Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

Panduan wisata ke Tokyo – Ada banyak alasan kenapa BTG Traveler harus mencoba liburan ke Tokyo, Jepang. Setidaknya sekali seumur hidup. Dari mulai bunga sakura yang cantik, pertokoan yang menggoda, hingga kultur budaya yang tidak akan habis dibahas. Agar perjalanan ke Jepang lebih menyenangkan, tidak ada salahnya untuk melihat lebih dulu panduan wisata ke Tokyo.

Bagi BTG Traveler yang baru pergi ke Jepang, perjalanan ini mungkin akan sedikit membingungkan. Mulai dari persiapan hingga aktivitas yang dapat dilakukan di Tokyo. Karena itu, melihat ke panduan wisata bisa sangat membantu. Sehingga, liburan bisa lebih menyenangkan dan memuaskan.

Japan
Source from: RawPixel

Persiapan Wisata ke Tokyo, Jepang

Sebelum mulai pergi ke Tokyo, berikut ini beberapa panduan wisata ke Tokyo dan persiapan yang perlu BTG Traveler lakukan:

1. Persiapkan Visa dan Visit Japan Web

Japan Visa
Source from: Wikimedia Commons

Sejak bulan April 2023, BTG Traveler yang ingin berlibur ke Jepang selama 15 hari bisa melakukannya dengan bebas visa. Namun, permohonan pengajuan bebas visa (visa waiver) ini harus dilakukan secara online melalui JAVES. Tenang saja, pengajuan ini gratis dan prosesnya hanya 2 hari kerja saja.

Kalau kamu sudah memiliki visa waiver, kamu tinggal menunjukkan layar browser JAVES ke petugas bandara saja saat keberangkatan.

Selain itu, kamu juga harus melakukan registrasi terkait imigrasi dan bea cukai lewat Visit Japan Web. Proses pengajuan di Visit Japan Web juga relatif mudah, praktis, dan cepat. Jika sudah, kamu akan mendapatkan QR Code yang dapat ditunjukkan ke petugas imigrasi Jepang.

2. Bawa Adaptor Charger Jepang

adaptor
Source from: PeakPX

Bentuk charging plug di Jepang berbeda dengan di Indonesia. Agar tidak repot, pastikan kamu membawa adaptor charger yang sesuai. Yaitu adaptor dengan plug type berbentuk pipih.

3. Bawa Uang Cash yang Cukup

Japan Money
Source from: Flickr

Salah satu panduan wisata ke Tokyo yang penting untuk diketahui adalah transaksi di Jepang masih didominasi transaksi tunai atau cash. Karena itu, pastikan kamu menukarkan uang yen Jepang dalam jumlah yang cukup.

Namun, kalau ternyata masih kurang, BTG Traveler tetap bisa melakukan tarik tunai di beberapa ATM yang tersedia. Biasanya, ATM yang kompatibel dapat dengan mudah ditemukan di konbini seperti 7-eleven. Pastikan kamu membawa kartu debit yang sesuai dan support dengan ATM di Jepang.

4. Datang di Musim yang Tepat

seasons
Source from: Wikimedia Commons

Berbeda dengan Indonesia, Jepang adalah salah satu negara 4 musim. Karena itu, panduan wisata ke Tokyo perlu mempertimbangkan musim yang berlangsung saat liburan.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Museum Kekinian di Jakarta yang Bisa Mengisi Liburan Sekolahmu

Sebagai contoh, kalau BTG Traveler ingin melihat bunga sakura, datang di musim gugur atau musim semi adalah waktu yang tepat. Namun, kalau BTG Traveler berencana untuk bermain ski atau merasakan salju, pastikan BTG Traveler datang di musim dingin.

Tips Hemat Wisata ke Tokyo, Jepang

Liburan memang sering kali membuat kalap dan boros. Namun, dengan strategi yang tepat, BTG Traveler tetap dapat menghemat pengeluaran selama liburan.

1. Belanja Bebas Pajak

Tax free
Source from: PxHere

Sama seperti di Indonesia, Jepang juga membebankan pajak konsumsi 10% untuk sebagian besar jenis barang dan jasa. Karena itu, BTG Traveler perlu mempertimbangkan hal ini sebagai bagian dari panduan wisata ke Tokyo.

Namun, BTG Traveler bisa menghemat pembelanjaan 10% jika belanja di beberapa toko bebas pajak. Tentu saja dengan syarat minimal belanja tertentu. Biasanya, nominal yang disyaratkan adalah sekitar 5000 Yen. Tidak semua toko menerapkan kebijakan ini. Karena itu, pastikan toko yang BTG Traveler kunjungi memiliki tulisan “Tax-Free Store” di bagian depannya.

2. Bawa Tas Belanja ke Mana Saja

Bag
Source from: Flickr

Sejak tahun 2020, Jepang juga sudah menerapkan aturan bebas plastik sekali pakai. Karena itu, setiap orang yang berbelanja perlu membawa kantong plastik sendiri. Sebenarnya, kamu tetap dapat meminta kantong plastik ke kasir. Namun, per kantong plastik akan dikenakan biaya sekitar 3 sampai 10 Yen.

3. Belanja di Konbini

konbini
Source from: Flickr

Sebelum datang ke Jepang, BTG Traveler mungkin sudah melihat bahwa konbini dan Jepang adalah kesatuan yang tidak terpisahkan. Hampir setiap sudut kota memiliki konbini dan hampir setiap barang yang kamu perlukan bisa ditemukan di konbini.

Setiap toko juga memiliki keunggulan masing-masing. Kalau BTG Traveler lapar dan ingin ayam goreng, Lawson dan Family Mart bisa jadi pilihan yang tepat. Sedangkan 7-eleven unggul dengan menu oden dan es krimnya yang enak. Selain itu, kamu juga bisa menemukan kopi, dorayaki, dessert, susu hangat, dan lain sebagainya.

4. Membeli JR Pass Kalau Perlu

JR PASS
Source from: Flickr

JR Pass atau Japan Railway Pass adalah layanan tiket kereta terusan yang bisa BTG Traveler gunakan untuk semua rute kereta. Termasuk shinkansen dan Narita Express. Kalau kamu berencana untuk datang ke beberapa kota, membeli JR Pass akan sangat menghemat biaya.

Namun, panduan wisata ke Tokyo ini tidak berlaku kalau kamu berencana stay di Tokyo saja. Membeli JR Pass tampaknya justru bukan pilihan yang bijak. Karena membeli tiket satuan sesuai kebutuhan justru akan lebih hemat.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Batam Kekinian dan Tempatnya

Tips Lainnya

Selain tips di atas, ada juga beberapa tips lain yang sebaiknya BTG Traveler tahu dan pertimbangkan. Sehingga, liburan ke Tokyo jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

1. Bawa Tas Cadangan untuk Sampah

trash
Source from: Wikimedia Commons

Sebagai bagian dari Jepang, Tokyo adalah kota yang bersih. Karena itu, BTG Traveler tidak bisa membuang sampah seenaknya. Sebagai antisipasi, pastikan untuk selalu membawa tas cadangan ke mana pun. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot mencari tempat sampah saat sedang berjalan-jalan.

2. Jangan Berjalan Sambil Makan

Jalan sambil makan
Source from: Pexels

Salah satu daya tarik Tokyo dan Jepang adalah street foodnya yang kaya. BTG Traveler dapat mencari panduan wisata ke Tokyo yang khusus membahas wisata kuliner dan street food di kota ini. Meskipun begitu, berjalan sambil makan adalah sesuatu yang dianggap tidak sopan.

Kalau BTG Traveler membeli makanan street food, sebaiknya kamu langsung memakannya di depan kedai. Dengan begitu, sampah yang ada bisa langsung dikembalikan atau dibuang ke tempat sampah yang ada di kedai. Jika tidak, bisa jadi kamu akan terpaksa membawa sampah tersebut sampai pulang kembali ke hotel.

3. Perhatikan Ukuran Barang Bawaan Saat Naik Shinkansen

shinkansen
Source from: Flickr

Kalau kamu berwisata ke Tokyo dan ingin pergi ke Osaka atau Kyoto, mungkin BTG Traveler akan memilih transportasi menggunakan shinkansen. Namun, pastikan kamu mengetahui panduan wisata ke Tokyo saat naik shinkansen satu ini.

Shinkansen menetapkan batasan ukuran barang yang bisa dibawa naik. Yaitu sebesar maksimal 160 cm untuk ukuran panjang, lebar, dan tingginya. Aturan ini menyesuaikan ukuran kabin yang ada. Kalau BTG Traveler memiliki barang atau koper dengan ukuran lebih dari itu, pastikan sudah melakukan reservasi. Jika melanggar, nantinya kamu akan dikenakan denda sekitar 1000 Yen.

Liburan ke Tokyo Lagi Emang Nagih, Apalagi Pesan Tiketnya di BookingToGo, Pasti Nagih Murahnya!

Promo Bookingtogo

Itulah beberapa tips dan panduan wisata ke Tokyo yang perlu BTG Traveler tahu sebelum pergi ke Tokyo. Tertarik untuk liburan ke Tokyo? Jangan lupa mengecek aplikasi Bookingtogo untuk pembelian hotel dan tiket pesawat. Bookingtogo menyediakan tiket dan akomodasi liburan dengan harga dan penawaran terbaik. Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.