Bagikan Artikel
5
(1)

Dikenal sebagai pulau dengan panorama alam yang indah, Bangka Belitung tak hentinya menjadi spot favorit bagi para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

Salah satu spot wisata yang menjadi daya tarik dari Bangka Belitung sendiri ialah wisata lautnya yang masih sangat asri dan indah.

Maka dari itu, tak heran jika banyak para wisatawan domestik dan mancanegara memilih Bangka Belitung sebagai tujuan wisata selain Bali.

5 Destinasi Wisata di Bangka Belitung

Untuk itu, jika mungkin kamu berencana untuk mengunjungi Bangka Belitung, kamu harus banget tau nih, 5 destinasi wisata di Bangka Belitung, yang tak boleh kamu lewatkan.

1. Pantai Tanjung Tinggi

Menjadi pantai yang dikenal memiliki banyaknya batu granit raksasa, pantai ini juga sempat terkenal sejak dijadikan tempat syuting film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi beberapa tahun silam.

pantai tanjung tinggi
img src: https://highlight.id/

Pantai yang dikenal dengan keindahannya ini memang menjadi spot favorit bagi para pelancong yang ingin bersantai, sembari menikmati semilir angin di bibir pantai.

Kamu juga bisa kok melakukan aktivitas lain di sini, seperti berjemur, berenang, snorkeling, menyelam, ataupun menyewa jetski dengan guide yang ada di sana.

Selain itu, pemandangan batu granit besar yang terletak di timur pantai ini juga menjadi favorit para wisatawan untuk berfoto ria bersama keluarga.

Dan kalau kamu mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi pada sore hari, kamu bisa menikmati keindahan sunset dari atas tebing granit, yang tentunya sangat indah.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai yang dikenal memiliki pasir putih dan garis pantai yang panjang, Pantai Tanjung Kelayang menjadi salah satu spot yang tak pernah sepi dikunjungi wisatawan dari dalam ataupun luar Bangka Belitung.

pantai tanjung kelayang
img src: https://cdn.wonderin.id/

Selain menjadi tujuan destinasi wisata para wisatawan, pantai yang satu ini memang dikenal dengan pemandangannya yang indah. Ditambah lagi, kamu juga bisa menemukan spesies burung kelayang yang membuat pantai ini dinamakan Pantai Tanjung Kelayang.

Dan kalau kamu menginap disekitar penginapan Pantai Tanjung Kelayang, kamu bisa bangun lebih pagi untuk menikmati pemandangan matahari terbit dari bibir Pantai Tanjung Kelayang yang sangat indah.

3. Pulau Lengkuas

Dikenal memiliki daya tarik bagi para wisatawan, Pulau Lengkuas juga menjadi spot favorit untuk melakukan snorkeling.

pulau lengkuas
img src: https://www.indonesia.travel/

Masuk dalam kawasan Pantai Kelayang, Pulau Lengkuas masuk dalam tempat wisata favorit yang tak boleh dilewatkan ketika sampai di Bangka Belitung.

Karena setibanya disini, kamu akan menemukan bangunan mercusuar setinggi 52 meter yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri di Pulau Lengkuas untuk para wistawan yang ingin berfoto.

Selain itu, pesona bawah laut di Pulau Lengkuas juga tak kalah indah lho, karena di sini kamu dapat menemukan beragam biota laut seperti terumbu karang dan juga ikan-ikan yang penuh warna.

Dan setelah lelah melakukan beragam aktivitas laut di Pulau Lengkuas, kamu bisa mencicipi ragam kuliner yang tersedia disekitar Pulau Lengkuas dengan harga yang terjangkau pastinya.

4. Danau Kaolin

Dikenal sebagai Danau Kawah Putihnya Bangka Belitung, Danau Kaolin menjadi tujuan destinasi para wisatawan untuk menikmati keindahan alamnya.

danau kaolin
img src: https://backpackerjakarta.com/

Danau yang juga terletak di Bangka Belitung ini memang dikenal dengan keunikannya yang tak kamu temukan pada danau biasanya.

Sebab di sini, kamu bisa menikmati indahnya Danau yang memiliki warna dataran putih dan air yang berwarna biru menyala. Nah, warna biru menyala pada air danau ini bukan berasal dari kawah gunung seperti Danau Kawah Putih yang ada di Ciwidey, melainkan dari bekas pertambangan Kaolin yang sudah lama ditinggalkan.

Karena ditinggalkan cukup lama, akhirnya kandungan Kaolin/mineral yang digunakan pada bahan kosmetik, kertas, makanan, dan pasta gigi ini, akhirnya menyatu dan membuat warna air di Danau Kaolin berubah menjadi biru menyala.

Akibat fenomena alam inilah, Danau Kaolin terbentuk dan menjadi sebuah pemandangan alam yang begitu mempesona sejauh mata memandang. Bekas galian tambang yang sudah lama ditinggal juga akhirnya membentuk seperti sebuah bukit yang melengkapi keindahan Danau Kaolin.

Sebab itulah, tak heran jika banyak para wisatawan yang berkunjung kesini untuk sekedar berfoto atau mengabadikan keindahan Danau Kaolin.

5. Pantai Penyabong

Pantai yang juga dikenal sebagai Pantai Batu Lubang ini, memiliki gugusan batu granit di tepi pantai dan saling menyambung seperti dermaga.

5 destinasi wisata di belitung
img src: https://cdn.wonderin.id/

Terletak di selatan pulau Belitung tepatnya Membalong, kamu bisa menemukan pantai yang tak kalah menarik untuk disambangi, yakni Pantai Penyabong.

Untuk bisa sampai kesini, kamu harus melalui track berupa jalan tanah yang panjang dan berliku. Walaupun demikian, sepanjang perjalanan nanti kamu akan disuguhkan dengan hijaunya pepohonan dan bukit yang ada disekitar.

Dan ketika sampai di Pantai Penyabong, kamu akan langsung melihat indahnya Pantai Penyabong dengan batuan granit besar yang ada di kanan dan kiri pantai.

Setelah itu, kamu bisa meminta bantuan tour guide (jika ada) untuk menaiki batu granit disekitar Pantai Penyabong untuk menikmati semilir angin, dan pemandangan Pantai Penyabong yang indah.

 

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...