Bagikan Artikel
5
(5)

BookingToGo – Sudah tau belum Jenis Kamar Hotel yang biasa kita temui? Apa sih yang membuat jenis kamar deluxe lebih mahal daripada superior? Apa saja kelebihan dari masing-masing jenis kamar tersebut?

Kalau kamu adalah seorang traveller yang sering staycation atau menginap di hotel, mungkin kamu kerap menemukan jenis kamar yang sudah disebutkan tadi. Ada yang deluxe, superior dan juga beragam jenis kamar lain, beserta nama yang berbeda tentunya.

Tapi pernah gak kamu berfikir, apa sih yang membedakan antara masing-masing jenis kamar ini? Apa saja fasilitas yang didapat?

Jenis Kamar Hotel Berdasarkan Fasilitasnya

Gak masalah kok jika kamu belum mengetahuinya. Karena, disini kita sudah menyiapkan rangkuman lengkap tentang beberaja jenis kamar hotel berdasarkan fasilitas yang didapat. Seperti:

Standard Room

tipe-kamar-standard-room
Sumber: pixabay.com (2018), Credit: @sssssaa

Standard Room merupakan jenis kamar hotel yang umum dan paling murah di hotel. Jenis kamar hotel ini menggunakan kasur tipe single bed dengan ukuran sekitar 38 inci x 75 inci dan satu kamar mandi. Ada juga yang menggunakan double bed, tapi kebanyakan sih single bed, jadi semua tergantung sama kebijakan hotel itu sendiri. Karena memang standard room ini dikhususkan untuk satu orang saja, dan biasanya yang pesan jenis kamar ini seorang solo traveller. Fasilitas yang tersedia juga standard, paling hanya Wifi, TV, kamar mandi, telfon, pembuat kopi dan teh.

Baca Juga: Backpacker, Flashpacker, dan Tripper – Gaya Liburan Kamu Seperti Apa?

Superior Room

tipe-kamar-hotel-superior
Sumber: unsplash.com (2020), Credit: @summitangel

Ingin jenis kamar yang setidaknya lebih bagus sedikit dari standard room? Nginap saja di jenis kamar superior room.

Kamar jenis superior sedikit lebih luas, dan walaupun  fasilitas kamar sama dari jenis standard. Superior Room terbagi menjadi 2 jenis tempat tidur, yaitu:

Twin Bed

Twin bed adalah 2 kasur jenis single bed yang letaknya terpisah satu sama lain.

Double Bed

Kalau double bed adalah tipe kasur yang ukuran besar, lebarnya sekitar 60 – 76 inci.

Deluxe Room

jenis-kamar-hotel-deluxe
Sumber: unsplash.com (2020), Credit: @febrianzakaria (cropped)

Kalau Deluxe Room merupakan jenis kamar diatas superior. Kamar deluxe lebih luas dari superior, sekitar 40 meter persegi luasnya. Fasilitas kamar hampir sama dengan superior, kasur yang tersedia juga antara twin atau double bed. Hanya saja, kamar deluxe room dibuat lebih nyaman dan interiornya lebih bagus.

Baca Juga: Apa itu Staycation? Kenali Artinya & Tips Staycation Aman Saat Pandemi!

Family Room

kamar-hotel-family-room
Sumber: unsplash.com (2020), Credit: @venice1hotel

Apakah kamu jalan-jalan bersama keluarga? Cobain deh nginep di jenis kamar tipe Family Room. Family Room ini adalah jenis kamar yang mempunyai dua double bed atau satu double bed dan satu single bed. Jadi, satu kamar bisa muat  3 – 4 orang kamu tidak perlu lagi pisah kamar sama keluarga.

Suite Room

tipe-kamar-suite-room
Sumber: unsplash.com (2019), Credit: @iwood

Suite Room merupakan level kamar tertinggi di setiap hotel berbintang, biasa buat orang dari kalangan atas.

Harganya juga mahal, tetapi kamu akan mendapatkan banyak kenyamanan fasilitas yang disediakan. Bahkan Suite Room ini ada ruang tamu terpisah loh, kebayang kan betapa luasnya jenis kamar ini?

Biasanya, Suite Room ini terbagi lagi menjadi 3, yaitu: Junior Suite, Executive Suite, dan Presidential Suite. Tipe suite room yang terbagus dan termahal adalah jenis Presidential Suite.

Ada yang menyebut tipe presidential suite ini sebagai penthouse, dan biasanya letak kamar ini berada di lantai hotel paling atas. Jika kamu memesan suite room, pasti fasilitasnya lengkap deh! Ada sofa, meja makan, kulkas, tempat pembuat teh dan kopi, kulkas, TV, dan masih banyak lagi.

Connecting Room

hotel-connecting-room
Sumber: unsplash.com (2019), Credit: @awcreativeut

Connecting Room merupakan jenis kamar yang memiliki pintu penghubung dengan kamar disebelahnya.

Jenis kamar ini bisa jadi alternatif untuk keluarga selain yang tipe family room. Jadi kamu seperti pesan dua kamar hotel yang terhubung satu sama lain. Untuk fasilitas kamarnya sama dengan deluxe atau superior room.

Jadi sudah ngerti ya, ada apa saja jenis-jenis kamar hotel, perbedaannya, dan fasilitasnya. Kalau soal fasilitas semua tergantung hotel kamu menginap ya.

Tapi kalo di urutkan berdasarkan tingkatan, seperti ini: Standard Room, Superior Room, Deluxe Room, dan Suite Room.

Kalau yang connecting room, biasanya menggunakan jenis tipe kamar deluxe atau superior. Yang membedakan, ya hanya punya pintu penghubung saja.

Itulah tadi beberapa penjelasan Jenis Hotel berdasarkan fasilitasnya. Gimana? Semoga setelah membaca ulasan ini, kamu bisa menyesuaikan jenis kamar sesuai dengan budget kamu ketika hendak booking hotel saat liburan.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 5

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...