6 Wisata di Solok yang Lagi Hits, dan Festival Tahunan yang Wajib Dikunjungi!

Bagikan Artikel
0
(0)
5/5 - (1 vote)

Wisata di Solok – Buat kamu petualang dan penikmat keindahan alam, pastinya kamu selalu suka menemukan tempat-tempat baru yang hits dan menarik untuk dikunjungi bukan? Salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Indonesia ini salah satunya adalah kota Solok.

Solok adalah salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan dan warisan budaya yang kaya. Kota ini terletak di provinsi Sumatera Barat dan telah menjadi incaran para wisatawan yang mencari tempat baru, pengalaman berpetualang yang seru, wisata yang hits serta menarik dan alam yang tenang.

Nah berikut Miboo sudah rangkum rekomendasi wisata di Solok yang wajib banget kamu kunjungi, cek yuk keseruannya!

Baca Juga : Puncak Taruko Padang, Spot Menikmati Keindahan Ngarai Sianok

Wisata di Solok yang Lagi Hits dan Bisa Kamu Kunjungi

1. Tan Kayo Malalo Solok

Wisata di Solok yang Lagi Hits TAN KAYO ECO PARK SYARIAH
Tan Kayo Eco Park via Teni Rusdy

Pertama kamu bisa mengunjungi lokasi wisata yang langsung menghadap langsung ke danau singkarak. Wisata yang sangat ramai dikunjungi ini dibuka pada 2 Juli 2022 lalu.

Objek yang menyajikan wisata alam yang ramah lingkungan dan murah ini memiliki konsep syariah, dimana setiap pengunjung yang datang ke tempat ini diharuskan berlaku dan berpakaian sopan, dan jika ingin menginap di cottage dengan harga Rp. 500.000 an disini, kamu juga diharuskan juga menunjukan buku nikah atau KTP loh.

Wisata di Solok yang Lagi Hits Tan Kayo Malalo
Tan Kayo Malalo Credit by  Juniardi Hidayat

Disini kamu bisa menikmati pemandangan indah Danau Singkarak, selain menikmati pemandangan itu kamu bisa juga menemukan makanan yang khas di lokasi ini, hanya dengan uang Rp. 20.000 an kamu bisa dapat berbagai jajan dan makanan disini. Selain kamu bisa menikmati pemandian air panas di cottage yang disewakan disini, kamu juga bisa menemukan kamar mandi yang bersih dan terawat loh.

Jam Operasional: Dewasa Rp. 15.000, Anak – Anak (Dibawah 12 Tahun) Rp. 5.000
Harga Tiket: Rp. 10.000 (termasuk parkir)
Lokasi: Padang Laweh Malalo, Batipuh Selatan, Tanah Datar, Sumatra Barat (Google Maps)

2. Pulau Belibis Solok

Pulau Belibis Solok
Pulau Belibis Solok Credit by mutia andina

Buat kamu yang mau melepas penat di suasana alam yang asri dan bisa melihat danau yang memanjakan mata, kamu bisa ke pulau belibis solok. Menurut warga sekitar penamaan pulau belibis ini dikarenakan banyak jenis burung belibis hidup di sekitar danau kecil yang berada di tempat wisata tersebut.

Pulau Belibis Solok
Pondok kecil di Pulau Belibis Solok via Azzri Aja

Di sekitar kawasan pulau belibis ini juga banyak pondok kecil yang bisa digunakan untuk beristirahat, selain itu kamu bisa juga menmukan warung yang menjual makanan dan minuman setelah melepas lelah berwisata seharian disini.

Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Harga Tiket: Hanya Cukup Parkir, Motor Rp. 2.000, Mobil Rp. 5.000
Lokasi: Pulau belibis, Kampung Jawa, Tanjung Harapan, Solok, Sumatra Barat (Google Maps)

3. Puncak Gagoan Solok

Puncak Gagoan Solok
Puncak Gagoan Solok credit by Bayu Haryanto

Selanjutnya kamu bisa mengunjungi sebuah situs geologi yang berada di solok, dinamakan sebagai Puncak Gagoan, kawasan yang berupa bukit dengan ketinggian hingga 750 Mdpl ini memiliki keunikan sendiri loh. Disini kamu bakal melihat bentangan hutan bukit barisan sekaligus kamu bisa melihat panorama danau singkarak dari atas sini.

Meski bukit ini memiliki tebing yang terbilang curam, namun kamu bisa berdiri di puncak tebingnya sambil melihat pemandangan alamnya yang indah, selain itu kamu juga bisa menikmati sunset maupun sunrise dari tebingnya keren bukan?

Puncak Gagoan Solok
Puncak Gagoan Solok via Gary Hemilton

Selain berfoto diatas tebing kamu juga bisa mencoba aktivitas hiking di bukit ini. Tidak terlalu jauh dari lokasi parkir kamu bakal disuguhkan dengan lokasi panjat tebing yang pastinya aman dan sudah disediakan talinya. Hanya membutuhkan sekitar 15 menit kamu diharuskan punya kondisi badan yang fit ya, karena disini kamu akan cukup lelah dalam mendaki. Namun jangan khawatir, nantinya rasa lelahmu akan terbayarkan kok, karena setelah kamu sampai atas nanti kamu bakal melihat pemandangan indah dari bukit Gagoan.

Jam Operasional: 09.30 WIB – 17.30 WIB
Harga Tiket: Rp. 10.000
Lokasi: Paninggahan, Junjung Sirih, Solok, Sumatra Barat (Google Maps)

4. Danau Singkarak

Wisata di Solok yang Lagi Hits Danau Singkarak
Danau Singkarak via Ady Yandra

Buat kamu yang mau mencari danau terbesar kedua setelah danau toba, kamu bisa mengunjungi Danau Singkarak. Danau yang sangat luas ini terbentuk karena peristiwa tektonik yang akhirnya membentuk danau indah dan cocok banget buat kamu kunjungi.

Danau Singkarak
Danau Singkarak by Ady Yandra

Disini kamu bisa berfoto dengan pemandangan alamnya yang indah dan mengagumkan. Selain itu kamu bisa juga berfoto dengan spot unik yang ada disini, seperti spot rel kereta api tua dan spot lainnya.

Selain itu jika kamu berkunjung ke lokasi ini diantara bulan April hingga Juni kamu akan menemukan lomba balap sepeda Internasional yang dinamakan Tour de Singkarak loh. Selain 2 kegiatan tersebut kamu juga bisa menemukan kuliner khas disekitar danaunya yang bisa banget kamu jadikan oleh-oleh.

Jam Operasional: Setiap Hari, 24 Jam
Harga Tiket: Rp. 10.000
Lokasi: X Koto Singkarak, Solok, Sumatra Barat (Google Maps)

5. Pulau Indah Alahan Panjang

Wisata di Solok yang Lagi Hits Pulau Alahan Panjang
Pulau Alahan Indah Panjang credit via Silvera Yendi

Nah buat kamu yang mau berlibur ala Eropa di Solok? bisa juga loh. Kamu bisa mengunjungi Pantai Indah Alahan Panjang, karena nantinya disini kamu bakal merasakan nuansa khas Eropa dimana mulai dari suhunya, pemandangannya, pepohonan cemaranya, hingga bangunan sekitarnya mirip banget kalau kamu lagi di Eropa.

Pulau Indah Alahan Panjang
Suasana Camping di Pulau Indah Alahan Panjang via Suwardi Wardi

Sepanjang jalan ke lokasi kamu akan menikmati perbukitan, hutan dari perkebunan warga, serta udara sejuk yang masih terjaga. Saat sampai disini kamu bisa melintas di danaunya dengan menggunakan perahu yang dibuat oleh warga lokal untuk menuju ke Pulau Indah Alahan Panjang.

Selain itu kamu juga bisa berfoto di spot yang tersedia dengan latar belakang pemandangan alam dan kursi kayu yang nantinya akan menambah suasana foto yang estetik. Disini kamu juga bisa camping juga loh BTG Traveler, asik bukan?

Jam Operasional: Setiap Hari, 24 Jam
Harga Tiket: Rp. 5.000
Lokasi: Alahan Panjang, Lembah Gumanti, Solok, Sumatra Barat (Google Maps)

6. Rang Solok Baralek Gadang 2023

Wisata di Solok yang Lagi Hits Rang Solok Baralek Gadang
Rang Solok Baralek Gadang via minangsatu.com

Nah terakhir buat kamu yang jenuh akan rutinitas akan adanya gedung tinggi dan polusi di kota besar, kamu bisa banget berkunjung ke salah satu event Rang Solok Baralek Gadang yang nantinya akan di gelar di Solok pada tanggal 16 – 18 September 2023.

Rang Solok Baralek Gadang ini nantinya akan diisi dengan beragam kegiatan seni dan tradisi, permainan anak nagari, bazar hingga festival layangan internasional yang pastinya akan menghibur masyarakat sekitar dan wisatawan yang berdatangan.

Setelah Berwisata Ini Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Soloknya

1. Keripik Sanjai

Kerupuk Sanjai
Kerupuk Sanjai credit via ksmtour.com

Keripik Sanjai merupakan cemilan khas Solok yang terbuat dari umbi sanjai yang diiris tipis, kemudian digoreng hingga renyah. Kalau kamu mau membeli oleh-oleh yang lezat dan khas ini, kamu bisa berkunjung ke Pasaraya Mayasari. Berbagai jenis keripik Sanjai dengan rasa autentik tersedia di sini.

2. Kain Songket Solok

Tenunan songket khas Minangkabau
Kain Songket Minangkabau via Wikipedia

Tidak hanya kuliner, Solok juga memiliki warisan budaya yang bernilai tinggi seperti Kain Songket Solok. Kain ini dihiasi dengan motif tradisional yang indah dan detail tenunan yang rumit.

3. Bika Talago

Bika Talago
Bika Talago Khas Minahasa via beritasatu.com

Bika Talago adalah kue tradisional khas Solok yang terbuat dari beras ketan dengan lapisan gula merah di tengahnya. Kelezatan kue ini dan rasa manis gula merahnya akan memanjakan lidahmu.

Mau Solo Traveling Ke Solok? Langsung Cuss Beli Tiket Akomodasinya di Bookingtogo!

Promo Pahlawan Bookingtogo

Itulah rekomendasi wisata di solok yang lagi hits beserta oleh-olehnya yang udah minboo rangkum buat kamu yang mau ke Solok, jangan lupa buat cek tiket pesawat maupun hotelnya di Bookingtogo, karena pastinya kamu bakal dapet harga terbaik disini. Smart Booking, Easy Travel!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like