Bagikan Artikel
5
(1)

BookingToGo – Hallo, BTG Travellers! Bagaimana kabarnya? Saat pandemi Covid 19 begini, dimana kita tidak bisa bebas berpergian secara bebas bikin banyak orang jenuh dan ingin liburan. Kepingin liburan tapi tidak bisa, tempat wisata ditutup, mau naik pesawat juga banyak persyaratan, sehingga bikin masyarakat enggan untuk berpergian. Akhirnya banyak pihak hotel yang mulai meluncurkan paket staycation dengan harga yang  terjangkau, sehingga menjadi trend di dunia travelling. Lalu, apa itu staycation? Dan mengapa banyak masyarakat antusias untuk melakukan staycation? Berikut adalah ulasannya:

Apa itu Staycation?

staycation-artinya
Sumber: freepik.com (2021)

Arti staycation dari kamus cambridge yang jika dikutip adalah sebagai berikut: “a holiday that you take at home or near your home rather than travelling to another place“. Jika diterjemahkan, staycation adalah liburan yang kamu lakukan di rumah atau dekat dari rumah kamu daripada berpergian ke tempat lain.

online-travel-agent-bookingtogo
Advertisement: Pesan Tiket Pesawat di BookingToGo Saja!

Misalkan kamu rumahnya di Jakarta, lalu liburan dengan menginap ke hotel di Jakarta, maka itu disebut sebagai staycation. Kalau menginap di hotel Bali, tetapi berdomisili di Jakarta, itu bukan staycation melainkan sudah masuk ke aktifitas wisata.

Baca juga: Staycation di Bandung: 7 Rekomendasi Hotel Staycation Bandung Murah

Tips Staycation Aman saat Pandemi, Apa saja itu?

tips-staycation-aman-saat-pandemi
Sumber: www.pexels.com (2021), credit: Mikhail Nilov

Dari penjelasan diatas, kami anggap kamu sudah paham ya apa itu staycation. Pada tahap ini, kami ingin memberikan kamu tips staycation aman saat pandemi. Karena sekarang masih pandemi Covid-19, aktifitas staycation tidak sebebas dulu, jadi ada berbagai macam hal yang perlu kamu perhatikan. Berikut adalah tipsnya:

  1. Cek Protokol Kesehatan Hotel 

    Karena masih pandemi Covid-19, sebelum kamu memilih hotel untuk kamu staycation, lebih baik kamu cari tau dulu prokes apa yang telah dilakukan hotel tersebut. Apakah hotel tersebut ada penyemprotan disinfektan secara rutin? Apakah staff hotelnya menggunakan masker dan sarung tangan? Alat cek suhu tubuh tersedia di depan pintu masuk hotel? Kami rasa hal umum tersebut harus kamu cari tau agar kamu bisa staycation dengan aman.

  2. Makannya Buffet atau Ala Carte?

    Ini juga penting untuk kamu perhatikan. Apakah makanan yang disediakan menggunakan metode buffet dimana tamu hotel ambil sendiri? atau per menu makanan? Kalau metode buffet, apakah ada pembatas antara antrian tamu dengan meja makan? Alangkah lebih baik jika kamu makan yang dibayar per makanan (ala carte) atau yang diambil oleh staff hotelnya. Kita tidak akan mengetahui tamu yang mengambil makanan di buffet pakai alat pencapit atau tidak. Bisa saja ada tamu yang ambil roti atau makanan lainnya pakai tangan kosong.

  3. Semprotkan Disinfektan di Ruangan Kamar

    Kamu harus selalu bawa disinfektan atau hand sanitizer. Lalu, saat masuk kamar hotel jangan lupa untuk semprotkan disinfektan di gangang pintu atau perabotan lain yang memungkinkan kamu pegang tanpa sadar.

  4. Jaga Jarak dan Pakai Masker!

    Pasti BTG Travellers sering dengar kalimat ini, tapi ini berlaku saat kamu keluar maupun melakukan aktifitas staycation, loh. Saat bertemu staff hotel atau bellboy, jangan lupa untuk jaga jarak. Jangan lupa pakai masker dan bawa hand sanitizer juga saat kamu ingin pergi keliling hotel.

Jenuh dan ingin jalan-jalan namun terhalang pandemi memang berat. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa seru-seruan di daerah tempat kamu tinggal. Masih ada staycation untuk ganti suasana. Pastinya bakal lebih baik daripada dirumah saja, karena di hotel biasanya mempunyai fasilitas yang lengkap. Entah itu gym, kolam renang, salon / spa, dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca setia blog.bookingtogo.com! Seperti biasa, jangan lupa untuk rating artikel ini, komentar, dan share artikel ini. Thank you!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...