Tak Kalah dengan Ciwidey, Kawah Putih Medan Bisa jadi Destinasi yang Patut Kamu Kunjungi!

Bagikan Artikel
0
(0)
5/5 - (3 votes)

Kawah Putih Medan, Destinasi wisata baru yang terletak di Dolok Tinggi Raja ini berhasil mengundang rasa penasaran wisatawan untuk berkunjung.

Tak kalah cantik dengan Kawah Putih yang ada di Ciwidey Bandung, Destinasi wisata satu ini juga memiliki keindahan yang sayang untuk dilewatkan.

Ingin tau lebih jauh tentang Kawah Putih Medan? Berikut ulasannya.

Jadi Bagian Cagar Alam Dolok Tinggi Raja

Ekowisata Dolok Raja Kawah Putih
Cagar Alam Dolok Raja Kawah Putih via ksmtour.com

Kawah Putih Medan masuk dalam salah satu objek wisata di Cagar Alam Dolok Tinggi Raja, yang mana cagar alam ini memiliki luas ratusan hektar yang masih terjaga keasriannya. Maka dari itu, Kawah Putih Medan juga dikenal dengan Kawah Putih Tinggi Raja.

Kawah dengan Salju Hangat, Kok Bisa?

Hamparan batu kapur di kolam Kawah Putih Tinggi Raja Medan
Hamparan batu kapur di kolam Kawah Putih Tinggi Raja Medan via dreamers.id

Istilah salju hangat yang dimaksud bukan salju yang biasa ditemukan di negara dengan 4 iklim ya, melainkan area Kawah Putih Tinggi Raja memiliki kolam air panas yang dikelilingi batuan kapur berwarna putih yang menyerupai salju.

Sedangkan untuk kolam air panas di Kawah Putih sendiri memiliki suhu sekitar 90 derajat celcius yang berwarna biru kehijauan dengan view yang menawan.

Punya Banyak Spot Foto yang Instagramable

Spot Foto di Kawah Putih Medan
Spot Foto di Kawah Putih Medan via dierysipayung.wordpress.com

Tak dipungkiri memang, banyak wisatawan yang menyamakan keindahan Kawah Putih Tinggi Raja dengan Kawah Putih Ciwidey, dan ada juga yang mengatakan jika Kawah Putih Medan ini mirip dengan Hot Spring Pamukkale di Turki.

Ditambah dengan hamparan batu kapur dipinggir kolam yang menawan, membuat tiap sudut dari tempat ini jadi spot yang instagramable banget buat wisatawan yang membawa kamera dan ingin mengabadikan momen.

Bersantai di Sungai yang Airnya Hangat

Bersantai di Sungai yang ada Airnya Hangat
Bersantai di Sungai yang Airnya Hangat via nusapedia.com

Selanjutnya kamu bisa singgah ke Sungai Bah Balaklak dan Danau Lapparan yang terletak 2 kilometer dari Kawah Putih Tinggi Raja. Keduanya masih di dalam kawasan cagar alam Dolok Tinggi Raja kok.

Air Sungai dan Danau ini bersuhu hangat sebab aliran dari Kawah Putih Tinggi Raja. Hebatnya lagi, beberapa jenis ikan di sini masih bisa hidup di dalamnya lho!

Alamat, Tiket Masuk, dan Jam Operasional

Lokasi dari Kawah Putih Tinggi Raja sendiri berlokasi di desa Dolok Tinggi Raja, kecamatan Silau Kahean Kab. Simalungun, Sumatera Utara. Dan ada 2 pilihan rute yang bisa kamu coba untuk sampai ke kawah menakjubkan ini.

  • Dari Kota Medan ambil rute menuju Kota Lubuk Pakam dan ambil arah ke Kota Galang yang mengarah langsung ke Dolok Tinggi Raja.
  • Dari Kota Masihul ambil rute menuju Kota Nagori Dolok, kemudian dilanjut ke arah Dolok Tinggi Raja.

Waktu perjalanan mungkin akan memakan waktu sekitar 3 – 5 jam. Namun setelahnya lelahmu akan terbayar lunas di sini! Dan juga, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti motor, atau mobil ya.

Rute Menuju Kawah Putih Tinggi Raja
Rute Menuju Kawah Putih Tinggi Raja via jadiberita.com

Untuk tiket masuknya sendiri pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, para pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 dan destinasi wisata ini beroperasi setiap hari dari pukul 07.00 – 17.00 waktu setempat.

Pesan Tiket Pesawat ke Medan

Gimana? Tertarik untuk mengunjungi Kawah Putih Tinggi Rajadi Medan? Jadi tunggu apalagi, yuk pesan tiket pesawat dan rencanakan liburanmu bareng BookingToGo sekarang juga!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like