanarko

Nah, yang menarik selanjutnya adalah Gua Ular Suci. Sesuai namanya, Gua ini berisi ular yang dipercaya suci oleh masyarakat Hindu, Bali. Letak Gua ular suci ini tepat berseberangan dengan Gua yang berisi air suci.

Jadi, hal yang perlu kamu ketahui tentang sejarah tanah lot, pura Tanah Lot Bali ini dibuat oleh seorang Brahmana yang bernama Danghyang Nirartha (atau disebut juga Ida Pedanda Sakti Wawu Rauh atau Danghyang Dwijendra). Pura Tanah Lot ini dibangun pada abad ke-17 dan kala itu Danghyang Niratha datang ke Bali untuk menyebarkan dan menguatkan ajaran agama Hindu.

Saat Danghyang Nirata selesai membangun Pura Tanah Lot ini, dia meninggalkan pura dan juga meninggalkan selendang-nya. Dan selendang itu berubah menjadi ular yang bertugas sebagai penjaga pura Tanah Lot. Iya betul, jadi ular itu dipercaya sebagai jelmaan selendang dari Danghyang Nirata. Masyarakat Hindu Bali percaya bahwa saat seseorang menyentuh ular tersebut, orang itu akan mendapatkan keselamatan dan  juga mengabulkan doa-nya.

jenis-ular-banded-sea-krait
Sumber: commons.wikimedia.org (2001), credit: Bernard DUPONT

Namun, jika kamu lihat secara seksama dan ditelusuri lebih lanjut ular ini sebenarnya adalah ular jenis Banded Sea Krait. Ular Banded Sea Krait memang dikenal ular yang sangat berbisa, racunnya lebih kuat dari jenis ular kobra. Oleh sebab itu, hati-hati ya jika kamu ingin menyentuhnya. Jika kamu berani dan berencana untuk menyentuhnya, ikuti intruksi dari pemangku gua ular suci di Tanah Lot, ya.

Sunset Tanah Lot Bali

gambar-sunset-tanah-lot-bali
Sumber: freepik.com (2019)

Kata siapa pantai kuta saja yang punya sunset yang indah? Mainnya belum jauh, cobain dong ke Tanah Lot. Sunset pantai di Tanah Lot tidak kalah menarik dari pantai-pantai lainnya di Bali. Apalagi Tanah Lot ini berada di selatan pulau Bali, jadi ombaknya cenderung lebih kencang.

Deburan ombaknya bikin tenang, angin laut yang sejuk, serta pemandangan matahari terbenam yang indah pasti menjadi bakal menjadi kenangan yang akan terus kamu ingat. Lagipula, Tanah Lot Bali ini juga bukan pantai tok saja seperti pantai Kuta, ada pura, patung, monumen, dan lain-lainnya. Jadi pasti kamu akan selalu menemukan spot yang bagus untuk foto-foto.

 

Kami rasa itulah informasi wisata Tanah Lot Bali yang bisa kami berikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca setia blog.bookingtogo.com. Jangan lupa saat berada di Bali, selalu sapa orang-orang sekitar dengan mengatakan “om swastyastu” sambil telapak tangan saling menempel. Itu adalah budaya dari masyarakat Bali. Jangan lupa untuk beri rating artikel ini dan subscribe newsletter. Thank You

 

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here