Bagikan Artikel
5
(3)

BookingToGo – Bicara tentang spot diving terbaik, tentunya hal ini sangat dicari oleh para pecinta olahraga diving untuk menikmati liburan.

Dan salah satu lokasi atau spot diving yang cukup terkenal saat ini adalah Pulau Weh, yang terletak di Provinsi Aceh.

Pulai weh sendiri memang dikenal dengan ragam wisata bahari yang indah. Dan salah satunya, adalah spot diving yang sangat diminati kalangan remaja.

5 Spot Diving Terbaik di Pulau Weh

Jika mungkin kamu berencana untuk mengunjungi pulau Weh untuk sekedar liburan ataupun diving, kamu harus banget tau nih 5 spot diving terbaik yang ada di Pulau Weh.

Batee Tokong

batee-tokong-sabang
Sumber: freepik.com

Batee Tokong merupakan spot diving yang sering dikunjungi dan populer di kalangan wisatawan. Terletak dekat dengan Pulau Seulak, yang bisa kamu tempuh sekitar 5 menit perjalanan dari Pantai Iboih. Spot ini menawarkan pengalaman menyelam di antara dinding karang setinggi 25 meter yang tertutup kipas laut atau koral jenis gorgonian. Jika kamu menyelam ke sisi utara Batee Tokong, kamu menuju kawasan bernama Shark Plateau. Di lokasi ini kamu akan menemukan ikan napoleon, kerapu raksasa, bahkan hiu karang sirip hitam (blacktip reef shark).

Batee Gla

batee-gla-aceh
Sumber: unsplash.com (2020), Credit: @shifaz_a

Batee Gla atau biasa disebut “Slippery Rock” merupakan spot diving yang menawarkan deretan bukit batu dengan kedalaman mencapai 40 meter. Lokasi menyelamnya ada di sebelah kanan monumen nol kilometer. Menyelam disini, kamu bisa menikmati pengalaman seru menelusuri celah diantara dua batu raksasa. Selain itu, di Batee Gla merupakan salah satu dari habitat penyu sisik yang tergolong langka, loh.

Baca Juga: Makanan Khas Aceh Yang Enak dan Wajib Kamu Coba!

Pantee Peunateung

dive-sabang-aceh
Sumber: freepik.com, Credit: LuqueStock

Pantee Peunateung merupakan spot diving yang terletak di samping tugu nol kilometer. Merupakan habitat bagi ribuan biota laut dan hamparan terumbu karang warna-warni. Spot menyelam favorit para diver terdapat dinding raksasa dimana kamu bisa menyelam lebih dalam lagi, dan mata kamu akan melihat indahnya hamparan kipas laut (koral jenis gorgonian) bercampur dengan karang pohon hijau (green tree corals).

Arus Balee

spot-diving-arus-balee-pulau-weh
Sumber: unsplash.com (2018), Credit: @pascalvendel

Spot diving Arus Balee terletak di antara pulau Seulak dan pulau Rubia. Arus Balee ini memiliki arus bawah laut yang cukup kuat, sehingga hanya cocok untuk penyelam yang handal. Karena memiliki arus yang kuat, spot ini menjadi tempat favorit bagi gerombolan ikan, contohnya ikan kuwe (giant trevally). Selain itu, jika kamu beruntung kamu bisa melihat ikan pari totol biru (blue spot stingray) yang terbilang cukup langka di spot Arus Balee.

Sophie Rickmers

sophie-rickmers-vessel-aceh
Sumber: unsplash.com (2017), Credit: @tchompalov

Taukah kamu kalau di Pulau Weh ada bangkai kapal era perang dunia kedua? Kapal tersebut bernama Sophie Rickmers, kapal mewah buatan dari Jerman di tahun 1917 – 1920. Namun, lokasi kapal Sophie Rickmers ini berada di kedalaman 50 – 68 meter dibawah laut, tepatnya di Pantai Pria Laot. Sehingga, spot ini hanya boleh dikunjungi oleh penyelam yang berpengalaman saja.

Daftar Harga Menyelam di Pulau Weh

Kamu bisa diving di pulau Weh datang ke Iboih Dive Centre, alamatnya bisa kamu lihat disini. Kami mendapat daftar harga di Stories Instagram Official @iboih_dive_centre, berikut adalah info harganya:

Jumlah Orang Harga Menyelam
1 – 2 orang 345.000 / orang / dive
3 – 4 orang 330.000 / orang / dive
5 – 9 orang 315.000 / orang / dive
> 10 300.000 / orang / dive

 

Notes: 

  • Hanya untuk yang sudah memiliki sertifikat menyelam.
  • Harga menyelam dapat berubah sewaktu-waktu, cek informasi terbarunya di Instagram @iboih_dive_centre.
  • Khusus untuk Sophie Rickmers, ada tambahan biaya 200.000 / orang dan minimal penyelam bersertifikat advance.

Pulau Weh Aceh menyimpan banyak pesona wisata bahari yang indah dan beberapa diantaranya cocok dijadikan tempat untuk aktivitas diving. Sebenarnya ada banyak spot diving di pulau Weh, tetapi 5 daftar diatas merupakan yang terbaik dan paling populer.

Cukup sekian artikel untuk kali ini. Semoga bermanfaat untuk para pembaca setia blog.bookingtogo.com. Seperti biasa, jangan lupa untuk beri rating artikel ini dan bagikan ke teman, kerabat, maupun keluarga kamu. Ikuti terus artikel kami selanjutnya, Thank You!

 

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 3

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...