Bagikan Artikel
5/5 - (2 votes)

Wisata Alam Jogja memang tak ada habisnya dicari wisatawan, sebagai destinasi untuk melepas penat, dan juga memanjakan diri dari hiruk pikuk perkotaan yang cukup ramai.

Karena memang, Jogja sendiri memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang patut untuk kamu kunjungi, untuk self healing ataupun me-refresh otak. Penasaran apa saja wisata alam yang ada di Jogja untuk self healing? Berikut ulasannya.

1. Menikmati Pemandangan Alam yang Eksotis di Puncak Becici

Puncak Becici Jogja
Puncak Becici Jogja

Punya pemandangan alam yang eksotis, Puncak Becici bisa jadi opsi buat kamu melepas penat dan self healing di Gardu Pandang yang jadi spot favorit pengunjung dengan view yang instagramable banget tentunya!

Spot Foto Puncak Becici Jogja
Spot Foto Puncak Becici Jogja

2. Spot Terbaik Melihat Sunset, Bukit Parang Endog

Sunset di Bukit Parang Endog
Sunset di Bukit Parang Endog

Tak cuma dikenal dengan wisata pantainya, Jogja juga punya Bukit Parang Endog yang mana jadi spot favorit untuk menikmati sunset ketika sore tiba.

Bukit Parang Endog
Bukit Parang Endog

Selain itu kamu juga bisa menikmati view Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, sampai Pantai Depok Jogja lho!

3. Antelope Canyon-nya Jogja, Curug Luweng Sampang

Curug Luweng Sampang
Curug Luweng Sampang

Dikenal dengan Antelope Canyon-nya Jogja karena memiliki bebatuan besar disekitarnya, Curug Luweng Sampang siap menyambut kamu dengan gemericik air yang menenangkan, dan cocok untuk menenangkan pikiran ataupun melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan.

View Curug Luweng Sampang
View Curug Luweng Sampang

4. Menikmati View yang Menawan di Gua Jomblang

Gua Jomblang
Gua Jomblang

Terakhir ada wisata Gua Jomblang yang terkenal dengan keindahannya yang mampu menghipnotis para pengunjung ketika melihat sinar matahari yang menerobos masuk ke gua!

Gua Jomblang Jogja
Gua Jomblang Jogja

Tentunya, momen seperti ini sangat sayang untuk dilewatkan karena jadi spot foto yang instagramable nan estetik!

Rekomendasi Wisata Alam Jogja Menarik Lainnya

Tertarik untuk datang ke Jogja? Banyaknya tempat wisata alam lainnya di Jogja ini mungkin bisa cukup membingungkan. Apalagi kalau BTG Traveler baru pertama kali ke kota ini. Agar tidak terlalu bingung, berikut ini kami rekomendasikan lainnya buat kamu.

5. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk via Rangga dy

Pesona keindahan air terjun sebagai wisata alam Jogja memang tidak pernah ada habisnya. Begitu pula dengan pesona air terjun Sri Gethuk yang berada di Jogja. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oyo dan memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Aliran air terjun ini berasal dari tiga sumber mata air. Yaitu mata air Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul.

Pada bagian bawahnya, terdapat kolam alami yang terbentuk dari derasnya air terjun. Dan di sekelilingnya, terdapat undakan yang terbuat dari batuan kapur. Sehingga kamu bisa dengan bebas bermain air atau berenang di tempat ini. Beberapa pengunjung juga ada yang mencoba melakukan lompat dari tebing ke arah Sungai Oyo.

Namun, kalau kamu berencana untuk berenang, pastikan untuk berhati-hati. Pasalnya, kedalaman sungai di wisata alam Jogja ini mencapai sekitar 5 meter. Tapi tenang saja, kalau BTG Traveler belum terlalu mampu berenang, kamu bisa menyewa ban atau pelampung ke pengelola setempat.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Wisata Pantai Sepi di Gunung Kidul Cocok Buat Camping

Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah sekitar pagi sampai siang hari. Hindari datang di akhir pekan karena biasanya akan sangat ramai pengunjung.

Jam Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
Tiket Masuk : Rp15.000
Lokasi : Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta (Google Maps)

6. Pemandian Tirta Budi

Blue Lagoon Jogja
Blue Lagoon Jogja via Fitria Nur Malasari

Bagaimana rasanya mandi di alam terbuka? Pengalaman ini bisa kamu ras

akan saat datang ke Pemandian Tirta Budi. Sudah sejak lama pemandian ini digunakan oleh penduduk setempat sebagai tumpuan hidup dan sumber air. Suasana yang segar dan mata air yang jernih menjadi daya tarik tersendiri pemandian ini.

Wisata alam Jogja Pemandian Tirta Budi terdiri dari tiga buah mata air. Setiap mata air diperuntukkan secara berbeda. Yaitu dua mata air untuk pemandian laki-laki dan satu mata air untuk pemandian perempuan. Jadi, BTG Traveler tidak perlu khawatir saat berendam di pemandian.

Pemandian pertama adalah Sendang Wadon. Sesuai namanya, pemandian ini diperuntukkan sebagai pemandian perempuan. Lokasinya berada dalam sebuah bilik dan berupa kolam kecil. Dua mata air lainnya adalah Belik Kluwih dan Sendang Lanang untuk laki-laki.

Belik Kluwih dan Sendang Lanang memiliki pancuran yang berasal dari dinding tepi kali. Belik Kluwih memiliki bentuk yang seperti kedung. Sedangkan Sendang Lanang berbentuk kolam kecil. Keindahan kedung ini membuat banyak anak muda menyebutnya sebagai Blue Lagoon.

Jam Operasional : 06.00-17.00 WIB
Tiket Masuk : Rp10.000
Lokasi : Dusun Dalem, Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Provinsi. Daerah Istimewa Yogyakarta (Google Maps)

7. Kedung Pedut

Kedung Pedut
Kedung Pedut via Ridwan Zainun

Kedung Pedut berasal dari bahasa Jawa yang artinya kolam dan kabut. Nama ini diambil dari karakteristik air terjun yang ada di wisata alam Jogja ini. Karena aliran air yang deras, area sekitar kolam jadi terlihat seperti berkabut. Karena itu, tempat ini dinamakan sebagai Kedung Pedut.

Selain keindahan air terjun, BTG Traveler juga bisa menikmati keindahan kolam yang ada di Kedung Pedut. Kolamnya memiliki air yang jernih dan berwarna biru toska yang cantik. Membuat siapa pun yang melihat akan terpukau dengan keindahannya.

Untuk bisa sampai ke Kedung Pedut, BTG Traveler harus berjalan kaki dulu dari parkiran. Kira-kira sekitar 500 meter. Tapi tenang saja, rute menuju air terjun ini sudah dibuat jalan setapak yang nyaman. Sehingga perjalanan jadi terasa lebih enak dan dekat.

Ada juga beberapa spot foto yang bisa BTG Traveler gunakan untuk berfoto. Serta wahana permainan flying fox yang bisa BTG Traveler coba saat datang ke wisata alam Jogja ini.

Jam Operasional : 08.00 – 15.30
Tiket Masuk : Rp11.000
Lokasi : Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (Google Maps)

Baca Juga:  6 Spot Foto Heha Forest Kaliurang Wisata Terbaru Jogja Untuk Liburan Tahun Baru

8. Gua Rancang Kencono

Gua Rancang Kencono
Gua Rancang Kencono via aji pambudi

Kalau BTG Traveler senang dengan wisata sejarah, ada satu tempat wisata alam Jogja yang cocok untuk kamu kunjungi. Namanya Gua Rancang Kencono. Tempat ini merupakan sebuah gua yang berada di bawah naungan pohon klumpit raksasa.

Kabarnya, gua ini memiliki beragam cerita yang bisa kamu saksikan. Mulai dari zaman prasejarah hingga masa-masa perjuangan Laskar Mataram. Pohon klumpitnya sendiri sudah berusia ratusan tahun sehingga ukurannya sangat besar.

Nama Rancang Kencono sendiri diambil dari sejarah yang mengiringi gua ini. Kabarnya, gua ini menjadi tempat persembunyian dan pertemuan Laskar Mataram. Di tempat ini, Laskar Mataram menyusun rencana dan merancang strategi untuk mengusir Belanda dari Jogja.

Untuk memasuki gua ini, BTG Traveler akan melewati tangga batu. Semakin ke dalam, kamu akan menemukan semacam pelataran luas yang bisa digunakan sebagai pertemuan. Ada juga keindahan stalaktit yang menghiasi langit gua.

Jam Operasional : 08.00 – 16.00
Tiket Masuk : Rp35.000
Lokasi : Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Google Maps)

9. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal
Taman Sungai Mudal via Satria Raka Siwi

Sungai Mudal bukanlah tempat wisata sungai biasa, tempat ini merupakan sebuah ekowisata yang menggabungkan wisata alam Jogja dengan pemanfaatan alam dan pelestarian lingkungan. Di sini, BTG Traveler bisa menikmati suasana alam yang indah dan juga wahana yang tersedia. Cocok untuk BTG Traveler yang liburan bersama keluarga.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari menikmati keindahan air terjun, berenang di kolam air yang jernih, melakukan camping, hingga mencoba wahana outbond yang tersedia. Ada banyak wahana outbond yang dapat digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Di antaranya, flying fox, rappeling, zip bike, hingga tree top.

Tertarik untuk berkunjung ke tempat ini? Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sekitar musim panas atau saat hari cerah. Biasanya, beberapa wahana akan ditutup jika hari hujan karena dikhawatirkan air meluap dan berbahaya.

Jam Operasional : 08.30-15.15 WIB
Tiket Masuk : mulai dari Rp10.000
Lokasi : Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (Google Maps)

Itulah 5 rekomendasi wisata alam Jogja yang bisa BTG Traveler kunjungi saat liburan nanti. Agar lebih nyaman, kamu bisa mencari penginapan di sekitar area wisata yang ingin kamu datangi. Ada banyak hotel di Jogja yang bisa kamu temukan di Bookingtogo. Selain untuk memesan hotel, BTG Traveler juga bisa membeli tiket pesawat melalui aplikasi Bookingtogo. Dan dapatkan penawaran serta harga terbaik untuk perjalanan liburan kamu.

Promo Booking Hotel 2024

Ingin mengunjungi salah satu wisata alam Jogja yang menawan? Tenang, kamu bisa pesan tiket pesawat ke Jogja di BookingToGo, dan rencanakan liburanmu sekarang juga!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.