10 Hotel Tertua di Indonesia yang Kental Akan Sejarahnya

Bagikan Artikel
0
(0)
Rate this post

hotel tertua di Indonesia – Berkeliling Indonesia merupakan kesempatan yang bagus untuk lebih mengenal budaya dan sejarah. Apalagi kalau kamu menginap di hotel yang telah berusia panjang. Ada setumpuk kisah yang menarik untuk dikulik. Atau bahkan ada cerita-cerita yang bisa kamu temukan sendiri saat menginap di hotel tertua di Indonesia.

Buat BTG Traveler yang senang staycation, tidak ada salahnya kalau sesekali mampir ke hotel-hotel tua untuk bermalam. Tertarik untuk melakukannya? Berikut ini beberapa rekomendasi hotel tertua yang ada di Indonesia untuk tujuan staycation kamu.

1. Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta Source from: Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Hotel Royal Ambarrukmo Jogja resmi berdiri pada tahun 1966. Serta memiliki mural pahatan yang telah ada sejak tahun 1962. Mural yang dibuat oleh Harijadi ini menggambarkan kehidupan masyarakat Gunung Merapi. Kemudian, di tahun 1976 bertambah lagi karya seni yang ada di hotel ini. Yaitu seni keramik mozaik di dinding hotel. Seni keramik ini dibuat oleh seniman Indonesia yang bernama Batara Lubis.

Lokasi Hotel Royal Ambarrukmo berada di dalam kawasan Pesanggrahan Ambarukmo yang dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono V. Sedangkan pembangunan hotel tertua di Indonesia ini diprakarsai oleh presiden pertama Indonesia, Presiden Soekarno.

2. Hotel Indonesia Kempinski Jakarta

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta Source from: Kempinski.com

Selain sebagai hotel tertua di Indonesia, Hotel Indonesia atau HI ini juga merupakan hotel bintang 5 pertama di Jakarta. Hotel yang berdiri sejak tahun 1962 ini awalnya diberi nama Hotel Indonesia saja. Baru kemudian berubah nama menjadi Hotel Indonesia Kempinski.

Meskipun menjadi salah satu hotel tertua, Hotel Indonesia dikenal sebagai salah satu hotel yang luxury. Banyak pejabat tinggi dari berbagai negara yang menginap di hotel ini. Khususnya pada saat momen Asian Games IV berlangsung. Para pejabat tinggi tersebut menginap sebagai pendamping para atlet yang bersaing di pertandingan.

Pembangunan hotel ini juga merupakan salah satu ide dari Presiden Soekarno.

3. Grand Inna Malioboro Yogyakarta

Grand Inna Malioboro Yogyakarta Source from: Trip Advisor

Dibandingkan dua hotel sebelumnya, Hotel Grand Inna Malioboro berdiri jauh lebih lama. Hotel tertua di Indonesia ini mulai dioperasikan pada tahun 1911. Pada awalnya, hotel ini biasa digunakan sebagai tempat menginap tamu-tamu penting di masa penjajahan Belanda.

Sebagai salah satu hotel tertua, Hotel Grand Inna tentu saja menyimpan banyak cerita menarik di dalamnya. Mulai dari masa penjajahan Belanda, Jepang, hingga era setelah kemerdekaan Indonesia. Nama hotel ini pun pernah berganti beberapa kali. Mulai dari Grand Hotel Djokdja di era Belanda, Hotel Asahi di era Jepang, hingga akhirnya menjadi Grand Inna Malioboro.

4. Hotel Savoy Homann Bandung

Hotel Savoy Homann Bandung Source from: SavoyHomannBandung.com

Hotel yang menghadap Jalan Asia Afrika ini telah ada sejak tahun 1937 dan menjadi saksi sejarah Kota Bandung atau Paris Van Java. Menariknya, hotel ini dibangun dengan gaya art deco oleh seorang arsitek asal Belanda, A.F. Albers.

Sebagai salah satu hotel tertua di Indonesia, Hotel Savoy Homann telah banyak menerima tamu-tamu penting. Yang paling berkesan adalah 3 tamu yang datang pada saat Konferensi Asia Afrika 1955. Karena keistimewaannya, tiga kamar yang diinapi tokoh tersebut pun menjadi kamar khusus di hotel ini.

Tiga tokoh dan ruangan yang ditempatinya adalah Jawaharlal Nehru, mantan perdana menteri India di Homann Suite Lantai 1. Kemudian Presiden Soekarno di Homann Suite Lantai 2. Dan Cho En Lai, mantai perdana menteri Cina di ruang lantai 3.


5. Hotel Majapahit Surabaya


Hotel Majapahit Surabaya Source from: https://www.accorhotels.com/B066

Kalau membicarakan hotel tertua di Indonesia, rasanya tidak lengkap tanpa membahas Hotel Majapahit Surabaya. Hotel yang dibangun sejak tahun 1910 ini juga telah memiliki banyak kisah di dalamnya. Sejak dibangun tahun 1910, hotel ini pun masih terus beroperasi sampai sekarang.

Hotel tertua ini pada awalnya dibangun oleh Lucas Martin Sarkies dari Armenia dan diberi nama Oranje Hotel. Saat Perang Dunia II dan masa penjajahan Jepang berlangsung, nama hotel ini berubah menjadi Yamato Hoteru. Setelah beberapa perubahan nama, barulah hotel ini diberi nama Hotel Majapahit.

Salah satu kamar bersejarah di hotel ini adalah kamar Charlie Chaplin. Bukannya tanpa alasan, kamar tersebut ternyata benar-benar pernah dia datangi di tahun 1936.


6. The Hermitage, Hotel Portofolio Penghargaan, Jakarta


The Hermitage, Hotel Portofolio Penghargaan, Jakarta Source from: Suitesmile.com

Pada saat pembangunan awal, Hotel The Hermitage tidak berfungsi sebagai hotel. Namun digunakan sebagai pusat telekomunikasi pemerintah Hindia Belanda. Desain bangunan yang dibuat khas kolonial pada hotel ini memberikan sentuhan keindahan yang khas.

Seiring perjalanan, gedung ini pun difungsikan sebagai hotel yang cantik. Meskipun memiliki desain khas kolonial, sekarang hotel The Hermitage juga telah dilengkapi berbagai fasilitas modern yang memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya.


7. Inna Bali Heritage Hotel


Inna Bali Heritage Hotel Source from: Hig.id

Hotel Inna Bali didirikan pada tahun 1927 dan pernah menjadi hotel termewah pada era tahun 1930-an. Sebelumnya, hotel ini dikenal sebagai Bali Hotel. Selain itu, hotel ini juga merupakan hotel pertama yang ada di Bali. Tidak heran kalau selama masa tersebut, banyak wisatawan asing dan domestik yang menginap di hotel tertua di Indonesia ini.

Kalau penasaran dengan hotel Inna Bali, kamu bisa datang ke Jalan Veteran Kota Denpasar. Arsitekturnya yang memukau dan ceritanya yang menarik akan membuat momen staycation BTG Traveler jadi semakin berkesan.


8. Grand Hotel Preanger Bandung

Grand Hotel Preanger Bandung Source from: Setiapgedung.id

Kalau berkunjung ke Bandung, BTG Traveler juga bisa merasakan pengalaman menginap di hotel tertua di Indonesia lainnya. Yaitu Grand Hotel Preanger Bandung. Bangunan yang berdiri sejak tahun 1897 ini sebelumnya merupakan sebuah toko roti. Seiring waktu, pemanfaatannya diubah menjadi hotel untuk menginap.

Lokasi Grand Hotel Preanger tidak jauh dari Hotel Savoy Homman. Konsep desainnya pun mengikuti desain klasik ala Eropa yang megah dan memukau. Karena itu, area di sekitar hotel menjadi salah satu kawasan vintage favorit di Bandung.

Kalau BTG Traveler menginap di sini, BTG Traveler juga bisa merasakan pengalaman tambahan yang menarik. Yaitu menaiki mobil antik tahun 1962 untuk keliling kota. Kapan lagi, kan? Ditambah lagi, meskipun menjadi salah satu hotel tertua di Indonesia, hotel ini telah memiliki akomodasi dan fasilitas lengkap khas hotel bintang 5 masa kini.

9. Hotel Tjampuhan Spa Bali

Hotel Tjampuhan Spa Bali Source from: TripAdvisor

Awalnya, hotel tertua di Indonesia ini digunakan sebagai wisma keluarga kerajaan di Ubud. Baru pada tahun 1970-an, bangunan ini dibuka sebagai hotel untuk umum. Sehingga, semua orang punya kesempatan yang sama untuk menginap di hotel ini.

Selain sebagai hotel tertua, Hotel Tjampuhan Spa juga merupakan salah satu hotel termewah di Bali. Cocok untuk BTG Traveler yang ingin menikmati suasana khas Bali sambil staycation. Fasilitas tambahan seperti kolam renang, sauna, dan spa juga menambah pengalaman menyenangkan saat menginap di sini.

10. Grand Inna Medan

Grand Inna Medan Source from: hig.id

Bukan hanya di pulau Jawa, hotel tertua di Indonesia juga ada yang berlokasi di Sumatera. Tepatnya di Medan. Hotel yang sudah berdiri sejak 1898 ini dibangun oleh seorang pengusaha Belanda, Aeint Herman de Boer.

Sebelum menjadi Grand Inna Medan, hotel ini merupakan hotel kecil dengan nama Hotel Mijn. Seiring waktu, area hotel menjadi semakin berkembang dan meluas. Karena itu, hotel ini juga biasa digunakan sebagai akomodasi tamu penting Eropa pada masanya. Termasuk Raja Leopold II yang berasal dari Belgia.

Promo Booking Hotel 2024


Itulah beberapa hotel tertua di Indonesia yang menarik sebagai destinasi staycation. Tertarik untuk berkeliling Indonesia dan menginap di hotel-hotel tertua yang ada? Jangan lupa untuk melakukan pembelian tiket pesawat dan hotel di Bookingtogo. Selain bisa merasakan pengalaman menginap yang maksimal, kamu juga bisa merasakan pengalaman travelling yang memuaskan. Selamat travelling! Smart Booking, Easy Travel!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like