7 Rekomendasi Wisata Malinau Terbaru, Banyak yang Gratis

Air Terjun Semolon
Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

wisata Malinau terbaru – Kabupaten Malinau adalah salah satu destinasi wisata yang menarik dikunjungi saat kamu liburan ke Kalimantan Utara. Ada banyak wisata Malinau terbaru yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah, kuliner yang menggoda, hingga wisata sejarah yang sarat cerita.

Destinasi wisata di Malinau juga menyuguhkan keindahan alam khas Indonesia yang sebagian besarnya bisa BTG Traveler akses tanpa biaya masuk. Cocok untuk kamu yang traveling sendiri atau liburan bersama keluarga.

Tertarik untuk mengunjungi wisata Malinau terbaru? Simak beberapa rekomendasi di bawah ini!

1. Air Terjun Semolon

Air Terjun Semolon
Air Terjun Semolon via Frangky Lenggu

Ingin liburan sambil berendam di air panas? Air terjun Semolon bisa jadi pilihan yang menarik. Air terjuk ini adalah wisata Malinau terbaru yang memiliki sumber air panas terbesar di Malinau. Selain itu, keindahan alam air terjun ini juga sangat memikat. Air terjun yang mengalir cukup besar dan bebatuan di bawahnya berundah seperti tangga. Sehingga menghasilkan air terjun yang jatuh bertingkat dengan indah.

Kabarnya, air terjun ini juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Karena itu, banyak orang yang datang ke sini dengan harapan sembuh dari penyakit yang dialaminya. Namun, hal ini belum diketahui kebenarannya dan masih menjadi kepercayaan orang sekitar saja.

Jam Operasional : 24 jam
Tiket masuk : Gratis
Lokasi : Harapan Maju, Kec. Mentarang, Kab. Malinau, Kalimantan Utara (Google Maps)

2. Sungai Sentaban

Sungai Sentaban
Sungai Sentaban via danief29

Selain air terjun, Malinau juga memiliki sungai sebagai wisata Malinau terbaru. Salah satunya adalah Sungai Sentaban. Sungai ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun asing, Karena itu, BTG Traveler yang datang ke Malinau sebaiknya tidak melewatkan wisata satu ini.

Perjalanan menuju Sungai Sentaban relatif mudah. Apalagi, diiringi dengan pemandangan alam yang memukau sepanjang jalan. Di kanan kiri jalanan, kamu akan melihat pemandangan hutan Malinau yang mempesona. Karena itu, perjalanan dan pengalaman datang ke sungai ini akan sangat sepadan.

Jam Operasional : 24 jam
Tiket masuk : mulai dari Rp5.000
Lokasi : Sentaban, Kec. Malinau Barat, Kab. Malinau, Kalimantan Utara (Google Maps)

3. Air Terjun Martin Billa

Air Terjun Marthin Billa
Air Terjun Marthin Billa via atourin.com

Tidak jauh dari ibukota Kabupaten Malinau, kamu akan menemukan wisata Malinau terbaru air terjun, namanya Air Terjun Martin Billa. Tingginya sekitar 70 meter dan berada di tengah hutan tropis. Sehingga suasananya akan terasa sejuk, tenang, dan menyenangkan. Belum lagi pemandangan alam yang bisa dipastikan sangat indah.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Wisata Tempat Healing di Medan yang Lagi Hits

Namun, untuk mencapai air terjun ini, sebaiknya kamu menggunakan kendaraan roda dua. Jangan lupa juga untuk menggunakan masker karena jalur ke tempat ini cukup sering dilewati truk muatan batu bara. Meskipun begitu, keindahan alam dan lokasi yang menyenangkan akan membuat kamu lupa dengan perjalanan menuju ke tempat wisata Malinau terbaru ini.

Jam Operasional : 08.00 – 18.00
Tiket masuk : mulai dari Rp5.000
Lokasi : Metut, Kec. Malinau Selatan, Kab. Malinau, Kalimantan Utara (Google Maps)

4. Desa Wisata Setulang

Desa Wisata Setulang
Desa Wisata Setulang via MN Andi Kusumah

Bagi BTG Traveler yang senang wisata budaya, tempat wisata Malinau terbaru satu ini tidak boleh terlewatkan. Desa Wisata Setulang adalah sebuah desa yang menyajikan kebudayaan khas suku Dayak Kenyah. Jadi, BTG Traveler bisa lebih mengenal suku ini dengan cara yang lebih menyenangkan. Termasuk melalui tarian adat dan penampilan kesenian suku Kenyah lainnya.

Bukan hanya itu, suasana di desa ini juga sangat menampilkan suku Kenyah. Ada banyak rumah adat suku Kenyah yang bisa BTG Traveler lihat. Beberapa rumah memang sudah cukup tua, namun pengelola desa wisata selalu merawatnya dengan baik. Sehingga tempat wisata ini juga cocok sebagai wisata edukasi untuk BTG Traveler yang berlibur bersama anak dan keluarga.

Jam Operasional : 08.00 – 17.00
Tiket masuk : Gratis
Lokasi : Setulang, Kec. Malinau Selatan, Kab. Malinau, Kalimantan Utara (Google Maps)

5. Hutan Tane Olen

Hutan Tane Olen
Hutan Tane Olen via atourin.com

Lebih suka gaya liburan yang menantang? BTG Traveler bisa mengunjungi Hutan Tane Olen. Meskipun berupa hutan, tempat wisata Malinau terbaru ini juga memiliki banyak spot foto yang menarik. Di dalamnya juga terdapat air terjun dan sungai yang segar. Cocok untuk kamu yang lelah dengan rutinitas perkotaan.

Kalau mau, BTG Traveler juga bisa berkemah di tempat ini. Salah satu spot kemah favorit adalah di tepi sungai. Di sini, kamu bisa membangun tenda sambil menikmati gemericik air sungai yang menenangkan. Dijamin, pulang dari sini, pikiranmu akan terasa lebih lega dan lapang.

Jam Operasional : 24 jam
Tiket masuk : Gratis
Lokasi : Hulu Sungai Setulang, Kec. Malinau Selatan Hilir, Kab. Malinau, Kalimantan Utara (Google Maps)

Baca Juga:  3 Rekomendasi Wisata Terbaru di Banjarmasin, Kota Seribu Sungai

6. Gunung Sidi

Gunung Sidi
Gunung Sidi via Yudha Aditya

Satu lagi destinasi wisata Malinau terbaru yang cocok untuk jiwa petualang yaitu Gunung Sidi. Gunung Sidi menawarkan panorama puncak gunung yang memikat. BTG Traveler juga bisa menyaksikan matahari terbit atau terbenam di tempat ini.

Rute pendakian melewati pedalaman hutan yang lebat namun memikat. Namun, kamu yang baru pertama kali mendaki tidak perlu merasa khawatir. Pasalnya, BTG Traveler juga bisa meminta pemandu untuk menemani acara pendakian. Sehingga, kamu tidak akan bingung atau tersesat selama perjalanan.

Jam Operasional : 24 jam
Tiket masuk : Gratis
Lokasi : Nunuk Tanah Kibang, Kec. Malinau Selatan, Kab. Malinau, Kalimantan Utara. (Google Maps)

7. Taman Nasional Kayan Mentarang

Taman Nasional Kayan Mentarang
Taman Nasional Kayan Mentarang via Tamsil Mame

Bagi BTG Traveler yang mencintai alam, Malinau juga memiliki wisata Malinau terbaru yang cocok untuk pecinta alam. Yaitu Taman Nasional Kayan Mentarang. Lokasi taman nasional ini cukup luas dan memiliki banyak wisata alam lainnya. Termasuk Pantai Pulau Datok, Bukit Lubang Tedong, Gunung Palung, Kampung Baru, Sungai Matan, dan Sungai Simpang.

Luas taman nasional ini bahkan mencapai lebih dari 1 juta hektar. Menjadikannya sebagai salah satu kawasan hutan primer dan sekunder tua yang terbesar di Kalimantan, juga di seluruh Asia Tenggara. Karena itu, tidak heran kalau BTG Traveler bisa menemukan berbagai jenis tumbuhan dan satwa. Termasuk spesies yang langka dan dilindungi.

Jam Operasional : 07.30 – 16.00
Tiket masuk : mulai dari Rp10.000
Lokasi : Jalan Pusat Pemerintahan, Tanjung Belimbing, Kec. Pujungan, Kab. Malinau, Kalimantan Utara (Google Maps)

Itulah beberapa rekomendasi wisata Malinau terbaru yang bisa BTG Traveler kunjungi. Selain destinasi wisata tersebut, tentu saja masih banyak destinasi wisata lainnya yang ada di Malinau. Seperti Air Terjun Jumpolon, Air Terjun Gunung Rian, dan Embung Geomembran. Setiap tempat wisata memiliki daya tarik dan pesonanya masing-masing.

Klaim Promo PESTA di BookingToGo Biar Dapet Tiket Pesawat Murah!

Promo Tiket Pesawat Boookingtogo

Bagi BTG Traveler yang ingin mengunjungi wisata Malinau terbaru atau tempat-tempat lainnya, jangan lupa untuk mengecek aplikasi dan website Bookingtogo terlebih dahulu. Bookingtogo menyediakan pembelian tiket pesawat dan hotel dengan kualitas terbaik. Siapa tahu, kamu juga bisa mendapatkan tiket dan hotel dengan harga dan penawaran terbaik di Bookingtogo. Selamat liburan! Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.