Bagikan Artikel
Rate this post

kuliner Solo legendaris – Apa yang terpikirkan saat disebutkan Kota Solo? Solo merupakan salah satu kota yang memiliki banyak sekali pesona wisata. Mulai dari oleh-oleh batik, wisata budaya, hingga kuliner yang lezat. Nah, buat BTG Traveler yang sedang berkunjung ke Solo, ada banyak wisata kuliner Solo legendaris yang wajib kamu coba.

kuliner solo
Source from: Wikimedia Commons

Kalau kamu baru pertama kali ke Solo, mungkin akan sedikit bingung menentukan wisata kuliner Solo legendaris mana yang harus dikunjungi pertama kali. Supaya tidak bingung, berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa BTG Traveler jadikan pertimbangan:

1. Timlo Sastro

Timlo Sastro
Source from: Surakarta.go.id

Kisaran Harga : mulai dari Rp15.000 per porsi
Lokasi: Jl. Pasar Gede Timur No 1-2, Balong, Solo atau Jl. dr. Wahidin Sudirohusodo No. 30, Ruko Tugu Lilin A-5, Penumping, Solo (Google Maps)

Datang ke Solo rasanya tidak lengkap kalau tidak mencoba timlo Solo. Salah satu wisata kuliner Solo legendaris timlo Solo adalah Timlo Sastro. Warung makan ini terletak di salah satu sudut Pasar Gede dan merupakan salah satu pelopor timlo di Solo.

Ciri khas dari timlo Solo adalah isian potongan sosis Solo di dalamnya. Berbeda dengan sosis biasa, sosis Solo terbuat dari kulit lumpia atau risoles yang diisi suwiran dada ayam, kemudian dilipat seperti martabak dan digoreng. Selain sosis Solo, timlo Solo juga berisi daging ayam kampung, ati ampela ayam, dan telur bebek pindang yang khas.

Timlo Sastro saat ini memiliki dua cabang yang berada di Balong dan Penumping. Kalau BTG Traveler ingin menikmati timlo Solo sebagai makan malam, sebaiknya datang ke cabang Penumping yang buka sampai jam 9 malam. Karena Timlo Sastro Balong hanya buka sampai jam setengah 4 sore saja.

2. Selat Vien’s

Selat Vien’s
Source from: Sajiansedap.grid.id

Kisaran Harga : mulai dari Rp10.000 per porsi
Lokasi: Jl. Hasanudin No.99 D/E, Punggawan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah (Google Maps)

Selat adalah salah satu wisata kuliner Solo legendaris yang wajib BTG Traveler coba. Kalau datang ke Solo, ada banyak penjual dan restoran yang menyajikan makanan ini. Salah satu yang terkenal adalah Selat Vien’s.

Restoran ini telah berdiri sejak tahun 2008, dan saat ini telah dikelola oleh generasi kedua pendiri Selat Vien’s. Ada banyak menu khas Solo yang bisa kamu temukan di restoran ini. Salah satu menu andalannya adalah selat Solo yang ikonik.

Baca Juga:  Gabut? Coba 7 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Seminyak 24 Jam

Selat ini berisi telur rebus, daging cacah, buncis, kentang goreng, timun, wortel, dan selada. Kemudian, isian selat tersebut disiram dengan kuah rempah yang berwarna kecokelatan. Sehingga, selat ini memiliki cita rasa yang gurih, manis, dan menyegarkan.

Selain menu unggulan tersebut, Selat Vien’s juga menyediakan menu selat lain yang menggugah selera. Seperti selat daging iga, selat double daging, selat daging cincang, dan lain sebagainya. Ada juga makanan khas Solo lain yang bisa BTG Traveler coba. Seperti sup matahari, sup galantin, hingga sup manten.

3. Soto Gading

soto gading solo
Source from: TripAdvisor

Kisaran Harga : mulai dari Rp23.000 per porsi
Lokasi: Jl. Brigjen Sudiarto No.75, Joyosuran, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah (Google Maps)

Bingung mau sarapan di mana? Cobalah untuk mengunjungi Soto Gading Solo. Tempat ini merupakan salah satu wisata kuliner Solo legendaris dan terkenal di Kota Solo dan pernah didatangi oleh Presiden Jokowi. Rasanya yang kaya rempah dan hangat dijamin akan membuat harimu jadi lebih bersemangat.

Soto Gading sendiri merupakan restoran yang menyediakan menu soto ayam. Perpaduan mie soun, suwiran daging ayam, dan kuah bening kaya rempah memang tiada duanya untuk menu pagi hari. Apalagi ditambah dengan seporsi nasi hangat dan lauk pauk lainnya. Seperti telur puyuh, sosis, tempe goreng, jeroan sapi, perkedel, sate uritan, hingga bakwan.

Kalau mau datang ke Soto Gading, sebaiknya BTG Traveler datang sejak pagi hari. Karena tempat ini bahkan sudah ramai pembeli sejak jam 6 pagi hari.

4. Selat Solo Mbak Lies

Selat Solo Mbak Lies
Source from: betanews.id

Kisaran Harga : mulai dari Rp18.000 per porsi
Lokasi: Jl. Yudhistira No.9, Serengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah (Google Maps)

Salah satu daya tarik Selat Solo Mbak Lies adalah desain interiornya yang menarik. Begitu masuk ke tempat wisata kuliner Solo legendaris ini, kamu akan langsung disambut dengan vibe ruangan ala Eropa. Mulai dari piring keramik hingga pernak-pernik khas Eropa lainnya. Begitu pula dengan karyawannya yang menggunakan seragam perpaduan Eropa dan Jawa yang menarik.

Bukan hanya interiornya, rasa Selat Solo Mbak Lies pun tidak kalah menarik. BTG Traveler bisa memesan menu selat gelantine yang menjadi unggulan. Selat ini terdiri dari buncis, kentang, wortel, telur, rolade daging, dan kacang polong. Dan kuahnya memiliki warna oranye agak kemerahan yang menggugah selera. Kalau mau, BTG Traveler juga bisa menambahkan saus mustard atau irisan bawang merah mentah sebagai pelengkap.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Kuliner Makanan Khas Muara Teweh

Selain menu Selat Solo, BTG Traveler juga bisa menemukan menu wisata kuliner Solo legendaris lainnya di tempat ini. Termasuk menu kuah yang segar dan memanjakan lidah. Tertarik untuk mencobanya? Waktu terbaik untuk datang ke Selat Solo Mbak Lies adalah sekitar jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Jadi pastikan BTG Traveler datang di sekitar waktu tersebut, ya.

5. Tengkleng Rica Pak Manto

Tengkleng Rica Pak Manto
Source from: Manual.co.id

Kisaran Harga : mulai dari Rp65.000 per porsi
Lokasi: Jl. RC. Veteran Raya, RT.3/RW.11, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Google Maps)

Olahan daging kambing bisa dibilang adalah salah satu kuliner andalan Kota Solo. Tidak heran kalau kamu akan menemukan banyak sekali penjual sate, tengkleng, gulai, atau tongseng di kota ini. Salah satu wisata kuliner Solo legendaris yang menjual olahan daging kambing adalah Tengkleng Rica Pak Manto.

Sesuai namanya, tempat ini menjual tengkleng, sate kambing, dan berbagai olahan daging kambing lainnya. Tempat makan ini sudah berjualan selama lebih dari 30 tahun dan merupakan pionir dalam menu Tengkleng Rica. Saat ini, Pak Manto sendiri sudah meninggal dunia dan usaha tengklengnya dilanjutkan oleh anak sulungnya.

Kalau BTG Traveler mampir ke Tengkleng Rica Pak Manto, pastikan untuk memesan menu andalan Tengkleng Rica. Umumnya, kuah tengkleng dibuat cair, dengan rasa manis gurih, dan warna kuning. Namun, wisata kuliner Solo legendaris tengkleng rica Pak Manto dibuat kental dan pedas. Sehingga lebih menggugah selera saat dinikmati.

Nah, itulah 5 rekomendasi wisata kuliner Solo legendaris yang bisa kamu coba cicipi. Selain 5 rekomendasi tersebut, masih banyak wisata kuliner Solo yang bisa BTG Traveler coba. Seperti Sate Triwindu, Sate Kere, Serabi Notosuman, dan masih banyak lagi. Agar lebih puas, pastikan kamu datang langsung ke Solo untuk mencicipi menu-menu legendaris di kota ini.

Promo Booking Hotel 2024

Jangan lupa untuk melakukan pembelian tiket pesawat dan hotel melalui Bookingtogo. Ada banyak promosi, penawaran, dan harga terbaik untuk BTG Traveler yang ingin wisata kuliner ke Solo. Selain itu, BTG Traveler juga bisa melakukan pembelian tiket pesawat dan hotel ke berbagai kota di Indonesia maupun luar negeri. Dapatkan harga dan penawaran terbaik di Bookingtogo. Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.