Bagikan Artikel
Rate this post

tempat wisata di Ciwidey – Kalau liburan ke Bandung, pastikan kamu mampir ke Ciwidey. Kawasan yang berada di Kabupaten Bandung ini memiliki banyak tempat wisata di Ciwidey yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, udaranya yang sejuk juga menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi wisatawan yang berasal dari kota besar.

Kalau BTG Traveler berencana untuk menghabiskan liburan akhir pekan atau long weekend, tidak ada salahnya memasukkan daftar tempat wisata di Ciwidey ke dalam list tempat wisata yang akan dikunjungi. Kalau bingung mau pergi ke mana, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Happyfarm Ciwidey

Happy farm ciwidey
Sumber: ngetrip.my.id

Bagi BTG Traveler yang memiliki anak atau akan liburan bersama keluarga, Happyfarm Ciwidey bisa jadi pilihan tempat wisata di Ciwidey yang tepat. Ada banyak area yang bisa dieksplorasi oleh anak di tempat wisata ini. Salah satu yang paling favorit adalah area mini zoo.

farm
Sumber: Salsa Wisata

Di area mini zoo, BTG Traveler dan anak bisa berinteraksi langsung dengan berbagai macam hewan. Ada banyak taman hewan yang bisa dikunjungi. Seperti memberi makan hewan di taman kelinci dan taman domba, berfoto dengan satwa di taman burung, berkuda, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada juga area taman bunga yang cukup luas. Ada juga spot foto tematik seperti tema permen yang memanjakan mata serta indah di foto.

Jam Operasional: 09.00 – 17.00
Tiket Masuk: Rp10.000
Lokasi Maps: Cikembang, Panundaan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Google Maps)

2. Perkebunan Teh Rancabali

Teh Rancabali
Sumber: Setiafakta.com

Tempat wisata di Ciwidey satu ini cocok buat BTG Traveler yang bosan dengan rutinitas kerja yang monoton. Di sini, kamu bisa healing sambil menikmati suasana alam yang tenang dan damai. Sesuai namanya, tempat wisata ini menyajikan hamparan kebun teh yang menawan dan luas.

Selain menikmati suasana kebun teh yang tenang dan sejuk, BTG Traveler juga bisa melakukan beragam aktivitas lainnya di tempat wisata ini. Seperti mengunjungi pabrik teh, menginap atau glamping di Lake Side, dan menaiki wahana gelosat.

Jam Operasional: 07.00 – 17.00
Tiket Masuk: Gratis
Lokasi Maps: Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Google Maps)

3. Kawah Cibuni Rengganis

Kawah Cibuni Rengganis
Sumber: Vilamurahciwidey.com

Kawah Cibuni atau Kawah Rengganis adalah kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Letusan ini terjadi sekitar abad ke-18 dan pertama kali ditemukan sekitar 1970-an. Sejak awal ditemukan hingga tahun 2000-an, kawasan kawah ini masih sangat alami. Dan sekarang, area kawah telah menjadi salah satu tempat wisata di Ciwidey yang banyak dikunjungi.

Baca Juga:  13 Tempat Wisata di Makassar: Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sejalan dengan kondisi tersebut, berbagai fasilitas mulai dibangun di area sekitar kawah. Mulai dari jembatan gantung, restoran, area parkir, mushola, hingga toilet. Tersedia juga gazebo-gazebo yang bisa BTG Traveler gunakan untuk menikmati panorama kawah.

Selain itu, ada juga kolam dan pancuran air panas serta kamar bilas untuk BTG Traveler yang ingin merasakan sensasi berendam di sumber mata air panas alami. Kalau mau, kamu juga bisa melakukan glamping dan menikmati suasana kawah dengan lebih puas.

Jam Operasional: 07.00 – 17.00
Tiket Masuk: Rp15.000 (Jalur Belakang) – Rp100.000 (Tiket Terusan)
Lokasi Maps: Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Google Maps)

4. Ranca Upas Ciwidey

Ranca Upas Ciwidey
Sumber: Bobobox

Ranca Upas adalah salah satu tempat wisata di Ciwidey yang terkenal. Tempat ini menyuguhkan eksotisme dan romantisme khas Kota Bandung. Selain tempatnya yang memesona, tempat ini juga memiliki udara yang masih sejuk. Karena itu, banyak wisatawan asing dan domestik yang datang ke tempat ini.

Biasanya, wisatawan yang datang ke Ranca Upas bertujuan untuk camping atau glamping. Fasilitas glamping di tempat ini pun sudah terbilang lengkap. Jadi, BTG Traveler tidak perlu lagi membawa tenda sendiri. Namun, camping bukan satu-satunya aktivitas yang bisa dilakukan di Ranca Upas.

Selain camping, BTG Traveler juga bisa melakukan outbond seperti flying fox, jembatan goyang, dan elvis bridge. Ada juga fasilitas waterboom dan kolam air panas yang ramah anak-anak. Serta spot foto alam terbuka yang cocok untuk selfie hingga foto prewedding.

Jam Operasional: 24 jam
Tiket Masuk: mulai dari Rp25.000
Lokasi Maps: Jalan Camp Ranca Upas, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Google Maps)

5. Kawah Putih

kawah putih
Sumber: Ayo Bandung

Pergi ke Ciwidey rasanya tidak lengkap kalau tidak mampir ke Kawah Putih. Bisa dibilang, tempat ini adalah ikon dari tempat wisata di Ciwidey itu sendiri. Tempat ini merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Daya tarik Kawah Putih ada pada danaunya yang memiliki air dengan warna kehijauan. Di sekeliling danau terdapat hutan eksotis yang membuat tempat ini jadi semakin menarik. Sehingga, banyak tempat yang bisa kamu jadikan latar belakang foto yang instagrammable.

Kalau BTG Traveler datang ke Kawah Putih, jangan lupa untuk berfoto di dermaga kayu yang menjorok ke danau. Selain itu, ada juga spot foto jembatan bambu yang diberi nama Skywalk Cantigi. Kalau BTG Traveler datang lebih pagi, kamu juga bisa menikmati panorama matahari terbit dari salah satu bukit di sekitar Kawah Putih.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Wisata Terbaru di Banjarmasin, Kota Seribu Sungai

Jam Operasional: 07.00 – 17.00
Tiket Masuk: Rp20.000
Lokasi Maps: Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Google Maps)

6. Candy House

candy house
Sumber: bandung.merdeka.com

Sesuai namanya, Candy House merupakan tempat wisata di Ciwidey yang dibuat dengan tema permen. Begitu sampai di dekat area Candy House, BTG Traveler akan langsung menemukan bangunan merah muda dengan desain dekorasi yang mencolok.

Bangunan Candy House cukup luas. Kurang lebih sekitar 5 x 10 meter. Di dalamnya, BTG Traveler bisa menemukan berbagai spot foto yang instagrammable. Mulai dari marshmallow heaven, candy light, candy box, pillow candy, lollipop garden, hingga cotton candy.

Selain berfoto di spot-spot foto yang menarik, BTG Traveler juga bisa menyewa pakaian ala princess atau unicorn. Sebagai rumah permen pertama di Bandung, tempat ini hampir selalu ramai pengunjung. Karena itu, akan lebih seru kalau kamu datang ke sini saat sedang mengambil cuti kerja.

Jam Operasional: 08.00 – 20.00
Tiket Masuk: Rp20.000
Lokasi Maps: Jalan Raya Ciwidey Rancabali KM 33.7, Desa Cikembang, Panundaan, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Google Maps)

7. Situ Patengan

Situ Patengan
Sumber: travel.okezone.com

Situ Patengan atau Situ Patenggang adalah danau seluas 48 hektar yang berada di ketinggian 1.628 mdpl. Karena itu, suhu tempat wisata di Ciwidey ini hampir selalu sejuk cenderung dingin. Tempat ini menghadirkan pemandangan yang asri sekaligus udara segar yang bisa BTG Traveler nikmati.

Selain danau yang indah, Situ Patengan juga dikelilingi kebun teh yang hijau. Cocok untuk BTG Traveler yang terbiasa dengan suasana ibukota yang hiruk pikuk. Selain itu, ada juga pulau kecil di tengah danau. Pulau kecil yang bernama Pulau Cinta ini bisa BTG Traveler datangi dengan menyewa perahu yang sudah disediakan oleh pengelola.

Jam Operasional: 08.00 – 20.00
Tiket Masuk: Rp18.000 – Rp20.000 (Wisatawan Lokal), Rp135.000 – Rp185.000 (Wisatawan Asing)
Lokasi Maps: Jalan Raya Ciwidey, Rancabali, Bandung Selatan, Jawa Barat (Google Maps)

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Ciwidey yang bisa BTG Traveler datangi bersama keluarga, teman, atau pun sendirian. Agar perjalanan lebih memuaskan, jangan lupa untuk menginap di hotel dekat Ciwidey. Ada banyak hotel yang bisa kamu temukan di Bookingtogo. Selain memesan hotel, kamu juga bisa memesan tiket pesawat ke berbagai destinasi melalui website dan aplikasi Bookingtogo. Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.