Bagikan Artikel

Kepulauan Riau terkenal dengan keindahan alamnya terutama pantainya yang bersih dan memanjakan mata. Disisi wisata alamnya yang indah, Kepulauan Riau juga memiliki makanan khas enak dan wajib untuk dicicipi jika mampir ke Riau. Kali ini BookingToGo akan mengulas tentang 7 makanan khas kepulauan Riau yang sudah tentu rasanya sangat lezat. Berikut adalah ulasannya:

  1. Gong Gong

makanan-khas-kepulauan-riau-gong-gong
Sumber: commons.wikimedia.org

Kepulauan Riau memang terkenal dengan makanan lautnya. Jika kamu menyukai makanan laut (seafood), kamu bisa cobain makanan khas riau yang satu ini. Gong Gong adalah siput laut yang banyak ditemukan di Riau, tepatnya di perairan Desa Lobam, Batam, Tanjung Uban, dan Pulau Bintan.

Gong Gong di Kepulauan Riau biasa dimasak dengan cara direbus dan tempat makannya biasa memberikan sambal khusus untuk meningkatkan cita rasa makanannya.

Gong Gong sangat terkenal tidak hanya di Kepulauan Riau saja namun sudah dikenal hingga ke Malaysia, Singapura, Thailand, maupun Korea. Gong Gong memiliki kandungan protein yang tinggi, rasa dan aromanya pun sangat khas. Jika Travelling ke Kepulauan Riau, sangat direkomendasikan untuk mencicipi kuliner ini.

  1. Mie Tarempa

makanan-khas-kepulauan-riau-mie-tarempa
Sumber: wisata-indonesia-elipl.blogspot.com

Mie Tarempa atau biasa disebut mie siantan adalah makanan berbahan mie kuning dari tepung terigu, telur, kecambah dan potongan ikan laut yang digoreng dengan bumbu cabe dan kecap.

Jika kamu berada di kabupaten Anambas, Mie Tarempa ini mudah ditemui, Namun jika tidak ingin jauh-jauh kesana, Tanjung Pinang juga ada yang menjual mie khas ini. Biasanya ada di Jalan Basuki Rahmat. Mie Tarempa sangat lezat, makanan ini juga jangan lupa untuk dicicipi sambil jalan-jalan ke Kepulauan Riau.

  1. Lakse

makanan-khas-kepulauan-riau-laksa
Sumber: wisata-indonesia-elipl.blogspot.com

Lakse merupakan makanan sejenis mie bentuknya sedikit tebal dan putih dengan perpaduan bumbu khas dari Tionghoa dan Melayu. Lakse dalam bahasa sansekerta memiliki arti banyak, sesuai namanya makanan ini menggunakan berbagai bumbu sehingga kaya rasa.

Soal rasa tidak kalah dengan kuliner Kepulauan Riau lainnya. Rasanya pedas dan gurih, dijamin enak dan dapat buat kamu ketagihan untuk mencobanya lagi. Kamu bisa mencari kuliner ini di Anambas maupun di Tanjung Pinang.

  1. Kerupuk Atom

makanan-khas-kepulauan-riau-kerupuk-atom
Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Nah, untuk makanan ini bisa jadi oleh-oleh kamu untuk keluarga saat pulang dari Kepulauan Riau. Makanan khas Anambas ini terbuat dari ikan tongkol, rasanya renyah, dan gurih. Kerupuk Atom ini juga bisa kamu cicip sambil jalan-jalan atau jadi teman makan kamu.

Biasanya kerupuk Atom ini bisa kamu beli di kedai-kedai kelontongan di kota Tarempa atau Letung Kabupaten Anambas.

  1. Sup Ikan

makanan-khas-kepulauan-riau-sup-ikan
Sumber : commons.wikimedia.org

Jika kamu jalan-jalan ke kota Batam, kuliner Sup Ikan bisa jadi rekomendasi untuk kamu cicipi.  Sup Ikan di Batam ini berbahan ikan tenggiri, tomat, dan rempah lainnya. Sup ikannya masuk dalam ketegori clear soup, jadi kuahnya jernih.

Kamu bisa tambahkan jeruk nipis dan kecap asin agar makin lezat. Jika suka pedas kamu juga bisa ditambah sambal kedalamnya.

  1. Ikan Bakar

makanan-khas-kepulauan-riau-ikan-bakar
Sumber : pegiriau.blogspot.com

Berbeda dengan ikan bakar pada umumnya, Ikan bakar di Kepulauan Riau ini bumbunya menggunakan kunyit dan bawang putih, dan sudah tentu rasanya berbeda dari ikan bakar lainnya yang biasa menggunakan kecap sebagai bumbu utama.

Kamu bisa memilih ingin makan ikan yang mana. Biasanya yang ditawarkan itu ikan selar, bawal, pari dan juga ada makanan laut lainnya seperti udang, sotong (sejenis cumi-cumi), dan lain-lain.

  1. Kue Deram Deram

makanan khas kepulauan riau kue deram deram

Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Kue Deram-Deram bisa jadi rekomendasi oleh-oleh selain kerupuk atom. Kue ini merupakan kue tradisional  khas kepulauan Riau, dan biasa banyak ditemui di Tanjung Pinang. Kue ini bentuknya seperti donat, memiliki lobang ditengahnya.

Jika kamu mampir ke Tanjung Pinang atau Pulau Penyengat, jangan lupa dibeli dan cobain kue yang satu ini. Dijamin enak, rasanya manis, renyah, dan gurih.

Di Kepulauan Riau ada banyak sekali rekomendasi makanan lezat lainnya, BookingToGo hanya mengulas beberapa saja. Kamu dapat berkeliling Riau lebih banyak lagi dan mencicipi makanannya sekalian menikmati wisata alam disana. BookingToGo akan selalu membantu perjalanan kamu agar lebih mudah dan asyik, lihat website kami disini dan ikuti terus update blog kami dengan subscribe newsletter.

Rating Artikel:

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
1 votes | Rating: 5.00

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here