10 Rekomendasi Oleh-Oleh Bogor untuk Kerabat dan Orang Tersayang

Bagikan Artikel
0
(0)
Rate this post

oleh-oleh Bogor – Saat akhir pekan, jalanan di Kota Bogor atau jalur puncak sering kali dipenuhi oleh kendaraan yang berasal dari Jakarta. Wajar saja, karena Bogor adalah salah satu destinasi wisata yang dekat dengan Jakarta. Kalau BTG Traveler datang ke Bogor, kurang lengkap rasanya kalau pulang tanpa membawa oleh-oleh Bogor.

Ada banyak oleh-oleh yang bisa dibawa sebagai buah tangan untuk keluarga dan kerabat. Baik oleh-oleh makanan atau pun yang bukan makanan. Kalau BTG Traveler bingung, berikut ini beberapa oleh-oleh yang bisa kamu pertimbangkan.

Oleh-Oleh Bogor Makanan

Bogor bukan hanya dikenal dengan daerah Puncak yang teduh. Tapi juga berbagai makanan yang bisa jadi oleh-oleh Bogor. Mulai dari makanan kekinian hingga makanan tradisional dengan rasa yang enak. Misalnya saja beberapa inspirasi oleh-oleh berikut ini:

1. Roti Unyil


Roti Unyil Roti Unyil via zonabogor.com

Kisaran Harga : Rp4.000

Sesuai namanya, Roti Unyil adalah oleh-oleh roti yang berukuran kecil. Biasanya, panjang roti unyil tidak lebih dari 5 cm. Atau seukuran bite-sized, sehingga bisa dinikmati dalam sekali hap. Karena ukurannya yang kecil mungil, roti unyil biasa dibeli dalam jumlah yang banyak dan harganya juga murah. Sehingga cocok sebagai oleh-oleh Bogor.

Pilihan rasa yang tersedia juga sangat banyak dan bermacam-macam. Mulai dari yang gurih sampai dengan yang manis. Beberapa rasa yang menjadi primadona adalah rasa abon, keju, sosis, bakso, moka, cokelat, jagung, nanas, susu, kacang, kismis, pisang, pisang cokelat, cokelat kacang, dan stroberi. Selain itu, masih banyak juga rasa lain yang bisa BTG coba dan pilih.

Biasanya, roti unyil dijual dalam paketan isi 10, 15, 20, dan seterusnya. Tapi di beberapa tempat, kamu juga bisa membelinya secara satuan.

2. Lapis Talas

Lapis Talas Lapis Talas via cookpad

Kisaran Harga : mulai dari Rp18.000

Selain roti unyil, oleh-oleh Bogor lainnya yang khas adalah lapis talas. Sejak dulu, talas Bogor memang sudah dikenal luas. Sekarang, BTG Traveler juga bisa mencoba talas Bogor siap makan dalam bentuk lapis talas atau bolu talas.

Ciri khas lapis talas Bogor adalah warna kuning dan ungunya yang menggugah selera. Selain itu, ada banyak pilihan toping dan rasa yang bisa BTG Traveler pilih. Seperti rasa keju, original talas, cocopandan, hingga kopi susu.

Lapis talas Bogor yang terkenal dan banyak dicari adalah Lapis Bogor Sangkuriang. Salah satu outlet resminya berada di Stasiun Bogor. Jadi, kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh Bogor saat perjalanan pulang.

3. Macaroni Panggang

Macaroni Panggang Macaroni Panggang via Tokopedia

Kisaran Harga : mulai dari Rp50.000

Kalau BTG Traveler menyukai pasta, kamu bisa menjadikan Macaroni Panggang sebagai oleh-oleh Bogor. Makanan ini agak mirip dengan schotel namun teksturnya lebih garing di luar dan lembut di dalam. Paduan keju yang terbakar dengan isian daging dan makaroni akan sangat memanjakan lidah siapa pun yang mencobanya.

Selain makaroni panggang, kamu juga bisa mencoba kue kayu manis dan ketan bambu. Salah satu outlet macaroni panggang yang terkenal ada di dekat Taman Kencana Bogor. Selain sebagai oleh-oleh, kamu juga bisa menikmati makaroni ini di tempat bersama pasangan atau orang terkasih.

4. Kacang Bogor

Kacang Bogor Kacang Bogor via wikipedia

Kisaran Harga : mulai dari Rp8.500

Dibandingkan dengan oleh-oleh Bogor sebelumnya, kacang Bogor adalah oleh-oleh yang cukup tradisional. Biasanya, penjaja kacang Bogor akan ramai pada sekitar bulan Februari sampai April. Ada yang menjual kacang ini dalam bentuk kacang goreng atau pun kacang rebus.

Berbeda dengan kacang biasa, kacang Bogor memiliki bentuk yang bulat dan isi berwarna ungu. Rasanya juga enak seperti kacang pada umumnya. Namun, ada juga yang sudah diberi rasa-rasa seperti keju, barbekyu, hingga balado. Harganya pun cukup murah. Cocok untuk camilan saat santai dan kumpul bersama keluarga.

5. Bika Bogor

Bika Bogor Bika Bogor via Wikimedia

Kisaran Harga : mulai dari Rp40.000

Bukan hanya Medan yang punya oleh-oleh Bika. BTG Traveler juga bisa menemukan oleh-oleh yang sama di Bogor. Hanya saja, kalau Bika Medan dibuat dari tepung terigu, Bika Bogor terbuat dari umbi talas.

Selain itu, Bika Bogor juga dibuat dengan inovasi berbagai rasa. Seperti talas, cokelat, cocopandan, nangka, hingga green tea. Biasanya, Bika Bogor berukuran lebih kecil dan dijual dalam bentuk bundling satu kotak yang berisi berbagai varian rasa. Tertarik untuk mencobanya?

6. Asinan Bogor

Asinan Bogor Asinan Bogor via endeus.tv

Kisaran Harga : mulai dari Rp30.000

Siapa yang tidak kenal asinan Bogor? Makanan satu ini adalah salah satu oleh-oleh Bogor paling terkenal dari masa ke masa. Asinan Bogor terbuat dari buah dan sayur yang dimasak dengan gula. Rasanya manis asam dan segar. Cocok dinikmati saat cuaca sedang panas.

7. Bir Kotjok

Bir Kotjok Bir Kotjok via jalurrempah.kemdikbud.go.id

Kisaran Harga : Rp10.000

Meskipun namanya “bir”, oleh-oleh Bogor satu ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Minuman satu ini adalah salah satu minuman tradisional khas Bogor yang terkenal. Sayangnya, tidak banyak penjual bir kotjok yang mudah ditemukan.

Kalau mau mencoba bir kotjok, BTG Traveler bisa datang ke Es Bir Kotjok Bogor si Abah yang berada di Jalan Suryakencana. Minuman ini terbuat dari jahe, kayu manis, cengkeh, gula pasir, dan aren. Rasanya segar sekaligus menghangatkan.

Oleh-Oleh Bogor Bukan Makanan

Selain makanan, Bogor juga punya oleh-oleh khas yang berupa barang. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi oleh-oleh Bogor barang yang bisa kamu beli dan berikan kepada orang tersayang:

1. Boneka Potty

Boneka Potty Boneka Potty via bogorchannel.com

Kisaran Harga : Rp48.000

Bagi BTG Traveler yang memiliki ponakan, adik, atau kerabat yang masih kecil, oleh-oleh Bogor sangat cocok diberikan sebagai hadiah. Boneka Potty adalah boneka unik yang bisa ditanami tanaman hias. Bentuknya pun lucu dan beragam. Mulai dari gajah, ikan, hingga tokoh kartun.

Satu set boneka potty yang dijual sudah termasuk benih, sekam, dan petunjuk pemakaian. Cocok untuk anak-anak yang baru belajar mengenal tanaman. Kalau mau diberikan sebagai oleh-oleh orang dewasa yang suka bertanam pun masih cocok dan seru.

2. Batik Bogor

Batik Bogor Batik Bogor via banhub.jabarprov.go.id

Kisaran Harga : mulai dari Rp60.000 per meter

Hampir setiap wilayah di Indonesia memiliki ragam batik yang memikat. Termasuk kota hujan, Bogor. Ada sekitar 90 motif batik kota hujan yang bisa kamu pilih dan berikan untuk kerabat atau orang tersayang.

Salah satu motif yang paling banyak dicari adalah motif batik hujan. Motif ini dianggap sebagai motif yang paling menggambarkan Bogor sebagai Kota Hujan. Karena itu, peminatnya hampir selalu tinggi setiap waktu.

3. Kaus Unchal

Kaus Unchal Kaus Unchal via travel.kompas.com

Kisaran Harga : mulai dari Rp70.000

Unchal memiliki arti “kijang” dalam bahasa Sunda. Hewan ini merupakan hewan ikonik Bogor. Karena itu, nama Unchal digunakan sebagai salah satu brand kaos oleh-oleh Bogor dengan desain dan kualitas yang bagus.

Keunikan dari kaos Unchal ada pada pesan yang tertulis pada kaosnya. Biasanya, kaos oleh-oleh asal Bogor hanya bergambar istana dan tugu kujang. Kaos Unchal memadukan keindahan, celotehan, kuliner, hingga problematika Bogor dalam desain yang unik dan jenaka.

Beberapa desain favorit adalah kaos yang bertuliskan “Bogor Never Dry”, “USA: Urang Sunda Asli”, dan Sedia Payung Sebelum Bogor”. Selain itu, ada sekitar 40 desain lain yang tidak kalah menarik untuk dijadikan oleh-oleh atau dipakai sendiri.


Nah, itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh Bogor yang bisa BTG Traveler beli dan berikan. Kalau BTG Traveler berencana datang ke Kota Hujan ini, jangan lupa untuk mencari penginapan dan hotel di Bookingtogo. Ada banyak penawaran dan diskon dengan harga menarik yang bisa BTG Traveler.

Promo Booking Hotel 2024


Selain memesan hotel, Bookingtogo juga menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat ke berbagai destinasi. Baik destinasi liburan dalam negeri maupun luar negeri. Jadi, liburan lebih aman, nyaman, dan mengesankan. Selamat liburan!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like