Tangkahan Eco Park, Surga Tersembunyi di Sumatera Utara

Bagikan Artikel
0
(0)
5/5 - (1 vote)

Tangkahan Eco Park, destinasi wisata alam di Sumatera Utara ini memiliki suasana alam yang masih terjaga dengan segala ke-asriannya.

Selain itu Tangkahan juga masuk dalam wisata alam populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara, yang juga dikenal dengan The Hidden Paradise karena keindahan alamnya yang luar biasa.

Tangkahan Eco Park sendiri terletak di tengah hutan belantara, yang memiliki luas area sekitar 17.000 hektar, dan dikelola oleh Conservation response Unit (CRU) dengan segala sajian alam yang bisa dinikmati wisatawan secara langsung.

Kekayaan Hutan yang Masih Terjaga dengan Baik

Area Masuk Tangkahan Eco Park
Area Masuk Tangkahan Eco Park via havehalalwilltravel.com

Kawasan Tangkahan Eco Park ini memiliki kekayan alam berupa hutan yang masih terjaga, dengan beragam vegetasi pepohonan tropis, yang berpadu dengan lahan dan bukit-bukit. Dengan pemeliharaan hutan dan alam yang baik, para wisawatan di sini juga bisa menemukan beragam flora dan fauan di sekitar.

Melihat Flora Langka dari Habitatnya Langsung

Lebatnya hutan di Tangkahan Eco Park, tentu jadi habitat dari keanekaragaman flora yang melimpah, dan di sini kamu juga bisa lho melihat beragam flora yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya, seperti Kantor semar, Amorphophalus, Damar, Meranti, Mayang, hingga Raflesia yang langka.

Menyusuri Hutan Tropis di Tangkahan dengan Gajah
Menyusuri Hutan Tropis di Tangkahan dengan Gajah via agendaindonesia.com

Tak cuma itu, kamu juga bisa menemukan beberapa flora langka seperti pohon kompas, pohon tikus, pohon rota, hingga pohon raja yang dianggap keramat oleh warga sekitar karena dipercayai dihuni oleh arwah leluhur.

Berjumpa dengan Ragam Fauna Endemik

Selain menemukan banyaknya flora yang beragam, kamu juga bisa berjumpa dengan beberapa ragam fauna endemik di Tangkahan Eco Park, seperti Orangutan, Gajah, Harimau, Kedih, Kera ekor panjang, Harimau, Kambing hutan, serta rusa.

Ragam Fauna di Tangkahan
Ragam Fauna di Tangkahan via travellink-indonesia.com

Pengunjung yang singgah di sini juga akan dimanjakan dengan beragam jenis burung langka seperti Kuaw, Merak dan Enggang yang mana masuk dalam kategori hewan yang dilindungi.

Menyebrangi Jembatan Gantung Tangkahan

Selain daripada melihat ragam flora dan fauna, kamu juga bisa loh menyebrangi jembatan gantung Tangkahan sepanjang 50 meter di atas sungai yang memiliki pemandangan sungai dan lebatnya hutan tropis.

Menyebrangi Jembatan Gantung Tangkahan
Menyebrangi Jembatan Gantung Tangkahan via laketoba.com

Untuk menyebrangi jembatan gantung Tangkahan dibatasi maksimal 10 wisatawan saja untuk sekali penyebrangan.

Bertualang dan Memandikan Gajah di Tangkahan

Salah satu daya tarik yang membuat Tangkahan jadi destinasi favorit pengunjung lokal maupun mancanegara yakni kesempatan memandikan gajah, dan menungganginya sembari menjelajah hutan.

Wisatawan Mancanegara Bermain dengan Gajah
Wisatawan Mancanegara Bermain dengan Gajah via authentic-indonesia.com

Selain memandikan gajah, para wisatawan juga bisa memberi makan bersama para pemandu yang jadi pengalaman terbaik untuk pengunjung yang belum pernah merasakannya.

Memandikan Gajah di Tangkahan
Memandikan Gajah di Tangkahan via cloudinary.com

Gajah-gajah di Tangkahan sendiri dimandikan setiap pukul 7 pagi, dan 5 sore. Dan tentu saja, momen ini sangat dinantikan para wisatawan karena saat dimandikan, gajah-gajah ini akan menunduk dan merebahkan diri untuk siap dibersihkan bagian badannya.

Bersantai di Air Terjun Tangkahan

Air Terjun Tangkahan
Air Terjun Tangkahan pariwisatasumut.net

Setelah lelah melakukan wisata alam di Tangkahan Eco Park, kamu bisa melepas lelah di air terjun yang ada di sini. Untuk bisa sampai ke Air Terjun Tangkahan, kamu harus melewati beberapa sungai kecil, sebelum akhirnya sampai di air terjun dengan tinggi 3 meter, yang dikelilingi pepohonan rindang.

Alamat, Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiket Pesawat ke Medan Sumatera Utara

The Hidden Paradise Sumatera Utara satu ini, terletak di Namu Sialang, Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara 20852 yang berjarak sekitar 124 km dengan rute dari Bandara Kualanamu dilanjut dengan Damri ke Terminal Pinang Baris, dilanjutkan menuju Tangkahan, yang memakan waktu sekitar 4-5 jam perjalanan.

Harga tiket masuk ke Tangkahan akan dikenakan biaya Rp10.000/orang dan biaya wisata sekitar Rp150.000-Rp400.000.

Walaupun Tangkahan Eco Park beroperasi dari Senin – Kamis dan Sabtu – Minggu dari pukul 07.00 – 17.00 waktu setempat, jam terbaik untuk datang ke sini ialah menjelang sore ketika matahari tidak terlalu panas.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like