Bagikan Artikel
Rate this post

wisata alam Aceh – Berada di ujung Sumatera, Aceh memiliki beragam tempat wisata alam Aceh yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan alam yang memesona ini menjadikan Aceh salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Apalagi kalau BTG Traveler belum pernah ke Aceh sebelumnya.

Lalu, ada apa saja di Aceh? Berikut ini beberapa rekomendasi wisata alam Aceh yang bisa kamu jadikan referensi liburan:

1. Pantai Ulee Lheue

pantai ulee lheue
Sumber: Pesisir.net

Pantai Ulee Lheue adalah salah satu wisata alam Aceh yang menjadi favorit masyarakat Kota Banda Aceh. Selain tempatnya yang strategis dan mudah diakses, pantai ini juga memiliki panorama yang indah. Di samping itu, banyak penjual makanan dan jajanan yang berjualan di area sekitar pantai.

Kalau BTG Traveler mau liburan ke Pulau Weh, pantai ini juga merupakan jalan utama yang menjadi penghubung menuju pulau Weh. Kabarnya, pantai ini dan pulau Weh dulunya merupakan satu kesatuan. Lalu menjadi terpisah karena kejadian alam yang sudah berlangsung sangat lama.

Di pantai Ulee Lheue, BTG Traveler bisa menikmati suasana alam yang indah, berjalan-jalan di sepanjang pantai, atau menikmati wisata air di sekitar pantai. Tersedia boat Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh yang bisa BTG Traveler gunakan. Ada juga boat wisata yang menyediakan layanan memancing, makan-makan, ngopi, hingga paket jalan-jalan.

Jam Operasional: 06.00 – 18.00
Tiket Masuk: Gratis
Lokasi Maps: Ulee Lheue, Kecamatan Meuraksa, Kota Banda Aceh, Aceh (Google Maps)

2. Pantan Terong

Pantan Terong
Sumber: Salsa Wisata

Pantan Terong adalah sebuah bukit yang berada di dataran tinggi Gayo. Kurang lebih sekitar 1360 meter di atas permukaan laut. Dari sini, BTG Traveler bisa melihat keindahan Danau Laut Tawar yang terlihat biru sempurna.

Kalau hari sedang cerah dan tidak berkabut, BTG Traveler juga bisa melihat pemandangan Kota Takengon dari ketinggian. Bangunan dan rumah-rumah yang berdiri akan terlihat jelas dari tempat ini. Namun, saat hari berkabut, beberapa bangunan akan terlihat menyembul cantik di antara kabut yang muncul.

Karena berada di ketinggian, wisata alam Aceh satu ini memiliki cuaca yang relatif dingin. Kalau berencana datang ke sini, jangan lupa untuk menggunakan baju yang nyaman dan memakai jaket agar tidak kedinginan.

Jam Operasional: 08.25 -18.00 (Jumat Tutup)
Tiket Masuk: Rp5.000
Lokasi Maps: Takengon, Ulu Nuih, Bebesan, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh (Google Maps)

Baca Juga:  8 Desa Wisata di Aceh yang Wajib Kamu Kunjungi

3. Puncak Gunung Geurutee

Puncak Gunung Geurutee
Sumber: Good News From Indonesia

BTG Traveler yang menyukai keindahan alam pasti tidak ingin melewatkan wisata alam Aceh satu ini, Puncak Gunung Geurutee. Spot satu ini merupakan puncak dari gunung bernama sama, yaitu Gunung Geurutee. Dari sini, BTG Traveler bisa melihat langsung Samudera Hindia yang luas membentang.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa melihat keindahan gugusan pulau-pulau kecil berwarna hijau di antara luasnya samudera biru. Lengkap dengan keindahan pasir putih di sekitar pulau-pulau tersebut.

Waktu terbaik berkunjung ke puncak ini adalah sekitar senja hari. Apalagi kalau BTG Traveler datang menjelang matahari terbenam. Kamu akan menyaksikan langsung keindahan matahari terbenam dan gradasi warna langit di cakrawala. Banyak wisatawan yang datang ke Puncak Geurutee ini hanya untuk mengejar panorama matahari terbenam dari tempat wisata alam Aceh ini.

Jam Operasional: 08.00 – 18.30
Tiket Masuk: Rp5.000
Lokasi Maps: Jalan Meulaboh – Banda Aceh, Babah Ie, Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh (Google Maps)

4. Wisata Gua Sarang

wisata gua sarang
Sumber: Okezone Travel

Aceh memang menyimpan banyak sekali keindahan alam yang memukau. Kalau BTG Traveler mampir ke Kota Sabang, jangan lupa untuk mampir ke wisata Gua Sarang. Tempat ini berada di kaki tebing dan perbukitan hutan lindung Pulau Weh dengan lokasi yang menjorok ke laut.

Di sini, BTG Traveler dapat mengagumi guratan yang ada pada dinding gua batu di kaki tebing. Selain itu, BTG Traveler juga bisa menikmati keindahan hutan lebat dan jernihnya air laut yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Sayangnya, tidak ada transportasi umum yang bisa BTG Traveler gunakan untuk menuju ke wisata alam Aceh ini. Jadi. cara terbaik ke Gua Sarang adalah dengan menyewa sepeda motor dari warga setempat atau menggunakan taksi. Kalau memilih menyewa sepeda motor, BTG Traveler bisa menyewanya dari warga di Pelabuhan Balohan.

Jam Operasional: 08.00 – 19.00
Tiket Masuk: Rp5.000
Lokasi Maps: Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh (Google Maps)

5. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar
Sumber: Yopiefranz.com

Danau Laut Tawar sering juga disebut sebagai Danau Lut Tawar oleh warga sekitar. Danau ini merupakan danau tektovulkanik yang terbentuk berbarengan dengan Sesar Semangko. Tidak heran kalau luas danau ini sangat luas.

Untuk bisa menikmati keindahan danau ini, BTG Traveler bisa datang dari sisi barat danau. Tepatnya dari arah Kota Takengon. Dari sini, BTG Traveler bisa menikmati danau dari tepian atau mengitari danau dengan berbagai kendaraan yang tersedia. Seperti sekoci, perahu karet, sampan, atau pun speedboat.

Baca Juga:  8 Desa Wisata di Aceh yang Wajib Kamu Kunjungi

Jangan lupa juga untuk mampir ke spot dermaga yang tersedia. Salah satu spot favorit yang banyak dikunjungi adalah Dermaga Pante Menye. Dermaga ini memiliki konsep yang unik mirip kapal besar yang terbuat dari kayu. Selain itu, ada juga spot instagramable yang cocok untuk berfoto.

Jam Operasional: 24 jam
Tiket Masuk: Rp5.000
Lokasi Maps: Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, aceh (Google Maps)

6. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga
Sumber: Indonesia Kaya

Bosan dengan pantai yang tenang? BTG Traveler yang menyukai surfing bisa banget liburan ke Pantai Lhoknga. Pantai ini memiliki ombak yang besar dan garang. Tidak heran kalau pantai ini cukup terkenal di kalangan peselancar, bahkan di komunitas selancar internasional.

Selain beselancar, BTG Traveler juga bisa menikmati olahraga seru lainnya. Seperti bermain golf dan memancing. Kalau hanya ingin bersantai, matahari terbenam di sini juga tidak kalah indah. Datanglah di sekitar sore hari dan kamu akan menemukan suasana pantai yang lebih sunyi dan damai.

Jam Operasional: 07.00 – 17.00
Tiket Masuk: Rp15.000
Lokasi Maps: Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh, Aceh (Google Maps)

Itulah beberapa rekomendasi wisata alam Aceh yang bisa BTG Traveler kunjungi saat liburan ke Aceh. Selain tempat yang sudah disebutkan, tentu saja masih banyak spot wisata alam lain yang bisa kamu temukan di Aceh. Beberapa di antaranya cocok untuk liburan keluarga atau bahkan tempat healing dan me time saat liburan sendiri.

Kalau BTG Traveler berencana untuk mengeksplorasi wisata alam Aceh, jangan lupa untuk mencari tempat menginap yang nyaman. Ada banyak pilihan hotel yang bisa BTG Traveler temukan di Bookingtogo. Bahkan cukup dekat dengan destinasi wisata yang ingin BTG Traveler kunjungi.

Promo Tiket pesawat dan hotel

Jangan lupa juga untuk memesan tiket pesawat dan hotel melalui aplikasi atau website Bookingtogo. Bookingtogo menyediakan akomodasi terbaik dengan harga dan penawaran terbaik untuk liburan keluarga atau solo traveling kamu. Temukan lebih banyak penawaran langsung di aplikasi dan website Bookingtogo sekarang. Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.