Bagikan Artikel
5
(6)

BookingToGo – Hallo, BTG Travellers! Bagaimana Kabarmu? Pada artikel kali ini, kami ingin memberikan kamu informasi tempat wisata di Bali yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Salah satu pulau di Indonesia ini, Pulau Bali memang selalu saja menjadi favorit wisatawan entah itu wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Karena di Bali mempunyai banyak tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi, beberapa diantaranya juga ada tempat wisata di Bali yang terkenal. 

Walaupun Bali terkenal dengan wisata pantai, namun bukan berarti di Bali tidak mempunyai tempat wisata selain pantai. Destinasi wisata Bali bervariatif, loh! Ada wisata bahari, wisata alam, wisata edukasi, wisata budaya, wisata religi, dan lain sebagainya. Bagaimana? Sudah tertarik untuk jalan ke Bali? Ayo segera kemas baju, celana, kacamata hitam, dan perlengkapan lainnya. Pesan tiket pesawat ke Bali, lalu buka artikel ini sebagai panduan wisata kamu di Bali.

Artikel tempat wisata di Bali dan Harganya ini akan selalu kami perbarui secara berkala (terakhir di update tanggal: 30 April 2021). Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut adalah ulasan artikelnya:

Tempat Wisata di Bali Berdasarkan Wilayah

Bali terdiri dari 8 wilayah kabupaten dan 1 kota madya. Dan setiap kabupaten, terbagi lagi menjadi berbagai kecamatan. Berikut kami memberikan list tempat wisata di bali dan kami bagi berdasarkan wilayahnya:

 

banner-bookingtogo-bali
Advertisement: BookingToGo, Solusi Travelling Anda

10 Tempat Wisata Populer di Bali

  1. Pura Tanah Lot – Tempat wisata pura di Bali dimana kamu bisa menemui ular suci dan gua air tawar ditengah lautan disini

    wisata-budaya-pura-tanah-lot-bali
    Sumber: freepik.com (2020), (edited)

    Pura Tanah Lot adalah wisata pura diatas batu karang yang terletak di tengah lautan. Untuk Lokasi Pura Tanah Lot ada di desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Yang menjadi daya tarik dari tanah lot ini adalah memiliki gua air tawar padahal lokasi guanya berada di dekat lautan.

    Selain itu, disini juga ada gua ular suci yang dipercaya masyarakat Hindu sebagai penjaga Pura Tanah Lot. Saat berkunjung disini, wisatawan boleh memakai air suci untuk membasuh muka, kepala, maupun meminum airnya. Dan juga, wisatawan diperbolehkan untuk menyentuh ular suci yang dipercaya bisa memberikan keselamatan maupun mengabulkan doa. Pura Tanah Lot ini juga merupakan tempat wisata populer di Bali dengan ulasan Google mencapai 67 ribu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pura tanah lot, bisa klik link ini: Tanah Lot Bali.

    Tiket Masuk Pura Tanah Lot: 20.000 / Dewasa

    Jam Buka Pura Tanah Lot: Setiap Hari, 07:00 – 19:00 WITA

  2. Garuda Wisnu Kencana (GWK) – Tempat wisata budaya di Bali. Nonton tari, pertujukan musik tradisional, dan foto di patung GWK dengan tinggi 121 Meter!

    objek-wisata-garuda-wisnu-kencana-di-bali
    Sumber: travel.kompas.com (2018), credit: Andreas Lukas Altobeli, (edited)

    Garuda Wisnu Kencana atau biasa kita sebut sebagai GWK merupakan tempat wisata budaya di Bali. Lokasi GWK berada di Kecamatan Kuta Selatan, Desa Ungasan, Kabupaten Badung. Disini kamu bisa menyaksikan berbagai dramatari, pertunjukan musik, bahkan berfoto bersama dengan patung Garuda dan Dewa Wisnu yang tingginya mencapai 121 meter.

    Contoh pertunjukan dramatari dan musik, diantaranya: Tari Barong, Tari Kecak, Pertunjukan Instrumen Rindik, Garuda Wisnu Ballet, dan lain sebagainya. Garuda Wisnu Kencana juga merupakan tempat wisata di bali yang sangat populer, bahkan di ulasan Google saja mencapai 45 ribu. Baca selengkapnya tentang wisata GWK disini: Garuda Wisnu Kencana.

    Tiket Masuk GWK: 85.000 / Dewasa

    Jam Buka GWK: Setiap Hari, 10:00 – 18:00 WITA

  3. Pantai Kuta – Wisata Pantai Sejuta Umat di Bali. Pantai pasir putih, & tempat surfing terbaik untuk pemula.

    wisata-pantai-kuta-bali
    Sumber: freepik.com (2018)

    Jika pergi ke Bali tanpa ke Pantai Kuta rasanya pasti ada yang kurang. Karena memang Pantai Kuta merupakan salah satu wisata unggulan di Bali dan seluruh wisatawan domestik dan mancanegara selalu mengunjungi pantai ini. Untuk lokasi Pantai Kuta ada di Jalan Pantai Kuta, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

    Pantai pasir putih ini, selain cocok untuk peselancar pemula, juga termasuk salah satu spot sunset terbaik di Bali, loh. Di sekitar pantai Kuta juga memiliki banyak restoran, toko souvenir, maupun akomodasi yang bervariatif. Berlama-lama di Pantai Kuta sangatlah nyaman, dan juga selalu ramai wisatawan. Pantai Kuta juga termasuk salah satu dari tempat wisata populer di Bali, jumlah ulasan Google saja mencapai 35 ribu. Wisata Bahari yang satu ini sangat top recommended untuk kamu kunjungi.

    Tiket Masuk Pantai Kuta: Gratis

    Jam Buka Pantai Kuta: Buka 24 Jam

  4. Sacred Monkey Forest Sanctuary (Monkey Forest Ubud) – Wisata Cagar Alam di Bali, tempat habitat alami monyet ekor panjang alias crab-eating macaque.

    monkey-forest-ubud-bali
    Sumber: freepik.com (2020)

    Sacred Monkey Forest Sanctuary atau biasa sebut sebagai Monkey Forest Ubud merupakan tempat wisata cagar alam yang merupakan habitat alami monyet ekor panjang di Bali. Alamat Monkey Forest Ubud  berada di Jl. Monkey Forest, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

    Disini tempatnya sangat asri, banyak pohon-pohon, pura, dan patung estetik yang bisa menjadi latar foto kamu. Bagi kamu yang ingin berwisata selain pantai di Bali, Monkey Forest Ubud ini bisa jadi alternatif wisata kamu. Sacred Monkey Forest Ubud merupakan tempat wisata yang terkenal di Bali, dari ulasan Google saja mencapai 33 ribu. Baca selengkapnya tentang Sacred Monkey Forest Sanctuary disini: Monkey Forest Ubud.

    Tiket Masuk Monkey Forest Ubud: 80.000 / Dewasa

    Jam Buka Monkey Forest Ubud: Setiap Hari, 08:30 – 17:30 WITA

  5. Pura Uluwatu – Wisata Populer di Kecamatan Kuta Selatan, Wisata Pura di Atas Batu, bisa melihat pemandangan sunset  yang indah dari ketinggian.

    tempat-wisata-pura-uluwatu-bali
    Sumber: freepik.com (2020)

    Pura Uluwatu adalah wisata pura yang terletak di tebing dengan ketinggian 97 meter dari permukaan laut. Uluwatu diambil dari kata “Ulu” yang artinya atas, dan “Watu” yang artinya batu, jadi Pura Uluwatu berarti pura yang ada diatas batu. Untuk lokasi Pura Uluwatu berada di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

    Daya tariknya selain bisa menikmati matahari terbenam dari ketinggian, disini kamu juga bisa menonton tari kecak dan melihat monyet ekor panjang yang hidup sekitar pura. Baca selengkapnya tentang Pura Uluwatu disini: Pura Uluwatu Bali.

    Tiket Masuk Pura Uluwatu: 30.000 / Dewasa

    Jam Buka Pura Uluwatu: Setiap Hari, 07:00 – 19:00 WITA

  6. Pura Ulun Danu Bratan – Tempat Wisata Populer di Tabanan, Pura di tepi Danau Bratan, Bali.

    pura-ulun-danu-bratan-bali-bedugul
    Sumber: freepik.com (2020)

    Pura Ulun Danu Bratan diambil dari kata “Ulun” yang artinya tepi, sedangkan “Danu Bratan” artinya Danau Bratan. Jadi, jika disambung, artinya adalah Pura yang berada di tepi danau yang bernama Danau Bratan. Objek Wisata ini merupakan wisata wajib jika kamu jalan-jalan di Bali.

    Untuk lokasi Pura Ulun Danu Bratan berada di Jalan Raya Bedugul, Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Pura Ulun Danu Bratan ini berada di dataran tinggi, sehingga suasanya sangat sejuk. Pura Ulun Danu Bratan adalah salah satu tempat wisata di Bali yang bagus dan terkenal, dengan ulasan Google mencapai 24 ribu. Baca selengkapnya tentang wisata ini disini: Pura Ulun Danu Bratan.

    Tiket Masuk Pura Ulun Danu Bratan: 30.000 / Dewasa

    Jam Buka Pura Ulun Danu Bratan: Setiap Hari, 07:00 – 19:00 WITA

  7. Bali Safari Marine Park –  Kebun Binatang favorit di Bali. Ada Komodo juga, loh! Reptil purba yang masih hidup dan hanya ada di Indonesia.

    tempat-wisata-bali-safari-marine-park
    Sumber: balisafarimarinepark.com (2017)

    Bali Safari Marine Park adalah wisata kebun binatang yang berlokasi di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra Km. 19,8, Desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Bali Safari Marine Park merupakan rumah bagi lebih dari 100 spesies binatang, termasuk spesies langka dan teracam punah seperti Komodo, Orangutan, dan Burung Jalak Bali.

    Selain melihat binatang, disini kamu bisa melihat pertunjukan menarik seperti Elephant Show, Harimau Show, bahkan drama tari tentang Raja Sri Jaya Pangus. Bisa menunggangi gajah, makan di restoran dalam Bali Safari Marine Park, bermain air di Water Play Zone, melihat ikan di fresh water aquarium, bahkan layanan foto bersama binatang-pun ada disini. Bali Safari Marine Park merupakan salah satu wisata kebun binatang yang terkenal di Bali, jumlah ulasan Google mencapai 14 ribu.

    Tiket Masuk Bali Safari Marine Park: 175.000 / Dewasa

    Jam Buka Bali Safari Marine Park: Setiap Hari, 09:00 – 17:30

  8. Pura Tirta Empul Tampak Siring – Wisata Pura Terkenal di Bali dengan 26 pancuran mata air suci.

    gambar-pura-tirta-empul-bali
    Sumber: freepik.com (2020)

    Pura Tirta Empul adalah nama tempat wisata pura di Bali yang lokasinya berada di kecamatan Tampak Siring, kabupaten Gianyar. Wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan domestik maupun internasional, dan termasuk wisata wajib dikunjungi di Bali. Alangkah baiknya, setelah pergi ke Monkey Forest Ubud baru pergi ke Pura Tirta Empul. Karena Monkey Forest Ubud untuk menuju Pura Tirta Empul sekitar 35 menit perjalanan.

    Lalu, apa sih yang menjadi daya tarik wisata ini? Tempat wisata ini memiliki mata air suci yang biasa digunakan masyarakat Hindu Bali untuk permandian dan menyucikan diri. Tirta Empul artinya adalah air yang keluar dari tanah. Mata air ini jika ditotal memiliki 26 pancuran dan terbagi menjadi 3 kolam. Kolam di Tengah ada 8 air pancuran, Barat 13 pancuran, dan Timur ada 5 pancuran. Pura Tirta Empul Tampak Siring merupakan salah satu pura terbaik di Bali, dengan ulasan Google mencapai 13 ribu.

    Tiket Masuk Pura Tirta Empul Tampak Siring: 30.000 / Dewasa

    Jam Buka Pura Tirta Empul Tampak Siring: Setiap Hari, 08:00 – 18:00

  9. Pantai Double Six – Ingin bersantai di tepi pantai? Disinilah Tempatnya! Tersedia kursi pantai untuk berjemur dan juga Cafe enak yang menyediakan Bean Bag Empuk dan Nyaman.

    pantai-double-six-bali
    Sumber: freepik.com (2021)

    Pantai Double Six adalah nama pantai yang lokasinya di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Tepat sekali disebelah kanan pantai Legian, jadi masih satu garis pantai dengan Pantai Kuta. Pantai Double Six ini mempunyai cafe ditepi pantai dan ada bean bag yang empuk dan nyaman untuk kamu bersantai.

    Kalau di review dari segi pemandangannya, Pantai Double Six ini memiliki air laut yang jernih, pasir putih yang cantik, dan juga ombak yang cocok untuk surfing. Bisa main volley pantai juga kalau kamu bareng teman. Ada kursi pantai juga yang biasa wisatawan gunakan untuk berjemur, angin pantai juga sejuk. Tanpa disangka-sangka, Pantai Double Six ini tempat wisata yang cukup terkenal di Bali, ulasan di Google mencapai 11 ribu.

    Tiket Masuk Pantai Double Six: Gratis

    Jam Buka Pantai Double Six: Buka 24 Jam

  10. Kebun Raya Bali / Kebun Raya Eka Karya – Tempat untuk kamu melihat konservasi tumbuhan Langka! Mempunyai banyak patung keren di kawasan Kebun Raya Bali.

    kebun-raya-eka-karya-bali
    Sumber: www.flickr.com (2011), Credit: willwill91

    Kebun Raya Bali atau biasa disebut sebagai Kebun Raya Eka Karya Bali merupakan kebun botani terbesar di Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Tempat wisata Kebun Botani ini lokasinya berada di pegunungan dekat dengan danau Beratan sehingga suasananya cukup sejuk. Namanya juga kebun raya, jadi disini adalah tempat untuk kamu melihat konservasi tumbuhan dari yang langka maupun yang umum.

    Di Kebun Raya Eka Karya Bali kamu bisa menemukan tanaman seperti Anggrek, Begonia, Kaktus, Tumbuhan Paku, maupun tanaman yang biasanya digunakan untuk upacara Agama Hindu. Selain itu, jika kamu masuk kawasan Kebun Raya Bali, kamu akan menemukan banyak patung yang keren. Ada patung Rama, Dewi Sinta, Jatayu, Hanoman Duta, dan Kumbakarna Laga. Kebun Raya Bali mempunyai ulasan Google mencapai 9 ribu.

    Tiket Masuk Kebun Raya Bali: 9.000 / Dewasa

    Jam Buka Kebun Raya Bali: Setiap Hari, 08:00 – 18:00

     

Tempat Wisata di Bali Selain Pantai 

  1. Taman Edelweis Bali – Merupakan Wisata Taman Bunga yang Indah di Bali. Mempunyai bangunan Kicir Angin dan Wahana Foto disertai Pemandangan Gunung yang Cantik.

    tempat-wisata-karangasem-edelweis-bali
    Sumber: Instagram @tamanedelweis_bali (2020) (edited & cropped)

    Taman Edelweis merupakan tempat wisata taman bunga yang ada di Karangasem. Alamat Taman Edelweis Bali berada di desa Besakih, kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Walaupun disebut Taman Edelweis, sebenarnya taman ini tidak tumbuh bunga Edelweis. Bunga yang tumbuh dan tersedia, diantaranya adalah Bunga Kasna dan Bunga Gemitir.

    Taman Edelweis ini sangat terkenal di media sosial, karena selain bunganya yang cantik, disini juga ada bangunan kicir angin seperti di negara Belanda. Ada banyak tempat foto disini, kamu bisa berfoto di Terowongan Taman Surga, foto di rotan bentuk hati, maupun menelusuri jembatan kayu pondok Edelweis sambil menikmati pemandangan bunga dan gunung yang indah. Datang kesini dijamin puas, suasana sejuk, ditambah dengan pemandangan bunga dan gunung yang cantik, ada spot foto lagi. Ayo, jadikan taman Edelweis ini sebagai salah satu destinasi wisata kamu di Bali.

    Tiket Masuk Taman Edelweis Bali: 15.000 / Dewasa

    Jam Buka Taman Edelweis Bali: Setiap Hari, 08:00 – 18:00

  2. Gunung Batur Kintamani – Salah satu wisata gunung di Bali yang masih hijau dihiasi dengan indahnya danau Batur.

    gunung-batur-kintamani-bali
    Sumber: freepik.com (2020)

    Bosan dengan wisata bahari? Cobain pergi ke Gunung Batur Kintamani saja. Gunung Batur Kintamani ini lokasinya berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Lokasinya dekat dengan wisata yang bernama Pura Ulun Danu Batur, sekitar 30-40 menit perjalanan. Di Gunung Batur Kintamani, kamu bisa mendaki gunung, mengelilingi lereng gunung, atau makan siang di restoran sambil menikmati keindahan gunung dan danau batur.

    Tiket Masuk Gunung Batur Kintamani: Gratis

    Jam Buka Gunung Batur Kintamani: Buka 24 Jam

  3. Pura Besakih – Pura estetik dan populer di Bali. Termasuk salah satu pura terbesar di Indonesia.

    pura-besakih-bali
    Sumber: freepik.com (2020)

    Pura Besakih adalah wisata pura di Bali yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Saat melihat foto diatas, maka kamu bisa tau bahwa Pura Besakih ini mempunyai anak tangga yang banyak sekali, dan diatasnya ada gerbang besar untuk memasuki area pura. Pura Besakih ini termasuk pura terbesar di Indonesia.

    Dalam satu wilayah ada banyak jenis pura yang bisa kamu lihat, salah satunya adalah Pura Penataran Agung Besakih yang termasuk terbesar di wilayah pura. Selain itu, Pura Besakih ini merupakan lokasi pusat kegiatan keagamaan untuk umat Hindu di Bali, jadi pastikan kamu gunakan pakaian yang rapi dan sopan.

    Tiket Masuk Pura Besakih: 30.000 / Dewasa

    Jam Buka Pura Besakih: Setiap Hari, 08:00 – 18:00

Tempat Wisata di Bali Utara

  1. Air Terjun Gitgit Buleleng Bali – Wisata alam yang merupakan air terjun tertinggi di Bali!

    air-terjun-gitgit-bali
    Sumber: freepik.com (2020) (edited)

    Sesuai judul diatas, Air Terjun Gitgit ini lokasinya berada di kabupaten Buleleng, Bali. Untuk lokasi Air Terjun Gitgit berada di Jl. Raya Bedugul – Singaraja, Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Lalu, apa sih daya tarik air terjun Gitgit? Saat kamu kesini dan melihatnya secara langsung, terlihat seperti air terjun pada umumnya.

    Tapi kamu harus tau, Air Terjun Gitgit ini merupakan air terjun tertinggi di Bali. Ketinggian air terjunnya bisa mencapai 48 meter, 3 kalinya air terjun Tukad Cepung yang ketinggiannya sekitar 15 meter. Air terjunnya juga bersih bening dan udaranya cukup segar karena berada di pegunungan. Bagi kamu yang bosan dengan wisata pantai di Bali, cobain sekali-sekali ke Air Terjun Gitgit, dijamin asik, deh!

    Tiket Masuk Air Terjun Gitgit: 20.000 / Dewasa

    Jam Buka Air Terjun Gitgit: Setiap Hari, 08:00 – 18:00

  2. Air Terjun Aling-Aling – Air terjun yang kehijauannya masih terjaga. Kolam air terjun yang bening dan segar.

    air-terjun-aling-aling-bali
    Sumber: obyekwisataterlengkap.blogspot.com (2016) (edited)

    Nah, wisata alam ini sama dengan air terjun Gitgit yaitu berada di Kabupaten Buleleng, tapi air terjun Aling-Aling lebih jauh ke utara. Untuk lokasi lengkapnya, air terjun Aling-Aling berada di desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Air terjun Aling-Aling memiliki ketinggian sekitar 35 meter, dan air terjunnya terbelah menjadi dua dari atas. Secara pemandangan, alamnya sangat asri dan airnya juga bening, pasti cocok untuk konten media sosial kamu.

    Yang bikin seru lagi, di Air Terjun Aling-Aling kamu bisa berseluncur di aliran air yang mengarah ke kolam bawah air terjun. Aliran air terjun untuk berselancar kira-kira memiliki ketinggian 12 meter, dijamin pasti seru banget. Pastinya sebelum kamu berselancar, kamu nanti akan diberikan pelampung dan diarahkan oleh Guide agar kamu bisa berselancar lebih aman. Selain berseluncur, kamu juga bisa berenang, terjun bebas ke kolam air terjun, silahkan saja asal bermain sewajarnya.

    Tiket Masuk Air Terjun Aling – Aling: 125.000 / Dewasa + Guide

    Jam Buka Air Terjun Aling – Aling: Setiap Hari, 08:00 – 17:00

  3. Air Terjun Bertingkat – Wisata Air Terjun yang Hijau dengan Air yang Jernih. Memiliki 3 Tingkatan Air Terjun yang bisa Kamu Kunjungi.

    air-terjun-bertingkat-bali
    Sumber: dispar.bulelengkab.go.id (2018) (edited & cropped), Credit: Admin Dispar

    Air Terjun Bertingkat adalah air terjun yang berlokasi di desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Desa Gitgit memang terkenal karena memiliki banyak air terjun dan berada di dataran tinggi. Salah satu air terjunnya adalah Air Terjun Bertingkat ini. Untuk sampai di Air Terjun Bertingkat, kamu harus berjalan kaki beberapa ratus meter dari parkiran mobil. Kurang lebihnya sekitar 15 menit jalan kaki baru sampai ke tujuan.

    Namun karena suasananya sangat sejuk, dan pemandangan alamnya yang hijau pasti tidak terasa capeknya. Sesuai dengan namanya, air terjun ini bertingkat 3 dan di setiap tingkatannya ada kolam dibawah. Air terjunnya cukup tinggi, deras, dan sangatlah jernih. Kamu bisa naik sampai air terjun tingkat teratas, namun kamu perlu berhati-hati karena batu pijakannya cukup licin. Air Terjun Bertingkat sangatlah indah, kamu foto disini pastinya sangat bagus dan instagramable. Cobain datang kesini, ya!

    Tiket Masuk Air Terjun Bertingkat Bali: Gratis

    Jam Buka Air Terjun Bertingkat Bali: Buka 24 Jam

  4. Air Terjun Campuhan (Gitgit Twin Waterfall) – Air Terjun Tersembunyi dan Indah, yang mengalir dari Campuran 2 Aliran Sungai!

    air-terjun-campuhan-bali-gitgit-twin-waterfall
    Sumber: commons.wikimedia.org (2011), Credit: Ken Eckert

    Air Terjun Campuhan atau biasa disebut sebagai Gitgit Twin Waterfall adalah air terjun yang terbentuk dari 2 aliran sungai. Pertemuan dua sumber air inilah menjadikan air terjun ini dinamakan Campuhan, diambil dari kata Campuran. Lalu, dimana Air Terjun Campuhan? Air Terjun Campuhan berada di desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Masih satu wilayah dengan Air Terjun Gitgit, dan Air Terjun Bertingkat. Untuk menuju air terjun Campuhan, kamu harus menuruni anak tangga karena lokasinya yang berada di lembah.

    Saat berjalan menuju air terjun, kamu akan melewati perkebunan kopi dan kakao, pemandangan sekitar pun sangat hijau dan sejuk. Kami menyarankan, datanglah ke Air Terjun Campuhan saat musim kemarau, sekitar bulan April sampai Oktober. Karena pada musim kemarau, kolam air Terjun Campuhan ini lebih jernih jadi sangat segar kalau kamu ingin mandi dan berenang.

    Tiket Masuk Air Terjun Campuhan: 10.000 / Dewasa

    Jam Buka Air Terjun Campuhan: Setiap Hari, 08:00 – 18:00

  5. Air Terjun Banyumala – Wisata Air Terjun di Desa Wanagiri yang Indah Bercabang dan juga Jernih! Segar sekali jika kamu ingin berenang disini.

    banyumala-waterfall-bali
    Sumber: commons.wikimedia.org (2016), Credit: Made agus devayana

    Air Terjun Banyumala adalah nama air terjun yang berada di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Kalau air terjun pada umumnya, air yang turun itu terlihat satu garis bahkan lebih secara deras, bukan? Nah kalau Air Terjun Banyumala ini, uniknya air turun dari tebing yang lebar dan tinggi sehingga terlihat mengalir secara bercabang-cabang menuju kolam.

    Airnya sangat bersih lalu dikelilingi dengan pepohonan yang hijau sehingga sangat indah dipandang mata. Udaranya pun sangat sejuk, dan segar sangat cocok untuk kamu yang ingin mengistirahatkan pikiran dari padatnya perkotaan. Disini kamu boleh berenang, airnya cukup dingin atau hanya sekedar berfoto juga boleh. Jangan lupa bawa handuk dan baju ganti jika memang berencana untuk berenang disini.

    Tiket Masuk Banyumala Waterfall: 20.000 / Dewasa

    Jam Buka Banyumala Waterfall: Setiap Hari, 08:00 – 18:00

  6. Air Terjun Sekumpul – Kumpulan air terjun yang masih terjaga keasriannya. Tempat wisata alam di Bali bagian utara.

    air-terjun-sekumpul-bali
    Sumber: freepik.com (2020) (edited)

    Air Terjun Sekumpul atau Sekumpul Waterfall adalah salah satu tempat wisata air terjun di Bali. Lalu, dimana letak air terjun sekumpul? Lokasi Sekumpul Waterfall berada di desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Wisata air terjun ini sangat sulit dijangkau karena berada di atas pegunungan, yang artinya kamu harus menaiki banyak anak tangga untuk mencapai sini. Tapi saat sudah sampai, rasa capek itu akan hilang setelah melihat keindahan air terjun Sekumpul.

    Air terjunnya sangat jernih, dan dikelilingi banyak pepohonan hijau nan asri yang menambah keindahan dari wisata ini. Suara air terjun dengan percikan airnya bikin pikiran kamu jadi lebih rileks, cocok untuk kamu yang lagi ingin keluar dari penatnya perkotaan. Yang menjadi daya tarik dari wisata ini adalah Air Terjun Sekumpul mempunyai total 7 air terjun. Berbeda kan dengan air terjun pada umumnya yang biasa cuma 1-2 air terjun saja. Maka dari itu air terjun ini dinamakan Sekumpul, yang artinya sekumpulan air terjun.

    Tiket Masuk Sekumpul Waterfall: 10.000 / Dewasa

    Jam Buka Sekumpul Waterfall: Setiap Hari, 08:00 – 17:00

Tempat Snorkeling di Bali

  1. Pantai Lovina – Mau lihat lumba-lumba liar di tengah lautan, Bali? Maka wisata pantai inilah jawabannya!

    wisata-pantai-lovina-bali
    Sumber: freepik.com (2018)

    Pantai Lovina adalah tempat wisata yang terkenal dengan wahana melihat lumba-lumba liar di tengah lautan. Untuk Lokasi Pantai Lovina ada di Jalan Binaria, Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Kecamatan Buleleng, Bali. Selain melihat lumba-lumba, kamu juga bisa melakukan snorkeling dan memancing juga disini.

    Pantai Lovina juga memiliki daya tarik yaitu memiliki pasir yang berwarna hitam. Berbeda dengan pantai di selatan Bali yang rata-rata berwarna putih. Baca selengkapnya tentang pantai Lovina disini: Pantai Lovina.

    Tiket Masuk Pantai Lovina: Gratis

    Jam Buka Pantai Lovina: Buka 24 Jam

  2. Pantai Tanjung Benoa – Surga watersport di Bali! ingin main Banana Boat, Parasailing, Snorkeling,dan lainnya? Inilah salah satu tempatnya!

    wisata-tanjung-benoa-bali
    Sumber: freepik.com (2018)

    Bagi kamu yang suka bermain watersport seperti banana boat, parasailing, jet ski, snorkeling, sea walker, scuba dive, dan lainnya, wajib nih untuk ke pantai Tanjung Benoa. Wisata Tanjung Benoa ini lokasinya ada di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, dekat dengan Pantai Samuh. Untuk bermain wahana di Tanjung Benoa ada paketan dan juga ada harga satuan per wahana, pilih saja mau main wahana yang mana. Selain itu Tanjung Benoa juga ada penangkaran penyu, loh.

    Namanya adalah Pulau Penyu dan lokasinya sangat dekat dengan Tanjung Benoa, hanya perlu naik perahu sekitar 15 menit perjalanan. Di Pulau Penyu, kamu bisa melihat penangkaran penyu hijau dan bisa dijadiin teman foto. Selain itu di Pulau Penyu Tanjung Benoa juga ada binatang lain seperti burung, monyet, ular piton, kelewar, dan lainnya.  Sebenarnya tidak ada biaya untuk masuk Pantai Tanjung Benoa. Hanya saja yang berbayar itu adalah watersport dan pulau penyu-nya. Baca selengkapnya tentang: pantai Tanjung Benoa.

    Tiket Masuk Pantai Tanjung Benoa: Gratis

    Jam Buka Pantai Tanjung Benoa: Setiap Hari, 09:00 – 16:00

    Harga Tiket Pulau Penyu Tanjung Benoa: 10.000 / Dewasa

    Jam Buka Pulau Penyu Tanjung Benoa: Setiap Hari, 09:00 – 17:00

  3. Pantai Amed Karangasem – Pantai pasir hitam di Bali dengan keindahan bawah laut tiada tara. Tempat scuba diving untuk level tingkat lanjut.

    wisata-pantai-amed-bali
    Sumber: freepik.com (2017)

    Pantai Amed adalah nama pantai yang terletak di bagian timur Bali. Untuk lokasi Pantai Amed ada di Jalan I Ketut Natih, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Nah, untuk daya tarik pantai Amed adalah pantai pasir hitam dengan laut yang masih terjaga kebersihannya sehingga terumbu karang, dan segala biota laut masih terjaga. Oleh karena itu, pantai Amed Karangasem mempunyai fasilitas wahana watersport seperti snorkeling dan scuba diving untuk wisatawan.

    Nama Amed ini diambil dari suatu desa yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Oleh karena itu, jangan heran saat kamu berwisata di Pantai Amed, kamu akan menemukan banyak sekali perahu nelayan. Perlu diketahui, untuk wahana scuba diving di pantai Amed, kamu harus mempunyai lisensi yang menunjukan kamu sudah melakukan pelatihan menyelam. Karena pantai Amed bukan untuk penyelam pemula. Jika kamu ingin scuba diving tapi tidak mempunyai lisensi, lebih baik pergi ke pantai Tanjung Benoa saja.

    Tiket Masuk Pantai Amed Karangasem: Gratis

    Jam Buka Pantai Amed Karangasem: Buka 24 Jam

Tempat Wisata Instagramable di Bali

  1. Air Terjun Tukad Cepung – Wisata air terjun di dalam Gua, tersembunyi dan indah dipandang mata.

    tukad-cepung-waterfall-bali
    Sumber: freepik.com (2020) (edited)

    Wisata air terjun lainnya di Bali yang bernama Air Terjun Tukad Cepung. Lokasi Air Terjun Tukad Cepung ini berada di Jl. Tembuku, Desa dan Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Lalu apa sih yang menjadi daya tarik wisata Air Terjun Tukad Cepung ini? Air Terjun Tukad Cepung adalah air terjun yang ada didalam gua jadi tidak terekspos langsung seperti kebanyakan air terjun pada umumnya.

    Wisata ini indah banget, travellers. Kalau kami deskripsikan bagaimana keindahannya, hijau banyak tumbuhan, air terjunnya bersih dikelilingi dengan dinding gua yang atasnya terbuka. Jadi, cahaya matahari bisa masuk dan menyinari kedalam gua ditambah dengan pemandangan air terjun, saat difoto bagus banget loh! Namun, perlu usaha ekstra untuk mencapai tempat ini. Kamu harus berjalan sekitar 500 meter dari parkiran ke air terjun. Jadi kurang lebihnya sekitar 20 menit jalan kaki. Jangan lupa bawa baju ganti sama handuk ya, buat berjaga-jaga jika kena air.

    Tiket Masuk Tukad Cepung Waterfall: 15.000 / Dewasa

    Jam Buka Tukad Cepung Waterfall: Setiap Hari, 07:00 – 18:00

  2. The Secret Garden Village – Wisata Edukasi dimana kamu bisa melihat Pengolahan Kopi, Sabun, maupun Kosmetik. Disini juga mempunyai restoran dengan menu yang Lezat!

    secret-garden-village-bali
    Sumber: Instagram @secretgardenvillage (2021) (cropped & edited), Credit: @tugeg.yunie

    The Secret Garden Village adalah tempat wisata edukasi yang berlokasi di Jl. Raya Denpasar Bedugul km. 36, Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Daya tarik wisata The Secret Garden Village, walaupun dibilang wisata edukasi, tempat ini punya banyak restoran, cafe, dan spot foto instagramable, loh! Karena ada banyak spot yang bagus, tidak jarang The Secret Garden Village selalu digunakan sebagai tempat untuk prewedding.

    Restorannya ada menu bebek Timbungan, udang goreng, chicken teriyaki, banyak deh, yang makanannya enak semua! Kalau kamu ke cafenya, menu kopi yang disediakan enak banget! Selain bisa cicipi kopi, kamu juga bisa belajar tentang pengolahan kopi, loh. Selain kopi bisa belajar tentang pengolahan sabun dan kosmetik, pasti seru deh kalo kemari. Menikmati pemandangan taman, makan enak, dan juga belajar. Cobain deh, kemari.

    Tiket Masuk The Secret Garden Village: 50.000 / Dewasa

    Jam Buka The Secret Garden Village: Setiap Hari, 09:00 – 20:00

  3. Air Terjun Cinta – Tempat Wisata Alam Kekinian di Bali yang mempunyai banyak Wahana Foto Instagramable dipadukan dengan Keindahan Alam!

    air-terjun-cinta-bali
    Sumber: dispar.bulelengkab.go.id (2019) (edited & cropped), Credit: Admin Dispar

    Sesuai namanya, bagi kamu yang datang ke Air Terjun Cinta akan seperti jatuh cinta dengan keindahan alamnya. Air Terjun Cinta ini alamatnya ada di Jl. Raya Wanagiri, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Kabupaten Buleleng selalu ada saja wisata air terjun yang indah, bukan?

    Di Air Terjun Cinta Wanagiri mempunyai banyak spot foto yang instagramable loh, ada spot foto yang telihat seperti sarang burung, lantai berbentuk hati, kupu-kupu, ayunan, dan lain sebagainya. Dari spot foto saja sudah terlihat sangat cantik lalu dipadukan dengan alam yang hijau dan terjaga keasriannya sehingga bikin foto kamu sangat bagus sekali. Untuk wahana foto, kamu harus membayar diluar harga tiket masuk, ya.

    Tiket Masuk Air Terjun Cinta Wanagiri Bali: 25.000 / Dewasa

    Jam Buka Air Terjun Cinta Wanagiri Bali: Setiap Hari, 07:00 – 19:00

  4. Pura Lempuyang – Pura yang terletak di Gunung Lempuyang, dikenal sebagai “Gerbang Surga” karena memiliki gerbang pura yang estetik.

    wisata-pura-lempuyang-bali
    Sumber: (left) www.flickr.com (2018), credit: @leungck, (right) commons.wikimedia.org (2018), credit: @Jenniferbustamin

    Pura Lempuyang adalah tempat wisata yang mempunyai gerbang estetik yang biasa orang sebut sebagai “Gerbang Surga” di Bali. Lokasi Pura Lempuyang ini berada di Jalan Pura Telaga Mas Lempuyang, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Pura Lempuyang ini sempat viral dan banyak diperbincangkan, loh. Ini karena banyak foto tentang wisata Pura Lempuyang yang seakan-akan ada air yang merefleksikan “Gerbang Surga”-nya. Namun perlu diketahui nih, aslinya tidak seperti itu. Foto tersebut hanyalah editan kreatif saja yang menggunakan efek kaca dari handphone. Bocoran informasi, untuk mencapai Pura Lempuyang ini tidaklah mudah loh, travellers.

    Kamu harus mendaki banyak tangga, dengan urutan pura pertama Pura Penataran Agung, lalu Pura Telaga Mas, naik tangga lagi ke Pura Madya, lalu sampailah ke Pura Lempuyang Luhur. Namun dijamin, capeknya akan hilang setelah menikmati pemandangan Gunung Agung yang indah dari atas.

    Tiket Masuk Pura Lempuyang: 50.000 / Dewasa

    Jam Buka Pura Lempuyang: Setiap Hari, 07:00 – 17:00

  5. Pura Batu Bolong – Pura diatas batu karang bolong yang Indah. Dekat dengan Tanah Lot!

    objek-wisata-pura-batu-bolong-bali
    Sumber: freepik.com (2019)

    Jika kamu masih di sekitar Tanah Lot, cobain deh pergi ke Pura Batu Bolong. Lokasi Pura Batu Bolong sangat dekat sekali dengan Tanah Lot, masih di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Jika berjalan kaki dari Tanah Lot sekitar 5 menit perjalanan.

    Sesuai namanya, Pura ini berada di atas batu karang yang tengahnya bolong karena proses abrasi. Pura Batu Bolong ini mempunyai pemandangan yang sangat indah, apalagi jika kamu mengunjunginya saat matahari terbenam. Langit yang berubah menjadi kuning dan jingga disertai dengan latar batu berlubang, dijamin dapat menghasilkan foto yang instagramable.

    Tiket Masuk Pura Batu Bolong: 20.000 / Dewasa

    Jam Buka Pura Batu Bolong: Buka 24 Jam

Tempat Wisata Anak di Bali

  1. Pantai Sindhu – Wisata Pantai yang Ramah Anak karena Air Lautnya sangat Tenang. Banyak aneka Kuliner, dan Tersedia Konservasi Penyu!

    pantai-sindhu-sanur
    Sumber: freepik.com (2019)

    Pantai Sindhu adalah nama pantai yang berlokasi di Kelurahan Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Lokasi Pantai Sindhu sangat dekat sekali dengan pantai Sanur, hanya sekitar 10 menit perjalanan saja dengan mobil. Pantai Sindhu ini lautnya sangat tenang, sehingga sangat aman untuk anak-anak berenang. Disini juga ada “turtle conservation” walaupun jika dilihat dengan seksama adalah bukan kura-kura melainkan penyu.

    Kamu bisa melihat penyu secara gratis, namun disana ada kotak donasi jika kamu ingin berdonasi secara sukarela. Di sekitar pantai Sindhu juga banyak sekali aneka kuliner yang bisa kamu cicipi, mulai dari kopi, kelapa, alkohol, kue, bahkan makanan mengenyangkan semua ada disini. Dan pastinya, harga makanannya sangatlah terjangkau! Menikmati pemandangan pantai sambil makan dan minum kelapa, pastilah sangat nikmat. Cobain deh datang kesini!

    Tiket Masuk Pantai Sindhu Sanur: Gratis

    Jam Buka Pantai Sindhu Sanur: Buka 24 Jam

Objek Wisata Pantai di Bali

  1. Pantai Seminyak – Pantai pasir putih alternatif dari Pantai Kuta. Banyak cafe, restoran, dan sejenisnya di sekitar pantai, sehingga selalu ramai pengunjung!

    tempat-wisata-pantai-seminyak-bali
    Sumber: freepik.com (2020) (edited)

    Pantai Seminyak atau biasa beberapa orang menyebutnya Pantai Dhyanapura, ini letaknya berada di utara pantai Kuta. Untuk lokasi Pantai Seminyak berada di Jl. Dhyana Pura, Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Jika dari pantai Kuta, perjalanannya akan memakan waktu sekitar 16 – 20 menit dengan mobil. Pantai Seminyak merupakan pantai pasir putih, saat ditapak pasirnya juga lembut dan landai.

    Disekitar pantai juga mempunyai banyak restoran enak, hotel berbintang, villa, bahkan beach club mewah, mirip sekali seperti pantai Kuta. Jika sudah sering pergi ke Pantai Kuta dan ingin suasana baru, Pantai Seminyak ini bisa jadi alternatif wisata kamu.

    Tiket Masuk Pantai Seminyak: Gratis

    Jam Buka Pantai Seminyak: Buka 24 Jam

  2. Pantai Legian – Alternatif Pantai Kuta, Pantai Pasir Putih dengan Banyaknya Tempat Makan, Belanja, dan Akomodasi di sekitar Pantai!

    pantai-legian-di-bali
    Sumber: commons.wikimedia.org (2008) (edited & cropped), Credit: Max Grabert

    Pantai Legian adalah pantai yang berada di satu garis pantai dengan Kuta. Ini menandakan, Pantai Legian berada di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung dan sangat dekat dengan Pantai Kuta.

    Jika ditanya, apa perbedaannya dengan Pantai Kuta. Sebenarnya sama saja, memiliki pasir putih dan halus mirip seperti Pantai Kuta. Dari sunset juga sama, karena masih berada di satu garis pantai yang sama.

    Hanya saja perbedaannya, Pantai Legian wisatawannya lebih sedikit dibandingkan Pantai Kuta yang cenderung lebih populer. Selain itu, Pantai Legian juga mempunyai banyak restoran enak, cafe, penginapan, dan tempat belanja. Jika kamu ingin suasana yang berbeda dari Pantai Kuta, silahkan datang ke Pantai Legian saja. Tidak jauh juga, bisa ditempuh dengan jalan kaki.

    Tiket Masuk Pantai Legian: Gratis

    Jam Buka Pantai Legian: Buka 24 Jam

  3. Pantai Batu Bolong – Pantai pasir coklat yang cocok untuk peselancar pemula, alternatif dari Pantai Kuta.

    pantai-batu-bolong-bali
    Sumber: commons.wikimedia.org (2019) (edited)

    Batu Bolong beach atau Pantai Batu Bolong merupakan wisata pantai yang bisa menjadi alternatif perselancar pemula selain pantai Kuta. Yang membuat berbeda dengan kuta adalah pasir pantainya yang berwarna putih kecoklatan. Untuk lokasi Pantai Batu Bolong berada di Jl. Pantai Batu Bolong, Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

    Selain untuk berselancar, di sekitar Pantai Batu Bolong juga memiliki berbagai restoran enak yang bisa kamu cobain.  Kamu tidak membawa papan selancar? Jangan khawatir, di sekitar pantai ada banyak kok yang menyewakan papan selancar. Happy surfing, BTG travellers!

    Tiket Masuk Pantai Batu Bolong: Gratis

    Jam Buka Pantai Batu Bolong: Buka 24 jam

  4. Pantai Balangan – Salah satu pantai pasir putih di Bali bagian Selatan. Cocok untuk peselancar tingkat menengah.

    pantai-balangan-bali
    Sumber: piqsels.com (2017) (edited)

    Pantai Balangan merupakan pantai yang berlokasi di Jalan Balangan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Di Pantai ini, kamu bisa melakukan aktifitas surfing, tapi dengan catatan: Pantai Balangan hanya untuk peselancar intermediate / kelas menengah. Selain aktifitas surfing, disekitar Pantai juga mempunyai warung makan yang dikelola oleh masyarakat lokal dengan menu bervariatif.

    Di warung tersebut juga menyediakan es kelapa muda, jadi kamu bisa bersantai minum kelapa sambil menikmati pemandangan pantainya. Melihat hamparan pasir putih dengan suara deburan ombak, pasti bisa bikin pikiran kamu lebih tenang. Cobain deh ke Pantai Balangan, dijamin tidak menyesal melihat segala keindahannya.

    Tiket Masuk Pantai Balangan: Gratis

    Jam Buka Pantai Balangan: Buka 24 Jam

  5. Pantai Pandawa – Ingin melihat proses budidaya rumput laut? Maka pantai inilah jawabannya. Cocok juga untuk alternatif pantai untuk selancar.

    wisata-pantai-pandawa-bali
    Sumber: freepik.com (2020) (edited)

    Pantai Pandawa merupakan pantai yang berlokasi di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Jika dari Bandara Ngurah Rai, akan memakan waktu sekitar 36-40 menit perjalanan dengan mobil melewati Jalan Goa Gong.

    Di Pantai Pandawa, kamu bisa melakukan berbagai aktifitas seperti: Naik perahu kano, melihat budidaya rumput laut, berselancar, dan melihat 5 patung pandawa, yaitu patung Arjuna, Bima, Yudistira, Nakula dan Sadewa. Sebelumnya Pantai Pandawa merupakan pantai tersembunyi di Bali. Namun, akses jalan dibuka untuk umum di tahun 2012, sehingga Pantai Pandawa mejadi lebih mudah untuk di kunjungi.

    Tiket Masuk Pantai Pandawa: 8.000 / Orang

    Jam Buka Pantai Pandawa: Setiap Hari, 08:00 – 18:00

  6. Pantai Jimbaran Bali – Wisata pantai di Bali yang menyediakan meja untuk kamu makan di tepi pantai. Istirahat makan enak disini, terutama Seafood-nya Lezat banget, loh!

    gambar-pantai-jimbaran-bali
    Sumber: commons.wikimedia.org (2006), credit: Jiashiang

    Pantai Jimbaran adalah pantai pasir putih yang lokasinya berada di desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Jika dari bandara Ngurah Rai, untuk menuju pantai Jimbaran menggunakan mobil akan memakan waktu sekitar 11-15 menit perjalanan via Jalan ByPass Ngurah Rai.

    Daya tarik dari pantai ini adalah mempunyai restoran seafood di tepi pantai dengan menu yang bervariatif. Segala jenis ikan, udang, kerang, maupun makanan laut lainnya sangat enak sekali. Karena bahan-nya masih segar diambil langsung dari nelayan Pantai Kedonganan. Di pantai ini berjejer banyak meja dan kursi di tepi pantai, sehingga kamu bisa duduk nyaman makan seafood sambil menikmati sunset di pantai Jimbaran.

    Tiket Masuk Pantai Jimbaran: Gratis

    Jam Buka Pantai Jimbaran: Buka 24 Jam

  7. Pantai Suluban Uluwatu / Blue Point Beach Bali – Pantai tersembunyi di Bali, sangat Indah dipandang mata.

    pantai-suluban-uluwatu-blue-point-beach-bali
    Sumber: commons.wikimedia.org (2010) (edited), Credit: tigoretagore

    Pantai Suluban atau biasa disebut sebagai Blue Point Beach Bali merupakan pantai pasir putih yang letaknya dekat dengan Pura Uluwatu. Kira-kira jika dari Pura Uluwatu, untuk mencapai Pantai Suluban perjalanannya sekitar 3 Km atau 6 menit dengan mobil. Untuk lokasi  Pantai Suluban ada di Jalan Pantai Suluban, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

    Yang menjadi daya tarik dari Pantai Suluban jika dari segi laut terlihat seperti memiliki 2 warna, yaitu Hijau (dangkal), dan Biru Tua (dalam). Daya tarik lainnya adalah saat sunset pantai Suluban akan terlihat sangat indah sekali, langit memerah dengan suara deburan ombak pasti bakal bikin hati kamu tenang. Selain itu, untuk mencapai Pantai Suluban ini sedikit sulit, loh. Kamu harus melewati beberapa anak tangga, dan tangganya juga sempit lalu diapit oleh tebing batu. Biasanya, saat mau lewat saja harus mengantri dengan wisatawan lainnya karena sempitnya akses jalannya.

    Tiket Masuk Pantai Suluban: Gratis

    Jam Buka Pantai Suluban: Buka 24 Jam

  8. Pantai Nusa Dua – Pantai pasir putih yang cantik dan populer dikalangan wisatawan.

    tempat-wisata-di-nusa-dua
    Sumber: freepik.com (2020) (edited)

    Nama Nusa Dua diambil dari dua pulau kecil di Kabupaten Badung, Kecamatan Kuta Selatan yang terhubung dengan daratan Bali. Nah, Pantai Nusa Dua adalah pantai yang terletak disebelah kedua pulau tersebut.

    Jadi bukan berarti Pantai Nusa Dua hanya satu pantai saja, tapi ada nama pantai lainnya yaitu: Pantai Samuh, Pantai Mengiat, Pantai Sawangan, dan Pantai Geger. Semua pantainya berpasir putih jadi pastinya sangat indah, silahkan datangi satu persatu. Hampir semua pantai di Nusa Dua gratis dan terbuka untuk umum, kecuali pantai Geger yang ada tiket masuknya yaitu 3000 rupiah.

    Tiket Masuk Pantai Samuh, Sawangan, dan Mengiat: Gratis

    Jam Buka Pantai Samuh, Sawangan, dan Mengiat: Buka 24 Jam

    Tiket Masuk Pantai Geger: 3.000 / orang

    Jam Buka Pantai Geger: Buka 24 Jam

  9. Pantai DreamLand – Bagaikan tanah impian, wisata pantai yang tersembunyi dan terkenal dengan keindahannya.

    wisata-pantai-dreamland-bali
    Sumber: id.wikipedia.org (2016), credit: Suranegara88

    Pantai Dreamland adalah pantai pasir putih yang lokasinya di desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Letaknya berada dibawah tebing yang tinggi, jadi Pantai Dreamland ini bisa dikatakan salah satu pantai tersembunyi di Bali. Disini kamu bisa berselancar atau hanya duduk-duduk saja menikmati pemandangan. Pantai ini mempunyai banyak batu karang, pasir yang putih, air lautnya pun juga biru jernih.

    Deburan ombaknya pun cukup kencang, pastinya sangat seru berselancar disini. Cobain deh datang ke pantai ini, masih satu jalur kok dengan Garuda Wisnu Kencana (GWK). Biasanya, wisatawan habis pergi ke GWK, akan pergi ke pantai DreamLand ini. Jika dari GWK, waktu tempuhnya sekitar setengah jam / 30 menit untuk ke DreamLand. Sebenarnya untuk masuk ke pantai ini tidak dikenakan biaya, tapi ada biaya untuk parkir kendaraannya. Untuk Mobil 20.000 rupiah, dan sepeda motor 5.000 rupiah.

    Tiket Masuk Pantai Dreamland: Gratis

    Jam Buka Pantai Dreamland: Buka 24 Jam

  10. Pantai Bingin Bali – Pantai tersembunyi di Bali dan cocok untuk berselancar tingkat ahli!

    pantai-bingin-bali
    Sumber: www.flickr.com (2014), Credit: @javisanchezfotos

    Pantai Bingin merupakan salah satu pantai tersembunyi di Bali, makanya jarang ada wisatawan yang mengetahuinya. Mengapa tersembunyi? Karena untuk menuju pantai Bingin ini, kamu harus melewati jalanan terjal dan berliku dengan banyaknya anak tangga, dan yang pasti perjuangan banget untuk sampai disini. Untuk lokasi pantai Bingin, berada di desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

    Sangat dekat dengan pantai Dreamland, sekitar 10 menit perjalanan dengan mobil. Pantai Bingin ini merupakan pantai untuk surfing terbaik di Bali, loh. Namun, Pantai Bingin hanya untuk peselancar yang ahli saja, karena ombaknya bisa mencapai 5 kaki dan juga arusnya yang cepat. Jika kamu ingin surfing di Bingin, pastikan kamu sudah latihan di pantai untuk surfing pemula, contohnya seperti Kuta.

    Tiket Masuk Pantai Bingin Bali: Gratis

    Jam Buka Pantai Bingin Bali: Buka 24 Jam

  11. Pantai Padang Padang – Pantai pasir putih tempat surfing untuk peselancar tingkat lanjut.

    padang-padang-beach-bali
    Sumber: pixabay.com (2017) (edited), credit: @rohitink

    Padang-Padang adalah nama wisata pantai di Bali yang berlokasi di desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Letaknya sangat dekat dengan pantai Bingin dan Impossibles. Padang-Padang merupakan pantai pasir putih, seperti layaknya pantai di Bali Selatan pada umumnya. Pantai Padang-Padang ini juga merupakan tempat surfing terbaik di Bali, loh.

    Ada 2 area untuk surfing yaitu baby padang / padang right yang bagus untuk peselancar tingkat menengah, dan padang left untuk peselancar ahli. Dari informasi barusan, bisa diasumsikan Pantai Padang-Padang bukanlah untuk pemula. Untuk tempat selancar untuk pemula bisa kamu lihat di artikel ini: 11 Pantai untuk Surfing Terbaik di Bali.

    Bagi kamu yang sunset hunter, Pantai Padang-Padang juga tidak kalah indahnya dengan pantai lainnya, loh. Cobain main ke Pantai Padang-Padang sampai tiba saat matahari terbenam, pasti seru deh!

    Tiket Masuk Pantai Padang Padang: 5.000 / Orang

    Jam Buka Pantai Padang Padang: Setiap Hari, 08:00 – 22:00

  12. Pantai Sanur Bali – Pantai alternatif dari Tanjung Benoa, jadi bisa bermain watersport disini.

    wisata-pantai-sanur-bali
    Sumber: freepik.com (2019)

    Pantai Sanur adalah salah satu pantai pasir putih yang terkenal di Bali. Lokasi pantai Sanur berada di Jalan Kusuma Sari, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Selain pantai Tanjung Benoa, Pantai Sanur ini bisa jadi alternatif wisata untuk watersport, loh.

    Karena pantai di Sanur memiliki ombak yang tenang, jadi cocok untuk bermain watersport. Wahana watersport yang tersedia juga beragam, ada Sea Walker, Parasailing, Banana Boat, Rolling Donut, Jetski, Kano, dan lain sebagainya. Jika sudah sering ke Tanjung Benoa, cobain main watersport di Pantai Sanur Bali untuk menambah pengalaman wisata baru.

    Tiket Masuk Pantai Sanur Bali: Gratis

    Jam Buka Pantai Sanur Bali: Buka 24 Jam

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 6

Belum ada rating, segera rating artikel ini