Bagikan Artikel
5
(1)

BookingToGo – Yogyakarta atau biasa disingkat Jogja merupakan provinsi di Jawa Tengah yang mempunyai banyak sekali tempat wisata yang bagus-bagus. Entah itu wisata budaya, wisata alam, wisata pantai / bahari, wisata edukasi, kulineran, semuanya ada Jogja. Nah, pada artikel ini kami ingin memberikan kamu list rekomendasi tempat wisata di Jogja, baik yang sudah terkenal, maupun yang baru hits belakangan ini. List wisata ini untuk memudahkan kamu mendapatkan informasi dengan cepat saat jalan-jalan di Jogja. Jenis artikel ini mirip seperti artikel tempat wisata di Bali, jadi list-nya akan kami update secara berkala.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari kita bahas isi artikelnya ya, dibawah ini adalah list kategori berdasarkan jenis wisatanya:

Tempat Wisata di Jogja Berdasarkan Jenis Wisatanya

tempat-wisata-di-jogja-bookingtogo-ads
Advertisement: Temukan Pengalaman Wisata Terbaik Ke Jogja bersama BookingToGo!

 

List Tempat Wisata di Jogja

  1. Heha Skyview – Tempat Wisata Hits di Jogja! Kamu bisa kulineran sekalian mencari spot foto keren disini. 

    wisata-heha-skyview-jogja
    Sumber: hehaskyview.com (2020)

    Heha Skyview adalah wisata kuliner dan juga hiburan yang berlokasi di Jl. Dlingo-Patuk No.2, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Heha Skyview ini termasuk tempat wisata yang terbilang baru, karena Heha Skyview baru diresmikan pada tahun 2019, tepatnya di bulan Oktober. Dan pada saat sesudah peresmiannya, wisata ini langsung viral di media sosial. Mengapa bisa viral? Karena Heha Skyview menyediakan spot foto yang sangat instagramable, mulai dari berbagai wahana untuk foto sampai melihat pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Kami sarankan untuk datang ke Heha Skyview saat sore hari, agar saat malam tiba kamu bisa melihat lautan cahaya lampu yang indah disini. Selain spot foto, di Heha Skyview juga ada food stall maupun restoran yang bisa kamu cobain, menu yang disajikan bervariatif dan yang pasti semuanya lezat kok. Baca selengkapnya tentang Heha Skyview di link ini: Heha Skyview Jogja.

    Hari / Jam Buka: Senin – Kamis (11:00 – 23:00), Jumat – Minggu (10:00 – 00:00) Harga Tiket Masuk: 10.000 – 20.000  / Dewasa Link Google Map: https://g.page/hehaskyview?share
  2. Agrowisata Bhumi Merapi – Tempat wisata edukasi di Jogja dimana kamu bisa berinteraksi dengan hewan dan juga mempunyai spot foto ala Eropa yang instagramable!

    Agrowisata-Bhumi-Merapi-Jogja
    Sumber: Instagram @agrowisatabhumimerapi (2020) (edited & cropped)

    Agrowisata Bhumi Merapi adalah wisata edukasi yang berlokasi di Jl. Kaliurang, Sawangan, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Walaupun Agrowisata Bhumi Merapi adalah wisata edukasi, yang kamu bisa berinteraksi dengan berbagai hewan, disini juga menyediakan spot foto ala-ala Eropa, loh! Ada spot foto dengan background Alpen House di Swiss, ada Colorful House di Turki, ada juga spot foto White House di Yunani. Selain itu, di Agrowisata Bhumi Merapi juga ada bisa naik kuda. Seru deh kalau kesini, apalagi lokasinya dekat gunung jadi sejuk. Baca selengkapnya tentang Agrowisata Bhumi Merapi di link berikut ini: Agrowisata Bhumi Merapi.

    Hari / Jam Buka: Selasa – Minggu, 08:30 – 17:00. Senin tutup. Harga Tiket Masuk: 25.000  / Dewasa Link Google Map: https://goo.gl/maps/958H8ADuSoMVvmNB8
  3. The Lost World Castle – Tempat Wisata di Jogja yang mempunyai berbagai macam wahana foto yang keren! Ada wahana foto dari konsep film box office, loh!

    the-hobbit-house-jogja-the-lost-world-castle
    Sumber: Instagram @thelostworldcastle, credit: @idrissaelany (2019)

    The Lost World Castle adalah wisata hiburan yang berlokasi di Jl. Petung Merapi, Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Disebut sebagai wisata hiburan, karena memang The Lost World Castle mempunyai banyak wahana foto yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari spot bangunan tiruan dari Colloseum, Clock Tower, Stone Henge, bahkan spot foto kapal Jack Sparrow dan rumah Hobbit terinsipirasi dari film Box Office ada disini. Dijamin pasti seru, cobain datang kesini. Baca selengkapnya tentang The Lost World Castle di link ini: The Lost World Castle Jogja.

    Hari / Jam Buka: Setiap Hari, 07:00 – 18:00. Harga Tiket Masuk: 30.000  / Dewasa Link Google Map: https://g.page/the-lost-world-castle?share
  4. Pantai Nguluran – Dikenal sebagai teras kaca Jogja, karena mempunyai lantai kaca di depan pantai. Pantai Nguluran juga mempunyai wahana pemicu Andrenalin, loh!

    teras-kaca-pantai-nguluran
    Sumber: tukangpantai.blogspot.com (2019)

    Pantai Nguluran adalah nama wisata bahari yang ada di Bolang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lalu apa sih daya tarik dari pantai ini? Jadi, Pantai Nguluran ini berbeda dengan pantai pada umumnya yang hanya pasir dan air laut. Disini mempunyai teras yang terbuat dari kaca dimana kamu bisa berfoto disini sambil menikmati pemandangan pantai. Oleh karena itulah, Pantai Nguluran ini sering disebut warga sekitar sebagai wisata teras kaca Jogja. Oke, lalu cuma itu saja? Tidak dong, travellers. Di Pantai Nguluran ini juga punya banyak spot foto seperti becak terbang, glass boat, dan wahana bermain seperti flying fox. Sudah tertarik untuk mengunjungi Pantai Nguluran? Untuk informasi selengkapnya tantang Pantai Nguluran, bisa dilihat disini: Pantai Nguluran Jogja.

    Hari / Jam Buka: Selasa – Minggu, 09:00 – 17:00, Senin Tutup. Harga Tiket Masuk: 30.000  / Dewasa Link Google Map: https://goo.gl/maps/3dcHBR5mSA6KQY8s5
  5. Candi Borobudur – Candi Buddha Terbesar di Dunia! Pernah masuk daftar warisan dunia UNESCO tahun 1991.

    gambar-candi-borobudur-jogja
    Sumber: freepik.com (2020)

    Candi Borobudur ini sebenarnya bukan masuk ke daerah Magelang, namun Candi Borobudur ini telah melekat sekali dengan tempat wisata di Jogja. Maka dari itu, secara spesial Candi Borobudur kamu masukkan kedalam kategori wisata di Jogja. Candi Borobudur ini terletak di Jl. Badrawati, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lalu, apa daya tarik dari Candi Borobudur ini? Candi Borobudur adalah candi buddha terbesar di seluruh dunia dan sempat masuk daftar warisan dunia UNESCO pada tahun 1991. Jika ke Jogja tapi tidak mengunjungi Candi Borobudur, sayang banget loh travellers. Jangan lupa cobain datang kesini, ya!

    Hari / Jam Buka: Setiap Hari, 06:00 – 17:00. Harga Tiket Masuk: 50.000  / Dewasa Link Google Map: https://goo.gl/maps/MgvLjxv4Q1a9SsJG8
  6. Candi Prambanan – Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara! Termasuk salah satu wisata wajib di Jogja.

    tempat-wisata-candi-prambanan-jogja
    Sumber: pixabay.com (2016), Credit: bonjours

    Candi Prambanan atau nama lainnya Candi Roro Jonggrang merupakan nama candi Hindu yang berada di Jalan Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Daya tarik Candi Prambanan ini adalah Candi yang dibangun pada abad ke 9 silam, dan termasuk Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Jika dilihat dengan seksama, Candi Prambanan ini terlihat sangat megah dan indah, cocok deh untuk jadi background foto untuk media sosial kamu. Setelah selesai foto-foto, di Candi Prambanan kamu juga bisa nonton Sendratari Ramayana atau Ramayana Ballet yang menceritakan alur dari relief yang terdapat di dalam candi beserta kisah dari Ramayana. Wisata Candi Prambanan ini merupakan wisata wajib di Jogja, loh. Pastikan kamu datang kesini, ya!

    Hari / Jam Buka: Setiap Hari, 06:00 – 17:00. Harga Tiket Masuk: 50.000  / Dewasa Link Google Map: https://goo.gl/maps/HLiM9CjP9hMsvXFJ7
  7. Gua Kalisuci Jogja – Wisata Minat Khusus dimana kamu bisa bermain arum jeram (rafting) sambil menelusuri Gua.

    wisata-gua-kalisuci-jogja
    Sumber: bloggerindonesia.net (2015)

    Gua Kalisuci adalah wisata gua yang terletak di Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Kurang lebih berjarak 50-60 km dari Kota Yogyakarta. Biasanya, wisatawan yang pergi ke Gua Kalisuci ini melakukan aktifitas rafting (sejenis olahraga arus deras) sambil menelusuri Gua. Saat kamu memasuki gua, kamu akan melihat indahnya stalakmit, air sungai yang biru, dan cahaya matahari yang menelusuri kedalaman gua. Pastinya indah banget deh, jangan lupa untuk membawa baju ganti saat melakukan aktifitas rafting.

    Hari / Jam Buka: Setiap Hari, 08:00 – 16:00. Harga Tiket Masuk: 120.000  / Dewasa Link Google Map: https://g.page/kalisuci-cave-tubing?share
  8. Candi Sewu – Candi Buddha Terbesar Kedua di Indonesia. Candi peninggalan Abad 8 Masehi dibangun oleh Kerajaan Mataram Kuno.

    candi-sewu-jogja
    Sumber: www.flickr.com (2012), Credit: @feri_jagoan

    Candi Sewu adalah nama candi yang berlokasi di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.KM.16, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya dekat dengan Candi Prambanan yang hanya sekitar 800 meter atau 5 kurang lebih 5 menit perjalanan. Perlu kamu ketahui, Candi Sewu adalah Candi Buddha terbesar kedua di Indonesia setelah Candi Borobudur. Dinamakan Candi Sewu diambil dari kata Jawa yang artinya seribu, walaupun kenyataannya Candi Sewu hanya mempunyai 249 candi. Candi Sewu ini dibangun pada abad 8 Masehi oleh kerajaan Mataram kuno. Saat kamu memasuki wilayah Candi, kamu akan melihat 2 patung di pintu masuk. Patung itu namanya Dwarapala, yaitu patung penjaga gerbang dan pelindung tempat suci dalam ajaran Siwa dan Buddha. Tinggi patung Dwarapalanya sekitar 2.3 meter. Silahkan ditelusuri saja Candi Sewu-nya.

    Hari / Jam Buka: Setiap Hari, 06:00 – 17:00. Harga Tiket Masuk: 50.000  / Dewasa Link Google Map: https://goo.gl/maps/XotBmxHf2BkSfNTT9
  9. Candi Keraton Ratu Boko – Wisata Sejarah di Jogja yang terbuat dari sisa-sisa istana Raja Mataram.

    wisata-candi-ratu-boko-jogja
    Sumber: commons.wikimedia.org (2012) (edited), Credit: Jimmy McIntyre

    Candi Ratu Boko terletak di Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.2, Gatak, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi Ratu Boko ini letaknya ada di atas bukit, sekitar kurang lebih 195,97 meter di atas permukaan laut. Sebenarnya, Candi Ratu Boko ini bukanlah dalam bentuk Candi pada umumnya melainkan sisa-sisa Istana. Menurut lagenda, Candi Ratu Boko merupakan istana dari Ratu Boko yang merupakan ayah dari Lara Jonggrang. Jadi jangan heran, saat kamu masuk kedalam akan menemukan kolam permandian (Keputren) dan juga tempat pertemuan dengan raja (Paseban). Karena memang pada jaman dahulu, abad ke-8 masehi, tempat ini merupakan Istana. Cobain deh keliling tempat ini, nanti kamu akan menemukan yang menarik seperti kuil pembakaran, sumur tua yang digunakan sebagai sumber air suci untuk ritual, bahkan 2 gua yang disebut sebagai gua lanang dan gua wadon. Coba saja telusuri deh, ada banyak yang bisa dilihat, kok!

    Hari / Jam Buka: Setiap Hari, 06:00 – 17:00. Harga Tiket Masuk: 40.000  / Dewasa Link Google Map: https://goo.gl/maps/roGekeTv4g9oWcxn8
  10. Pantai Pulang Sawal / Pantai Indrayanti – Pantai pasir putih dengan batu karang besar dan indah. 

    wisata-pantai-indrayanti-pulang-sawal-jogja
    Sumber: commons.wikimedia.org (2017) (edited), Credit: Irals23

    Pantai Indrayanti atau biasa disebut pantai Pulang Sawal adalah pantai yang berlokasi di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul,  Yogyakarta. Uniknya, pantai ini sebenarnya disebut sebagai Pantai Pulang Sawal namun dikenal sebagai pantai Indrayanti karena ada cafe dan restoran yang bernama Indrayanti. Karena restoran dan cafe-nya ada menaruh papan nama di pintu masuk pantainya, makanya pantai ini lebih dikenal pantai Indrayanti daripada pantai Pulang Sawal. Pantai ini merupakan pantai pasir putih dengan air laut yang terjaga kebersihannya. Selain itu, pantai Indrayanti juga mempunyai bukit karang yang memisahkan pantai disebelah timurnya. Bukit karang ini ada tangganya, loh. Biasanya, para wisatawan naik keatas bukit karang dan berfoto-foto karena pemandangannya juga indah sekali, travellers. Cobain datang kesini dan jangan lupa makan siang di restoran sana, sambil menikmati keindahan pantai.

    Hari / Jam Buka: Selasa – Minggu, 07:00 – 17:00. Harga Tiket Masuk: 10.000  / Dewasa Link Google Map: https://goo.gl/maps/cpyYozPe4n1V88YP7
  11. Pantai Parangtritis – Pantai Pasir Hitam di Laut Selatan Jogja. Mempunyai ombak yang kencang dan besar, cocok untuk surfing khusus ahli.

    pantai-parangtritis-jogja
    Sumber: commons.wikimedia.org (2018) (edited), Credit: Unggulsulistio

    Pantai Parangtritis adalah nama pantai pasir hitam yang berlokasi di desa Paragtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Di pantai ini kamu tidak diperbolehkan berenang di pantai, loh. Karena Pantai Parangtritis ini mempunyai ombak yang besar dan cepat, jadi berbahaya untuk berenang disini. Lalu ngapain dong kemari kalau tidak berenang? Ada banyak yang bisa dilakukan, kok! Pantai Parangtritis mempunyai wahana seperti ATV, dan kereta kuda yang bisa kamu gunakan untuk mengelilingi pantai. Kurang seru? Yaudah, biasanya di Parangtritis ada orang berselancar kok, kalau mau coba silahkan saja. Tapi, pastikan kamu bukan pemula dalam berselancar ya, karena pantai Parangtritis hanya dikhususkan untuk ahli saja. Seperti karakteristik pantai di laut selatan pada umumnya, pantai Parangtritis mempunyai ketinggian ombak mencapai 3 meter dan juga arus ombaknya juga cepat sekali. Bermainlah dengan hati-hati ya, travellers!

    Hari / Jam Buka: Buka 24 Jam Harga Tiket Masuk: 10.000  / Dewasa Link Google Map: https://goo.gl/maps/q4Gco5pfLGg3wcVX7
  12. Museum Gunung Merapi – Belajar tentang Gunung Merapi? Disinilah tempatnya! Ada Mini Theater juga, loh.

    museum-gunung-merapi-jogja
    Sumber: stephanielauravintage.blogspot.com (2017)

    Museum Gunung Merapi adalah wisata edukasi yang beralamat di Jl. Kaliurang No.Km, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sesuai dengan judulnya, wisata ini adalah tentang museum yang memberikan edukasi berkaitan dengan mitigasi bencana, wahana informasi, penelitian, dan hal-hal lainnya mengenai gunung api.

    Di Museum Gunung Merapi ini mempunyai 2 lantai, dimana lantai 1 adalah tempat kamu mempelajari hal-hal umum seperti tipe letusan gunung berapi, rekam jejak letusan gunung merapi, koleksi yang terkait dengan gunung merapi seperti alat pendeteksi gunung merapi (seismograph), dan lain sebagainya.

    Sedangkan lantai 2 kamu akan melihat display letusan gunung merapi, rekam jejak gunung merapi dalam jangka waktu lama bahkan sebelum Indonesia merdeka, dan ada mini theater yang menayangkan film dokumenter tentang gunung merapi.

    Dijamin bakal seru deh, berwisata di gunung merapi sambil belajar di museum. Cobain ya datang kesini!

    Hari / Jam Buka: Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu (08.00 – 15.30), Jumat (08.00 – 14.30)
    Senin Libur
    Harga Tiket Masuk: 5.000 / Dewasa

    Harga Tiket Masuk Ruang Audio Visual: 5.000 / Dewasa

    Link Google Map: https://goo.gl/maps/cr6sV4Mk5c5ZjfF67

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini