Bagikan Artikel
Rate this post

itinerary Vietnam – Saat merencanakan perjalanan ke luar negeri, BTG Traveler pasti sudah memikirkan banyak tempat untuk dikunjungi. Mulai dari wisata kuliner, tempat-tempat terkenal, hingga wisata sejarah atau budaya. Tapi, tanpa itinerary Vietnam yang jelas, akan sulit untuk mendapatkan semuanya.

Itinerary yang jelas dapat membantu kamu memenuhi ekspektasi liburan dengan lebih rapi dan terjadwal. Sehingga, tidak banyak jadwal atau kunjungan yang terlewatkan. Dengan begitu, perjalanan liburan bisa lebih berkesan dan menyenangkan.

Nah, untuk kamu yang ingin berlibur di Vietnam selama 5 hari, berikut ini rekomendasi itinerary Vietnam yang bisa kamu gunakan.

Day 1: Berangkat ke Vietnam

Hanoi airport
Sumber: Wikimedia Commons

Hari pertama dalam itinerary Vietnam adalah hari kedatangan BTG Traveler ke Hanoi. BTG Traveler bisa mengambil perjalanan penerbangan satu hari sebelumnya, karena kamu akan transit semalam di Kuala Lumpur. Untuk menghemat biaya, akan lebih baik kalau BTG Traveler menginap saja di bandara.

Untuk mendapatkan harga tiket ke Vietnam, BTG Traveler bisa memesan tiket pesawat melalui Bookingtogo. Pastikan untuk memesan tiket dari jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan harga terbaik.

Perkiraan sampai di Hanoi adalah sekitar jam 11 siang. Jadi, kamu bisa mencari makanan siang di area sekitar bandara. Baru setelah itu melanjutkan perjalanan ke hotel. Salah satu hotel terbaik yang bisa kamu pilih adalah Ha Noi Le Grand Hotel. Lokasinya dekat pusat kota dan juga dekat berbagai tempat wisata.

Setelah beristirahat, BTG Traveler bisa memulai eksplorasi Vietnam dengan datang ke Hoan Kiem Lake di malam hari. Pemandangan malam hari di Hoan Kiem Lake adalah salah satu yang terindah di Vietnam.

Untuk budgetnya sendiri, perkiraan budget itinerary Vietnam hari pertama ini adalah sekitar Rp2,1 juta. Yang terdiri dari tiket pesawat Rp1,6 juta, sewa hotel Rp300.000, transportasi Rp50.000, dan biaya makan Rp100.000.

Day 2: Berkeliling Hanoi

hanoi jalan
Sumber: Duongsrestaurant.com

Di hari kedua, BTG Traveler dapat mengisi itinerary Vietnam dengan menjelajahi Hanoi. Di antaranya datang ke Temple of Literature, Tran Quoc Pagoda, dan Imperial Citadel of Thang Long.

Sesudah sarapan, BTG Traveler bisa langsung check out karena nantinya kamu akan langsung melanjutkan perjalanan ke Ha Long. Selanjutnya, kamu bisa memulai petualangan ke Temple of Literature.

Setelah puas di Temple of Literature, BTG Traveler bisa melanjutkan perjalanan ke Tran Quoc Pagoda. Tempat yang biasanya menjadi tujuan paket wisata Vietnam. Di sini, BTG Traveler bisa sekalian menikmati santapan siang sebelum melanjutkan perjalanan ke Imperial Citadel of Thang Long.

Di Imperial Citadel of Thang Long, BTG Traveler bisa mengambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan sekaligus mempelajari sejarah bangunan ini. Setelah itu, kamu bisa menikmati makan malam di area restoran yang tersedia.

Setelah makan malam, BTG Traveler bisa melanjutkan perjalanan dengan bus menuju Ha Long. Kemudian check in di hotel Tung Luxury sekitar pukul 20.30.

Perkiraan budget untuk itinerary Vietnam hari ini adalah sekitar Rp632.000. Yang terdiri dari tiket Temple of Literature Rp20.000, sewa hotel Rp135.000, tiket bus ke Ha Long Rp227.000, serta transportasi dan makan Rp250.000.

Day 3: Petualangan di Ha Long

Petualangan di Ha Long
Sumber: Flickr.com

Di hari ketiga ini, BTG Traveler bisa menikmati petualangan di Ha Long. Kota yang terkenal dengan keindahan alamnya ini sangat sayang dilewatkan kalau kamu datang ke Vietnam. Di hari ketiga ini, kamu bisa mengunjungi Bai Cha Beach dan Ha Long Bay.

Sama seperti hari kedua, di itinerary Vietnam hari ketiga ini, BTG Traveler bisa langsung check out setelah menikmati sarapan di hotel. Kemudian langsung melanjutkan perjalanan ke Bai Cha Beach. Salah satu pantai terindah yang ada di Ha Long.

Kalau sudah puas menjelajahi Bai Cha Beach, BTG Traveler bisa melanjutkan perjalanan ke Ha Long Bay setelah makan siang. Di Ha Long Bay, ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan. Mulai dari menikmati pemandangan alam, wisata kuliner, hingga menunggu matahari terbenam.

Di Ha Long Bay, BTG Traveler juga bisa sekalian menikmati santapan makan malam. Setelah itu, BTG Traveler bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Hai Phong menggunakan taksi. Jaraknya kurang lebih sekitar 1 jam dari Ha Long Bay. Di Hai Phong, kamu bisa menginap di AUI Hotel selama 2 malam.

Perkiraan budget itinerary Vietnam di hari ketiga ini adalah sekitar Rp650.000 tidak termasuk budget makan. Budget ini terdiri dari Taksi ke taksi ke Hai Phong Rp550.000, biaya transportasi di Ha Long Rp100.000.

Day 4: Menjelajahi Hai Phong

hai phong
Sumber: Wikimedia Commons

Itinerary Vietnam hari keempat ini akan full dilakukan di Hai Phong. BTG Traveler bisa mengunjungi Hai Phong Museum, Du Hang Pagoda, dan Do Son Beach.

Kali ini, BTG Traveler tidak perlu melakukan check out setelah sarapan. Jadi, perjalanan akan lebih santai dibandingkan hari sebelumnya. Di pagi hari, kamu bisa mengunjungi Hai Phong Museum setelah sarapan. Kemudian, lanjut ke Du Hang Pagoda di siang hari. Dan di sore harinya, BTG Traveler bisa ke Do Son Beach untuk melihat matahari terbenam.

Setelah menikmati matahari terbenam, BTG Traveler bisa bersantai sejenak dan menikmati malam di dekat pantai Do Son Beach. Baru setelah itu kembali ke hotel untuk beristirahat. Jangan lupa untuk menikmati malam terakhir di Vietnam karena besok kamu akan kembali ke Indonesia.

Perkiraan budget itinerary Vietnam hari keempat ini adalah sekitar Rp250.000. Yang terdiri dari biaya makan Rp150.000 dan transportasi Rp100.000.

Day 5: Saatnya Pulang

check out
Sumber: HotelManagement.net

Itinerary Vietnam hari terakhir ini adalah waktunya kembali ke Hanoi untuk terbang pulang ke Indonesia. Sebelum check out, kamu bisa menikmati sarapan dulu di hotel dan naik bus sekitar jam 8 pagi. Estimasi sampai di Hanoi adalah sekitar jam 9.30 siang.

breakfast
Sumber: Hanoi Local Tour

Sesampainya di Hanoi, BTG Traveler bisa langsung mencari transportasi menuju bandara. Sebagai pertimbangan, sebaiknya BTG Traveler memesan tiket pesawat dengan penerbangan di sekitar jam 11.30.

Perkiraan budget itinerary Vietnam hari terakhir ini adalah sekitar Rp2,1 juta. Yang terdiri dari tiket bus ke Hanoi Rp100.000, tiket pesawat Rp1,9 juta, biaya transport dan makan Rp100.000.

viet money
Sumber: CorporateFinanceInstitute.com

Jadi, total biaya itinerary Vietnam selama 5 hari 4 malam adalah sekitar Rp5,6 juta. Budget ini belum termasuk budget oleh-oleh dan dana darurat. Selain itu, besar budget bisa saja lebih besar kalau BTG Traveler mengunjungi lebih banyak tempat wisata kuliner. Karena itu, untuk berjaga-jaga, BTG Traveler bisa menggenapkan budgetnya menjadi Rp6 juta atau Rp7 juta.

Itulah perkiraan itinerary Vietnam dan budget yang perlu kamu persiapkan untuk perjalanan 5 hari 4 malam di Vietnam. Budget ini bisa lebih besar atau lebih kecil tergantung kepada itinerary aktual yang nantinya kamu jalankan. Agar lebih hemat, BTG Traveler bisa membeli tiket pesawat dan hotel di Bookingtogo minimal 1 bulan sebelum keberangkatan. Selain lebih hemat, kamu juga bisa lebih tenang menyiapkan persiapan lainnya. Smart Booking, Easy Travel!

Promo Tiket pesawat dan hotel

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.