Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

wisata di Batu Malang – Kota Batu adalah salah satu kota di Jawa Timur yang berada di wilayah pegunungan. Tidak heran kalau cuaca di sini cenderung sejuk dan dingin. Karena itu, banyak orang yang menjadikan Kota Batu sebagai destinasi wisata saat liburan. Selain itu, banyak juga tempat wisata di Batu Malang yang cocok untuk wisata bersama keluarga, sahabat, atau pasangan.

Buat BTG Traveler yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata di Batu, berikut ini beberapa destinasi wisata yang bisa kamu coba kunjungi:

Tempat Wisata Murah dan Terfavorit di Batu

1. Museum Angkut

Wisata di Batu Malang Museum Angkut
Pameran Museum Angkut Credit by museumangkut

Museum Angkut adalah tempat yang sempurna bagi pecinta otomotif dan sejarahnya dari waktu ke waktu. Di sini, kamu akan bisa melihat berbagai koleksi kendaraan yang menarik, mulai dari mobil klasik hingga kendaraan antik lainnya loh. Selain itu kamu bisa juga berfoto dengan latar belakang kendaraan antik disini ya BTG Traveler.

Harga Tiket Masuk: Rp. 100.000 (weekday), 120.000 (weekend)
Jam Operasional: 
Setiap hari, 12:00 – 20:00 WIB
Lokasi: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kota Batu, Jawa Timur (Google Maps)

2. Jatim Park 2

Wisata di Batu Malang Jatim park 2
Jatim park 2 credit by Catur Prasetio

Jatim Park 2 adalah taman rekreasi yang cocok banget buat kamu kunjungi bersama keluarga, teman maupun pasangan. Di sini, kamu akan menemukan berbagai wahana seru, seperti Batu Secret Zoo, Sweet Memories Selfie, Museum Satwa, dan Eco Green Park.

Harga Tiket Masuk: Rp. 140.000 (Weekday), Rp. 170.000 (Weekend)
Jam Operasional:
Setiap Hari, 09.30 – 17.30
Lokasi: Jl. Raya Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kota Batu, Jawa Timur (Google Maps)

3. Taman Rekreasi Selecta

Wisata di Batu Malang Taman Rekreasi Selecta
Taman Rekreasi Selecta credit by zhu_lee

Taman Rekreasi Selecta adalah tempat Wisata di Batu Malang yang cukup menawarkan keindahan yang menakjubkan, terutama kamu disini bisa menemukan berbagai jenis bunga berwarna warni yang ditanam. Selain itu kamu juga pastinya akan menemukan berbagai wahana lain selain berfoto dengan area bunga loh, seperti sepeda air, perahu ayun, dan sky bike.

Harga Tiket Masuk: Rp. 40.000 (weekday dan weekend)
Jam Operasional:
Setiap Hari, 06.00 – 17.00 WIB
Lokasi: Jl. Raya Selecta No.1, Tulungrejo, Kota Batu, Jawa Timur (Google Maps)

4. Eco Green Park

eco green park
eco green park credit by Eco Green Park

Eco Green Park adalah salah satu wahana yang berada di Jatim Park 2 disini kamu akan menemukan tempat yang mengedukasi tentang pentingnya pelestarian lingkungan hidup serta kamu juga bisa belajar tentang keanekaragaman hayati melalui berbagai atraksi dan wahana interaktif yang ditawarkan.

Harga Tiket Masuk: Diharuskan menghubungi ke 081131150077 untuk reservasi
Jam Operasional:
08.30-16.30 WIB
Lokasi: Jl. Raya Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kota Batu, Jawa Timur (Google Maps)

5. Paralayang Batu

Paralayang batu
Paralayang batu credit by Achmad Damai

Buat kamu yang menyukai olahraga ekstrem, Paralayang Batu adalah tempat yang cocok buat kamu kunjungi. Kamu disini bisa merasakan sensasi terbang bebas dengan menggunakan parasut terjun loh.

Selain menikmati pemandangan indah dari parasut, kamu juga bisa menikmati pemandangan kota Malang dari ketinggian bukit paralayangnya baik di siang hari maupun malam hari ya BTG Traveler.

Harga Tiket Masuk: Kamu diharuskan menghubungi paralayangbatu untuk reservasi
Jam Operasional:
Setiap Hari, 07.30-17.00 WIB, Jumat, 13.00-17.00 WIB
Lokasi: Jl. Brigjend Abd Manan Wijaya No.186, Maron, Pandesari, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Google Maps)

6. Air Terjun Coban Rondo

Coban rondo
Coban rondo credit by novia_dheaa

Coban Rondo adalah air terjun yang indah dengan ketinggian sekitar 84 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun, air terjun ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Coban Rondo merupakan salah satu air terjun terpopuler yang ada di Batu Malang loh.

Harga Tiket Masuk: Rp. 35.000 (weekday), Rp. 40.000 (weekend)
Jam Operasional:
Setiap Hari, 08.00-16.00 WIB
Lokasi: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Google Maps)

7. Batu Night Spectacular (BNS)

Batu Night Spectacular
Batu Night Spectacular credit by nes vita

Batu Night Spectacular adalah wisata malam yang menawarkan berbagai atraksi menarik. Di sini, kamu bisa menikmati wahana permainan, pertunjukan musik, dan berbagai pameran seni yang ada. Batu Night Spectacular juga memiliki area kuliner yang menyuguhkan banyak makanan lezat loh.

Harga Tiket Masuk: Rp. 35.000 (weekday), Rp. 40.000 (weekend)
Jam Operasional:
Setiap Hari, 15.00-23.00 WIB
Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur (Google Maps)

8. Agro Wisata Petik Apel

Wisata di Batu Malang agro wisata petik apel
Agro Wisata Petik Apel credit by Ike Yunita Sari

Batu Malang terkenal dengan kebun apelnya yang indah. Di Agro Wisata Petik Apel, kamu bisa menikmati pengalaman memetik apel langsung dari pohonnya loh. Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi kebun apel dan menikmati suasana udaranya yang pastinya segar.

Baca Juga:  Panduan ke Bromo Hillside, Cafe Dengan View 360 Derajat di Malang

Harga Tiket Masuk: Rp. 25.000/orang
Jam Operasional:
Setiap Hari, 07:00 – 17:00 WIB
Lokasi: Jl. Raya Sidomulyo, Sidomulyo, Kota Batu, Jawa Timur (Google Maps)

9. Museum Tubuh (The Bagong Adventure Museum Tubuh)

Wisata di Batu Malang museum tubuh
Retina di museum tubuh via The Bagong Adventure Museum Tubuh

Selanjutnya kamu bisa ke Museum Tubuh, Wisata di Batu Malang ini cukup menarik buat kamu mempelajari tentang anatomi tubuh manusia. Karena di museum ini, kamu bisa melihat replika organ tubuh manusia dan mempelajari berbagai fakta menarik tentang kesehatan.

Harga Tiket Masuk: Rp. 100.000 (Weekday), Rp. 130.000 (Weekend)
Jam Operasional:
Setiap Hari, 08.30 – 16.30 WIB
Lokasi: Jl. Kartika No.2, Sisir, Kota Batu, Jawa Timur (Google Maps)

10. Florawisata Santerra de Laponte

Florawisata
Sumber: Travel.tribunnews.com

Sejak dibuka tahun 2019, Santerra de Laponte tidak pernah sepi pengunjung. Tempat wisata ini mengusung konsep wisata di Batu Malang yang kekinian dipadukan dengan konsep taman bunga, kuliner ala garden, wahana permainan, dan spot foto yang cantik. Karena itu, pengunjung dari berbagai kalangan usia bisa menikmati momen liburan di tempat ini.

Daya tarik utama tempat wisata ini ada di keindahan taman dan bangunan di kawasan wisata. Kalau BTG Traveler datang ke sini, jangan lupa untuk menyiapkan kamera dan memori agar bisa puas berfoto. Ada banyak spot foto yang menarik yang bisa kamu eksplorasi. Mulai dari taman bunga, kampung korea, hingga little amsterdam.

Selain spot foto, ada juga fasilitas penunjang lain yang bisa BTG Traveler gunakan. Seperti mushola, tempat parkir, kamar mandi, hingga cafe dan trampolin. Ada juga fasilitas food court dan green bay garden untuk kamu yang ingin bersantai. Dengan banyaknya fasilitas pendukung, tempat wisata di Batu Malang ini cocok untuk BTG Traveler kunjungi bersama keluarga atau kerabat.

Jam Operasional: 08.00 – 17.00
Tiket Masuk: Rp30.000
Lokasi: Jalan Raya Madya, Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Google Maps)

11. Jawa Timur Park 3

jatim park 3
Sumber: Kompas.com

Mau menghabiskan liburan dengan mengunjungi wisata di Batu Malang? Jawa Timur Park 3 atau Jatim Park 3 bisa jadi pilihan yang tepat. Taman hiburan seluas 16 hektar ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti rumah makan, kafe, hingga wahana bermain yang seru.

Buat BTG Traveler yang berasal dari luar kota, kamu juga bisa menginap di hotel atau apartemen yang tersedia. Wahana liburan ini juga telah terintegrasi dengan hotel dan apartemen yang nyaman. Jadi, kamu bisa lebih dekat ke Jatim Park 3 dan menikmati wahana di sana.

Ada banyak wahana yang tersedia di Jatim Park 3. Yang paling ikonik adalah Dino Park. Wahana ini berisi aneka rupa replika dinosaurus yang menakjubkan. Bahkan, BTG Traveler sudah dapat melihat kemegahan ini dari Jalan Raya Batu-Malang.

Selain Dino Park, ada juga wahana bermain lain yang tidak kalah seru. Misalnya Infinity World, Fun Tech Plaza, Galeri Musik Dunia, The Legend Stars, Rumah Zombie, dan Zona Korea dan Jepang. Tempat wisata di Batu Malang ini memang cocok untuk BTG Traveler yang bingung mau liburan ke mana bersama keluarga atau teman terdekat.

Jam Operasional: 11.30 – 19.30
Tiket Masuk: mulai dari Rp30.000 – Rp170.000
Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur (Google Maps)

12. Omah Kayu

omah kayu batu malang
Sumber: Ketiknews.id

Kalau BTG Traveler lebih suka tempat wisata di Batu Malang bernuansa alam, Omah Kayu bisa jadi salah satu alternatif. Pemandangan perbukitan Kota Batu memang selalu bisa memanjakan mata pengunjungnya. Bukan hanya di siang hari, pemandangan di malam harinya juga tidak kalah indah. Cocok untuk kamu yang memang senang kembali ke alam.

Selain menikmati pemandangan, BTG Traveler juga bisa mencoba bermain paralayang. Sensasi terbang bebas di angkasa dijamin akan membuat adrenalin terpacu dan membuat ketagihan. Apalagi, paralayang di Omah Kayu adalah salah satu wahana yang paling dicari. Tidak heran kalau kamu harus mengantre sedikit lebih lama untuk bisa mencobanya. Namun, waktu antre tersebut sepadan dengan keseruan yang akan kamu rasakan nantinya.

Di sekitar area Omah Kayu juga sudah dibangun spot foto yang cantik dan penginapan yang nyaman. Setiap spot foto dibangun dari material kayu dan dibentuk dengan desain yang unik. Seakan melengkapi keindahan panorama alam di tempat wisata di Batu Malang ini.

Bagi kamu yang mau bermalam, terdapat penginapan berbentuk rumah pohon yang bisa disewa. Fasilitas di dalam rumah pohon juga sudah lengkap. Dan tersedia dua pilihan kapasitas yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Yaitu kapasitas rumah pohon untuk 3 orang dan 6 orang.

Baca Juga:  7 Wahana Wajib Malang Night Paradise yang Harus Kamu Ketahui

Jam Operasional: 09.00 – 17.00
Tiket Masuk: Rp10.000
Lokasi: Jalan Gunung Banyak, Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur (Google Maps)

13. Taman Langit Gunung Banyak

taman langit gunung banyak
Sumber: atourin.com

Berlibur ke Batu, Malang rasanya tidak lengkap kalau tidak berfoto cantik. Baik untuk diunggah di sosial media atau sekedar disimpan untuk kenang-kenangan. Nah, salah satu tempat wisata di Batu Malang yang menyediakan banyak spot foto adalah Taman Langit Gunung Banyak.

Ada banyak pilihan spot foto tematik yang bisa BTG Traveler manfaatkan. Di antaranya spot foto negeri dongeng, ranjang rumput, angsa putih raksasa, putri bersayap, hingga sarang burung yang unik. Pastikan kamu mencoba semua spot foto yang tersedia saat datang ke sini.

Namun, perhatikan juga untuk mengikuti aturan yang berlaku. Termasuk tidak menaiki objek foto, khususnya objek foto yang terbuat dari akar atau kayu. Agar lebih puas, pastikan BTG Traveler datang lebih pagi. Sehingga bisa berfoto di lebih banyak tempat dan suasana lebih sepi. Membawa beberapa outfit lebih juga tidak ada salahnya. Jadi, hasil foto tidak akan terlihat monoton atau sama semua.

Setelah lelah berfoto, tersedia kafe yang bisa BTG Traveler kunjungi untuk makan dan istirahat. Menu makanan di kafe juga cukup beragam. Jadi, kamu tidak akan bosan dan memiliki lebih banyak pilihan menu untuk disantap.

Jam Operasional: 07.00 – 00.00
Tiket Masuk: Rp20.000
Lokasi: Jalan Gunung Banyak, Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur (Google Maps)

14. Batu Love Garden (BALOGA)

baloga, batu love garden
Sumber: Tiket.com

Batu Love Garden atau BALOGA adalah objek wisata di Batu Malang yang memadukan beragam jenis tanaman dan wahana dalam satu area. Tempat ini masih merupakan bagian dari manajemen Jatim Park Group. Bersamaan dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3.

Ada sekitar 600 jenis bunga yang bisa BTG Traveler temukan di BALOGA. Menariknya, 30 persen bunga yang ada di sini berasal dari luar negeri. Misalnya bunga petunia yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat.

Di lahan seluas 700 hektar ini, BTG Traveler bukan hanya bisa menikmati wisata bunga outdoor saja. Tapi juga menikmati wisata indoor dengan konsep edukasi yang mengajak kembali ke alam. Beberapa wahana edukasi yang bisa BTG Traveler kunjungi adalah Hortikultura Area, Bonsai Corner, Zona Jeruk, Rumah Kupu, Rose Garden, hingga Walang Greenhouse.

Kalau BTG Traveler datang bersama teman atau keluarga, jangan lupa untuk menjajal wahana permainan yang tersedia. Seperti Rainbow Slide, Mini Gokart, naik unta dan kuda, hingga memberi makan hewan. Dijamin kenangan liburan akan semakin menyenangkan.

Jam Operasional: 08.30 – 16.30
Tiket Masuk: Rp55.000 – Rp110.000
Lokasi: Jalan Raya Pandanrejo No. 91, Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur (Google Maps)

Oleh Oleh Khas Batu Malang yang Wajib Kamu Beli

tidak hanya pemandangan alam yang memukau, Batu Malang juga terkenal dengan pusat oleh olehnya. Jika kamu berkunjung ke kota ini, jangan lupa untuk membawa pulang buah tangan khas Batu Malang ini ya.

1. Apel Malang

Apel Malang
Sumber: Supermarketbali.com

Tidak bisa dipungkiri, apel Malang adalah oleh-oleh khas yang paling terkenal dari Batu. Dikenal dengan rasa manisnya yang segar dan tekstur yang renyah, apel Malang menjadi favorit banyak orang. Di sini, kamu akan menemukan berbagai varietas apel yang berbeda, seperti apel Fuji, apel Manalagi, apel Kuning, dan masih banyak lagi.

2. Susu KUD

susu KUD Batu
susu KUD Batu via Batu Network

Selain apel, oleh-oleh susu KUD adalah salah satu pilihan yang sangat menarik buat kamu pecinta produk susu segar. Produk ini pun tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti cokelat, vanilla, stroberi, melon, dan kopi. Selain produk susu, kamu juga bisa membeli olahan lainnya berupa yoghurt maupun permen susu.

3. Keripik Buah

keripik buah malang
Sumber: wrp.co.id

Tak cuma apel, Batu Malang juga terkenal dengan keripik buahnya yang lezat. Berbagai buah-buahan segar seperti pisang, nangka, mangga, dan strawberi diolah menjadi keripik dengan proses penggorengan yang pas. Hasilnya adalah keripik buah yang renyah, manis, dan sangat menggugah selera.

4. Bakpao Telur Asin

bakpao telur asin
Sumber: unileverfoodsolutions.co.id

Jika kamu mencari oleh-oleh yang lebih berat, bakpao telur asin adalah pilihan yang tepat buat kamu. Bakpao dengan isian telur asin yang gurih dan tekstur bakpao yang lembut, bakal cocok untuk camilan yang akan jadi favoritmu.

Liburan di Malang, Booking Akomodasi Hotel dan Pesawatnya di BookingToGo Yuk!

Selain berwisata dan jalan jalan di Malang, jangan lupa buat pesan oleh oleh untuk keluarga tersayang ya, selain itu kamu juga bisa pesan akomodasi hotel dan pesawatnya melalui BookingTogo dengan Promo JUMBO dari Indodana! Yuk rencanakan sekarang! Smart Booking, Easy Travel!

Promo Tiket pesawat dan hotel

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.