Bagikan Artikel
5
(2)

Gunung tumpeng yang juga dikenal dengan Bukit Koneng, merupakan kawasan perbukitan yang terletak di Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi yang memiliki daya tarik bagi para pengunjung yang ingin menikmati panorama alam indah dari ketinggian.

Gunung Tumpeng/Bukit Koneng
img via: bubuh.id

Keunikan dari Gunung ini ialah bentuknya yang seperti kerucut mirip tumpeng, sebab itulah tempat ini dinamai Gunung Tumpeng. Tapi warga sekitar juga mengenalnya dengan Bukit Koneng karena terdapat banyak pohon kunyit yang dalam bahasa Sunda dikenal dengan koneng.

Daya Tarik Gunung Tumpeng/Bukit Koneng

Karena Gunung Tumpeng ini bukanlah tempat wisata, tentu saja ada keterbatasan dari segi fasilitas. Walaupun begitu, pihak pengelola perlahan melakukan pembenahan dengan ditambahkannya warung disekitar Gunung Tumpeng, dan juga Camping Ground untuk para wisatawan yang ingin menginap di sini.

Rute Menuju Gunung Tumpeng/Bukit Koneng

Untuk sampai ke Gunung Tumpeng, akses jalannya masih searah dengan Geopark Ciletuh. Jika kamu berangkat dari Bogor, kamu bisa lewat Jalan Raya Cikidang – Pamuruyan selama 3,5 jam untuk tiba di lokasi.

Tapi perlu diingat ya, jika kamu merencanakan untuk ke Gunung Tumpeng/Bukit Koneng, akomodasi yang disarankan adalah motor. Sebab untuk akses jalannya masih cukup berbatu.

Harga Tiket Masuk ke Gunung Tumpeng/Bukit Koneng

Tiket masuk ke Gunung Tumpeng/Bukit Koneng sendiri dibanderol dengan harga Rp5.000 rupiah per-orang, dan ditambah dengan biaya parkir sebesar Rp5.000 rupiah per kendaraan.

Mendaki ke Puncak Gunung Tumpeng/Bukit Koneng

Sesampainya di area Gunung Tumpeng, kamu akan diarahkan oleh guide yang merupakan warga sekitar jika ingin melakukan soft hiking atau pendakian kecil ke puncak Gunung Koneng.

Mendaki ke Puncak Gunung Tumpeng atau Bukit Koneng
img via: instagram.com/@sansskuy.bdg

Tapi perlu diperhatikan ya, akses jalan menuju puncak Gunung Tumpeng sendiri memang agak licin akibat rumput yang ada disekitarnya, dan juga sempit.

Jadi pastikan kamu berjalan sesuai barisan dan tidak berdesak-desakan. Oh iya, jangan lupa untuk memperhatikan prokes ya.

Proses soft hiking menuju puncak Gunung Tumpeng hanya memakan waktu sekitar 15 – 20 menit dengan ketinggian 950 mdpl. Dan sesampainya di puncak, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan bukit hijau yang cantik, dengan udara yang sejuk.

Spot Foto di Gunung Tumpeng/Bukit Koneng

Hampir mirip dengan Pondanu Cabins yang terletak di tengah perbukitan, Gunung Tumpeng juga tak kalah instagramable pastinya. Bahkan tak jarang, banyak orang yang memilih tempat ini sebagai spot foto pre-wedding.

Spot Foto di Gunung Tumpeng Sukabumi
img via: instagram.com/@ricky_fap

Baik ketika dalam perjalanan menuju puncak, pemandangan hamparan bukit disekitar gunung bisa menjadi latar belakang foto yang sangat instagramable untuk dibagikan ke sosial media kalian. Dan sesampainya di puncak Gunung Tumpeng, pemandangan alam yang ditampilkan lebih menarik lagi tentunya.

Dan itulah tadi ulasan mengenai Gunung Tumpeng atau Bukit Koneng. Gimana nih, tertarik untuk soft hiking ke sini bersama sahabatmu belum?

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 2

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...