8 Desa Wisata di Aceh yang Wajib Kamu Kunjungi

Bagikan Artikel
0
(0)
Rate this post

Desa wisata di Aceh – Indonesia menyimpan banyak kekayaan alam dan destinasi wisata yang beragam mulai dari Sabang sampai Merauke. Kalau BTG Traveler bosan dengan wisata yang itu-itu saja, cobalah berkunjung ke desa wisata di Aceh.

Siapa sangka kalau Aceh memiliki banyak desa wisata yang bisa BTG Traveler kunjungi. Berikut ini beberapa daftar desa wisata di Aceh yang menarik untuk BTG Traveler datangi sendiri, bersama keluarga, atau pun bersama teman-teman.

Desa Wisata Aceh yang Memiliki Keindahan di Aceh

1. Desa Wisata Pantai Cemara

Desa Wisata Pantai Cemara
Sumber: Wikimedia Commons

Pantai yang lokasinya di Aceh Selatan ini, merupakan destinasi wisata yang cukup terkenal. Terlebih dengan jaraknya yang hanya 16 kilometer, atau 15 menit berkendara dari kota Tapaktuan. Seperti namanya, desa wisata di Aceh memiliki banyak pohon cemara yang berbaris di sepanjang bibir pantai Cemara. Hijaunya daun cemara, ditambah birunya laut yang disertai gemulai ombak, mempercantik pemandangan yang dijamin bisa bikin kamu terpukau.

Selain bermain air, BTG Traveler juga bisa menonton pertandingan motor cross di lapangan balap motor cross yang ada di sana. Kamu juga bisa ikut bermain bola bersama anak-anak atau pemuda kampung sekitar, di lapangan bola yang berada tepat di sebelahnya. Kalau capek, BTG Traveler bisa makan dan memilih berbagai kudapan yang tersedia di warung-warung yang ada.

Aktivitas : Berkendara dengan ATV, Taman Bermain, Kolam Renang Anak, Sport Cross Track, Jogging Track
Lokasi : Gampong Ujung Batee, Kecamatan Pasie Raja, Aceh Selatan (Google Maps)

2. Desa Wisata Tugu Kupiah Meukeutop Teuku Umar

Desa Wisata Tugu Kupiah Meukeutop Teuku Umar
Sumber: Jadesta. kemenparekraf.go.id

Tugu Kupiah Meukeutop Teuku Umar adalah tugu yang dibangun untuk mengenang Teuku Umar, pahlawan perang Aech yang gugur pada 11 Februari 1899. Selain sebagai monumen peringatan, tugu ini juga dibangun sebagai ikon wisata dari desa wisata di Aceh satu ini.

Secara lokasi, desa wisata Tugu Kupiah Meukeutop Teuku Umar cukup strategis. Letaknya berada di pesisir pantai lautan Samudera Hindia. Jadi, selain bisa berwisata sejarah, BTG Traveler juga bisa menikmati panorama pantai yang hanya berjarak beberapa meter dari tugu.

Aktivitas : Wisata Sejarah, Wisata Pantai
Lokasi : Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat (Google Maps)

3. Desa Wisata Suak Timah

Desa Wisata Suak Timah
Sumber: Jadesta.kemenparekraf.go.id

Rekomendasi wisata lain yang ada di Aceh, adalah Desa Suak Timah. Pasca tsunami 2004 lalu, suak timah sudah jadi wisata pantai yang cukup berpotensi di Aceh. Walau belum ada fasilitas umum selain homestay, BTG Traveler tetap bisa menikmati pemandangan alam yang indah.

Ditambah lagi, desa wisata Suak Timah ini memiliki pantai yang indah dan masih terjaga. BTG Traveler yang menyukai wisata pantai yang tenang dan alami bisa berkunjung ke tempat ini saat liburan. Selain itu, BTG Traveler juga dapat menikmati jus buah nipah yang dijual dengan bebas di tempat ini.

Aktivitas : Homestay, Wisata Pantai
Lokasi :Gampong Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Aceh (Google Maps)

4. Desa Wisata Nipah dan Pantai Cemara

Desa Wisata Nipah dan Pantai Cemara
Sumber: radartanggamus.disway.id

Untuk mencapai lokasi wisata yang satu ini, BTG Traveler harus menyeberang dengan kapal motor dari Pelabuhan Ulee Lheu untuk tiba di dermaga Lamting atau dermaga Deudap. Nah, kalau kamu turun di dermaga Deudap, kamu masih harus naik motor selama 10 menit perjalan lagi, untuk sampai di Nipah.

Pasirnya yang putih merupakan satu dari banyaknya daya tarik desa wisata di Aceh satu ini. Selain menikmati matahari terbenam atau bermain air, kamu juga bisa berkemah di tempat yang telah disediakan. Jangan lupa untuk membawa peralatan berkemah sendiri untuk berjaga-jaga.

Aktivitas : Berkemah, Berenang, Menikmati Matahari Terbenam
Lokasi : Gampong Rabo, Pulo Nasi, Kecamatan Pulo Aceh, Aceh (Google Maps)

5. Desa Wisata Gampong Pancasila

Desa Wisata Gampong Pancasila
Sumber: Detiknews86.com

Desa wisata di Aceh Gampong Pancasila berada di desa Kuta Padang, Kabupaten Aceh Barat. Gampong Pancasila merupakan gampong yang kebersihannya diapresiasi oleh pemerintah setempat, karena konsisten menjaga tempatnya sebagai pemukiman layak huni dan keluarga berkualitas.

Jadi kalau kamu berkunjung ke Gampong Pancasila, jangan kaget kalau lokasinya bersih dan warganya akur. Tentunya, selain desa yang bersih, kamu juga bisa menikmati mangrove di pesisir pantai dekat Gampong Pancasila.

Aktivitas : Wisata Mangrove
Lokasi : Kuta Padang, Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh (Google Maps)

6. Desa Wisata Makam Abu Ibrahim Woyla

 

Rekomendasi desa wisata di Aceh kali ini, agak sedikit spiritual, karena tujuan wisatanya adalah makam Abu Ibrahim Woyla. Beliau adalah ulama yang terkenal karena karamahnya mengenai tsunami.

Makam yang berlokasi di Desa Pasi Aceh ini, berada dalam sebuah bangunan yang langsung terhubung dengan meunasah. Tepatnya di sisi kiri meunasah. Makamnya sendiri dapat dengan mudah dikenali, karena diberi pagar besi dan tirai berwarna hijau di atasnya. Di bagian kaki makam beliau, ada guci yang berisi air tasbih, yang dipercaya dapat memberikan kekuatan spiritual.

Aktivitas : Ziarah Makam
Lokasi : Desa Pasi Aceh, Kecamatan Woyla Induk, Kabupaten Aceh Barat, Aceh (Google Maps)

7. Desa Wisata Gunung Munggok

 

Lokasi desa wisata di Aceh berikutnya adalah desa wisata Gunung Munggok. Desa wisata ini terletak sekitar 1400 mdpl, dan dekat dengan danau laut tawar. Di sini, kamu bisa mengunjungi air terjun yang masing-masing memiliki tiga dan tujuh air terjun. Kamu juga bisa mengunjungi gua bersejarah yang masih dirawat dengan baik oleh penduduk setempat.

Sayangnya, jalan desa menuju tempat wisata masih belum terlalu bagus. Namun, kondisi ini juga bisa disebut sebagai keuntungan. Karena BTG Traveler bisa menyusuri jalan dengan suasana hiking yang masih alami dan terjaga.

Aktivitas : Hiking
Lokasi : Gunung Suku, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh (Google Maps)

8. Desa Wisata Pantai Kasih Pasar Aceh

 

Wisata Pantai Kasih Pasar Aceh sering disebut juga dengan Pantai Kasih-Nya, lantaran banyaknya pasangan muda yang berkunjung kemari. Jadi kalau kamu jomblo, siap-siap aja iri hati melihat couple-couple yang banyak bertebaran di sini.

Selain pantai, hal menarik lain yang ada di desa wisata di Aceh kali ini ialah tempat ibadahnya. Nggak cuma Masjid Baitul hikmah yang terkenal, di Pantai Kasih-Nya juga ada Vihara Sakyamuni Meulaboh. Tentu saja, kuliner yang beragam juga dapat kamu nikmati di sini.

Aktivitas : Wisata Pantai, Wisata Kuliner
Lokasi : Pasar Aceh, Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh (Google Maps)

Nah, itulah beberapa desa wisata di Aceh yang bisa BTG Traveler kunjungi saat berada di Aceh. Salah satu keuntungan mengunjungi desa wisata adalah tempatnya tidak terlalu ramai. Selain itu, BTG Traveler juga bisa mengeksplorasi budaya dan adat Aceh dengan lebih dalam.

THR Indodana Promo

Kalau berencana datang ke Aceh, jangan lupa untuk membeli tiket pesawat dan hotel melalui Bookingtogo. Platform penyedia layanan pemesanan akomodasi dengan kualitas terbaik. Selain mendapatkan pesawat dan hotel berkualitas baik, kamu juga bisa mendapatkan diskon dan penawaran terbaik juga. Jadi liburan lebih menyenangkan dan berkesan. Smart Booking, Easy Travel!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like