Bagikan Artikel
4.5/5 - (2 votes)

Wisata Terkenal di Papua – Halo, BTG Travelers! Banyak orang yang mengetahui kalau Indonesia bagian Timur punya pemandangan alam yang eksotis dan juga mempesona. Selain itu juga semua wisata alam di timur Indonesia ini masih terjaga keasriannya, mulai dari pantai, danau, bukit, maupun pegunungannya. Penasaran apa saja tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Papua Barat? Berikut tempat wisata di Papua Barat yang bisa kamu kunjungi.

Baca Juga: Tempat Wisata Indonesia ini Jarang Diketahui, Bagai Surga Tersembunyi.

Tempat Wisata Alternatif Selain Raja Ampat di Papua

1. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Taman Nasional Teluk Cenderawasih via Jhosua Mr Jhoe

Berlokasi di teluk cendrawasih taman laut ini merupakan taman nasional terluas di Indonesia, berada di papua barat, destinasi ini merupakan surganya para penyelam, karena berbagai ragam biota laut menghuni taman nasional ini loh.

Tempat ajaib di Papua Barat yang penuh dengan keindahan laut dan kehidupan bawah airnya ini sangat unik, karena disini kamu akan bertemu berbagai ikan berwarna-warni dan ikan paus raksasa yang ramah.

Tidak hanya kehidupan bawah laut yang menarik perhatian, Taman Nasional Teluk Cenderawasih juga memiliki pesona alam di daratannya. Hutan-hutan hijau yang lebat dan pantai-pantai berpasir putih menambah keindahan tempat ini. Kamu bisa menjelajahi daratan untuk menikmati keindahan alam yang tak tertandingi.

Lokasi: Sobei Indah, Duairi, Teluk Wondama, Papua Barat (Google Maps)

2. Pulau Misool

pulau-misool-papua-barat
Sumber: freepik.com

Pulau Misool merupakan salah satu dari empat pulau besar di kepulauan Raja Ampat yang letaknya berada di antara pulau Papua Barat dan pulau Seram. Pulau Misool ini merupakan surga bagi para penyelam karena disini terkenal dengan pesona bawah lautnya yang indah.

Kalau kamu menyelam, kamu akan melihat deretan terumbu karang yang indah dan ragam biota lautnya. Selain itu, di pulau Misool ini ada pantai pasir putih yang cantik bernama pantai Yelit. Di pantai Yelit ini kamu bisa melihat ikan hiu yang tergolong cukup langka di pesisir pantainya, yaitu ikan hiu karang sirip hitam. Karena spesies hiu ini tergolong hampir terancam punah, kamu hanya boleh melihatnya saja ya.

Lokasi: Lilinta, Misool Barat, Raja Ampat, Papua Barat (Google Maps)

Document
gambar hotel

Swiss-Belhotel Papua

Mulai dari IDR 1.000.000 /malam di Booking To Go

3. Gunung Arfak

pegunungan-arfak-papua-barat
Sumber: Instagram @akhdhorifafa (2021)

Gunung Arfak adalah nama gunung tertinggi di Papua Barat. Wisata gunung ini terkenal karena menyunguhkan 2 panorama danau yang indah. Nama danau tersebut adalah danau Anggi Giji (danau laki-laki) dan danau Anggi Gida (danau perempuan). Letak kedua danau tersebut bersebelahan dan hanya terpisah oleh perbukitan.

Selain itu, di Gunung Arfak kamu juga bisa melakukan aktivitas melihat burung (bird watching). Lokasi melihatnya di Kampung Maibri dan Kampung Kwauw. Burung di gunung Arfak beberapa diantaranya tergolong langka loh, contohnya: Astrapia Arfak dan Bower Bird.

Lokasi: Kwokwisngung/Kwok II, Hingk, Gunung Arfak, Papua Barat (Google Maps)

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Harus Solo Traveling di Usia 20 Tahunan.

4. Danau Framu

danau-framu-ayamaru
Sumber: Instagram @sorongmasakini (2017), Credit: @nsolossa

Di Papua Barat juga ada wisata danau yang airnya sebening cermin loh, namanya Danau Framu. Letak danau ini berada di pedalaman Papua Barat, tepatnya di Ayamaru. Sedikit sulit untuk menuju wisata ini, tetapi rasa capeknya akan terbayarkan setelah kamu melihat keindahan danaunya. Berwarna biru dan dikelilingi oleh hutan yang masih terjaga keasriannya, sungguh pesona alam yang sangat memukau. Tidak lengkap rasanya jika kamu tidak berenang disini, jadi pastikan kamu membawa baju ganti ya!

Lokasi: Framu, Ayamaru, Maybrat, Papua Barat (Google Maps)

5. Situs Purbakala Tapurarang

Situs tapurarang
Goa Situs Tapurarang credit via travel.kompas.com

Sebuah situs yang menampilkan kejayaan dan kehidupan masyarakat purba yang telah menghuni wilayah ini ratusan tahun yang lalu. Melalui peninggalan arkeologis yang ditemukan di situs ini, kamu bisa mempelajari perjalanan panjang peradaban manusia di Nusantara.

Dalam situs ini kamu bisa menemukan jejak darah telapak tangan manusia dan binatang di bebatuannya loh. Jejak itu berasal dari zaman prasejarah yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Berlokasi di Kokas, Fak Fak destinasi ini dikelilingi hutan bakau yang lebat. Selain itu di hutan ini juga menjadi tempat tinggal berbagai macam jenis burung, mulai dari bangau hingga burung cendrawasih.

Lokasi: Patimburak, Ditrik. Kokas, Fakfak, Papua Barat (Google Maps)

Document
gambar hotel

favehotel Sorong Papua

Mulai dari IDR 600.000 /malam di Booking To Go

6. Gunung Meja

Gunung Meja
Potret Gunung Meja via Wikipedia

Namanya memang unik, Gunung meja, salah satu gunung yang selalu mengundang perhatian para wisatawan. Hutan wisata gunung meja memang sekilas terlihat seperti bentuk meja jika dilihat dari kejauhan. Namun jangan salah BTG Traveler, Gunung ini terletak di tengah wilayah ibukota Papua Barat yaitu Manokwari.

Sering dijadikan lokasi rekreasi baik hiking maupun piknik, destinasi ini merupakan hutan lindung, yang berisi beragam flora dan fauna yang terjaga dengan baik. Berbagai tanaman hingga hewan langka bisa kamu temukan juga disini.

Lokasi: Jl. Brawijaya No.40, Manokwari Timur, Manokwari Barat, Manokwari, Papua Barat (Google Maps)

7. Pantai Bakaro

Pantai Bakaro
Pantai Bakaro via Mochamad Ramdani

Berada di Sunsweni, Manokwari Barat, Pantai Bakaro tak kalah indahnya dengan pantai yang berada di gugusan kepulauan Raja Ampat. Memiliki pasir putih dan warna airnya yang kebiruan menjadikan alasan para wisatawan berdatangan kesini. Selain itu kamu juga bisa menikmati sunset sekaligus spot yang sempurna untuk memancing ikan loh.

Asiknya lagi kamu bisa membawa ikan hasil memancingmu untuk disantap di warung terdekat juga. Atau kamu juga bisa berwisata kuliner juga loh di sekitar lokasi ini, Asik banget kan?

Lokasi: Sunsweni, Manokwari Barat, Manokwari, Papua Barat (Google Maps)

8. Gunung Botak

Gunung Botak
Gunung Botak credit via Ahmad Fadloli Official

Gunung Botak bisa jadi pilihan wisata selain raja ampat di Papua Barat. Kawasan yang berada di Distrik Waren Botak ini terkenal banget dengan lokasi camping-nya karena panorama yang disajikan disini sangatlah epik dan indah.

Dari sini kamu bisa memandang langsung pantai yang dikelilingi oleh perbukitan asri dari kejauhan yang keren. Tidak cuma itu, di dekat lokasi wisata ini juga terdapat danau yang sering dijadikan tempat memancing juga loh.

Lokasi: Jl. Manokwari – Bintuni, Yekwandi, Manokwari Selatan, Manokwari Selatan, Papua Barat (Google Maps)

Document
gambar hotel

Horison Ultima Entrop Papua

Mulai dari IDR 800.000 /malam di Booking To Go

9. Teluk Doreri

Teluk Doreri
Potret Teluk Doreri via kompas.id

Terakhir kamu bisa berkunjung ke Teluk Doreri, wisata di papua barat ini menawarkan keindahan alam bawah lautnya yang berisi beragam biota laut. Tidak salah jika destinasi ini menjadi tujuan diving favorit, karena selain biota lautnya yang beragam terdapat juga titik selam untuk menikmati pemandangan bangkai kapal dari perang dunia kedua yang pernah karam di lokasi ini. Sangat recommended kan?

Lokasi: Jl. Trikora Taman Ria, Wosi, Manokwari Barat, Manokwari, Papua Barat (Google Maps)

Rekomedasi Kuliner Unik di Papua Barat

1. Sambal Colo-Colo

sambal colo colo
sambal colo colo credit via blog.sayurbox.com

Tidak hanya ada di Maluku dan Makasar, namun Sambal colo-colo ternyata juga jadi pelengkap makanan bagi masyarakat Papua Barat loh. Sambal ini dibuat dari tomat, bawang merah, dan cabai yang dipotong dadu ini memiliki rasa segar, pedas, dan manis.

2. Aunuve Habre

Aunuve Habre
Aunuve Habre credit via tribunnewswiki.com

Kuliner satu ini bisa dibilang hampir mirip dengan sajian steak dari Eropa. Namun bedanya, Aunuve Habre dimasak menggunakan bahan baku ikan cakalang yang dibungkus dengan daun talas, lalu di panggang.

3. Rica-Rica Cacing Laut

Rica-Rica Cacing Laut
Cacing Laut Sebelum dimasak via goodnewsfromindonesia.id

Selanjutnya ada rica-rica cacing laut, makanan unik satu ini dipercaya masyarakat lokal sebagai makanan yang digunakan untuk meningkatkan kejantanan laki-laki. Cacing laut sendiri mengandung protein yang baik untuk tubuh, oleh karena itu makanan ini biasanya diolah dengan cara digoreng maupun dibumbu rica-rica pedas.

4. Kapurung

Kapurung
Kapurung credit via jurnalpalopo.pikiran-rakyat.com

Kapurung adalah kuliner berkuah yang memiliki tampilan yang hampir sama dengan olahan sop ikan. Namun yang membedakannya adalah masakan ini menggunakan ikan peda atau ikan kembung sebagai bahan utamanya.

5. Udang Selingkuh

udang selingkuh
olahan udang selingkuh credit via idntimes.com

Salah satu kuliner unik lainnya di Papua adalah Udang selingkuh. Kuliner ini disebut demikian dikarenakan udang ini memiliki capit seperti kepiting, sehingga dianggap oleh masyarakat sekitar bahwa udang ini selingkuh dengan kepiting.

Sajian ini paling digemari oleh wisatawan mancanegara yang berkunjung. Berbahan dasar udang, sajian ini dimasak dengan cara ditumis maupun dibakar. Dalam penyajiannya, makanan ini dihidangkan bersamaan dengan tumis sayuran seperti kangkung dan bunga pepaya.

Traveling Ke Papua, Tak Lupa Beli Akomodasinya di BookingToGo Yaa!

Promo Pahlawan Bookingtogo

Sebenarnya, masih banyak lagi wisata alam yang indah di Papua Barat. Namun, 9 daftar wisata terkenal di Papua Barat diatas adalah yang paling minboo rekomendasikan buat kamu kunjungi. Apakah kamu berencana untuk liburan ke Papua Barat? Kamu bisa beli tiket pesawat ke Sorong di BookingToGo, loh. Biar tiket pesawatnya lebih murah, segera cek promo terbaru BookingToGo disini.

 

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.