Bagikan Artikel
5
(2)

BookingToGo – Hallo, BTG Travellers! Ingin traveling tapi terkendala biaya? mungkin kondisi ini hampir pernah dirasakan beberapa orang yang ingin traveling. Udah jenuh dengan rutinitas pekerjaan? atasan yang nyebelin? lagi tanggal tua dan belum gajian? Jika seperti itu, kamu pasti ngerasa nge-down banget, kan? Oleh karena itu, kami ingin memberi kamu tips agar bisa traveling hemat tapi anti melarat. Yuk simak tips kami dibawah ini:

    1. Liburan ke Wisata Domestik

      pantai-kelingking-nusa-penida
      Sumber: freepik.com (2021), Credit: @tawatchai07

      Kalau budget kamu terbatas, lebih baik kamu pilih destinasi wisata domestik saja. Ada banyak kok tempat wisata yang bagus di Indonesia. Dari wisata kuliner, wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi, dan masih banyak wisata lainnya di Indonesia loh. Mana mungkin dari Sabang sampai Merauke, tidak ada tempat wisata yang kamu suka.

      Traveling di negara sendiri pasti lebih hemat, karena kamu tidak perlu keluar biaya passport dan visa. Belum lagi nilai mata uangnya yang lebih mahal. Kesimpulannya, kalau ingin wisata Internasional kamu harus punya budget lebih.

    2. Rencanakan Liburan Kamu

      rencana-perjalanan-wisata
      Sumber: pixabay.com (2016), Credit: dariuszsankowski

      Ini penting kalau kamu memang ingin traveling hemat. Kamu jangan pesan tiket pesawat dalam waktu yang mepet, karena sudah pasti harganya akan lebih mahal. Setidaknya rencanakan liburan kamu 4 – 5 bulan sebelum keberangkatan kalau memang kamu harus pakai pesawat untuk sampai tujuan wisata kamu. Rencanakan juga kamu ingin ke wisata mana saja, dan cek di Internet tiket masuk wisatanya berapa.

      Kamu juga bisa pakai forum BookingToGo, dan coba tanya disana. Kami membuat fitur forum tersebut memang untuk kamu berdiskusi soal wisata. Rencana liburannya tidak perlu terlalu detail, kamu hitung biaya transportasi, akomodasi, dan tiket masuk wisata saja. Dari sana kamu sudah punya bayangan kira-kira akan keluar berapa.

    3. Menginap di Hostel

      cara-hemat-traveling-menginap-di-hostel
      Sumber: pixabay.com (2014), Credit: stokpic

      Menginap di hotel memang mahal karena hotel memberikan fasilitas yang lengkap. Tapi kalau kamu ingin traveling hemat, ada baiknya kamu bisa menginap di hostel. Karena harga menginap di hostel jauh lebih terjangkau daripada di hotel.

      Karena tujuan kamu ingin pergi ke berbagai tempat wisata, dan bukan untuk staycation. Kamu bisa tidur dengan nyaman di hostel juga kok. Kamu bisa cek di bookingtogo.com untuk cari hostel dengan harga yang murah, kami memiliki banyak pilihan untuk akomodasi kamu.

    4. Hindari Bawa Barang Berlebih

      tips-hemat-traveling-mengemas-barang
      Sumber: www.freepik.com (2021), Credit: rawpixel.com

      Kalau kamu bawa barang kebanyakan, pasti nanti di bandara kamu akan keluar biaya bagasi lagi. Itu sudah bertentangan sama traveling hemat, bukan? Lagipula dengan membawa sedikit barang, liburan kamu jadi tidak ribet.

      Bawa saja barang dengan ransel, ikuti gaya berwisata ala Backpacker. Nanti kamu juga pasti bakal bawa oleh-oleh, kalau dari awal saja kamu sudah banyak barang nanti pasti nanti bakal keluar biaya bagasi lebih banyak lagi.

    5. Pakai Transportasi Umum

      travel-hemat-naik-bis
      Sumber: freepik.com (2021), Credit: freepik

      Kalau kamu pakai kendaraan pribadi sudah pasti lebih mahal. Belum lagi kalau ban kendaraan kamu kurang angin atau bocor, kamu pasti bakal keluar uang lebih. Tapi, jika kamu naik kendaraan umum, segala resiko saat perjalananan ditanggung oleh penyedia transportasi. Selain itu, kamu juga tidak perlu capek mengemudi karena sudah ada supirnya. Jadi, kalau capek kamu bisa langsung tidur saja di kursi penumpang.

      Baca Juga: Backpacker, Flashpacker, dan Tripper – Gaya Liburan Kamu Seperti Apa?

    6. Pilih Tempat Makan yang Sesuai Budget

      tips-hemat-traveling-hindari-makan-di-restoran
      Sumber: unsplash.com (2014), Credit: @jaywennington

      Makanan restoran sudah pasti harganya lebih mahal. Ada baiknya kamu makan makanan di tempat makan kaki lima saja, karena harganya lebih terjangkau. Selain itu, untuk menghemat pengeluaran traveling kamu juga bisa makan makanan di minimarket.

    7. Ajak Teman Kamu Berwisata

      traveling-bersama-teman
      Sumber: unsplash.com (2018), Credit: @miinyui

      Kalau bawa teman, saat berwisata kamu bisa patungan. Misalnya beli makan dengan porsi yang banyak lalu di bagi-bagi. Semua kenyang dan dengan biaya yang hemat, win – win solution bukan?

      Biasanya, tempat wisata juga kalau kamu bawa banyak orang, tiket masuknya juga lebih murah. Contohnya seperti pergi ke taman hiburan, biasa ada promo kalau bawa sejumlah orang hanya perlu membayar segini. Harganya jauh lebih murah dibandingkan perorangan.

Itulah 8 tips traveling hemat anti melarat dari kami. Dengan kamu melakukan tips kami diatas, kamu tetap bisa traveling asik tanpa harus melarat saat berwisata.

Okedeh, Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca setia blog.bookingtogo.com. Seperti biasa, jangan lupa untuk beri rating dan bagikan artikel ini ke teman, kerabat, atau keluarga kamu. Thank You!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 2

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...