Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

oleh oleh khas Solo terbaru – Liburan ke Solo dan bingung mau bawa oleh-oleh apa? Tenang saja, Solo punya banyak sekali oleh oleh khas Solo terbaru yang bisa BTG Traveler bawa pulang. Sebagai kota wisata, Solo tidak pernah kehabisan ragam oleh-oleh untuk dibawa pulang. Ada banyak sekali pilihan oleh-oleh dan tempat wisata yang bisa BTG Traveler pilih.

solo
Source from: Wikipedia

Selain itu, harga oleh-olehnya pun relatif terjangkau. Sehingga, BTG Traveler bisa lebih leluasa membeli oleh-oleh untuk saudara, kerabat, atau bahkan kenang-kenangan untuk dinikmati sendiri. Nah, berikut ini adalah beberapa oleh oleh khas Solo terbaru yang bisa BTG Traveler pertimbangkan:

1. Serabi Notosuman

serabi
Source from: pergikuliner

Kisaran Harga : Rp2.500 per pcs

Siapa yang tidak kenal Serabi Notosuman? Serabi yang juga dikenal sebagai serabi Solo ini memang menjadi oleh oleh khas Solo terbaru favorit banyak orang. Selain karena harganya yang murah, serabi ini juga memiliki rasa gurih legit yang enak.

Serabi Notosuman
Source from: PERPUSDA JATENG

Bahan utama serabi Solo terbuat dari tepung beras, daun pandan, santan, dan gula. Biasanya, serabi dimasak di atas tungku hingga matang. Saat ini, serabi Solo telah memiliki berbagai varian rasa yang bisa BTG Traveler pilih. Mulai dari rasa original, strawberry, cokelat, keju, hingga durian.

Document
gambar hotel

Staycation di Solia Zigna Solo

Mulai dari IDR 720.089 /malam di Booking To Go

2. Batik Solo

Batik
Source from: Flickr

Kisaran Harga : mulai dari Rp50.000 per meter

Tertarik untuk membeli oleh oleh khas Solo terbaru yang bukan makanan? Batik Solo bisa jadi pilihan yang menarik. Apalagi, Solo juga merupakan salah satu kota batik yang terkenal bersama dengan Jogja dan Pekalongan. Ada banyak jenis batik yang bisa BTG Traveler pilih. Baik dari motif atau pun bentuknya. Mulai dari batik Solo biasa sampai dengan batik motif keraton bisa BTG Traveler temukan di Solo.

Biasanya, batik Solo dijual dalam bentuk kain meteran. Tapi, kamu juga bisa menemukan batik yang sudah dalam bentuk jadi. Misalnya batik dalam bentuk baju, jaket, dan bahkan batik dalam bentuk kerajinan tangan. Berbagai batik ini bisa dengan mudah BTG Traveler temukan di Pasar Klewer. Selain itu, BTG Traveler juga bisa melihat proses pembuatan batik di Kampung Kauman atau Kampung Laweyan.

3. Serundeng Kelapa

Serundeng kelapa
Source from: Kompas.com

Kisaran Harga : Rp15.000 – Rp30.000

Apa istimewanya serundeng kelapa? Eits, jangan salah. Memang hampir setiap daerah di Indonesia memiliki resep serundeng kelapa. Namun, setiap daerah memiliki cita rasa dan ciri khas resepnya masing-masing. Termasuk juga serundeng kelapa Solo.

Ciri khas serundeng kelapa Solo ada di campuran bumbu yang digunakannya. Bumbu yang digunakan biasanya mencakup bawang merah, lengkuas, ketumbar, asam jawa, kunyit, dan lain-lain. Kadang kala, proses pembuatan serundeng juga menggunakan potongan daging sapi atau empal.

Karena itu, rasa yang dihasilkan lebih gurih dan manis. Secara tampilan pun, serundeng kelapa oleh oleh khas Solo terbaru memiliki warna yang lebih kuning dan cerah.

4. Emping Melinjo

emping
Source from: Wikimedia Commons

Kisaran Harga : Rp15.000

Jajanan tradisional tidak pernah salah untuk menjadi oleh oleh khas Solo terbaru. Selain harganya yang relatif murah, isinya pun juga cukup banyak. Sehingga cocok untuk oleh-oleh orang rumah dan keluarga dekat. Salah satu oleh-oleh yang bisa dipilih adalah emping melinjo.

Emping atau keripik melinjo Solo memiliki rasa khas yang gurih dan pahit. Selain itu, ada juga yang menjual emping dengan rasa lainnya. Yang paling populer adalah emping dengan rasa manis atau pedas.

Document
gambar hotel

Staycation di Alila Solo

Mulai dari IDR 1.405.887 /malam di Booking To Go

5. Ampyang

Ampyang
Source from: IDN TIMES

Kisaran Harga : Rp4.000 – Rp50.000

Selain emping, ampyang juga bisa menjadi oleh oleh khas Solo terbaru yang menarik untuk dipilih. Ampyang terbuat dari kacang tanah, gula merah, dan jahe yang dibuat menjadi kepingan mirip rempeyek.

Perpaduan gula merah dengan aroma pedas jahe dan rasa kacang tanah memberikan cita rasa khas pada camilan satu ini. Cocok dinikmati saat santai atau sambil menyesap kopi dan teh di sore hari.

6. Blangkon Solo

Blangkon
Source from: Flickr

Kisaran Harga : Rp15.000 – Rp80.000

Ingin membeli oleh oleh khas Solo terbaru yang unik? Selain batik, blangkon juga bisa jadi pilihan oleh-oleh anti mainstream sepulangnya dari Solo. BTG Traveler bisa membeli blangkon sebagai suvenir untuk diri sendiri atau diberikan kepada keluarga dan kerabat.

Sekilas, blangkon Solo memang cukup mirip dengan blangkon Jogja. Tapi, kalau diamati lagi, sebenarnya keduanya sangat berbeda. Blangkon Solo memiliki bagian belakang yang lebih datar. Selain itu, kain batik yang digunakan juga dominan berwarna cokelat. Sedangkan blangkon Jogja didominasi kain batik berwarna putih.

7. Solo Floss Roll

Solo Floss Roll
Source from: Pesona Nusantara

Kisaran Harga : Rp62.000 – Rp80.000

Biasanya, abon dinikmati dengan cara ditabur di atas nasi. Kalau ingin mencoba sensasi makan abon yang berbeda, oleh oleh khas Solo terbaru abon floss roll bisa jadi pilihan. Rasanya yang nikmat dan aromanya yang harum cocok dinikmati saat santai bersama keluarga dan orang terdekat.

Abon gulung Solo biasanya dibuat dari perpaduan roti lembut dengan isian abon asli. Abon yang digunakan bisa berupa abon sapi atau pun abon ayam. Umumnya, ada dua pilihan rasa abon yang bisa BTG Traveler pilih sebagai oleh-oleh, yaitu rasa pedas dan rasa original.

8. Serbat Jahe

Serbat Jangkrik Mas
Source from: Rumah UMKM

Kisaran Harga : Rp10.000

Menikmati musim hujan dengan secangkir wedang memang tidak ada duanya. Apalagi kalau wedangnya adalah perpaduan dari berbagai macam rempah, seperti jahe, sereh, dan rempah-rempah lainnya. Itulah yang disajikan dalam serbat jahe khas Solo.

Selain menghangatkan tubuh, serbat jahe juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Akan lebih praktis lagi kalau wedang yang ada sudah berupa serbuk. Sehingga, bisa dinikmati hanya dengan menyeduhnya dengan air panas.

Kalau BTG Traveler ingin mencari serbat jahe sebagai oleh oleh khas Solo terbaru, merek serbat Jangkrik bisa jadi pilihan. Merek ini adalah salah satu merek serbat jahe Solo yang terkenal dan banyak dicari orang.

Document
gambar hotel

Hotel Neo Gading - Solo

Mulai dari IDR 300.000-an di BookingToGo

9. Kremes Ayam Malioboro

kremes sari ayam
Source from: Bukalapak

Kisaran Harga : Rp20.000 – Rp30.000

Jalan-jalan ke Solo rasanya kurang lengkap kalau tidak mampir ke Rumah Makan Kremes Ayam Malioboro yang terkenal. Rumah makan ini sudah sejak lama dikenal oleh para pecinta kuliner Solo karena rasa ayam kremesnya yang lezat.

Selain menikmati ayam kremes di rumah makan, BTG Traveler juga bisa berbagi dengan orang rumah dengan membeli oleh oleh khas Solo terbaru kremes ayam Malioboro. Perpaduan bumbu dan rasa ayam kampung pilihan dijamin akan membuat siapa pun menyesal kalau tidak beli oleh-oleh dari rumah makan ini.

Beli Tiket Terbang ke Solo atau Hotel di Solo Pakai Promo? Cek Di BookingToGo Aja!

Promo Bookingtogo

Itulah 9 oleh oleh khas Solo terbaru yang bisa BTG Traveler pertimbangkan saat liburan ke Solo. Tertarik untuk datang ke Solo? Jangan lupa untuk melakukan pembelian tiket pesawat dan hotel di Bookingtogo. Siapa tahu, kamu bisa mendapatkan penawaran dan harga terbaik liburan ke Solo. Selamat liburan. Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.