Bagikan Artikel
Rate this post

tips liburan ke Jogja – Siapa yang tidak ingin liburan ke Jogja? Bisa dibilang, Jogja adalah salah satu destinasi wisata yang menjadi wishlist banyak orang. Ada banyak hal yang Jogja tawarkan. Mulai dari wisata budaya, kuliner, hingga wisata alam. Buat BTG Traveler yang baru pertama kali ke Jogja, ada baiknya mengetahui dulu tips liburan ke Jogja bagi pemula. Jadi, liburan kamu lebih seru dan menyenangkan.

jogja
Source from: Tokopedia

Kalau ini liburan pertama kamu ke Jogja, pastikan kamu sudah tahu tips apa saja yang berguna selama liburan di sana. Kalau belum, BTG Traveler juga bisa menyimak tips liburan berikut ini:

1. Pilih Waktu Liburan yang Tepat

calendar
Source from: Wallpaper Flare

Sebagai destinasi wisata favorit, Jogja sudah pasti banyak dikunjungi orang. Apalagi kalau sudah memasuki musim liburan. Karena itu, tips liburan ke Jogja bagi pemula bisa dimulai dengan memilih waktu liburan yang tepat.

Hindari datang ke Jogja di musim liburan. Apalagi kalau ini kunjungan pertama BTG Traveler ke Jogja. Dengan begitu, experience kamu keliling Jogja bisa lebih maksimal. BTG Traveler bisa bebas berkeliling tanpa khawatir dengan macet atau padatnya kerumunan.

Di samping itu, liburan ke Jogja saat low season juga bisa membuat BTG Traveler lebih hemat. Khususnya dari harga tiket dan harga hotel yang akan dipesan. Pada saat musim liburan, biasanya tiket dan hotel memiliki biaya yang lebih mahal dibandingkan hari biasa dan saat low season.

2. Bawa Barang Secukupnya

bagasi
Source from: Wallpaper Flare

Kebanyakan wisatawan pemula membawa barang yang terlalu banyak saat liburan ke Jogja. Sebenarnya, tidak salah membawa banyak barang saat liburan. Hanya saja, nantinya kamu akan kerepotan dan merasa berat sendiri. Karena itu, akan lebih praktis kalau BTG Traveler membawa barang secukupnya.

Sebagai tips liburan ke Jogja bagi pemula, kamu bisa membawa baju ganti sesuai dengan durasi liburan. Kemudian, sediakan juga satu baju ekstra sebagai cadangan. Membawa barang secukupnya akan membuat perjalanan jadi lebih ringan dan menyenangkan.

3. Kelompokkan Tempat Wisata yang Akan Dikunjungi

plan
Source from: Adobe Stock

Ada banyak tempat wisata yang bisa BTG Traveler kunjungi saat berada di Jogja. Mulai dari wisata budaya, wisata alam, hingga wisata kuliner. Supaya tidak bingung, ada baiknya BTG Traveler membuat daftar wisata yang ingin dikunjungi terlebih dahulu.

Dari daftar yang sudah dibuat, kamu bisa kelompokkan masing-masing sesuai lokasi terdekatnya. Sebagai contoh, BTG Traveler bisa mengelompokkan beberapa tempat wisata di daerah Sleman menjadi satu. Kemudian, kelompokkan juga lokasi wisata di daerah lainnya dengan cara yang sama.

Baca Juga:  Gampang Banget Ini Tips Naik Pesawat Pertama Kali Buat Liburan!

Selain mengelompokkan berdasarkan rutenya, kamu juga bisa melakukan riset kecil tentang lokasi wisata tersebut. Khususnya yang berkaitan dengan lokasi dan rute untuk sampai ke sana. Dengan begitu, akan lebih mudah membuat itinerary atau jadwal liburan selama di Jogja.

Tips liburan ke Jogja bagi pemula dengan mengelompokkan destinasi wisata berdasarkan lokasi dan membuat itinerary juga membantu kamu lebih efisien saat liburan. Jadi, kamu tidak menghabiskan banyak waktu di jalan atau untuk berpindah tempat saja. Dengan begitu, liburan juga akan lebih berkesan dan menyenangkan.

4. Jangan Sungkan Menawar

tawar
Source from: Kompasiana

Salah satu tips liburan ke Jogja bagi pemula adalah jangan sungkan untuk menawar saat membeli oleh-oleh. Pasalnya, harga oleh-oleh di Jogja memang cukup mahal untuk wisatawan. Kalau kamu sungkan menawar, bisa-bisa budget untuk oleh-oleh jadi cepat habis.

Sebagai panduan, BTG Traveler bisa mulai menawar dari setengah harga. Kalau kamu pintar mengambil hati penual, bisa saja kamu mendapatkan harga yang lebih murah. Apalagi kalau BTG Traveler membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak, pastikan menawar harga supaya bisa lebih hemat.

5. Tentukan Kendaraan yang Akan Digunakan

kendaraan
Source from: MediaIndonesia

Tips liburan ke Jogja bagi pemula selanjutnya adalah menentukan kendaraan yang akan digunakan. Penggunaan kendaraan ini sangat tergantung apakah BTG Traveler sedang melakukan solo traveling atau melakukan wisata bersama kelompok banyak orang.

Kalau BTG Traveler sedang berwisata sendiri, menggunakan transportasi umum lebih disarankan. Selain karena harganya yang murah, kamu juga bisa menikmati pengalaman naik transportasi umum di Jogja. Saat ini, sudah ada banyak Trans Jogja dan transportasi umum lainnya yang bisa BTG Traveler gunakan.

Kalau mau lebih praktis dan bebas, BTG Traveler juga bisa menyewa motor. Ada banyak jasa rental motor yang bisa BTG Traveler manfaatkan selama di Jogja.

Tapi, kalau kamu liburan bersama keluarga, kerabat, atau rombongan, menyewa mobil bisa jadi tips liburan ke Jogja bagi pemula yang lebih pas. Selain itu, kalau jarak kotamu dengan Jogja tidak terlalu jauh, kamu juga bisa berangkat dengan menggunakan mobil pribadi. Secara harga, biasanya lebih hemat berlibur dengan membawa mobil. Khususnya kalau kamu liburan bersama dengan rombongan.

Baca Juga:  12 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Bus

Agar lebih pasti, jangan lupa untuk menghitung semua kemungkinan yang ingin kamu ambil. Dengan begitu, BTG Traveler bisa lebih bijak dalam mengalokasikan anggaran liburan.

6. Jangan Lewatkan Wisata Malam

wisata malam
Source from: Bookingtogo

Selain wisata siang, wisata malam Jogja adalah pengalaman yang sayang untuk dilewatkan. Ada banyak tempat wisata malam yang bisa kamu kunjungi. Baik saat liburan sendiri, bersama teman, keluarga, atau rombongan.

Salah satu wisata malam yang paling terkenal adalah Malioboro dan angkringan. Sebagai tips liburan ke Jogja bagi pemula, jangan lupa untuk merasakan pengalaman wisata malam ini. Sehingga, pengalaman liburanmu ke Jogja jadi makin terasa.

7. Pilih Tempat Makan Lokal atau Dekat Kampus

makanan lokal
Source from: RestyAmalia.com

Jogja memang dikenal dengan wisata kulinernya yang nikmat dan memiliki harga murah. Tapi, kalau kamu membelinya di tempat wisata, harga makanan Jogja bisa lebih mahal dari tempat makan biasanya. Kalau kamu liburan on budget, ada satu tips liburan ke Jogja bagi pemula yang bisa kamu gunakan. Yaitu dengan mencari tempat makan di dekat kampus atau area tempat makan lokal.

Sebagai contoh, kamu bisa mencari warung makan lokal atau jajanan pinggir jalan Jogja. Soal rasa, BTG Traveler tidak perlu khawatir. Karena meskipun makanan lokal dan pinggir jalan, rasanya tetap sangat enak dan bisa dinikmati.

Selain itu, BTG Traveler juga bisa mencoba menikmati kuliner dekat kampus. Biasanya, harga makanan dekat kampus cenderung lebih murah. Kalau malam hari, cobalah untuk makan di angkringan yang harganya sudah pasti murah.

Itulah 7 tips liburan ke Jogja bagi pemula yang bisa BTG Traveler coba. Agar liburan lebih menyenangkan, jangan lupa memesan tiket pesawat dan hotel dari jauh-jauh hari. Selain lebih menenangkan, trik ini juga dapat membantu kamu berhemat lebih banyak. Apalagi kalau kamu membeli tiket pesawat dan hotel melalui Bookingtogo.

Promo Booking Hotel 2024

Bookingtogo adalah platform penyedia layanan tiket pesawat dan hotel. BTG Traveler bisa membeli tiket dan memesan hotel langsung dari aplikasi. Baik untuk perjalanan dalam negeri maupun luar negeri. Selalu ada penawaran dan diskon dengan harga terbaik di Bookingtogo. Jadi, liburan lebih hemat, tenang, dan nyaman. Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.