Bagikan Artikel
Rate this post

istilah di perhotelan – Tidak hanya liburan, menginap di hotel tentu saja menjadi kegiatan menyenangkan. Khususnya bagi BTG Traveler yang mudah bosan dengan nuansa rumah atau kosan. Namun, buat kamu yang masih pertama kali ingin memesan hotel tentu saja istilah di perhotelan bisa bikin bingung.

Misalnya saja seperti double bed dan twin bed. Atau apa bedanya deluxe room dan suite room dengan standard room? Selain mencari promo menarik ada juga istilah di perhotelan yang wajib BTG Traveler ketahui. Yuk simak ulasan berikut ini!

Istilah Perhotelan Saat Pemesanan

booking to go
Source from: www.Bookingtogo.com

Pada saat proses ini, BTG Traveler akan dihadapkan dengan istilah di perhotelan seperti bboking, check-in, check out, dan lain-lain. Berikut penjelasannya:

1. Booking

Booking screen
Source from: www.bookingtogo.com

Secara bahasa, kata ‘booking’ bisa diartikan sebagai pemesanan. Dalam dunia perhotelan, booking merupakan proses pemesanan kamar hotel yang akan disewa. Pada proses ini, BTG Traveler juga akan dihadapkan dengan pilihan kamar hingga berapa lama ingin menyewa kamar tersebut.

Biasanya, proses pemesanan ini dilakukan sebelum waktu kedatangan di hotel. Kamu bisa pesan melalui telepon, atau internet melalui web maupun aplikasi pemesanan hotel. Pada saat pemesanan ini, kamu juga bisa memilih sewa kamar yang termasuk free breakfast (sarapan) dan free cancelation (bebas biaya pembatalan) atau tidak.

2. Check-in

Check in
Source from: Pxhere.com

Setelah melakukan pemesanan sebelum waktu kedatangan, di hari H saat BTG Traveler sampai hotel harus melakukan suatu proses konfirmasi di Receptionist Desk. Proses ini disebut check-in.

Pada proses ini, BTG Traveler akan diminta untuk menunjukan surat konfirmasi pemesanan, uang deposit, hingga menunjukkan identitas diri. Kemudian, petugas hotel akan melakukan pengecekan dan serah terima kunci kamar.

Jika kamu ada kemungkinan datang lebih awal dari waktu check in, kamu juga bisa request untuk masuk kamar lebih awal loh BTG Traveler! Dan aktivitas tersebut disebut sebagai early check in. Biasanya early check in ini tidak selalu bisa dilakukan. Tergantung dari kepadatan pengunjung dan ketersediaan ruang hotel.

3. Check-out

Check out hotel
Source from: Hospitalitynews.ph

Selain waktu kedatangan, tentu saja ada waktu kepergian bukan? Nah, dalam istilah di perhotelan, proses kepergian ini bisa disebut dengan check out.

Pada fase ini, BTG Traveler akan diminta menyerahkan kunci. Dan biasanya, petugas hotel juga akan melakukan pengecekan kamar untuk memastikan tidak ada barang tertinggal dan fasilitas hotel yang rusak. Setelah proses penyerahan kunci usai, petugas hotel juga akan mengembalikan uang deposit kamu.

Baca Juga:  5 Aktivitas Yang Bisa Kamu Lakukan di Maros Highland Sulawesi Selatan

Namun, seandainya pada saat waktu check out dirasa terlalu mepet, BTG Traveler juga bisa request kepada receptionist untuk melakukan late check out. Seperti halnya early check in, late check out ini bisa dilakukan tergantung kondisi.

Istilah Perhotelan Saat Memilih Kamar

Saat memesan kamar, BTG Traveler mungkin akan menemukan beberapa istilah di perhotelan lagi yang bisa membingungkan. Seperti room rate, standar room, deluxe room, suite room, double bed, twin bed, dan lain-lain.

Supaya tidak bingung, berikut ini beberapa istilah yang perlu BTG Traveler tahu saat memilih kamar.

1. Room Rate

Room rate
Source from: www.bookingtogo.com

Pada saat proses reservasi atau booking, BTG Traveler bisa memilih kamar dengan room rate atau harga kamar yang sesuai dengan budget. Dengan kata lain, istilah di perhotelan “room rate” merujuk kepada harga kamar yang dimaksud.

2. Jenis Kamar

hotel room
Source from: rawpixel.com

Kemudian, untuk jenis kamar biasanya hotel menyediakan standard room, superior room, deluxe room, dan suite room.

Umumnya, standard room merupakan jenis kamar yang paling murah. Sedangkan superior room, merupakan jenis kamar di atas standard room. Adapun deluxe room adalah jenis kamar yang lebih bagus ketimbang superior room. Dan kamar suite room juga merupakan kamar yang lebih bagus dari superior room.

Biasanya, yang membedakan dari jenis kamar tersebut adalah fasilitas, pemandangan, luas kamar, hingga ketersediaan mini-bar di dalam kamar. Mini-bar sendiri merupakan fasilitas kamar yang menyediakan camilan dan minuman yang nantinya akan add-on atau ditambah pada biaya layanan hotel pada saat check out.

family room
Source from: hotelnikkobali-benoabeach.com

Kemudian, jika kamu membawa banyak keluarga kamu juga bisa memesan family room yang biasanya terdiri dari beberapa kamar dan ruang tamu. Atau, memesan kamar dengan connecting room yang di antara kamar tersebut terdapat pintu yang bisa dibuka.

Untuk kamu yang suka merokok juga bisa memesan kamar khusus perokok yang disebut smoking room. Dan bagi BTG Traveler yang tidak suka bau rokok, bisa juga request kamar dengan pilihan non-smoking room.

3. Jenis Kasur

Double bed
Source from: needpix.com

Selain pilihan kamar, BTG Traveler juga bisa memesan jenis kasur antara double bed yang biasanya satu kasur untuk dua orang. Atau twin bed yang biasanya dua kasur terpisah di dalam satu kamar.

Istilah dalam Restoran Hotel

Beberapa hotel juga memiliki layanan restoran di dalamnya. Layanan ini bisa kamu nikmati saat sarapan, makan siang, atau pun makan malam. Ada beberapa istilah di perhotelan yang perlu kamu ketahui juga supaya tidak salah memesan menu.

Baca Juga:  Yang Perlu Kamu Tahu Saat ke Foreword Library Cilandak

1. Penyajian Makanan

room service
Source from: Pexels

Dalam dunia restoran, penyajian makanan terdiri dari beberapa jenis. Setiap jenis dijelaskan dengan menggunakan istilah di perhotelan masing-masing. Salah satu yang paling umum adalah buffet. Tapi ada juga istilah self service, atau set menu.

buffet
Source from: Flickr

Buffet adalah jenis penyajian makanan secara prasmanan. Pada jenis ini BTG Traveler bisa memilih aneka menu yang diambil secara self-service atau sendiri tanpa dibantu pelayan restoran.

Kemudian, kamu juga bisa memesan menu makanan dengan mode full set menu atau menu paketan. Biasanya, jenis penyajian ini terdiri dari dua hingga enam porsi. Selain itu, aneka makanan yang dipesan juga beragam. Terdiri dari appetizer (makanan pembuka), main course (makanan utama), hingga dessert (makanan penutup) dan lengkap dengan minumannya seperti kopi dan teh.

Saat makan, kamu juga bisa menggunakan guest napkin (serbet untuk melap mulut) ketika sisa-sisa makanan mengotori ujung bibir. Pada saat makan, pelayan restoran juga akan memberikan dinner napkin (tisu makan) yang biasanya ada di atas meja.

2. Jenis Minuman

drinks
Source from: Needpix.com

Selain mineral water, kopi dan teh, umumnya restoran juga menyediakan aneka minuman lainnya. Salah satu yang sering bikin bingung adalah istilah di perhotelan mocktail dan cocktail. Meskipun terkesan mirip, keduanya adalah minuman yang berbeda.

Cocktail yang merupakan jenis minuman campuran jus buah dan alkohol dengan kadar yang ringan. Sedangkan mocktail merupakan minuman dengan kandungan jus buah, sirup, soda, dan gula. Minuman ini tidak mengandung alkohol sehingga aman dikonsumsi siapa saja.

Lalu ada bir dan liquor yang merupakan minuman dengan kandungan alkohol. Biasanya, liquor terdiri dari vodka, wishkey, gin, hingga tequila.

Booking Hotel maupun Tiket Pesawat Biar Ga Tengsin Ke BookingToGo Aja!

Promo Tiket Pesawat Boookingtogo

Setelah BTG Traveler mengetahui beberapa istilah di perhotelan, sudahkah kamu berani untuk mulai memesan? Selain via telepon, buat kamu yang sayang pulsa juga bisa loh pesan hotel di Bookingtogo. Bookingtogo bukan hanya menyediakan layanan pesan hotel saja, tapi juga tiket pesawat ke berbagai tujuan. Baik destinasi dalam negeri maupun ke luar negeri. Temukan juga penawaran dan diskon menarik setiap waktu. Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.