Bagikan Artikel
Rate this post

Jadwal cherry blossom – BTG Traveler punya rencana ke Jepang atau punya rencana melihat musim semi? Perpaduan musim semi dan Jepang memang tidak ada duanya. Apalagi karena di Jepang kamu bisa melihat langsung pemandangan bunga sakura atau cherry blossom yang bersemi. Kebetulan, bulan Maret – April ini merupakan jadwal cherry blossom di Jepang.

Untuk BTG Traveler yang mau liburan ke Jepang dan melihat bunga sakura, jangan lewatkan kesempatan melihat bunga sakura pada tahun ini. Berikut ini adalah jadwal dan lokasi terbaik melihat bunga sakura di Jepang.

jadwal cherry blossom

Jadwal Cherry Blossom di Jepang

Musim semi bunga sakura di Jepang berlangsung sekitar bulan Maret hingga April di tahun ini. Pada tanggal tersebut, kamu bisa melihat puncak mekarnya bunga sakura. Nah, berikut ini adalah jadwal cherry blossom yang bisa BTG Traveler jadikan referensi saat liburan ke Jepang.

Maret 2024

cherry blossom
Sumber: Flickr

Ada 4 lokasi puncak mekar bunga sakura di Jepang. Yaitu di Kochi, Tokyo, Fukuoka, dan Nagoya. BTG Traveler dapat menyesuaikan jadwal liburan dengan jadwal bunga sakura di kota-kota tersebut.

  • Kochi – 26 Maret
  • Tokyo – 30 Maret
  • Fukuoka – 30 Maret
  • Nagoya – 31 Maret

April 2024

cherry blossom osaka
Sumber: Flickr

Bisa dibilang, April adalah puncak dari jadwal cherry blossom di Jepang. Ada sekitar 8 tempat favorit yang bisa BTG Traveler kunjungi untuk melihat bunga sakura yang mekar, yaitu:

  • Osaka – 1 April
  • Hiroshima – 1 April
  • Kyoto – 1 April
  • Kagoshima – 3 April
  • Kanazawa – 7 April
  • Nagano – 12 April
  • Sendai – 12 April
  • Aomori – 25 April

Mei 2024

cherry blossom sapporo
Sumber: Flickr

Bagi BTG Traveler yang tidak sempat datang di bulan Maret dan April, BTG Traveler masih bisa melihat bunga sakura yang bermekaran di bulan Mei.

  • Saporo – 6 Mei

Spot Terbaik Melihat Sakura di Jepang

Hampir setiap kota memiliki tempat terbaik melihat mekarnya bunga sakura sesuai jadwal cherry blossom. Berikut ini daftar beberapa tempat wisata yang bisa BTG Traveler kunjungi untuk melihat bunga sakura dalam keindahannya yang maksimal:

Tokyo

tokyo
Sumber: Flickr

Chidorigafuchi

Chidorigafuchi
Sumber: Flickr

Pada dasarnya, Chidorigafuchi merupakan area sekitar parit yang dibangun pada awal pemerintahan keshogunan Tokugawa. Parit sepanjang 700 m ini menjadi tempat favorit melihat bunga sakura mekar di Tokyo.

Ada sekitar 260 batang pohon sakura yang tumbuh di sepanjang tepi parit. Pada saat jadwal cherry blossom, Chidorigafuchi akan terlihat indah dan memesona. Tidak heran kalau ada lebih dari satu juta pengunjung yang akan mendatangi tempat ini.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Wisata Kota di Jepang yang Wajib Dikunjungi

Selain melihat bunga sakura dari tepi parit, BTG Traveler juga bisa menyewa perahu untuk berpesiar di parit.

Nakameguro River Park

Nakameguro River Park
Sumber: wallpaperflare.com

Selain Chidorigafuchi, BTG Traveler juga bisa menyaksikan bunga sakura yang mekar di Nakameguro River Park. Sesuai namanya, tempat ini berada di tepi sungai Meguro. Di sini, BTG Traveler bisa berpiknik atau berjalan-jalan santai di tepi sungai.

Ada sekitar 800 pohon sakura yang tumbuh berjejer di tempat ini. Tidak heran kalau suasananya akan terasa indah dengan dominasi warna putih dan pink di mana-mana. Kalau mau datang ke sini, sebaiknya datang lebih pagi supaya bisa mendapatkan tempat terbaik.

Kyoto

kyoto
Sumber: Wikimedia Commons

Philosopher’s Path

Philosopher’s Path
Sumber: Flickr

Philosopher’s Path atau tetsugaku no michi merupakan jalan yang sering dilalui Nishida Kintaro, seorang filsuf Jepang. Biasanya, Nishida menggunakan jalan ini untuk pergi ke Universitas Kyoto sambil merenung dan menikmati keindahan alam.

Jalanan sepanjang 3 Km ini cenderung ramai saat musim semi. Apalagi ketika jadwal cherry blossom bermekaran. Namun cenderung sepi di hari-hari lain. Sehingga nyaman untuk disusuri sambil berjalan santai.

Osaka

osaka
Sumber: Flickr

Osaka Castle Park

osaka castle
Sumber: sprayedout.com

Osaka Castle Park adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat jadwal cherry blossom mekar di Jepang. Tempat ini memiliki luas sekitar 105,6 hektar. Selain bunga sakura, tempat ini juga ditumbuhi bunga plum dan bunga azalea yang indah.

BTG Traveler bisa berpiknik di sini bersama keluarga atau menikmati bangunan bersejarah yang ada di area castle park ini. Kalau BTG Traveler senang dengan suasana kota yang tradisional atau ingin belajar sejarah dan budaya Osaka, tempat ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Yamanashi

yamanashi
Sumber: Flickr

Lake Kawaguchiko

Lake Kawaguchiko
Sumber: Flickr

Ada sekitar 200 batang pohon sakura di sekitar Danau Kawaguchiko ini. Sehingga BTG Traveler bisa menikmati keindahan bunga sakura dari dekat. Selain mengadakan piknik, BTG Traveler juga bisa menyusuri jalan di sekitar danau untuk menyaksikan keindahan bunga sakura.

Fuji Five Lakes

fuji 5 lakes
Sumber: Flickr

Fuji Five Lakes terdiri dari 5 danau di sekitar gunung Fuji. Yaitu Danau Kawaguchiko, Yamanakako, Saiko, Shojiko, dan Motosuko. Dari sini, BTG Traveler bukan hanya bisa melihat keindahan bunga sakura saat jadwal cherry blossom mekar saja. Tapi juga melihat keindahan gunung Fuji yang ikonik.

Aomori

aomori
Sumber: Flickr

Hirosaki Castle

hirosaki
Sumber: Japan Guide

Hirosaki Castle berada di pusat Kota Hirosaki. Ada sekitar 2600 pohon sakura dari 50 varietas yang ada di sini. Beberapa di antaranya bahkan ada yang sudah berumur lebih dari 300 tahun. Tidak heran kalau tempat ini menjadi salah satu destinasi melihat bunga sakura saat jadwal cherry blossom mekar.

Baca Juga:  5 Spot Ikonik Dunia Harry Potter di Warner Bros Tokyo: Lokasi, Tiket dan Jam Operasional

Hyogo

hyogo
Sumber: Japantravel.com

Himeji Castle

himeji castle
Sumber: Wikimedia Commons

Himeji Castle adalah istana yang sudah ada lebih dari 600 tahun lalu. Di sini, terdapat lebih dari 1000 pohon sakura di pelataran istana dalam dan luar. BTG Traveler bisa menikmati keindahan bunga sakura yang berada di luar istana secara gratis. Namun, kalau mau melihat bunga sakura di pelataran bagian dalam, BTG Traveler harus membayar tiket masuk.

Kanagawa

kanagawa
Sumber: GaijinPotTravel.com

Mitsuike Koen

Mitsuike Koen
Sumber: Dokokade Japon

Taman Mitsuike adalah tempat yang sempurna untuk BTG Traveler berolah raga atau bersantai. Dengan adanya tiga kolam, jalan setapak indah, dan 1600 pohon sakura dari 78 spesies berbeda membuat tempat ini indah dikunjungi sepanjang musim.

Nara

nara
Sumber: WorldHistory.org

Mount Yoshinoyama

Mount Yoshinoyama
Sumber: Flickr

Kalau BTG Traveler ingin melihat bunga sakura yang indah, Mount Yoshinoyama adalah pilihan yang sangat tepat. Tempat ini terkenal akan banyaknya pepohonan sakura yang tumbuh. Bahkan ada lebih dari 30.000 pohon sakura yang ada di sini. Sehingga, pemandangan saat jadwal cherry blossom mekar akan terlihat sangat indah dan mengagumkan.

Hokkaido

hokkaido
Sumber: Matador Network

Nijukken Road

Nijukken Road
Sumber: Wikimedia Commons

Nijukken Road atau Jalan Nijukken membentang sejauh 7 Km dan dikenal dengan keindahan bunga sakuranya. Ada sekitar 3000 pohon sakura yang tumbuh di sepanjang jalan ini. Tidak heran kalau jalan ini menjadi salah satu dari “100 Jalan Terbaik di Jepang” dan termasuk dalam “100 Situs-Situs Bunga Sakura Paling Terkenal”.

Itulah perkiraan jadwal cherry blossom di beberapa lokasi di Jepang. Dengan begitu, BTG Traveler bisa lebih menyesuaikan jadwal liburan dengan jadwal mekar bunga sakura. Pastikan kamu mempersiapkan semuanya dari sekarang. Jangan lupa juga untuk membawa kamera dan outfit yang sesuai. Jadi, kamu bisa mengabadikan momen setahun sekali ini dengan cantik dan memorable.

THR Indodana Promo

Jangan lupa juga untuk membeli tiket pesawat dan hotel melalui Bookingtogo. Ada banyak penawaran dan diskon terbaik untuk kamu di Bookingtogo. Jadi, tunggu apalagi? Pesan sekarang juga! Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.