Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

Apa itu Notriphobia? Apa kamu pernah mendengar kalimat ini? Dan apa maksud dari Notriphobia? Kalau kamu belum mengetahuinya, ini bukan masalah besar kok. Karena memang, kalimat ini tidak masuk dalam KBBI dan baru digunakan dibeberapa social media.

Apa itu Notriphobia?

Singkatnya, Notriphobia adalah rasa takut yang muncul karena tidak ada perjalanan/trip liburan yang dipesan. Sebenarnya, Notriphobia bukanlah sebuah bentuk ketakutan yang biasa dibicarakan dalam bahasa kedokteran.

apa itu notriphobia
img via: blog.bookingtogo.com

Sebagian orang mengatakan jika Notriphobia hanya sebuah slang atau bahasa gaul yang biasa digunakan untuk beberapa orang yang merasa takut, jika dalam satu bulan/masa liburannya tidak melakukan trip atau perjalanan.

Walaupun demikian, trip yang dimaksud di sini tak harus tentang berpergian/liburan. Terlalu sering melakukan staycation atau menginap di hotel berbintang tanpa tujuan seperti pekerjaan, juga sudah termasuk dalam Notriphobia.

Sebenarnya hal ini tidaklah salah, terlebih jika orang tersebut memang memiliki budget yang cukup untuk melakukan trip ataupun liburan. Namun tentu jika hal ini terus berlangsung, maka bisa menjadi sebuah habbit yang merugikan.

Dampak Buruk Notriphobia

Melansir dari beberapa website yang memuat tentang Notriphobia, kasus yang sering terjadi adalah rasa bingung untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Loh, kok bisa min?

Kembali ke poin di atas, Notriphobia tidak bisa dianggap sepele. Karena ketika sudah menjadi kebiasaan, Notriphobia akan membuat seseorang cepat mengambil keputusan dan terburu-buru dalam memesan trip atau perjalanan mereka, terlebih ketika sedang ada event atau diskon.

Mereka tak segan melakukan reservasi di lebih dari satu hotel/tempat wisata pada waktu yang bersamaan. Alhasil, para pengidap Notriphobia tentu kebingungan untuk menyelesaikan sisa perjalanan mereka. Bahkan tak jarang mereka harus rela jika trip yang sudah dipesan belum sempat disambangi, namun sudah lebih dulu expired atau tak lagi berlaku.

Jika sudah begini, tentunya siapapun akan merasa rugi karena sudah mengeluarkan budget yang cukup besar, namun tak sempat menikmati trip yang mereka pesan sebelumnya. Itulah mengapa, Notriphobia memiliki dampak negatif yang cukup merugikan.

Cara Mengatasi Notriphobia

Setelah mengetahui bahaya/dampak buruk dari Notriphobia, tentu siapapun tak ingin menjadi seorang Notriphobia bukan? Untuk itulah, sekiranya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tak mengalami Notriphobia, seperti:

Buat Agenda Trip Bulanan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat agenda atau jadwal trip bulanan. Kamu bisa merencanakan trip atau liburan dengan rentang waktu sebulan sekali, atau bahkan dua bulan sekali.

Kamu bisa menjadwalkan kapan trip mu akan berlangsung, dan berapa lama kamu akan menginap jika diperlukan.

Tentukan Trip yang Hendak di Tuju

Setelah merencakan agenda trip bulanan, langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan trip yang hendak disambangi. Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi seputar destinasi yang akan kamu tuju, mulai dari harga tiket masuk, lokasi, fasilitas, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, kamu bisa memiliki perbandingan antara tempat satu dan tempat lain yang lebih worth it untuk dikunjungi.

Tetapkan Budget untuk Trip

Setelah Agenda dan Destinasi sudah ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah kamu bisa menyiapkan budget untuk trip bulanan kamu.

Tentu untuk perhitungan budget sendiri bisa kamu akomodir sejak jauh-jauh hari. Kamu juga bisa memanfaatkan diskon untuk destinasi wisata atau hotel untuk meminimalisir pengeluaran kalian.

Pastikan juga kamu memiliki budget lebih untuk misalnya pengeluaran tak terduga yang bisa saja terjadi pada saat trip berlangsung.

Pilih Akomodasi yang Paling Tepat

Kemudian jika semuanya sudah beres, barulah kamu bisa menentukan jenis akomodasi yang akan kamu gunakan. Jika mungkin trip mu bulan ini adalah keluar kota, kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti kereta api, pesawat, ataupun bus.

Sama seperti poin sebelumnya, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa diskon untuk jenis akomodasi yang digunakan, seperti di BookingToGo misalnya.

Diskon hingga 200 Ribu untuk Pengguna Baru

Get the Deals

Kamu bisa mendapatkan diskon hingga 200rb untuk pengguna baru, untuk melakukan pemesanan tiket pesawat. Tentunya, hal ini juga sangat membantu kamu untuk meminimalisir pengeluaran atau budget ketika hendak melakukan trip.


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...