7 Tips Traveling Hemat Anti Melarat Yang Bisa Kamu Coba!

1771
tips-traveling-hemat
Sumber: unsplash.com (2020), Credit: @charlottenoelle_
Bagikan Artikel
Rate this post

BookingToGo – Ngomongin tentang Tips Traveling hemat, mungkin kondisi ini hampir pernah dirasakan beberapa orang yang ingin traveling dan sudah jenuh dengan rutinitas pekerjaan, atasan yang nyebelin, tanggal tua dan belum gajian.

Jika seperti itu, kamu pasti ngerasa nge-down banget, kan? Oleh karena itu, kami ingin memberi kamu tips agar bisa traveling hemat tapi anti melarat. Yuk simak tips kami dibawah ini:

Liburan ke Wisata Domestik

pantai-kelingking-nusa-penida
Sumber: freepik.com (2021), Credit: @tawatchai07

Kalau budget kamu terbatas, lebih baik kamu pilih destinasi wisata domestik saja. Ada banyak kok tempat wisata yang bagus di Indonesia. Dari wisata kuliner, wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi, dan masih banyak wisata lainnya di Indonesia loh. Mana mungkin dari Sabang sampai Merauke, tidak ada tempat wisata yang kamu suka.

Traveling di negara sendiri pasti lebih hemat, karena kamu tidak perlu keluar biaya passport dan visa. Belum lagi nilai mata uangnya yang lebih mahal. Kesimpulannya, kalau ingin wisata Internasional kamu harus punya budget lebih.

Rencanakan Liburan Kamu

rencana-perjalanan-wisata
Sumber: pixabay.com (2016), Credit: dariuszsankowski

Ini penting kalau kamu memang ingin traveling hemat. Kamu jangan pesan tiket pesawat dalam waktu yang mepet, karena sudah pasti harganya akan lebih mahal. Setidaknya rencanakan liburan kamu 4 – 5 bulan sebelum keberangkatan kalau memang kamu harus pakai pesawat untuk sampai tujuan wisata kamu. Rencanakan juga kamu ingin ke wisata mana saja, dan cek di Internet tiket masuk wisatanya berapa.

Kamu juga bisa pakai forum BookingToGo, dan coba tanya disana. Kami membuat fitur forum tersebut memang untuk kamu berdiskusi soal wisata. Rencana liburannya tidak perlu terlalu detail, kamu hitung biaya transportasi, akomodasi, dan tiket masuk wisata saja. Dari sana kamu sudah punya bayangan kira-kira akan keluar berapa.

Baca Juga:  Gampang Banget Ini Tips Naik Pesawat Pertama Kali Buat Liburan!

Menginap di Hostel

cara-hemat-traveling-menginap-di-hostel
Sumber: pixabay.com (2014), Credit: stokpic

Menginap di hotel memang mahal karena hotel memberikan fasilitas yang lengkap. Tapi kalau kamu ingin traveling hemat, ada baiknya kamu bisa menginap di hostel. Karena harga menginap di hostel jauh lebih terjangkau daripada di hotel.

Karena tujuan kamu ingin pergi ke berbagai tempat wisata, dan bukan untuk staycation. Kamu bisa tidur dengan nyaman di hostel juga kok. Kamu bisa cek di bookingtogo.com untuk cari hostel dengan harga yang murah, kami memiliki banyak pilihan untuk akomodasi kamu.

Hindari Bawa Barang Berlebih

tips-hemat-traveling-mengemas-barang
Sumber: www.freepik.com (2021), Credit: rawpixel.com

Kalau kamu bawa barang kebanyakan, pasti nanti di bandara kamu akan keluar biaya bagasi lagi. Itu sudah bertentangan sama traveling hemat, bukan? Lagipula dengan membawa sedikit barang, liburan kamu jadi tidak ribet.

Bawa saja barang dengan ransel, ikuti gaya berwisata ala Backpacker. Nanti kamu juga pasti bakal bawa oleh-oleh, kalau dari awal saja kamu sudah banyak barang nanti pasti nanti bakal keluar biaya bagasi lebih banyak lagi.

Pakai Transportasi Umum

travel-hemat-naik-bis
Sumber: freepik.com (2021), Credit: freepik

Kalau kamu pakai kendaraan pribadi sudah pasti lebih mahal. Belum lagi kalau ban kendaraan kamu kurang angin atau bocor, kamu pasti bakal keluar uang lebih. Tapi, jika kamu naik kendaraan umum, segala resiko saat perjalananan ditanggung oleh penyedia transportasi. Selain itu, kamu juga tidak perlu capek mengemudi karena sudah ada supirnya. Jadi, kalau capek kamu bisa langsung tidur saja di kursi penumpang.

Baca Juga: Backpacker, Flashpacker, dan Tripper – Gaya Liburan Kamu Seperti Apa?

Pilih Tempat Makan yang Sesuai Budget

tips-hemat-traveling-hindari-makan-di-restoran
Sumber: unsplash.com (2014), Credit: @jaywennington

Makanan restoran sudah pasti harganya lebih mahal. Ada baiknya kamu makan makanan di tempat makan kaki lima saja, karena harganya lebih terjangkau. Selain itu, untuk menghemat pengeluaran traveling kamu juga bisa makan makanan di minimarket.

Ajak Teman Kamu Berwisata

traveling-bersama-teman
Sumber: unsplash.com (2018), Credit: @miinyui

Kalau bawa teman, saat berwisata kamu bisa patungan. Misalnya beli makan dengan porsi yang banyak lalu di bagi-bagi. Semua kenyang dan dengan biaya yang hemat, win – win solution bukan?

Baca Juga:  10 Ide Kado Valentine untuk Pasangan Selain Cokelat

Biasanya, tempat wisata juga kalau kamu bawa banyak orang, tiket masuknya juga lebih murah. Contohnya seperti pergi ke taman hiburan, biasa ada promo kalau bawa sejumlah orang hanya perlu membayar segini. Harganya jauh lebih murah dibandingkan perorangan.

Itulah 8 tips traveling hemat anti melarat dari kami. Dengan kamu melakukan tips kami diatas, kamu tetap bisa traveling asik tanpa harus melarat saat berwisata.

Okedeh, Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca setia blog.bookingtogo.com. Seperti biasa, jangan lupa untuk beri rating dan bagikan artikel ini ke teman, kerabat, atau keluarga kamu. Thank You!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.