Bagikan Artikel
5
(3)

BookingToGo – Hai, BTG Travellers! Bantul adalah salah satu kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten Bantul ini sangat terkenal karena memiliki daya tarik alam yang ciamik, terurtama untuk wisata goa dan pantai. Oleh karena itu, Bantul selalu ramai dikunjungi wisatawan, entah itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Buat kamu yang masih pertama kali berkunjung ke Bantul, pada artikel ini kami akan memberikan 8 rekomendasi Tempat Wisata di Bantul yang Wajib Dikunjungi. Yuk simak informasinya dibawah ini:

8 Tempat Wisata di Bantul yang Wajib Dikunjungi

  1. Seribu Batu Songgo Langit

    wisata-alam-seribu-batu-songgo-langit-bantul-daerah-istimewa-yogyakarta
    Sumber: Instagram @noallan_ (2018)

    Wisata Seribu Batu Songgo Langit ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Dinamakan Seribu Batu karena wisata ini mempunyai ratusan hingga ribuan batu dan dikelilingi hutan pinus. Songgo Langit sendiri artinya penyangga langit karena wisata ini juga mempunyai bukit tinggi yang merupakan tiang dari langit.

    Seribu Batu Songgo Langit ini merupakan wisata yang mempunyai banyak spot foto yang Instagramable dan wahana bermain yang asyik. Spot foto yang sering dikunjungi wisatawan yaitu Rumah Hobbit dan Rumah Seribu Kayu. Untuk wahana bermain ada flying fox, sekali bermain hanya 15.000 rupiah saja. Jika kamu lapar, disini ada warung makan yang menyediakan kuliner yang enak. Oh ya, untuk harga tiket masuk wisata Seribu Batu Songgo Langit adalah 3.000 rupiah,  dan wisata ini buka dari jam 09:00 – 23:00.

    • Harga Tiket Masuk:

      1 Orang 3.000
    • Jam Buka:

      Setiap Hari 09:00 – 23:00
  2. Pantai Parangtritis

    pantai-parangtritis-bantul
    Sumber: unsplash.com (2021), Credit: @elangwardhana

    Pantai Parangtritis merupakan pantai pasir hitam yang terkenal di Bantul dan telah lama menjadi ikon parawisata Yogyakarta. Terkenal dengan lagenda Nyi Roro Kidul, dan mitosnya kamu tidak boleh menggunakan baju hijau disini. Lokasi Pantai Parangtritis berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

    Nama Parangtritis diambil dari kata “Parang” yang artinya batu, dan “Tritis” yang artinya air yang menetes. Di Wisata Pantai Parangtritis kamu bisa melakukan aktivitas berselancar, ombaknya sangat ciamik dan tanpa karang. Kamu juga bisa naik kuda, Bendi (sejenis delman), atau bermain wahana ATV atau motor trail sambil berkeliling pantai. Untuk harga tiket masuk Pantai Parangtritis adalah 10.000 rupiah, dan buka 24 jam setiap hari.

    • Harga Tiket Masuk:

      1 Orang 10.000
    • Jam Buka:

      Setiap Hari 24 Jam
  3. Pantai Parangkusumo

    wisata-pantai-parangkusumo-di-bantul
    Sumber: Instagram @m_romemory (2021)

    Pantai Parangkusumo adalah nama pantai yang berlokasi di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Wisata ini sangat keramat, karena konon merupakan lokasi bertemunya Panembahan Senopati dengan Kanjeng Ratu Kidul. Mereka bertemu di dua buah batu besar yang terletak di area pantai Parangkusumo, namanya Batu Cinta. Konon katanya kalau kamu memanjatkan doa di sekitar Batu Cinta tersebut, permintaan kamu akan terkabul.

    Selain itu, Pantai Parangkusumo juga diyakini sebagai pintu gerbang menuju Keraton Gaib Laut Selatan. Lagenda tersebut merupakan salah satu dari daya tarik dari Pantai Parangkusumo. Daya tarik lainnya sudah tentu pemandangan dan banyaknya kuliner enak di sekitar pantai. Kamu juga bisa naik Bendi, loh. Untuk tiket masuk Pantai Parangkusumo adalah 10.000 rupiah per-orangnya dan buka setiap hari non-stop.

    • Harga Tiket Masuk:

      1 Orang 10.000
    • Jam Buka:

      Setiap Hari 24 Jam
  4. Pantai Depok

    wisata-pantai-depok-bantul
    Sumber: freepik.com (2022), Credit: @heruawan

    Pantai Depok berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Terletak berdekatan dengan Pantai Parangtritis, dan merupakan sentra wisata kuliner seafood. Disini kamu bisa membeli aneka makanan laut yang segar, atau kamu bisa langsung menikmatinya di warung-warung di sekitarnya. Harga makanan seafood-nya juga relatif terjangkau, loh. Selain ikan dan kerang, di Pantai Depok juga menyediakan kuliner Lobster.

      • Harga Tiket Masuk:

        1 Orang 10.000
      • Jam Buka:

        Setiap Hari 05:00 – 17:00

     


    Baca Juga:
    Tempat Wisata di Jogja – 12 Wisata Jogja Paling Terkenal & Terbaru 2021.

  5. Gumuk Pasir Parangtritis

    wisata-gumuk-pasir-parangtritis
    Sumber: freepik.com (2020), Credit: @heruawan

    Gumuk Pasir adalah akumulasi pasir lepas yang membentuk suatu gundukan, disebabkan oleh tiupan angin yang berhembus searah, secara terus menerus. Gumuk Pasir ini merupakan fenomena alam langka yang hanya terjadi di 2 negara saja, yaitu Mexico dan Indonesia. Untuk alamat lengkap wisata Gumuk Pasir ini berada di Jl. Pantai Parangkusumo, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

    Kalau kamu sudah bosan berselancar di ombak, di Gumuk Pasir ini kamu bisa berselancar diatas pasir, loh. Kamu bisa membawa sendiri sandboarding-nya atau kamu bisa sewa di tempat. Selain itu, disini kamu juga bisa bermain wahana ATV, motor trail, atau naik mobil jeep sambil menelusuri tempat wisata. Oh ya, disini ada taman bunga matahari, loh. Untuk masuk wisata gumuk pasirnya gratis, tetapi untuk masuk taman bunga mataharinya kamu perlu membayar tiket masuk 5.000 rupiah per orangnya.

    • Harga Tiket Masuk:

      1 Orang 5.000
    • Jam Buka:

      Setiap Hari 07.30 – 18.30
  6. Pantai Samas

    pantai-samas-bantul-yogyakarta
    Sumber: Instagram @sangwiworo_oct13 (2021)

    Pantai Samas merupakan pantai yang berlokasi di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Daya tarik Pantai Samas selain pantai dengan ombak yang besar, disini juga merupakan tempat persinggahan penyu langka seperti Penyu Hijau, Penyu Lekang, Penyu Sisik, dan Penyu Belimbing.

    Selain itu, disini juga ada danau air tawar yang terbentuk secara alami. Danau ini digunakan untuk budidaya udang galah dan penangkaran penyu. Oh ya, Pantai Samas ini juga sering digunakan untuk ritual keagamaan Upacara Tumuruning Mahesa Sura dan Labuhan Bekti Jalanidhi.

    • Harga Tiket Masuk:

      1 Orang 4.000
    • Jam Buka:

      Setiap Hari 09.00 – 17.00
  7. Goa Cerme

    goa-cerme-imogiri-bantul
    Sumber: Instagram @goacerme (2020)

    Goa Cerme adalah wisata yang terletak di Desa Selopamioro, Kec. Imogiri, Kabupaten Bantul. Panjang Goa Cerme ini bisa sekitar 1,2 KM tembus hingga ke Sendang di Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Yang menjadi daya tarik dari Goa Cerme yaitu keindahan stalaktit, stalakmit, dan adanya sungai bawah tanah.

    Saat menelusuri Goa Cerme, kamu akan menemukan beberapa spot, antara lain batu bundar yang berisi Air Zam-Zam yang konon berkhasiat untuk pengobatan, ada juga spot bernama Paseban yang menjadi tempat berkumpulnya Wali Songo. Untuk tiket masuk Goa Cerme sendiri adalah 6.000 rupiah, tetapi kamu wajib menggunakan jasa pemandu seharga 50.000 rupiah.

      • Harga Tiket Masuk:

        1 Orang 6.000
      • Jam Buka:

        Setiap Hari 07:00 – 18:00

     

    Baca Juga: Heha Sky View Jogja: Harga Tiket Masuk, Menu, Aktivitas Wisata.

  8. Pantai Goa Cemara

    pantai-goa-cemara-bantul-daerah-istimewa-yogyakarta
    Sumber: Instagram @pantai_goacemara (2017)

    Pantai Goa Cemara adalah nama pantai yang terletak di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Daya tarik dari Pantai Goa Cemara ini terletak di kumpulan pohon cemara udang yang membentuk rongga menyerupai Goa.

    Selain itu, Pantai Goa Cemara ini juga mempunyai tempat penangkaran penyu dan pelepasan anak penyu. Disini juga ada wahana asyik seperti main ATV, menunggangi kuda, dan flying fox. Kamu juga bisa melakukan aktivitas camping juga, loh. Di wisata pantai ini juga tersedia berbagai warung seafood enak dengan harga yang relatif terjangkau.

    • Harga Tiket Masuk:

      1 Orang 5.000
    • Jam Buka:

      Setiap Hari 24 Jam

Sebenarnya di Kabupaten Bantul masih banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Ada wisata alam, wisata buatan, wisata budaya, wisata edukasi, dan masih banyak lagi. Tetapi buat kamu yang baru pertama kali ke Kabupaten Bantul, 8 destinasi wisata diataslah yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca blog.bookingtogo.com. Jangan lupa beri rating dan share artikel ini ke teman, kerabat, maupun keluarga kamu. Ikuti terus artikel kami selanjutnya, Thank You!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 3

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...