Bagikan Artikel
Rate this post

wisata di Berastagi – Sebagai kota wisata, Berastagi selalu menjadi destinasi utama di Sumatera Utara untuk menjadi pilihan liburan. Selain terdapat banyak area wisata, tempat wisata di Berastagi yang lagi hits memiliki suasana sejuk karena berada di ketinggian 1300 mdpl. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

Nuansa alam hingga aneka wisata lainnya juga bisa BTG Traveler datangi. Berikut 7 ulasan ide liburan selama BTG Traveler di Berastagi:

1. Mikie Funland

mikie holiday
Sumber: Mikieholiday.com

Selain Dufan, tempat wisata di Berastagi yang lagi hits juga memiliki wahana serupa bernama Mikie Funland. Area taman bermain ini memiliki luas 12 hektar dengan jumlah permainan sebanyak 35 jenis. Pilihan resort hingga penginapan juga bisa BTG Traveler jumpai di sekitaran Mikie Funland.

Tidak hanya wahana, di Mikie Funland, BTG Traveler juga bisa menikmati pemandangan cantiknya Berastagi. Apalagi udaranya yang sejuk menambah nuansa liburan semakin menyenangkan. Untuk penginapan, Mikie Funland juga memiliki resort yang bisa disewa.

Namun, jika BTG Traveler prefer untuk menyewa hotel di luar kawasan Mikie Funland juga terdapat banyak hotel yang bisa dipesan. Seperti Grand Mutiara Hotel, Alloyna Country Cottage, hingga aneka villa. Untuk kisaran harganya juga beragam dari mulai Rp500.000 sampai dengan Rp1.000.000an.

Jam Operasional: 10.00 – 17.00
Tiket Masuk: Rp105.000 – Rp250.000
Lokasi Maps: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara. (Google Maps)

2. Taman Alam Lumbini Berastagi

Taman Alam Lumbini Berastagi
Sumber: KSMTour.com

Selain di Myanmar, di Taman Alam Lumbini Berastagi BTG Traveler juga bisa mengunjungi replika Pagoda Shwedagon. Pagoda di taman alam ini juga sering dipakai tempat beribadah oleh umat beragama Budha. Bahkan, pada peresmiannya sempat dihadiri oleh ribuan biksu dari  Indonesia, Myanmar, hingga Thailand.

Meskipun begitu, nama ‘Lumbini’ berasal dari nama tempat di Nepal. Seperti halnya di Myanmar, replika Pagoda Shwedagon ini juga memiliki arahat, patung Budha, dan relik dari berbagai dunia. Di taman ini, BTG Traveler juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Apalagi, udara sejuk menambah liburan jadi makin asyik.

Tentu saja menariknya Taman Alam Lumbini ini cocok dijadikan tempat wisata di Berastagi yang lagi hits yang patut BTG Traveler kunjungi.

Jam Operasional: 09.00 – 17.00
Tiket Masuk: pay as you wish
Lokasi Maps: Jl. Barusjahe, Dolat Rayat, Kec. Dolat Rayat, Kab. Karo, Sumatera Utara. (Google Maps)

3. Bukit Kubu Berastagi

Bukit Kubu Berastagi
Sumber: Wikimedia Commons

Bagi BTG Traveler yang menyukai liburan gelar tiker sambil makan bekal di atas rumput hijau, pergi ke Bukit Kubu Berastagi adalah pilhan tepat. Apalagi bisa sambil menikmati sunset bersama keluarga. Baca buku sambil santai di taman ini juga bisa jadi aktivitas yang seru.

Selain itu, BTG Traveler juga bisa mendapatkan bisa meminjam tikar gratis dari pengelola saat membayar tiket masuk. Untuk kamu yang tidak ingin membawa bekal, juga bisa membeli makanan di kantin sekitar taman. Beberapa permain seperti flying fox hingga berkuda juga bisa BTG Traveler lakukan di taman ini.

Meskipun begitu, tempat wisata di Berastagi yang hits ini merupakan taman dari Hotel Bukit Kubu Berastagi. Namun, untuk bisa menikmati nuansa taman BTG Traveler tidak harus menginap di hotel tersebut. Cukup membayar tiket masuk, kamu bisa menikmati nuansa piknik bersama keluarga.

Jam Operasional: 24 jam
Tiket Masuk: Rp20.000 – Rp600.000
Lokasi Maps: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara. (Google Maps)

4. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap
Sumber: WisataHits.blog

BTG Traveler penyuka wisata air, pasti akan suka jika berkunjung ke Air Terjun Sikulikap. Apalagi, perjalanan menuju air terjun ini juga tidak kalah indah. BTG Traveler perlu melewati hutan hujan tropis yang rimbun terlebih dahulu.

Kalau beruntung, kamu mungkin akan bertemu dengan monyet Gibon di tempat wisata di Berastagi yang hits ini. Tapi tenang saja, monyet Gibon cukup jinak dan bisa diusir hanya dengan hentakan kaki atau diberi makan saja.

Setelah perjalanan sekitar 15 menit, BTG Traveler akan menemukan air terjun Sikulikap yang indah dan deras. Di bagian bawahnya terdapat batu-batu yang sedikit berlumut. Biasanya, pengunjung menikmati air terjun ini dengan berenang atau berfoto di sekitarnya saja.

Jam Operasional: 8.30 – 22.00
Tiket Masuk: Rp5.000
Lokasi Maps: Desa Doulu Kabupaten Tanah Berastagi, Martelu, Kec. Sibolangit, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Google Maps)

5. Gundaling Farmstead

Gundaling Farmstead
Sumber: gundaling-farm-resto.food96.com

Berkunjung ke peternakan sapi bisa jadi pilihan liburan menyenangkan untuk BTG Traveler yang ingin liburan bersama keluarga atau healing sendiri. Saat ini, di Berastagi sudah ada peternakan sapi yang bisa BTG Traveler kunjungi, yaitu Gundaling Farmstead.

Tempat wisata di Berastagi yang hits ini adalah satu-satunya destinasi wisata yang mengusung konsep agrowisata terpadu peternakan-pertanian-restoran. Jadi, selain bisa menikmati suasana peternakan, BTG Traveler juga bisa menikmati sajian segar di restoran yang ada di sini.

Saat makan, BTG Traveler akan disajikan pemandangan sapi jenis Freisian Holstein (FH) yang sedang merumput. Selain itu, BTG Traveler juga bisa melihat langsung proses produksi turunan susu. Seperti es krim dan keju.

Jam Operasional: 09.00 – 20.00
Tiket Masuk: Gratis
Lokasi Maps: Jl. Tahura 1 Ds, Jl. Lau Gumba, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Google Maps)

6. Pemandian Air Panas Sidebukdebuk

Pemandian Air Panas Sidebukdebuk
Sumber: Bolumenara.id

Pemandian air panas Sidebukdebuk adalah pemandian yang menjadi favorit warga Berastagi. Tempat ini memiliki area yang cukup luas dengan lima kolam air. Setiap kolam memiliki tingkat suhu yang berbeda-beda. Bukan hanya suhunya, warna kolam juga berbeda antara satu dengan lainnya.

Kalau BTG Traveler mampir ke sini, kamu bisa berendam sambil menikmati suasana hijau di sekelilingnya. Lokasi pemandian Sidebukdebuk masih tidak jauh dari Gunung Sibayak. Sehingga suasana alamnya masih kental terasa.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah sore atau malam hari. Biasanya, semakin malam akan semakin ramai pengunjung yang datang. Perpaduan cuaca dingin dengan air belerang yang hangat memang akan terasa sangat pas.

Jam Operasional: 24 jam
Tiket Masuk: Rp10.000
Lokasi Maps: Daulu, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Google Maps)

7. Museum Pusaka Karo

Museum Pusaka Karo
Sumber: deli.suara.com

Karo adalah salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Utara. Tempat ini memang terkenal dengan destinasi wisata alamnya. Tapi, wisata alam bukan satu-satunya daya tarik Kabupaten Karo. Di sini, kamu bisa menemukan Museum Pusaka Karo yang menyimpan banyak barang peninggalan.

Uniknya, barang peninggalan yang ada di museum ini berasal dari barang milik pribadi. Status barang tersebut merupakan barang pinjaman. Jadi, kalau sewaktu-waktu pemiliknya membutuhkan, barang tersebut bisa diambil lagi.

Kalau ditotal, ada sekitar 800 buah benda antik yang berasal dari puluhan pemilik. Beberapa benda antik berasal dari tahun 1700-an. Mulai dari alat pertanian, pertukangan, alat berburu, alat menumbuk sirih, tikar anyam, hingga topeng-topeng raksasa.

Jam Operasional: 10.00 – 17.00 (Selasa – Sabtu), 14.30 – 17.00 (Minggu), (Senin Tutup)
Tiket Masuk: Gratis
Lokasi Maps: Jalan Perwira, Gundaling I, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Google Maps)

Itulah 7 rekomendasi tempat wisata di Berastagi yang hits. Agar perjalanan lebih nyaman, ada baiknya BTG Traveler memilih hotel yang dekat dengan destinasi wisata yang ingin dituju. Selain itu, persiapkan juga tiket pesawat dan hotel dari jauh-jauh hari untuk mendapat harga terbaik.

Promo Tiket pesawat dan hotel

Jangan lupa untuk melakukan pemesanan melalui Bookingtogo. Selalu ada kualitas dan penawaran terbaik untuk tiket pesawat dan hotel BTG Traveler. Selamat berlibur. Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.