12 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Bus

Bagikan Artikel
0
(0)
Rate this post

mabuk perjalanan – Bagi sebagian orang, mabuk bus adalah sesuatu yang sulit dihindari. Apalagi kalau kamu naik bus untuk perjalanan jauh. Selain mengganggu, mabuk bus juga membuat perjalanan jadi terasa kurang nyaman dan melelahkan. Karena itu, banyak orang mencari tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik bus.

mabuk mobil Source from: alodokter

Kalau BTG Traveler termasuk orang yang mudah mabuk bus, berikut ini beberapa rekomendasi tips yang bisa kamu coba agar tidak mabuk bus atau mabuk kendaraan lainnya:

1. Duduk di Tempat yang Stabil

window Source from: Wallpaperflare.com

Saat duduk di bus, usahakan pilih tempat yang lebih stabil. Misalnya posisi duduk dekat jendela atau di bagian tengah bus. Hindari memilih tempat di bagian belakang atau bagian tengah roda. Bagian ini biasanya memiliki getaran dan gerakan yang lebih intens. Sehingga, kemungkinan kamu mengalami mabuk akan semakin besar.

Dengan duduk di tempat yang stabil, kamu bisa mengurangi efek gerakan yang terjadi selama perjalanan. Sehingga, perjalanan bisa lebih nyaman, tenang, dan bebas mabuk bus.

2. Fokus pada Pemandangan Luar

Fokus pada Pemandangan Luar Source from: RawPixel

Salah satu tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik bus yang paling ampuh adalah dengan berfokus pada pemandangan di luar. BTG Traveler bisa memilih untuk melihat ke arah depan jika duduk di tengah, atau melihat ke arah samping jika duduk di dekat jendela.

Dengan melihat ke arah jalan, indera penglihatan dan indera keseimbangan akan menjadi lebih sinkron. Karena keduanya secara bersamaan menyadari kalau kamu sedang bergerak. Dengan melihat ke arah luar, kamu juga dapat mengurangi rasa mual yang disebabkan konflik sensorik.

3. Hindari Makanan Berat Sebelum Perjalanan

rice Source from: Pxhere.com

Menghindari makanan berat juga salah satu tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik bus yang layak BTG Traveler coba. Hindari makanan yang terlalu berat atau membuat kekenyangan. Makanan yang berat akan membuat perut terasa kembung dan kemungkinan mabuk di dalam bus akan semakin meningkat.

Sebagai gantinya, cobalah mengonsumsi makanan ringan atau camilan sehat. Buah-buahan dan camilan rendah lemak bisa jadi alternatif pengganti agar perut tidak terlalu kosong sebelum BTG Traveler bepergian dengan bus.

4. Jaga Ventilasi yang Baik

Jaga Ventilasi yang Baik Source from: Wallpaperflare.com

Udara yang segar dengan sirkulasi yang baik dapat membantu mengurangi resiko mabuk selama perjalanan dengan bus. Karena itu, cobalah untuk memilih bus dengan ventilasi yang baik. Kalau memungkinkan, BTG Traveler juga bisa mencoba membuka jendela untuk mendapatkan udara segar.

Jangan lupa manfaatkan kesempatan keluar dari bus saat istirahat. Khususnya jika BTG Traveler menggunakan bus untuk transportasi jarak jauh. Biasanya, ada beberapa kali kesempatan berhenti dan istirahat yang bisa dimanfaatkan. BTG Traveler bisa menggunakan waktu tersebut untuk mendapatkan udara segar.

5. Hindari Mencium Bau yang Menyengat

Hindari Mencium Bau yang Menyengat Source from: ProsperityHaven.com

Di beberapa bus, tertulis larangan untuk membawa atau menggunakan barang dengan bau menyengat. Aturan ini bukannya tanpa alasan. Membawa barang dengan bau menyengat dapat meningkatkan resiko mabuk penumpang lainnya.

Hal yang sama juga berlaku untuk BTG Traveler. Saat mabuk kendaraan atau mabuk bus, usahakan untuk tidak menggunakan wewangian yang menyengat. Alih-alih membuat mual mereda, wangi yang kuat justru dapat menjadi pemicu mual hebat.

6. Hindari Menggunakan HP atau Membaca Buku

main hp Source from: Lifewire.com

Kalau BTG Traveler tipe yang mudah mual, usahakan untuk tidak membaca saat berada di dalam bus. Baik membaca pesan teks dari ponsel, sosial media, atau pun membaca buku. Menghindari membaca teks adalah salah satu tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik bus yang sering dilupakan namun penting.

Membaca teks selama perjalanan akan membuat kepala menjadi pusing dan justru akan memicu mual. Apalagi jika tulisan yang digunakan berukuran kecil. Sebagai gantinya, kamu bisa mengubah pengaturan huruf menjadi lebih besar atau menunda membaca pesan dan sosial media hingga saat bus berhenti.

7. Memperbanyak Istirahat

tidur di mobil Source from: Shutterstock.com

Memperbanyak istirahat atau tidur juga merupakan tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik bus lain yang sering digunakan. Dengan beristirahat, perjalanan akan lebih tidak terasa. Sehingga, kemungkinan mengalami mual atau mabuk bus juga akan berkurang.

Namun, kalau kamu berencana untuk tidur di dalam bus, pastikan seluruh barang yang BTG Traveler bawa berada di tempat yang aman. Atau kalau kamu memiliki teman perjalanan, kamu bisa tidur di perjalanan secara bergantian.

8. Mengonsumsi Jahe atau Permen Mint

mint Source from: Thoughtco.com

Kamu bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk permen ataupun air jahe. Selain itu, mengonsumsi permen mint juga dapat membantu mengurangi rasa mual. Aroma dan rasa segar yang dimiliki permen jahe atau mint dapat mengurangi perasaan mual atau mabuk.

Di samping itu, banyak orang yang menganggap kalau jahe dan permen mint memiliki aroma yang menenangkan. Sehingga dapat membantu mengatasi mual. Tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik bus satu ini rasanya sangat layak untuk BTG Traveler coba di perjalanan berikutnya.

9. Mengubah Posisi Duduk

orang di mobil Source from: Pexels

Beberapa posisi duduk dapat meningkatkan rasa mual dan mabuk kendaraan. Misalnya duduk menghadap samping atau menghadap belakang. Karena itu, tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik bus adalah dengan memastikan BTG Traveler duduk dengan posisi badan menghadap ke depan.

Selain itu, usahakan badan berada dalam kondisi tegap. Duduk terlalu bersandar atau bahkan tiduran dapat membuat getaran dan goncangan semakin terasa. Sehingga, kamu malah akan merasa semakin mual saat mengambil posisi tersebut.

10. Makan Sebelum Perjalanan

makan di rumah Source from: Pxhere

Makan terlalu kenyang memang bisa memicu rasa mual. Namun, perut yang kosong juga dapat menyebabkan perasaan mual. Salah satu penyebabnya karena perut yang kosong dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Karena itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan secukupnya sebelum bepergian. Setidaknya, 1-2 jam sebelum pergi. Khususnya jika BTG Traveler akan melaksanakan perjalanan jauh menggunakan bus antar kota.

11. Istirahat Cukup Sebelum Perjalanan

tidur di rumah Source from: Pexels

Tips berikutnya adalah dengan mempersiapkan diri dengan baik. Termasuk beristirahat dengan cukup sebelum melakukan perjalanan. Kurang istirahat dan kecapekan bisa membuat BTG Traveler lebih mudah mabuk di dalam bus.

Usahakan tidur dengan baik pada malam sebelum perjalanan. Jika tubuh terasa sangat lelah, hindari bepergian jauh dengan menggunakan bus. Perjalanan panjang saat tubuh lelah akan meningkatkan resiko kamu mengalami mabuk kendaraan.

12. Gunakan Obat Anti-Mabuk

minum tolak angin Source from: Liputan6.com

Jika berbagai tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik bus sudah dicoba, tidak ada salahnya untuk menggunakan obat anti mabuk. Apalagi kalau BTG Traveler memiliki riwayat mabuk kendaraan yang parah atau kondisi kesehatan tertentu. Dengan mengonsumsi obat anti mabuk, gejala mual dan muntah di bus dapat dikurangi.

Namun, selalu pastikan kamu meminum obat sesuai dengan dosis yang disarankan. Hindari mengonsumsi obat anti mabuk secara berlebihan. Kalau perlu, tidak ada salahnya berkonsultasi dulu kepada dokter sebelum mengonsumsi obat anti mabuk.

 

Itulah beberapa tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik bus yang bisa BTG Traveler coba saat perjalanan menggunakan bus berikutnya. Selain bepergian dengan bus antar kota, BTG Traveler juga bisa mencoba moda transportasi udara seperti pesawat. Selain lebih nyaman, bepergian dengan pesawat juga lebih menghemat waktu. Apalagi kalau BTG Traveler memesannya melalui Bookingtogo.

Promo Booking Hotel 2024


Bookingtogo menyediakan layanan pembelian tiket pesawat dan hotel ke berbagai destinasi. Baik destinasi wisata dalam negeri maupun luar negeri. Dapatkan penawaran khusus dan harga terbaik hanya di Bookingtogo.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like