Bagikan Artikel
Rate this post

wisata Jogja terbaru – Bicara tentang Jogja memang tidak ada habisnya. Bagi BTG Traveler yang pernah datang ke Jogja, mungkin kamu sudah merindukan waktu untuk ke Jogja lain. Mungkin ke Malioboro atau Parangtritis. Tapi, tahukah kamu kalau banyak wisata Jogja terbaru yang bisa kamu jelajahi?

Jogja menyimpan banyak tempat wisata yang tidak kalah memukau dari Maliboro dan Parangtritis. Nah, buat BTG Traveler yang bingung mau ke mana saat di Jogja, berikut ini beberapa rekomendasi wisata Jogja terbaru yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Candi Borobudur

View Candi Borobudur
Sumber: TripAdvisor

Ya, ini wisata ini sangat populer dan Candi Borobudur telah masuk UNESCO sebagai situs peninggalan dunia. Candi Borobudur adalah candi buddha yang dibangun antara tahun 750 – 850 silam, dan sampai sekarang masih terlihat megah. Di Candi Borobudur kamu bisa melihat patung buddha dan ukiran yang estetik cocok untuk berfoto-foto.

Banyak orang beranggapan bahwa Borobudur berada di Yogyakarta, namun sebenarnya Borobudur terletak di kabupaten Magelang yang berbatasan langsung dengan Yogyakarta. Namun, Borobudur sangat melekat pada wisata jogja maka dari itu kami masukkan Borobudur ke dalam list wisata jogja. Candi borobudur ini bisa kamu capai sekitar 40 km dari kota Yogyakarta (sekitar 1 jam perjalanan). Jam buka wisata ini setiap hari, jam 06.00 – 17.00, dan harga tiket masuknya kisaran 25.000 – 75.000. Kami menyarankan untuk datang saat sore hari agar kamu bisa melihat sunrise saat berada di atas Candi Borobudur.

2. Candi Prambanan

view candi prambanan
Sumber: Fatek.umsu.ac.id

Candi Prambanan atau nama lainnya Candi Roro Jonggrang terdiri dari tiga candi utama dengan ketinggian 47 meter dan dikelilingi oleh candi kecil yang biasa orang sebut sebagai Perwara. Candi ini merupakan candi hindu dari abad ke 9 silam, dan merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.

Kamu bisa mengunjungi candi prambanan sekitar 20 km dari kota Yogyakarta. Kurang lebihnya 33 menit dengan mobil. Jam buka Candi Prambanan jam 06:00 sampai 17:00 dan kisaran harga tiket masuknya 25.000 – 50.000. Jangan lupa saat berada disana berpakaianlah yang sopan karena Candi Prambanan masih dipakai umat hindu untuk beribadah, sama halnya dengan Candi Borobudur.

3. Candi Sewu

candi sewu
Sumber: wikipedia

Sesudah ke Candi Prambanan, cobain ke Candi Sewu karena Candi Sewu hanya terletak beberapa ratus meter timur laut Candi Prambanan. Candi Sewu adalah candi Buddha terbesar kedua di dunia setelah Candi Borobudur. Candi Sewu memiliki 249 candi dan memiliki patung-patung yang estetik.

Untuk ke Candi Sewu kurang lebih hanya 5 menit dari Candi Prambanan. Objek wisata ini buka dari jam 06.00 sampai 17.00. Tidak ada tiket masuk ke Candi Sewu karena sudah termasuk tiket ke candi prambanan.

4. Goa Kalisuci

kalisuci
Sumber: Instagram @kalisucicavetubing

Bosan dengan candi-candian, cobain ke wisata alam Goa Kalisuci. Goa ini terletak di Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Gunung Kidul. Kurang lebih berjarak 50-60 km dari Kota Yogyakarta. Objek wisata ini cocok untuk turis yang menyukai permainan rafting (sejenis olahraga arus deras) sambil menelusuri Goa.

Perpaduan air sungai yang biru, stalakmit  estetik, dan cahaya matahari yang menyusuri Goa menjadikan objek wisata ini sangat instagramable. Waktu buka Goa Kalisuci jam 8.00 sampai dengan jam 16.00, harga tiket masuknya kurang lebih sekitar 120.000 – 200.000. Pastikan kamu membawa baju dan handuk saat mengunjungi Goa Kalisuci.

5. Wisata Gunung Merapi

gunung merapi
Sumber: Wikipedia

Gunung merapi adalah gunung yang ada di Yogyakarta, dan termasuk gunung berapi paling aktif di Indonesia. Jika kamu mengunjungi gunung merapi, di sekitar lokasi tersebut banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, seperti:

  •     Kaliurang

kaliurang
Sumber: Tugu Jogja

Kaliurang adalah tempat wisata yang berada di lereng gunung merapi. Kurang lebih 25 Km di Utara Yogyakarta. Kaliurang sangat indah pemandangannya dan udaranya pun sangat segar. Disini juga banyak fasilitas yang memadai seperti tempat berkemah, hotel, taman rekreasi, restoran, dan lain sebagainya. Kaliurang buka dari 08.00 sampai dengan 16.00 (Senin – Jumat) dan 06.00 sampai 18.00 (Sabtu dan Minggu). Harga tiket masuk kisaran: 10.000 – 25.000.

  •     Merapi Park

merapi park
Sumber: Garasi Jogja

Merapi Park atau biasa disebut sebagai The World Landmark cukup populer di wisata jogja, terutama di daerah gunung merapi. Merapi park sangat instagramable, di lokasi ini ada spot dengan bangunan menyerupai Menara Pisa, Big Ben London, Kicir Angin Belanda, Menara Eiffel, dan masih banyak lagi. Lokasinya juga sangat sejuk karena banyak pohon dan dekat dengan gunung merapi. Kamu bisa mengunjungi Merapi Park kurang lebih 23 Km perjalanan atau memakan waktu sekitar 50 menit sampai 1 jam perjalanan. Jam buka di jam 09.00 – 17.00 (Senin – Jumat), 08.30 – 17.00 (Sabtu, Minggu). Harga tiket masuk kisaran 20.000 – 25.000.

  •      Museum Gunung Merapi

 Museum Gunung Merapi
Sumber: alodiatour.com

Museum Gunung Merapi merupakan merupakan museum yang memberikan edukasi berkaitan dengan mitigasi bencana, wahana informasi, penelitian, dan hal-hal lainnya mengenai gunung api.

Dalam museum ini ada banyak koleksi peninggalan,  miniatur, dan sejarah erupsi dari gunung merapi. Pastinya saat kamu berada di museum gunung merapi, akan menambah wawasan kamu mengenai pergunung apian.

Museum ini dekat dengan Merapi Park, jadi saat selesai jalan-jalan ke Merapi Park kamu bisa mengunjungi museum ini. Kurang lebih hanya lima menit perjalan dari Merapi Park. Museum Gunung Merapi buka jam 08.00 – 15:30  (Selasa – Minggu), Catatan: Hari Senin tutup. Untuk tiket masuk kisaran harganya 5.000 – 10.000.

  •      Ketep Pass

ketep pass
Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Ketep Pass adalah objek wisata yang terletak di desa Ketep, kecamatan Sawangan. Objek wisata ini terletak di pertengahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, yaitu di puncak Bukit Sawangan. Lokasinya sejuk sekali, dan bagus untuk foto-foto. Disini ada tempat duduknya, bisa sambil ngopi sambil menikmati keindahan alamnya.

Baca Juga:  9 Aktivitas Terbaru Mini Zoo Jogja Exotarium : Daya Tarik, Harga Tiket dan Jam Operasional

Ketep Pass dari Museum Gunung Merapi, kurang lebih 1 jam perjalanan dengan mobil (± 30 km perjalanan). Jam buka Ketep Pass jam 08.00 – 16.00 (Selasa – Jumat), Senin tutup, dan jam 07.00 – 17.00 (Sabtu dan Minggu). Harga tiket masuk sekitar 10.000 – 12.500.

6. Malioboro

malioboro
Sumber: Kaltengdaily

Setelah jalan-jalan di wisata alam Jogja, museum, candi-candi, dan lainnya, sudah saatnya berbelanja ria. Kalau ingin berbelanja dan makan enak, kami rekomendasikan untuk ke Malioboro. Malioboro ini merupakan pusat perbelanjaan utama di Jogja.

Kamu bisa belanja souvenir khas Jogja disini seperti batik, kerajinan kulit, sendal, maupun kerajinan tangan lainnya. Malioboro terletak di sepanjang jalan utama kota dari Stasiun Tugu hingga Kraton. Di sepanjang jalan Malioboro juga banyak yang berjualan makanan seperti Gudeg, Pecel, Lumpia, dan lain sebagainya yang pastinya sangat lezat. Malioboro terbuka untuk umum, bisa kamu datangi kapan saja.

7. Candi Kraton Ratu Boko

Candi Kraton Ratu Boko
Sumber: Travel Kompas

Candi Kraton Ratu Bako merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di atas sebuah bukit dan di atas permukaan laut, lebih tepatnya 3 km ke arah selatan dari Candi Prambanan.

Candi Kraton Ratu Boko ini terletak di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Adapun komplek yang terdiri dari bangunan Candi ini yaitu gapura, sebuah candi pembakaran dan sumur suci, pendopo, kolam pemandian dan juga terdapat pagar pelindung. Kamu bisa berkunjung ke Candi Kraton Ratu Bako dengan harga tiket masuk sebesar 30 – 75 ribu rupiah buka setiap hari dari pukul 06.00 – 17.00.

Sekedar informasi, Candi ini pernah menjadi salah satu tempat yang ada di film Ada Apa Dengan Cinta loh. Yuk buruan tunggu apalagi? apa kamu sudah siap menjadi saksi bisu ke romantisan Rangga dan Cinta di Candi Kraton Ratu Boko.

8. Heha Skyview

Heha Skyview
Sumber: Yogyes.com

Kamu udah pada tau belum kalau Yogyakarta punya destinasi wisata yang instagramable ga kalah sama di Jakarta loh. Ya, ini dia Heha Skyview salah satu tempat wisata yang banyak diburu kaula muda, banyak spot untuk Kamu selfie atau swafoto di tempat ini. Selain itu Heha SkyView juga menawarkan fasilitas umum seperti restoran berkonsep food stall seperti ala ala street food, tempat parkir, musholla, kamar mandi, gazebo taman dan tempat souvenir shop.

Heha Sky View buka dari hari Senin – Jumat (11.00 – 21.00) Sabtu – Minggu (10.00 – 21.00) dengan kisaran harga tiket masuk Rp 10.000 – 20.000. Kamu bisa datang langsung ke Heha SkyView yang terletak di Jl. Dlingo-Patuk No.2, Patuk, Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Buat kamu yang datang ke Yogyakarta wajib banget nih datang ke Heha SkyView.

9. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Nagantour.com

Pantai Indrayanti terletak di sebelah timur Pantai Sundak, pantai ini dibatasi bukit karang yang menambah keindahan yang berbeda dari pantai yang lain yang ada di Gunung Kidul.

Nama pantai ini sebenarnya adalah Pantai Pulang Syawal. Nama Indrayanti bukan berasal dari nama asli pantai tersebut. Indrayanti diambil dari nama pasangan suami istri pemilik salah satu restoran dan kafe yang ada di pantai tersebut.

Pantai Indrayanti buka 24 Jam cocok buat kamu yang ingin menikmati sunrise dan sunset di pantai. Harga kisaran tiket masuk Rp 10.000 per orang, untuk harga tiket masuk mobil/motor terpisah. Kira-kira sudah penasaran untuk menikmati Sunrise dan Sunset di Pantai Indrayanti?

10. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Sumber: Wikipedia

Pantai yang terletak 28 kilometer di daerah selatan Yogyakarta ini adalah salah satu pantai yang terkenal dan menjadi salah satu ikon di Kabupaten Bantul. Terdapat gumuk pasir di sekitar pantai yang menambah indahnya pemandangan di pantai ini.

Tak hanya itu Pantai Parangtritis ini sendiri juga tak lepas dari mitos yang sampai saat ini masih menjadi kepercayaan yaitu adanya kerjaan Ratu Laut Selatan dan memiliki larangan untuk tidak memakai pakaian berwarna hijau.

Harga tiket masuk untuk pantai ini berkisar Rp 10.000 dan buka pada hari Senin-Minggu 24 jam. Di Sekitar pantai terdapat berbagai fasilitas wisata, olah raga pantai dan masih banyak spot menarik lainnya.

11. Suraloka Zoo

Suraloka Zoo
Sumber: Nagan tour

Tempat wisata Jogja terbaru satu ini cocok banget buat BTG Traveler kunjungi bersama anak dan keluarga. Apalagi kalau kamu atau keluarga adalah seorang naturalis yang senang berinteraksi dengan hewan, tumbuhan, dan alam semesta.

Di tempat ini, anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan sebagian besar hewan yang ada. Seperti memberi makan kelinci dan merpati, berfoto bersama burung dan iguana, hingga menaiki kuda. Terdapat juga wahana seru seperti game augmented reality interaktif, high rope, dan flying fox.

Jam Operasional: 09.00 – 17.00
Tiket masuk: mulai dari Rp30.000 – Rp150.000
Lokasi Maps: Jalan Boyong No. 97, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY (Google Maps)

12. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg
Sumber: Travel Kompas

Kalau selama ini BTG Traveler hanya belanja di Malioboro, ini saatnya level up pengalaman liburan kamu dengan menjelajahi wisata Jogja terbaru di Malioboro dengan berbeda. Di Malioboro, kamu akan menemukan berbagai bangunan peninggalan masa kolonial yang menarik. Salah satu Museum Benteng Vredeburg.

Museum ini merupakan salah satu saksi bisu peristiwa bersejarah di Jogja sejak masa kolonial. Benteng ini pada awalnya dibangun sebagai perlindungan bagi Kraton Kesultanan Yogyakarta. Benteng Vredeburg juga sempat dikuasai oleh pemerintahan Belanda, Inggris, hingga tentara Jepang. Hingga akhirnya, sejak tahun 1992 sampai sekarang, benteng ini resmi menjadi sebuah museum.

Baca Juga:  8 Tempat Wisata di Bantul yang Hits dan Bisa Dikunjungi Malam Hari

Jam Operasional: 07.30 – 16.00
Tiket masuk: Rp2.000 (Anak), Rp3.000 (Dewasa), Rp10.000 (Asing)
Lokasi Maps: Jalan Margo Mulyo No. 6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY (Google Maps)

13. Tumpeng Menoreh

Tumpeng Menoreh
Sumber: Tribun Travel

Salah satu tempat wisata Jogja terbaru terbaik untuk menikmati matahari terbit dan tenggelam adalah Tumpeng Menoreh. Pada dasarnya, tempat wisata ini merupakan sebuah restoran yang menawarkan panorama alam yang indah.

Tempat ini berada di puncak bukit dan baru dibuka pada tahun 2021 kemarin. Sesuai namanya, Tumpeng Menoreh memiliki bentuk heksagonal yang jika dilihat dari jauh menyerupai bentuk tumpeng.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke restoran ini adalah pada saat matahari terbit dan tenggelam. Namun, keindahan saat malam hari juga tidak kalah memukau. Dari sini, BTG Traveler bisa melihat keindahan gemerlap lampu kota darii ketinggian. Di siang hari, BTG Traveler bisa melihat pemandangan tiga gunung besar di Jawa sekaligus. Yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sindoro-Sumbing.

Jam Operasional: 24 jam
Tiket masuk: Rp50.000
Lokasi Maps: Sumbersari, Samigaluh, Kulon Progo, DIY (Google Maps)

14. Ledok Sambi

Sumber: Travel Kompas

BTG Traveler mencari suasana healing yang menyenangkan di Jogja? Salah satu yang bisa BTG Traveler kunjungi adalah Ledok Sambi. Tempat wisata Jogja terbaru ini menyediakan area luas untuk piknik dengan berbagai wahana pendukung. Apalagi, untuk masuk ke sini tidak ada biaya alias gratis. Namun, kalau BTG Traveler mau mencoba wahana yang tersedia, ada biaya tambahan yang masih terjangkau.

Sebagai objek wisata alam, Ledok Sambi telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang lengkap. Mulai dari area parkir luas, kafe dan restoran, spot foto, wahana permainan, toilet, mushola, hingga area perkemahan dan outbound.

Jam Operasional: 09.00 – 16.30
Tiket masuk: Gratis
Lokasi Maps: KM19, Jalan Kaliurang No. 2, Area Sawah, Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY (Google Maps)

15. Heha Ocean View

Heha Ocean View
Sumber: Good News From Indonesia

Bingung mau ke Jogja atau menikmati suasana laut? BTG Traveler bisa mendapatkan keduanya di Heha Ocean View. Tempat ini berada di atas tebing, jadi kamu bisa lebih leluasa menikmati suasana laut dengan cara yang berbeda. Selain panorama laut yang indah, kamu juga bisa mendapatkan banyak foto di spot instagramable yang tersedia.

Dari segi fasilitas, tempat wisata Jogja terbaru ini sudah cukup lengkap. Mulai dari area parkir yang luas, toilet, mushola, area makan dan restoran, spot foto menarik, hingga area taman dan kolam. Ada juga area stage yang bisa digunakan untuk penampilan live music atau event stage lainnya. Kalau mau, BTG Traveler juga bisa melakukan glamping di tempat ini.

Jam Operasional: 09.00 – 21.00
Tiket masuk: Rp100.000
Lokasi Maps: Bolang, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DIY (Google Maps)

16. Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo
Sumber: Visitingjogja.jogjaprov.go.id

Tempat wisata Jogja terbaru ini merupakan bentuk perpaduan wisata alam dan edukatif. Tempat ini sendiri sebenarnya merupakan kawasan konservasi tanaman bakau pertama yang ada di Jogja. Di sini, BTG Traveler bisa berwisata, menikmati keindahan hutan bakau, sambil mempelajari tanaman bakau. Cocok untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga.

Kawasan hutan ini memiliki luas sekitar 3 kilometer dan terbagi menjadi tiga kawasan wisata. Yaitu kawasan Mangrove Pasir Mendhit di bagian barat, kawasan Mangrove Jembatan Api Api di bagian tengah, dan kawasan Mangrove Pantai Kadilangu di bagian timur.

Selain mengamati tanaman bakau, BTG Traveler juga bisa berfoto di spot foto yang tersedia atau menaiki perahu keliling hutan mangrove. Kalau beruntung, kamu juga bisa bertemu berbagai satwa khas sana. Seperti burung kuntul, belanak, biawak, atau berbagai burung langka lainnya.

Jam Operasional: 24 jam
Tiket masuk: Rp3.000
Lokasi Maps: Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY (Google Maps)

17. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo
Sumber: Dinas Pariwisata Kulon Progo

Kalau ingin tempat wisata Jogja terbaru yang lebih santai, Kebun Teh Nglinggo bisa jadi pilihan yang tepat. Waktu terbaik datang ke tempat ini adalah saat pagi hari sebelum matahari terbit. Pemandangan matahari terbit dari kebun teh akan terasa menakjubkan sekaligus menenangkan hati.

Selain menikmati pemandangan yang masih asri dan segar, kamu juga bisa menjajal mobil off road sambil berkeliling kebun teh. Dari sini, BTG Traveler juga bisa melihat kemegahan Candi Borobudur dengan menggunakan teropong bintang di Bukit Jaran.

Jam Operasional: 24 jam
Tiket masuk: Rp3.000
Lokasi Maps: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, DIY (Google Maps)

Selain rekomendasi tempat yang sudah disebutkan, tentu saja masih banyak tempat wisata Jogja terbaru lainnya yang bisa kamu eksplorasi. Karena itu, jangan lupa untuk datang ke Jogja saat liburan berikutnya. Baik bersama keluarga, teman, atau pun untuk me-time sendiri.

Promo Tiket pesawat dan hotel

Yang pasti, jangan lupa untuk melakukan pemesanan tiket pesawat dan hotel di Bookingtogo. Bookingtogo adalah platform yang menyediakan akomodasi terbaik untuk perjalanan kamu. Baik dari segi harga maupun kualitas. Selalu ada penawaran yang bisa kamu temukan di Bookingtogo. Karena itu, jangan lupa untuk mengecek website dan aplikasi Bookingtogo sekarang. Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.