Bagikan Artikel
Rate this post

BookingToGoKenapa harus Solo Traveling? Apakah hal ini memang wajib? Di era teknologi saat ini, aktivitas traveling sangatlah mudah. Tetapi rasa khawatir tetaplah ada, entah itu kesepian, rasa bosan, dan untuk perempuan pastilah soal keselamatan.

Tetapi buat kamu yang masih berusia 20 tahun – 30 tahun, kami sangat merekomendasikan untuk mencoba traveling sendiri setidaknya sekali saja. Berikut adalah beberapa alasan kenapa harus solo traveling di usia 20 tahunan:

Menemukan Jati Diri

alasan-solo-traveling
Sumber: unsplash.com (2018), Credit: @wthen

Saat kamu solo traveling, kamu akan belajar untuk menemukan jati dirimu yang sebenarnya.

Dari tempat wisata yang kamu kunjungi, kamu mengetahui kesukaan kamu seperti apa. Apakah kamu sukanya wisata kuliner, wisata alam, atau mungkin kamu lebih suka pergi ke mall.

Dari solo traveling kamu juga mempunyai banyak waktu untuk dirimu sendiri. Mungkin saja kamu bisa menemukan tujuan hidupmu di perjalanan. Tentang apa yang kamu ingin lakukan dalam kehidupanmu.

Merasa Bebas

solo-traveling-indonesia
Sumber: unsplash.com (2017), Credit: @nurhadi_id

Jika kamu sudah berkeluarga, kamu tidak akan bisa merasa bebas lagi. Fokus kamu akan sepenuhnya untuk keluarga dan pekerjaan kamu. Apalagi jika kamu sudah mempunyai anak, segala kebutuhan pasti akan meningkat.

Hubungan dengan pasangan hidupmu juga harus dijaga, bukan? Oleh karena itu, sebelum kamu berkeluarga lebih baik kamu coba kelilingi tempat seorang diri dan nikmati kebebasannya.

Dapat Koneksi dan Teman Baru

manfaat-traveling-sendiri
Sumber: unsplash.com (2018), Credit: @felixrstg

Asal kamu tidak malu untuk bergaul, solo traveling memungkinkan kamu untuk menemukan teman baru. Berbeda dengan saat kamu traveling sama teman, fokus kamu akan bersama teman kamu.

Di usia 20 tahunan, kamu harus banyak koneksi. Selain bagus untuk dunia kerja, kemungkinan kamu menemukan jodoh juga semakin tinggi, bukan? Setiap hubungan kan bermula dari pertemanan terdahulu.

Baca Juga: Apa itu Backpacker? Kenali Arti, Jenis, Sejarah, dan Tips Backpacker.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

manfaat-solo-traveling
Sumber: www.freepik.com (2018), Credit: tirachardz

Saat kamu solo traveling, segala keputusan saat perjalanan kamu tentukan sendiri. Termasuk saat memilih tempat wisata, makanan yang kamu konsumsi, dan dimana kamu menginap kamu putuskan sendiri.

Oleh karena itu, dengan solo traveling kamu belajar untuk percaya diri terhadap keputusan yang kamu ambil.

Belajar untuk mempertimbangkan dan mengambil keputusan juga. Kamu tidak harus melulu mengikuti orang lain, kepercayaan diri sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, loh.

Belajar Menjadi Mandiri

solo-traveling
Sumber: freepik.com (2019), Credit: freepik

Selain kepercayaan diri, dengan solo traveling kamu juga belajar untuk menjadi mandiri. Menjadi mandiri merupakan hal yang wajib saat kamu sudah dewasa, karena tidak selamanya kamu harus bergantung sama seseorang.

Kamu belajar untuk beradaptasi dan menyelesaikan masalah yang kamu temui saat traveling. Entah itu kamu tersesat, atau tidak bisa berkomunikasi karena beda bahasa. Yang pasti, dijamin insting bertahan hidup kamu pasti akan terasah.

Baca Juga: 6 Tips Liburan Cerdas Ala Backpacker.

Meningkatkan Kesehatan Mental

traveling-sendiri
Sumber: unsplash.com (2019). Credit: @priscilladupreez

Kita semua membutuhkan waktu untuk diri sendiri. Tidak hanya orang introvert saja, bahkan untuk orang yang ekstrovert juga membutuhkan me time.

Namanya di usia 20 tahunan, rasa capek kerja, abis dimarahi sama atasan atau dosen yang nyebelin, pastinya akan membuat mental nge-down.

Saat mood kamu tidak enak, pasti rasanya males banget buat ketemu sama orang. Nah, dengan solo traveling kamu lebih punya waktu untuk diri sendiri dan pastinya bisa meningkatkan kesehatan mental kamu.

Menjadi Lebih Berani

pengalaman-solo-traveling
Sumber: unsplash.com (2017), Credit: @almosbech

Terkadang apa yang kita takutkan itu, setelah dijalani ternyata tidak semenakutkan apa yang kita pikirkan.

Sama halnya dengan solo traveling, kita berpikir takut nyasar, takut tidak bisa berkomunikasi dengan masyarakat lokal, takut ada masalah lainnya diperjalanan.

Padahal di era teknologi saat ini, traveling menjadi sangat mudah. Internet mempunyai solusi permasalahan yang kamu takutkan itu.

Saat kita sudah menjalaninya, pasti akan menjadi pengalaman yang bakal kamu kenang seumur hidupmu.

Tentang betapa beraninya kamu berkomunikasi dengan masyarakat lokal dengan bahasa yang berbeda, betapa beraninya kamu menelusuri tempat yang tidak pernah kamu kunjungi sebelumnya, dan masih banyak lagi.

Keberanian itu bagus loh untuk kehidupan sehari-hari, jadi cobain deh untuk solo traveling.

Jadi kesimpulannya, apakah kamu sudah siap untuk solo traveling? Setidaknya sekali saja, di usia 20 tahunan kamu traveling sendiri. Itu akan menjadi pengalaman yang berharga dan membangun karakter kamu, loh.

Tidak perlu takut, semua kebutuhan traveling kamu serahkan saja ke BookingToGo. Kamu bahkan bisa pesan hotel saat kamu sudah sampai tujuan asal ada akses internet. Kami juga selalu memberikan informasi traveling di blog.bookingtogo.com.

Kami rasa itulah informasi tentang 7 alasan kenapa kamu harus solo traveling di usia 20 tahunan. Semoga informasinya yang kami berikan bermanfaat untuk para pembaca setia blog.bookingtogo.com.


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...