Bagikan Artikel
5
(3)

BookingToGo – Halo, BTG Travellers! Bagaimana kabarmu? Seperti yang kita ketahui, Indonesia dari sabang sampai merauke selalu saja ada tercipta menu makanan yang lezat. Ini karena Indonesia memang negara yang sangat kaya akan sumber daya alam, termasuk bumbu rempah dan bahan makanan. Maka dari itu, semua makanan khas Indonesia memiliki rasa dan aroma yang menggiurkan.

Nah, taukah kamu? Kuliner Indonesia ada loh yang telah mendunia. Mendunia ini artinya sampai begitu terkenal di luar negeri. Entah itu direview oleh orang luar negeri, bahkan pernah sampai masuk peringkat makanan terenak di seluruh dunia dan di liput oleh media massa ternama. Penasaran makanan khas Indonesia mana yang akan dibahas? Berikut adalah ulasan artikelnya:

Kuliner khas Indonesia yang Mendunia

  1. Rendang – Makanan khas Sumatera Barat yang Masuk Peringkat Nomor 1 Makanan Terenak di Seluruh Dunia!

    makanan-khas-indonesia-rendang
    Sumber: commons.wikimedia.org (2019), Credit: Icfam90 (edited)

    Tidak hanya jadi favorit kita saja, Rendang telah menjadi makanan terenak di seluruh dunia yang artikelnya di terbitkan ulang oleh CNN pada tahun 2017 dengan judul “Your pick: World’s 50 best foods“. Secara singkat, Rendang adalah masakan daging sapi dari Minangkabau, Sumatera Barat, dimasak menggunakan aneka rempah dan santan selama berjam-jam dengan suhu rendah (sekitar 4 jam).

    Rendang ini bisa kamu temui di setiap rumah makan padang dan telah menjadi menu makanan wajib. Bahkan saat itu ada lagu yang viral pada tahun 2016 bernama “Nasi Padang”, diciptakan oleh orang Norwegia yang sangat suka dengan masakan padang. Rumah makan padang juga banyak tersebar di luar negeri bahkan sampai ada di San Francisco, Amerika Serikat, loh.

    online-travel-agent-bookingtogo
    Advertisement: Pesan Tiket Pesawat di BookingToGo Saja!
  2. Nasi Goreng – Kuliner Indonesia yang Sederhana, namun Masuk kedalam Peringkat 2 Makanan Terenak di Dunia!

    kuliner-khas-indonesia-nasi-goreng
    Sumber: commons.wikimedia.org (2017), Credit: Helito (edited & cropped)

    Nasi goreng atau dalam bahasa Inggris “fried rice“, merupakan masakan yang sering orang Indonesia nikmati. Pada umumnya, Nasi Goreng ini terbuat dari nasi yang digoreng dengan minyak dan tambahan telur. Jika ditelusuri darimana Nasi Goreng ini berasal, ternyata menu ini datang dari China, lalu ilmunya terbawa sampai ke Indonesia. Tetapi, nasi goreng khas Indonesia ini mempunyai perbedaan dengan China.

    Nasi Goreng China cenderung rasanya hanya gurih dan asin, sedangkan Nasi Goreng Indonesia dikembangkan hingga memiliki cita rasa gurih, asin, manis, dan pedas. Uniknya, Nasi Goreng Indonesia yang lebih terkenal dan sampai menjadi makanan terenak di seluruh dunia oleh CNN (2017) peringkat nomor dua setelah Rendang, loh! Kuliner Indonesia hebat, bukan? Berbanggalah, ternyata ada 3 kuliner indonesia yang masuk daftar makanan terenak oleh CNN.

  3. Sate – Makanan Khas Indonesia Terbuat dari Daging yang Ditusuk, Dibakar, dan Varian Bumbu Lezat. Peringkat 14 dari 50 Makanan Terenak di Dunia!

    makanan-khas-indonesia-sate-ayam
    Sumber: commons.wikimedia.org (2009), Credit: Alpha (edited)

    Inilah kuliner khas Indonesia yang masuk kedalam daftar makanan terenak oleh CNN (2017). Walaupun tidak masuk ke lima besar, setidaknya sate Indonesia masuk ke peringkat 14 dari 50 daftar makanan terbaik. Kuliner bernama sate ini memang makanan khas Indonesia yang tepatnya berasal dari Pulau Jawa. Sate adalah jenis makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan lidi bambu atau tulang daun kelapa, diberi bumbu, lalu dibakar dengan arang.

    Daging yang digunakan bermacam-macam, namun pada umumnya antara daging ayam atau kambing. Setelah dibakar hingga matang, ada dua pilihan bumbu yang bisa kamu pilih antara bumbu kacang atau bumbu kecap. Selain dari pemberitaan CNN, sate juga pernah dipidatokan oleh presiden Amerika Serikat, Barack Obama saat kunjungannya ke Indonesia pada November, 2010.

  4. Gado-gado – Salad Indonesia Sederhana yang diberi Bumbu Kacang yang Lezat. Makanan khas dari Jakarta yang disukai oleh Orang Luar Negeri!

    gado-gado-indonesia
    Sumber: commons.wikimedia.org (2016), Credit: Takeaway (edited & cropped)

    Kuliner Indonesia banyak yang menggunakan bumbu kacang, selain sate yang kita bahas sebelumnya, ada juga kuliner yang terbuat dari variasi sayuran yang diberikan bumbu kacang. Selain sayuran, kuliner ini biasanya dicampur dengan tempe, tahu, telur, dan juga lontong.

    Menu kuliner ini biasa kita sebut sebagai gado-gado, makanan khas di Jakarta, Indonesia. Menu kuliner ini, masuk kedalam artikel di CNN tahun 2017 dengan judul “40 Indonesian foods we can’t live without“. Gado-Gado mungkin terdengar asing oleh orang luar negeri, karena mereka biasa menamainya sebagai “Indonesian Salad“.

    Baca juga: Makanan Khas Aceh yang Enak dan Wajib Kamu Coba

  5. Bakso – Kuliner Hangat dan Mengenyangkan dari Indonesia! Lezat sekali jika dimakan saat Musim Hujan!

    bakso-indonesia
    Sumber: commons.wikimedia.org (2018), Credit: Qaedi Shamsuddin (edited)

    “Sate! I remember that, Bakso! Enak, ya” begitulah pidato Presiden Amerika Serikat Barack Obama saat berkunjung ke Indonesia pada November, 2010. Bakso adalah kuliner khas Indonesia yang terbuat dari olahan daging sapi yang digiling lalu dibentuk menjadi bola dengan tepung tapioka. Biasanya, kuliner Bakso ini dihidangkan dengan kuah hangat dengan campuran mie dan/atau bihun.

    Bakso ini sebenarnya adalah kuliner yang datang dari China. Nama Bakso juga diambil dari bahasa Hokkien “Bak-So” yang artinya daging giling. Lalu, kuliner ini dikembangkan oleh orang Indonesia dan menciptakan berbagai variasi bakso seperti Bakso Urat, Bakso Ikan, Bakso Malang, dan lain sebagainya.

  6. Indomie – Mie Instan Lezat asal Indonesia yang di Ekspor sampai lebih dari 60 Negara!

    makanan-khas-indonesia-yang mendunia-indomie
    Sumber: www.indomie.com (2019)

    Siapa orang Indonesia yang tidak tau makanan satu ini? Makanan khas Indonesia yang sering disebut sebagai makanan favorit dan juga penyelamat anak kos ini ternyata sangat terkenal di luar negeri, loh. Karena memang Indomie ini telah diekspor lebih dari 60 negara.

    Negara yang diekpor antara lain seperti: Australia, Amerika Serikat, Selandia Baru, Taiwan, Afrika, Jepang, Irak, Papua Nugini, Hong Kong, dan masih banyak lagi. Dan hebatnya lagi, Indomie sangat disukai oleh orang luar negeri. Bahkan banyak cerita yang beredar, kalau Indomie ini sangat digilai oleh orang Nigeria, Afrika Barat.

Kami kira itulah semua informasi menarik tentang makanan khas Indonesia yang terkenal sampai ke dunia Internasional. Indonesia memang jagonya soal makanan, bahkan ada pakar yang mengatakan bahwa kuliner Indonesia bisa mencapai ribuan jenis.

Pasti akan seru jika kamu travelling ke seluruh Indonesia, sambil mencicipi semua makanan baru yang bisa kamu temui di lokasi. Kami BookingToGo bisa membantu kamu dalam urusan perjalanan wisata. Jangan lupa untuk selalu cek website bookingtogo.com untuk soal produk travelling dan ikuti terus artikel seru kami di blog.bookingtogo.com.

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, tolong share ke teman, keluarga, atau kerabat kamu, ya. Dan juga berikan rating 5 pada artikel yang kamu suka. Thank You!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 3

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...