Tidak Mudik? Ini 7 Rekomendasi Tempat Wisata yang Buka Saat Lebaran Selain Mall

Bagikan Artikel
0
(0)
Rate this post

Libur lebaran tinggal menghitung hari. Sayangnya, tidak semua orang punya kesempatan untuk mudik dengan berbagai alasan. Bagi kamu yang tetap stay di Jakarta saat libur lebaran kali ini, tidak ada salahnya untuk menjelajahi tempat wisata yang buka saat lebaran.
Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata alam indonesia yang bisa kamu datangi saat libur lebaran:

1. Pantai Ancol

wisata alam indonesia, tempat wisata yang buka saat lebaran

Siapa yang tidak kenal Ancol? Hampir semua orang Jakarta pasti tahu tempat hiburan satu ini. Rupanya, Ancol termasuk salah satu tempat wisata yang buka saat lebaran. Jadi, kamu bisa datang ke tempat ini untuk mengisi waktu selama liburan. Baik sendiri, bersama teman, atau pun bersama keluarga.
Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Ancol. Mulai dari melakukan lari pagi, bersepeda kelilling kawasan Ancol, jalan santai, piknik, hingga menikmati lanskap pantai Ancol sebagai salah satu wisata alam Indonesia.
Waktu terbaik untuk berkunjung ke Ancol adalah pagi hingga sore hari. Biasanya, Ancol saat libur lebaran cukup ramai. Kalau tidak ingin bingung mencari tempat parkir, kamu bisa datang lebih pagi atau menggunakan transportasi umum.

2. Taman Mini Indonesia Indah

Selain Ancol, tempat wisata yang buka saat lebaran lainnya adalah Taman Mini Indonesia Indah. Sesuai namanya, taman ini menjadi miniatur keindahan Indonesia dari 33 provinsi yang ada di Indonesia. Keindahan ini ditampilkan dalam bentuk anjungan-anjungan yang memiliki arsitektur tradisional. Di dalamnya, BTG Traveler bisa melihat adat dan budaya khas setiap provinsi, mulai dari busana adat, tarian, hingga tradisi daerah yang dimiliki.
Kalau mau sekedar piknik, BTG Traveler bisa memilih taman-taman kecil yang tersebar di seantero Taman Mini Indonesia Indah. Kamu juga bisa berjalan-jalan dan menikmati lanskap TMII yang menarik. Salah satu yang banyak dicari adalah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia. Danau ini akan terlihat lebih jelas dan indah kalau BTG Traveler menaiki kereta gantung.
Selain anjungan, danau, dan kereta gantung, masih banyak tempat lain yang bisa dieksplor di TMII. Termasuk berbagai museum, teater IMAX Keong Mas, Teater Tanah Airku, dan berbagai sarana rekreasi lainnya.
Kunjungan terbaik ke TMII adalah bersama keluarga. Apalagi kalau BTG Traveler memiliki anak kecil. Namun, datang bersama teman, pasangan, atau sendiri ke TMII juga tidak kalah seru.

3. Pantai Indah Kapuk

Melipir sedikit ke Jakarta Utara, BTG Traveler juga bisa menikmati pemandangan pantai yang memukau di Pantai Indah Kapuk atau PIK. Di sini, BTG Traveler akan menemukan pemandangan wisata alam Indonesia pasir putih yang indah. Banyak orang yang datang ke sini untuk berfoto atau sekedar menikmati keindahannya.
Selain pasir putih, PIK juga memiliki tempat wisata yang buka saat lebaran lainnya yang masih berada di kawasan PIK. Salah satunya adalah Pantjoran PIK. Di sini, BTG Traveler bisa menikmati berbagai hidangan khas Tionghoa dengan pemandangan khas Chinatown. Apalagi, tidak ada biaya masuk yang perlu dikeluarkan untuk berkunjung ke tempat ini.
Kalau BTG Traveler datang sedikit lebih pagi, kamu bisa mampir dulu ke area Pantai Maju. Di sini, kamu bisa berfoto, jogging, hingga bersepeda. Ada jalur selebar empat meter yang terbagi menjadi dua ruas di kawasan ini. Sehingga, area pejalan kaki dan pesepeda tidak saling bercampur.

4. Kebun Binatang Ragunan

Bagi BTG Traveler pecinta hewan, Kebun Binatang Ragunan bisa jadi pilihan tempat wisata yang buka saat lebaran yang menyenangkan. Di sini, kamu bisa melihat lebih dari 270 spesies hewan. Termasuk gajah, jerapah, orangutan, harimau, singa, buaya, dan berbagai jenis burung. Tempatnya juga teduh dan rimbun karena memiliki lebih dari 20.000 pohon yang tumbuh.
Selain bisa piknik di taman-taman yang tersedia, BTG Traveler juga bisa mengunjungi pusat primata yang ada di Ragunan. Di dalamnya, kamu bisa menemukan berbagai primata langka. Termasuk simpanse, gorila, dan orang utan.
Ada juga fasilitas lain yang tidak kalah menarik. Apalagi kalau BTG Traveler datang bersama anak-anak. Suasana nyaman dan area yang luas dijamin akan membuat anak-anak merasa nyaman dan senang berada di sini.
Sayangnya, Ragunan baru bisa didatangi di hari kedua lebaran. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Ragunan di hari kedua lebaran atau setelahnya. Jangan lupa untuk menyiapkan kartu Jakcard sebagai akses masuk dan pembayaran di lokasi.

5. Kawasan Ekowisata Mangrove PIK

tempat wisata indonesia, tempat wisata yang buka saat lebaran

Bosan dengan hiruk pikuk Jakarta? Cobalah datang ke Kawasan Ekowisata Mangrove PIK. Selain menarik sebagai tujuan liburan akhir pekan, tempat ini juga menarik sebagai tempat wisata yang buka saat lebaran. Apalagi lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusat ibukota Jakarta.
Waktu terbaik berkunjung ke Kawasan Ekowisata Mangrove PIK adalah pagi hingga sore hari. Ada banyak aktivitas yang bisa BTG Traveler lakukan di tempat wisata ini. Salah satunya adalah menikmati keindahan wisata alam Indonesia. Selain itu, BTG Traveler juga bisa mencoba keseruan bermain speed boat, perahu dayung, sepeda air kodok, hingga perahu kano.
Kalau mau, BTG Traveler juga bisa menanam mangrove dengan biaya Rp150.000 per pohon. Kalau merasa kurang lama, kamu juga bisa menginap atau camping di kawasan mangrove ini. Tersedia rumah tenda dengan AC atau non AC yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.

6. Kepulauan Seribu

Jakarta bukan hanya punya mall dan taman rekreasi saja. Tapi juga wisata alam Indonesia berupa kepulauan yang menyimpan keindahan alam yang memukau. Tempat wisata ini cocok dikunjungi oleh BTG Traveler yang menyukai keindahan alam pantai dan bawah laut.
Ada banyak pulau yang bisa kamu pilih untuk kunjungi. Seperti Pulau Bidadari, Pulau Pramuka, Pulau Pelangi, Pulau Pari, dan masih banyak lagi. Setiap pulau memiliki keindahan alam masing-masing yang bisa kamu nikmati. Apalagi, kepulauan seribu termasuk salah satu tempat wisata yang buka saat lebaran. Jadi kamu bisa mengunjunginya kapan saja saat libur lebaran berlangsung.

7. Jakarta Aquarium

Berkunjung ke Jakarta Aquarium bisa jadi salah satu pilihan tempat wisata yang buka saat lebaran. Apalagi kalau BTG Traveler berencana datang bersama keluarga. Anak-anak biasanya akan senang sekali melihat ikan-ikan yang berenang di dalam aquarium.
Biasanya, Jakarta Aquarium juga menampilkan atraksi yang menarik untuk ditonton. Kalau ingin melihat atraksi ini, pastikan kamu datang sebelum jam 11 siang. Selain itu, datang lebih pagi juga memberikan kesempatan bagi BTG Traveler dan keluarga untuk mengeksplorasi Jakarta Aquarium lebih lama dan lebih puas.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang buka saat lebaran yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, pasangan, atau pun teman terdekat. Selain liburan ke tempat wisata, BTG Traveler juga bisa menikmati staycation di hotel dekat tempat wisata tersebut. Sehingga liburan jadi lebih menyenangkan dan memuaskan.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like