Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

Tomohon Internasional Flower Festival – Menikmati festival bunga tidak harus pergi jauh-jauh ke luar negeri. Kamu juga bisa menikmati keindahan alam dan festival bunga di Indonesia. Yaitu Tomohon Internasional Flower Festival yang diadakan setiap tahun di kota Tomohon, Sulawesi Utara. Pada saat festival berlangsung, bunga-bunga dirancang secara kreatif dan indah. Tidak heran kalau banyak wisatawan asing dan lokal yang datang ke acara ini.

Selain menikmati keindahan alam dan festival bunga, kamu juga bisa ikut serta dalam berbagai aktivitas yang ada. Mulai dari lomba kebun bunga, lokakarya tata bunga, sampai pameran tanaman hias. Berbagai kegiatan ini membuat liburan ke Tomohon menjadi aktivitas yang tidak akan membosankan.

Tomohon Internasional Flower Festival
Tomohon Internasional Flower Festival via detikmanado.com

Sejarah Tomohon Internasional Flower Festival

Sebelum menikmati Tomohon Internasional Flower Festival atau TIFF, akan lebih seru kalau kamu tahu dulu sejarah yang ada di baliknya. Nama TIFF sendiri baru mulai diresmikan pada tahun 2008. Namun, festival bunga di Tomohon sendiri sudah mulai dilaksanakan sejak tahun 2006.

Bermula dari Pawai Kendaraan

Pada awalnya, Pemerintah Kota Tomohon mengadakan pawai sebagai selebrasi hajatan HUT Kota Tomohon. Pawai yang diadakan pada Januari 2006 mengambil tema bunga yang merupakan identitas dari Kota Tomohon.

Pada pawai ini, sekitar 600-an kendaraan bermotor dihias dengan bunga-bunga yang cantik. Selain kendaraan bermotor, Bendi dan Pedati Sapi juga ikut dihias. Sehingga, iring-iringan pawai terlihat sangat indah dan menarik minat pengunjung.

Nah, karena melihat antusias yang tinggi, pemerintah kota akhirnya berinisiatif untuk menggelar turnamen bunga di tahun 2008. Turnamen ini diberi nama Tournament of Flowers. Hasilnya, turnamen ini ternyata memberikan dampak yang positif dan luas.

Didukung Presiden

Turnamen bunga sendiri sudah disiapkan dari tahun 2007. Persiapan tersebut juga melibatkan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang saat itu adalah Presiden RI. Lewat kunjungannya bersama istri, Ibu Hj. Anni Bambang Yudhoyono pada 14 Januari 2007, SBY berdialog dengan para petani dan perangkai bunga di Tomohon. Dengan tujuan, mencari cara untuk meningkatkan taraf hidup petani dan perangkai bunga.

Beberapa hari setelahnya, sekitar tanggal 23 Januari 2007, istri Wakil Presiden RI, Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla datang ke Tomohon untuk membuka rangkaian kegiatan festival. Khususnya pelaksanaan Pameran Bunga dan Lomba Merangkai Bunga. Pembukaan tersebut dilakukan secara simbolis dengan melakukan penanaman anggrek kelapa atau tanaman Phaius.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Wisata Tempat Healing di Medan yang Lagi Hits

Selanjutnya, event ini diadakan secara rutin setiap tahunnya di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Untuk bisa melihat event ini, kamu bisa datang ke Tomohon setiap tanggal 8-12 Agustus setiap tahunnya.

Fakta Unik Seputar Tomohon Internasional Flower Festival

Tomohon Internasional Flower Festival
Tomohon Internasional Flower Festival credit via kompas.id

Setelah pandemi COVID-19 mereda, festival bunga Tomohon yang sebelumnya sempat terhenti mulai diadakan lagi. Jadi, kamu bisa kembali berkunjung dan menikmati acara ini. Di balik keseruan Tomohon Internasional Flower Festival, ternyata ada beberapa fakta unik yang menarik untuk diketahui.

1. Diikuti Oleh 5 Negara Lain

Acara festival tahun ini ternyata juga ikut dimeriahkan oleh 5 negara sahabat Indonesia yang ikut ambil bagian. Yaitu Amerika Serikat, Belanda, Korea Selatan, Singapura, dan Jepang. Jepang sendiri sebenarnya sudah pernah ikut ambil bagian di acara Tomohon Internasional Flower Festival tahun 2018. Jadi, festival tahun ini bukan partisipasi Jepang yang pertama kali.

2. Sempat Menjadi Ajang Dua Tahunan

Saat ini, festival bunga Tomohon adalah acara rutin yang diadakan setiap tahun. Namun, pada awalnya, festival hanya diadakan setiap dua tahun sekali. Festival Tomohon diadakan secara resmi pertama kali pada tahun 2008. Selanjutnya, pelaksanaan festival diadakan dua tahunan pada 2010, 2012, dan 2014.

Baru pada tahun 2015, festival Tomohon diadakan setiap tahun. Bahkan, acara ini juga sudah diakui oleh Kementerian Pariwisata RI. Jadi, kalau kamu melihat kalender acara Kementerian Pariwisata RI, kamu akan menemukan Tomohon Internasional Flower Festival ada setiap tahunnya.

3. Pawai Diadakan Setiap Tanggal 8 Agustus

Berencana melihat pawai kendaraan hias? Pastikan kamu datang di tanggal 8 Agustus. Biasanya, acara puncak akan diadakan di hari terakhir festival. Tapi, acara puncak festival ini justru diadakan di tanggal yang sama setiap tahun.

Keputusan ini sebenarnya tidak berkaitan dengan suatu peringatan khusus. Hanya supaya agenda kunjungan wisata jadi lebih mudah saja.

Panduan ke Lokasi Tomohon Internasional Flower Festival

Tertarik untuk melihat Tournament of Flower atau pawai festival Tomohon? Simak panduan berikut ini supaya liburan jadi lebih seru dan menyenangkan!

Transportasi ke Tomohon

Ada banyak pilihan cara yang bisa kamu gunakan untuk datang ke festival ini. Salah satu yang paling mudah adalah dengan menggunakan pesawat dan bus. Jadi, pertama-tama kamu bisa naik pesawat dulu ke Bandara Sam Ratulangi, Manado. Bandara ini merupakan yang paling dekat dengan Kota Tomohon.

Baca Juga:  Hal Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Liburan ke Wisata Lembah Harau

Setelah sampai di bandara, lanjutkan perjalanan menggunakan bus atau Damri. Tenang saja, bus dan Damri menuju Tomohon bisa dengan mudah kamu temukan di bandara. Biasanya, tarif bus dari bandara ke Tomohon sekitar Rp. 30.000. Dan waktu perjalanan saat lancar memakan waktu sekitar satu jam.

Kalau sudah sampai di Tomohon, kamu bisa berkeliling dengan berbagai mode transportasi yang ada. Seperti mikrolet, ojek, taksi, sampai jasa rental mobil.

Iklim di Tomohon

Pastikan juga untuk menggunakan pakaian yang nyaman saat di Tomohon atau saat melihat pawai di Tomohon Internasional Flower Festival. Kota Tomohon berada di sekitar 700-800 meter di atas permukaan laut. Sehingga, iklimnya cenderung terasa sejuk, khususnya pada malam hari.

Biasanya, suhu kota saat malam hari ada di kisaran 23 hingga 24 derajat Celcius. Sedangkan pada siang hari, suhu Kota Tomohon berada di kisaran 30 derajat Celcius.

Tempat Jajan dan Oleh-Oleh

Pergi ke Tomohon Internasional Flower Festival rasanya kurang pas kalau tidak membeli oleh-oleh. Ada banyak tempat belanja dan mall yang bisa kamu datangi untuk jajan dan mencari oleh-oleh. Di antaranya Pasar Beriman Tomohon, Cool Supermarket, Triple M Plaza, Freshmart, dan Bahu Mall.

Untuk tempat makan sendiri, kamu bisa mencoba beberapa rekomendasi tempat makan Tomohon yang terkenal. Seperti Ria Rio Restaurant, City Extra, Miangas Bitung Rumah Makan, Raja Sate Restaurant Manado, Wisata Bahari Seafood Restaurant, hingga RM Parakletos Tomohon.

Hotel dan Penginapan di Tomohon

Liburan ke Tomohon dan menyaksikan Tomohon Internasional Flower Festival tentu saja akan kurang lengkap kalau tidak menginap. Ada banyak hotel dan penginapan yang bisa kamu pilih saat liburan ke Tomohon. Misalnya  Mountain View Resort & Spa, Tambulinas, Makatembo, Indraloka, Lokon Resting Resort, Volcano Resort, Tomohon Guest House, Onong Palace, atau Puri Mandey.

Ga Bisa Move On Dari Tomohon? Yuk Liburan Lagi Bareng BookingToGo!

Promo Pahlawan Bookingtogo

Setiap penginapan memberikan suasana yang menyenangkan dengan pemandangan yang memanjakan mata. Supaya lebih praktis, kamu bisa memesan hotel, penginapan, dan transportasi melalui BookingToGo. BookingTogo menyediakan berbagai keperluan traveling kamu dari satu tempat saja. Jadi, liburan jauh lebih praktis dan mudah. Selamat berlibur dan melihat Tomohon Internasional Flower Festival! Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.