Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

Panduan berlibur ke Rio de Janeiro – Rio de Janeiro adalah salah satu surga wisata yang bisa BTG Traveler kunjungi. Tempat ini bukan hanya dikenal akan keindahan wisata alamnya yang memukau. Tapi juga keindahan arsitektur, budaya, kuliner, dan musiknya. Segala destinasi wisata yang ada di sini mungkin akan sedikit membingungkan tanpa adanya panduan berlibur ke Rio de Janeiro. Apalagi kalau BTG Traveler baru pertama kali ke tempat ini.

Ada banyak hal yang perlu disiapkan sebelum pergi liburan ke luar negeri. Dari mulai perencanaan hingga perjalanan. Termasuk untuk pergi ke Rio de Janeiro. Nah, bagi BTG Traveler yang baru pertama kali berencana ke sini, ada beberapa tips dan panduan berlibur ke Rio de Janeiro yang bisa kamu terapkan.

Rio De Janeiro view

Merencanakan Perjalanan ke Rio de Janeiro

Sebelum memulai perjalanan, ada beberapa panduan berlibur ke Rio de Janeiro yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu, di antaranya:

Waktu Terbaik Wisata

Rio Summer
Source from: Hotels.com

Hampir setiap waktu adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke Rio de Janeiro. Namun, kebanyakan wisatawan akan datang pada waktu musim panas. Tepatnya di sekitar bulan Januari hingga Maret. Selain karena suhu dan cuaca yang pas, pada bulan tersebut juga diadakan festival tahunan yang meriah.

Akan tetapi, kalau kamu berencana untuk datang di waktu yang lebih sepi, tidak ada salahnya untuk berkunjung di bulan yang lain. Misalnya sekitar bulan April hingga Mei atau di bulan Oktober hingga November. Pada waktu tersebut, cuaca cenderung lebih dingin dan wisatawan juga tidak seramai di musim panas.

Bahasa dan Mata Uang

Brazilian money
Source from: Rio.com

Secara umum, masyarakat Rio de Janeiro menggunakan bahasa Portugis untuk bercakap-cakap. Bahasa ini merupakan bahasa resmi Brazil. Akan tetapi, tidak masalah kalau BTG Traveler tidak terlalu pandai berbahasa Portugis. BTG Traveler juga bisa menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

Sedangkan untuk mata uang yang digunakan adalah Brazilian Real. Satu Real Brazil kurang lebih setara dengan Rp3.200. Pastikan kamu membawa uang dalam jumlah yang cukup. Jika tidak, kamu tetap bisa menukarnya kapan saja di money changer yang tersedia.

Transportasi Umum

Metro Rio
Source from: Wikimedia Commons

Mengetahui transportasi umum di suatu negara adalah salah satu panduan berlibur ke Rio de Janeiro yang penting diketahui. Sehingga perjalanan liburan menjadi lebih tenang dan lancar.

Secara umum, tidak sulit menemukan transportasi umum di Rio de Janeiro. Kota ini memiliki subway yang disebut MetroRio yang dapat mengantar BTG Traveler ke berbagai tempat. Selain itu, ada juga bus dan streetcar yang mudah diakses.

Untuk pilihan kendaraan yang lebih private, BTG Traveler bisa menggunakan Uber. Selain lebih private, Uber juga lebih praktis, aman, dan harganya tidak terlalu mahal.

Document
gambar hotel

Days Inn Rio de Janeiro Lapa

Mulai dari IDR 700.000-an di BookingToGo

Tempat dan Aktivitas Menyenangkan

Rio de Janeiro menawarkan banyak destinasi wisata populer dan mengagumkan. Mulai dari pemandangan alam yang indah, pantai yang memukau, hingga hiburan malam yang menarik hati. Karena itu, penting untuk merencanakan liburan dengan baik dan memerhatikan panduan berlibur ke Rio de Janeiro.

1. Bersantai di Pantai

Copacobana
Source from: Wikimedia Commons

Pantai adalah nyawa dari liburan di Rio de Janeiro. Sayang rasanya kalau BTG Traveler liburan ke Rio de Janeiro tanpa sempat mengunjungi pantainya. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan pantai sambil bersantai bersama teman, keluarga, atau menikmati waktu sendiri. Selain itu, kamu juga bisa mencoba bermain voli pantai, surfing, berenang, dan kegiatan menyenangkan lainnya.

Sebagian besar pantai di Rio de Janeiro bisa diakses secara gratis. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan adanya biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Jika berencana datang ke pantai, cobalah untuk datang ke Copacabana atau Ipanema. Dua pantai tersebut adalah pantai yang paling terkenal di Rio de Janeiro.

2. Hiking ke Hutan Tijuca

Tijuca Forest
Source from: Flickr

Bagi BTG Traveler yang senang kegiatan menantang, hiking bisa jadi pilihan yang menarik. Rio de Janeiro punya hutan lebat Tijuca yang legendaris. Di sini, kamu bisa menikmati suasana alam sambil mengeksplorasi kehidupan di dalamnya. Beberapa tanaman langka juga bisa kamu temukan di sini.

3. Mengunjungi Museum

Cultural Banco
Source from: Wikimedia Commons

Rio de Janeiro memiliki banyak museum yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Centro Cultural Banco. Museum seni ini adalah salah satu museum yang tidak boleh dilewatkan dalam panduan berlibur ke Rio de Janeiro.

Museum yang disponsori oleh Bank of Brazil ini merupakan salah satu museum yang terkenal di Rio de Janeiro. Selain itu, dari segi arsitektur pun tampak indah dan memukau. Hampir setiap waktu selalu ada pameran karya seni yang bisa BTG Traveler nikmati saat datang ke museum ini.

Document
gambar hotel

Fluminense Hotel

Mulai dari IDR 700.000-an di BookingToGo

Wisata Kuliner Rio de Janeiro

Panduan berlibur ke Rio de Janeiro rasanya tidak lengkap kalau tidak menyertakan kuliner khas Rio de Janeiro. Nah, bagi BTG Traveler yang ingin merasakan suasana Rio de Janeiro seutuhnya, berikut ini beberapa makanan dan minuman yang harus kamu coba.

1. Pao de Queijo

Pao de Queijo
Source from: Pixa Hive

Ingin merasakan sarapan ala orang Brazil? BTG Traveler harus mencoba pao de queijo ini. Biasanya, orang Brazil cenderung lebih menyukai sarapan yang ringan dan praktis. Karena itu, makanan satu ini cukup populer.

Pao de queijo dibuat dari tepung tapioka dan diisi dengan keju lumer. Kamu bisa menemukan makanan satu ini hampir di mana saja di Rio de Janeiro. Rasa pao de queijo yang hangat dan lembut sangat cocok untuk sarapan di pagi yang dingin.

2. Acai Cuco

acai bowl
Source from: culinaryhill

Salah satu daya tarik berlibur ke Rio de Janeiro adalah banyaknya juice bar di berbagai sudut kota. Salah satu menu jus yang paling populer adalah acai cuco. Jus ini merupakan paduan dari berbagai buah beri. Termasuk cranberry, blueberry, dan stroberi. Selain segar, jus ini juga menyehatkan dan kaya akan antioksidan.

3. Street Food

Streetfood
Source from: Flickr

Rio de Janeiro adalah surganya street food. BTG Traveler bisa menemukan berbagai makanan dan minuman dengan rasa yang enak di sini. Berdasarkan panduan berlibur ke Rio de Janeiro, street food paling populer berada di sepanjang jalan Copacabana hingga Leblon. Ada banyak camilan dan makanan yang bisa kamu coba. Termasuk pastel, aneka pastry, keju, pancake, kebab, dan lain sebagainya.

Document
gambar hotel

Atlantico Copacabana

Mulai dari IDR 800.000-an di BookingToGo

Tips Lainnya

Selain mengetahui panduan berlibur ke Rio de Janeiro, perlu diingat juga kalau Rio de Janeiro adalah salah satu destinasi wisata yang sangat populer. Banyak orang dari seluruh dunia yang datang dan berkunjung ke sini. Karena itu, BTG Traveler perlu menyiapkan perjalanan dari jauh-jauh hari. Khususnya jika berencana datang di waktu-waktu ramai atau peak season.

Biasanya, wisatawan yang ingin datang di sekitar bulan Februari hingga Maret telah memesan hotel sejak 6 bulan sebelumnya. Namun, semakin jauh BTG Traveler merencanakan perjalanan, tentu saja semakin baik.

Cari Tiket Pesawat Ke Brasil buat Liburan? BookingToGo Siap Temenin Kamu!

Promo Bookingtogo

Salah satu opsi memesan akomodasi ke Rio de Janeiro kamu bisa pesan di Bookingtogo. Selain terpercaya, Bookingtogo juga memiliki penawaran dan harga terbaik untuk pesawat dan hotel di Rio de Janeiro. Sehingga, nantinya kamu bisa berwisata dengan lebih nyaman, aman, dan tentunya lebih hemat. Selamat berlibur! Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.