7 Rekomendasi Wisata Pantai Sepi di Gunung Kidul Cocok Buat Camping

Bagikan Artikel
0
(0)
Rate this post

pantai di Gunung Kidul – Suasana pantai yang sepi memang memberikan ketenangan tersendiri. Apalagi kalau BTG Traveler terbiasa dengan hiruk pikuk ibukota. Datang ke pantai sepi di Gunung Kidul di Jogja ini bisa menjadi waktu istirahat dan refreshing yang menenangkan.

Ada banyak pantai sepi yang bisa kamu temukan di Gunung Kidul. Masih menjadi misteri kenapa pantai-pantai tersebut tidak memiliki banyak pengunjung. Sebagian karena lokasinya yang tersembunyi. Sebagian lagi karena belum banyak yang tahu. Atau bisa juga karena alasan lain yang belum diketahui.

Nah, buat BTG Traveler yang senang liburan ke pantai, berikut ini beberapa pantai sepi di Gunung Kidul yang bisa kamu kunjungi:

1. Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput Pantai Ngrumput via Aril Ucil


Lokasi pantai Ngrumput relatif tersembunyi. Mungkin karena itulah tidak banyak orang yang tahu tentang keberadaan pantai di Gunung Kidul satu ini. Kalau BTG Traveler ingin ke Puncak Kosakora, kamu bisa mampir ke pantai ini terlebih dahulu.

Selain karena sepi, daya tarik pantai Ngrumput ada di lokasinya yang relatif luas. Sehingga, kamu bisa dengan mudah mengeksplorasi pantai atau tinggal sejenak untuk camping. Tapi, pastikan kamu camping di lokasi yang tidak terkena ombak ya. Jadi, BTG Traveler tetap bisa menikmati suasana pantai malam hari dengan lebih aman.

Sesuai namanya, pantai ini memiliki banyak tempat yang ditumbuhi rumput. Karena alasan itu juga, pantai ini diberi nama Pantai Ngrumput. Untuk bisa ke lokasi pantai ini, kamu perlu trekking melewati padang dan bukit selama kurang lebih 10 menit.

Jam Operasional : 24 jam
Tiket masuk : mulai dari Rp 15.000
Lokasi : Area Hutan, Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta (Google Maps)

2. Pantai Sedahan

Pantai Sedahan Pantai Sedahan via Valentinus Tiar


Kata siapa pantai yang eksotis cuma ada di Bali? Gunung Kidul juga memiliki pantai dengan pemandangan yang eksotis dan masih sangat alami. Lokasinya cukup tersembunyi di balik bukit. Selain itu, karena termasuk pantai sepi di Gunung Kidul dan jarang dikunjungi orang, suasana pantai masih sangat asri dan bersih.

Namun, diperlukan tenaga ekstra untuk bisa mencapai pantai ini. Karena BTG Traveler hanya bisa mencapai pantai ini dengan cara trekking. Rute yang dilewati pun cukup naik turun dan masih berupa jalan berbatu yang tajam. Kurang lebih, kamu perlu melewati rute trekking ini selama 20 menit.

Akan tetapi, segala kelelahan perjalanan akan langsung terbayar begitu sampai. Pantai di Gunung Kidul ini memiliki pemandangan yang indah dan eksotis. Kalau mau, kamu juga bisa camping dulu sebelum pulang. Jadi, kamu bisa menikmati ketenangan dan suasana alam di pantai sedikit lebih lama.

Jam Operasional : 24 jam
Tiket masuk : mulai dari Rp 5.000
Lokasi : Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja (Google Maps)

3. Pantai Greweng

Pantai Greweng pantai sepi di Gunung Kidul Pantai Greweng via Muhammad Kemal Al Ashri


Tidak jauh dari Pantai Sedahan, BTG Traveler bisa mengunjungi pantai sepi di Gunung Kidul lainnya yang bernama Pantai Greweng. Bahkan jalur masuk ke pantai ini sama dengan jalur masuk ke pantai Sedahan. Akan tetapi, nantinya akan ada penunjuk jalan yang menunjukkan persimpangan antara Pantai Greweng dan Sedahan.

Pantai Greweng diapit oleh dua bukit dan memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Sepadan dengan jalur masuknya yang berupa jalur trekking berbatu dan naik turun. Kalau BTG Traveler mampir ke pantai ini, pastikan kamu menginap atau camping setidaknya semalam di sini, ya!

Jam Operasional : 24 jam
Tiket masuk : mulai dari Rp10.000
Lokasi : Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Google Maps)

4. Pantai Ngrawah

Pantai Ngrawah pantai sepi di Gunung Kidul Pantai Ngrawah via setyo pambudi


Pantai sepi di Gunung Kidul ini termasuk destinasi wisata baru. Sehingga, tidak banyak orang yang mengetahui pantai satu ini. Selain sepi, suasananya juga alami dan menenangkan. Cocok untuk BTG Traveler yang mencari tempat wisata untuk beristirahat dari hiruk pikuk ibukota.

Lokasinya berada di antara bukit yang menjulang tinggi dan di balik perkebunan milik warga. Karena lokasinya agak tersembunyi, tidak banyak wisatawan yang datang ke pantai ini. Jadi, rasanya seperti berada di private island.

Jam Operasional : 24 jam
Tiket masuk : mulai dari Rp10.000
Lokasi : Kanigoro, Kec. Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Google Maps)

5. Pantai Jungwok

Jungwok Beach pantai sepi di Gunung Kidul Jungwok Beach via Dhona Downey


Mau pantai sepi di Gunung Kidul tapi tidak mau trekking terlalu jauh, BTG Traveler bisa datang ke pantai Jungwok. Pantai ini berada tidak jauh dari Pantai Wediombo. Bahkan lokasi kedua pantai ini masih bersebelahan. Selain itu, kamu juga bisa ke pantai Jungwok dengan menggunakan kendaraan. Lokasi parkir ke pantai juga tidak terlalu jauh.

Salah satu daya tarik pantai ini adalah pasir putihnya yang terhampar luas. Selain itu, ada juga pemandangan alam yang memukau. Kalau BTG Traveler jalan sedikit ke arah Barat, kamu akan sampai di area perbukitan. Dari sini, kamu bisa melihat keindahan pantai dari ketinggian.

Jam Operasional : 24 jam
Tiket masuk : mulai dari Rp 5.000
Lokasi : Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Google Maps)

6. Pantai Wohkudu

PANTAI WOHKUDU PANTAI WOHKUDU via Jambangan Etan


Rekomendasi pantai sepi di Gunung Kidul berikutnya adalah pantai Wohkudu. Pantai ini juga memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya. Lokasinya yang tersembunyi cocok untuk BTG Traveler yang datang untuk mencari ketenangan.

Untuk bisa mencapai pantai Wohkudu, BTG Traveler perlu sedikit trekking. Rutenya tidak begitu sulit dan waktu tempuhnya pun tidak terlalu lama. Namun, perjalanan tersebut sepadan dengan keindahan pantai yang akan kamu temukan nantinya.

Jam Operasional : 24 jam
Tiket masuk : Gratis
Lokasi : Wiloso, Girikarto, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Google Maps)

7. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor pantai sepi di Gunung Kidul Pantai Nglambor via Raditya Yudisthira Yudiana (Dity)


Bosan dengan pengalaman ke pantai yang itu-itu saja? Coba datang ke pantai Nglambor. Pantai sepi di Gunung Kidul ini adalah salah satu pantai yang menawarkan aktivitas snorkeling bawah laut. Jadi, kamu bukan hanya bisa menikmati keindahan pantai, tapi juga keindahan alam bawah laut.

Kalau beruntung, kamu mungkin akan melihat penyu atau ikan-ikan berwarna-warni yang menghiasi bawah laut pantai ini. Jadi, jangan lupa untuk membawa serta peralatan menyelam dan snorkeling kalau datang ke Pantai Nglambor, ya.

Jam Operasional : 24 jam
Tiket masuk : mulai dari Rp 5.000
Lokasi : Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Google Maps)

Tertarik datang ke pantai-pantai tersebut? Selain pantai yang disebutkan, masih banyak pantai sepi di Gunung Kidul yang bisa kamu temukan dan kunjungi. Kalau mau, kamu juga bisa mengeksplorasi sendiri pantai sepi lainnya yang ada di Gunung Kidul.

Promo Tiket Pesawat Boookingtogo


Agar perjalanan lebih nyaman, jangan lupa untuk memesan hotel dan tiket pesawat di Bookingtogo. Temukan beragam penawaran dan harga terbaik hanya di aplikasi dan website Bookingtogo. Selamat liburan! Smart Booking, Easy Travel!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like