Bagikan Artikel
5
(8)

BookingToGo – Hallo, sahabat BookingToGo. Indonesia selalu saja mempunyai makan yang lezat dan mengunggah selera. Salah satu provinsi di Sumatera, Banda Aceh juga mempunyai makanan yang tidak kalah lezat dari daerah lain, loh. Aceh memiliki kekayaan akan rempah, sehingga makanan yang dihidangkan sangat khas dan kaya akan cita rasa. Pada artikel ini, kami akan mengulas 13 rekomendasi makanan khas Aceh yang wajib kamu cobain dan pastinya bakal bikin kamu ketagihan.

Jadi, saat kamu travelling ke Aceh , artikel ini bisa jadi rekomendasi kulineran kamu. Yuk, kita ulas saja. Inilah rekomendasi makanan Aceh-nya:

Rekomendasi Makanan Khas Aceh Terpopuler

Nasi Biryani

nasi-biryani-khas-aceh
Sumber: masakandapurku.com (2015)

Nasi Biryani ini adalah kuliner nasi khas Aceh yang berwarna keemasan dengan cita rasa yang lezat. Jika ditanya rasanya bagaimana, rasanya asam, asin, manis. Singkat kata, rasanya gurih.

Rasa asam dari nasi biryani ini karena berasnya di rebus dengan yogurt, itulah yang menjadi keunikan dari kuliner ini. Selain itu, Nasi-nya dicampur potongan daging juga, rasanya enak dan juga harum. Mantap deh, cobain kuliner ini pasti bikin kamu nagih.

Mie Goreng Aceh

mie-goreng-aceh
Sumber: menupribumi.blogspot.com (2017)

Mie Goreng Aceh ini rasanya berbeda loh dengan mie goreng lainnya. Perbedaannya Mie Goreng Aceh ini bumbunya pakai jahe lalu ada dimasukin taoge juga.

Juga isiannya tidak pelit, ada campuran daging sapi dan aneka makanan laut seperti udang atau kepiting. Bedanya sama mie goreng lainnya, Mie Goreng Aceh tidak pakai telur. Soal rasa? jempol dua alias enak!

Dedah Boh Itek (Dadar Telur Berbumbu)

dedah-boh-itek-makanan-khas-aceh
Sumber: www.bandaacehkota.go.id (2011) (edited & cropped)

Dedah Boh Itek adalah telur bebek dadar dengan campuran kelapa parut dan air jeruk limo. Biasanya, masyarakat Aceh mematangkan telur dadar ini dengan wajan tanah liat yang diberi alas daun pisang sehingga aroma dari telur dadar ini sangat harum dan khas.

Pacri Nanas

pacri-nanas-kuliner-khas-aceh
Sumber: anekaresepp.blogspot.com (2014) (edited & cropped)

Pacri nanas adalah masakan buah nanas yang ditumis dengan cabai serta bumbu khas Aceh seperti bunga lawang / pekak dan kayu manis. masakan ini diberi santan cair jadi menghasilkan makanan dengan rasa yang gurih dan pedas. Biasanya pacri nanas disajikan bersama dengan nasi birani sebagai pelengkap.

Ayam Tangkap

ayam-tangkap-makanan-khas-aceh
Sumber: www.kompasiana.com, credit: Resep Emak Kami (2015) (edited)

Makanan Aceh ini sangat populer, travellers. Ayam Tangkap ini potongan ayam yang digoreng dengan bumbu rempah Aceh seperti daun temurui / salam koja, daun pandan, dan air kelapa. Ayam Tangkap ini aromanya sangat harum dan rasanya juga gurih, pasti bikin kamu ketagihan.

Bubur Kanji Rumbi

bubur-kanji-rumbi-aceh
Sumber: rempah2nusantara.blogspot.com (2016) (edited)

Bubur kanji rumbi ini terbuat dari beras pulen yang ditumbuk kasar. Kemudian berasnya  direbus dengan bumbu seperti ketumbar, bawang merah, jahe, lada, biji pala, dan adas.  Bubur ini sangat menghangatkan badan, dan biasanya disajikan dengan udang dan ayam.

Eungkot Keumamah / Ikan Kayu

eungkot-keumamah-ikan-kayu-kuliner-aceh
Sumber: cookingnesia.blogspot.com (2019) (edited)

Eungkot Keumamah ini pada dasarnya merupakan ikan tongkol yang direbus lalu di asapkan sampai kering.

Makanan ini proses pembuatannya cukup lama, karena menggunakan belimbing yang dikeringkan yang biasa disebut orang Aceh sebagai asam sunti. Belimbing sampai jadi asam sunti harus dijemur sekitar 3-7 hari.

Rasa masakan ini sangat gurih, sangat lezat apalagi ditemani dengan nasi hangat. Tidak heran, makanan ini merupakan favorit kebanyakan masyarakat Aceh.

Sie Masak Puteh

sie-masak-puteh-makanan-aceh
Sumber: resepmasakanbook.blogspot.com (2019)

Sie Masak Puteh ini merupakan daging sapi yang diolah dengan 22 macam rempah. Daging sapi dibuat sampai rempah meresap sempurna sehingga makanan ini kaya akan rasa.

Sie Masak Puteh juga dicampur dengan potongan kentang, sangat empuk dan lezat. Cocok untuk dibarengi dengan nasi hangat.

Kuliner Khas Aceh Lainnya

Minuman khas Aceh, Kopi Ulee Kareng

kopi-ulee-kareng-aceh
Sumber: www.indonesiakaya.com (2013)

Nama Ulee Kareng ini diambil dari nama kecamatan di Aceh dan terkenal dengan sentra pengolahan bubuk kopi. Kopi Ulee Kareng ini sebenarnya adalah kopi jenis robusta, jadi memiliki cita rasa yang cenderung lebih pahit dan memiliki kadar kafein yang tinggi daripada arabica. Penyajiannya kopi Ulee Kareng menggunakan alat tradisional, namun dijamin cita rasa kopi-nya tetap terjaga dan cocok untuk kamu yang pecinta kopi berat.

Roti Cane

roti-cane-kuliner-banda-aceh
Sumber: roticanecanesia.blogspot.com (2014)

Roti Cane adalah roti berbentuk pipih yang terbuat dari tepung, mentega, dan garam. Biasa Roti Cane dihidangkan bersama dengan daging kambing dan gulai ayam.

Kue Khas Aceh, Timphan

kue-timphan-makanan-khas-aceh
Sumber: sajiansedap.grid.id (2017)

Timphan adalah kue yang terbuat dari tepung, telur, dengan isian parutan kelapa dan dibungkus dengan daun pisang. Kue manis yang berbentuk panjang ini sangat terkenal di Aceh dan sudah menjadi favorit masyarakat Aceh.

Bolu Tradisional Khas Aceh, Bhoi

bolu-bhoi-khas-aceh
Sumber: bolubhoi.blogspot.com (2015)

Bhoi adalah kue bolu tradisional yang rasanya manis dengan tekstur yang lembut. Biasanya bolu Bhoi ini dijadikan bahan antaran mempelai pada acara pernikahan. Bolu Bhoi ini makin nikmat jika disantap dengan kopi Ulee Kareng.

Kue Sarang Burung Khas Aceh, Keukarah

kue-khas-aceh-keukarah
Sumber: id.wikipedia.org (2014) (edited)

Banyak orang menyebut keukarah sebagai kue sarang burung. Hal tersebut bukan tanpa sebab, namun memang karena kue ini seperti sarang burung. Kue ini dibuat dari tepung, telur, gula dan santan. Rasanya manis dan renyah, cocok deh jadi teman minum kopi / teh.

 

Itulah kuliner khas Aceh yang wajib kamu cobain, travellers. Makanan diatas enak-enak semua kok, semuanya bikin nagih. Sebenarnya masih banyak kuliner khas Aceh lainnya, namun itulah yang direkomendasikan oleh kami. Ayo jalan-jalan ke Aceh nikmati kuliner aceh dan wisata-nya. Jangan lupa beli tiket pesawatnya di BookingToGo.

Semoga artikel ini bermanfaat, subscribe newsletter dan ikuti terus artikel selanjutnya di blog.bookingtogo.com. Thank You!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 8

Belum ada rating, segera rating artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here