12 Wisata Hidden Gem di Jogja yang Harus Kamu Kunjungi

Bagikan Artikel
5
(3)
5/5 - (6 votes)

wisata hidden gem di Jogja – Apa yang BTG Traveler pikirkan tentang Jogja? Jogja memang menyimpan banyak sekali wisata alam yang indah. Tidak heran kalau semakin lama semakin banyak yang datang ke Jogja untuk berwisata. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena itu, menemukan wisata hidden gem di Jogja terasa istimewa.

Seiring meningkatnya kunjungan wisatawan, banyak tempat wisata hidden gem di Jogja yang sebelumnya sepi menjadi ramai wisatawan. Karena itu, banyak orang yang akhirnya mencari-cari hidden gem di Jogja. Salah satu alasannya adalah untuk menikmati ketenangan dan menghindari keramaian.

Kalau BTG Traveler tipe yang senang mencari wisata hidden gem di Jogja, berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan:

Wisata Hidden Gem di Jogja

Namun dari banyaknya tempat wisata yang bisa kamu temukan, ternyata ada 5 hidden gem di Jogja yang belum banyak diketahui, dan sangat cocok untuk menenangkan diri, untuk melepas penat serta hiruk pikuk perkotaan.

1. Bukit Pengilon

5 hidden gem di jogja Pemandangan Bukit Pengilon
img via: https://1.bp.blogspot.com/

Menjadi salah satu hidden gem yang cukup unik, Bukit Pengilon merupakan bukit yang memiliki hamparan rumput di ketinggian yang berbatasan langsung dengan pantai. Bukit ini terletak di kaki Gunung Purba Batur, yang merupakan Gunung Berapi Aktif sekitar jutaan tahun lalu.

Karena keindahannya inilah, Bukit Pengilon menjadi spot wisata dan hidden gem bagi para wisatawan. Di ketinggian Bukit Pengilon para wisatawan bisa menikmati indahnya Pantai Wediombo, Pantai Watu Lumbung, Pantai Banyunibo, dan Pantai Siung.

5 hidden gem di jogja spot foto bukit pengilon
img via: https://www.alodiatour.com/

Untuk area perbukitannya juga kerap digunakan untuk camping ground wisatawan, dengan menggunakan tenda pribadi ataupun menyewa di sekitar Bukit Pengilon sembari menikmati keindahan alam, bersantai, atau berfoto.

2. Puncak Segoro

5 hidden gem di jogja Puncak Segoro Jogja
img via: https://visitingjogja.jogjaprov.go.id/

Menjadi salah satu destinasi wisata baru di Jogja, Puncak Segoro merupakan tempat yang cocok untuk menikmati sunset yang mempesona dari pinggir pantai selatan Yogyakarta.

Sesuai dengan namanya, Puncak Segoro merupakan tebing yang terletak di atas lautan yang menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah dan menghadap langsung ke laut kidul Yogyakarta.

Maka dari itu, tak heran kalau banyak para wisatawan yang berbondong-bondong untuk mengunjungi Puncak Segoro untuk menikmati keindahan sunsetnya.

Selain itu parawisatawan juga bisa menikmati beragam fasilitas lain yang disediakan. Mulai dari area parkir, duduk di kursi sembari bersantai, berfoto, dan masih banyak lagi.

3. Curug Sidoharjo

5 hidden gem di jogja Keindahan Curug Sidoharjo Jogja
img via: https://img.harianjogja.com/

Kemudian ada Curug Sidoharjo yang dikenal sebagai curug tertinggi, dengan memiliki ketinggian sekitar 75 meter.

Curug yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo ini, memang menjadi salah satu hidden gem yang tak boleh kamu lewatkan ketika berada di Jogja.

Pasalnya untuk sampai ke curug ini, kamu harus melewati jalanan dengan kontur yang cukup ekstrem, sekitar 10 menit dari lokasi parkir.

5 hidden gem di jogja Curug Sidoharjo Jogja
img via: https://niagatour.com/

Namun setelah melewati halang rintang yang ada, semua rasa lelahmu akan langsung terbayar dengan pemandangan dan juga keindahan Curug Sidoharjo yang masih terjaga hingga saat ini.

Selain kamu bisa bermain air di sekitar curug, tentunya kamu bisa berfoto bersama teman, keluarga, atau pasanganmu. Dan jika kamu ingin bermain air atau mandi di sekitar curug, pastikan kamu tetap dalam pengawasan ya.

4. Geoforest Watu Payung

5 hidden gem di jogja Keindahan Geoforest Watu Payung Turunan Jogja
img via: https://www.datawisata.com/

Menjadi salah satu objek wisata serta hidden gem di Jogja yang sempat viral dan naik daun, Geoforest Watu Payung Turunan memang menawarkan pemandangan alam yang indah dan sayang untuk dilewatkan. Sebab itulah, tak heran kalau banyak wisatawan lokal maupun luar Jogja yang berkunjung ke sini.

Karena keindahan alamnya, Geopark Watu Payung juga menjadi spot bagi para fotographer untuk mendapatkan foto-foto yang menarik, serta menjadi spot yang instagramable untuk mereka yang senang melakukan selfie dengan view perbukitan hijau yang eksotis.

 5 hidden gem di jogja Spot Foto Geoforest Watu Payung Turunan Jogja
img via: https://1.bp.blogspot.com/

Asal muasal tempat ini dinamakan Watu Payung sendiri dikarenakan kawasan wisata ini memiliki sebuah batu besar yang menyerupai bentuk payung. Sedangkan ramainya tempat ini sendiri berawal dari hasil jepretan foto para wisatawan, yang kemudian menjadi perbincangan menarik di dunia traveler.

5. Pantai Srakung

 5 hidden gem di jogja Keindahan Pantai Srakung Jogja
img via: https://images.genpi.co/

Pantai Srakung, merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang belum banyak dikunjungi dan dikenal dengan pemandangannya yang asri dan indah.

Pantai yang berlokasi di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini masih sepi pengunjung. Apabila berkunjung ke sini, kamu tidak akan dikenakan biaya retribusi atau fasilitas.

5 hidden gem di jogja Panorama Pantai Srakung
img via: https://blog.bookingtogo.com/

Pasalnya, pantai ini belum banyak menyajikan fasilitas bagi wisatawan. Dibanding pantai lain di Gunung Kidul, Pantai Srakung memiliki fasilitas yang masih terbatas.

Pantai Srakung memiliki area pantai yang mungil yakni kurang lebih sekitar 15 meter, pada sisi kanan dan kiri pantai terdapat tebing yang seolah mengapit pantai ini.

Kehijauan pepohonan dan rumput liar yang tumbuh di atas tebing akan menambah nuansa kealamian dari pantai ini.

Pantai Srakung cocok menjadi destinasi wisata untuk berlibur sekaligus mencari ketenangan.

Bagi pengunjung yang ingin camping juga bisa mendirikan tenda di sisi pantai ini. Tentunya jangan lupa mempersiapkan peralatan untuk berkemah ya.

6. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan
Sumber: Uny Community

Hutan pinus Mangunan menawarkan suasana yang sepi, sejuk, dan tenang. Kalau BTG Traveler mencari tempat yang tepat untuk menikmati keindahan alam, bermeditasi, merenung, atau sekedar berjalan-jalan dengan tenang, hutan pinus Mangunan bisa jadi pilihan.

Sesuai namanya, wisata hidden gem di Jogja satu ini memiliki pepohonan pinus yang rimbun dan menyejukkan. Kalau BTG Traveler datang di pagi hari, tempat ini bahkan masih diselimuti kabut embun yang dingin. Sehingga terasa seperti berjalan di atas awan.

Tidak jauh dari hutan pinus Mangunan, kamu bisa sekalian berjalan ke Kebun Buah Mangunan. Kalau mau, BTG Traveler juga bisa memetik beberapa buah-buahan sambil menikmati udara sejuk dan embun pagi di Mangunan, Jogja.

Jam Operasional : 06.00–18.00
Tiket Masuk : Rp5.000
Lokasi : Jl. Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Google Maps)

7. Grojogan Lepo Dlingo

Grojogan Lepo Dlingo
Sumber: Alodiatour.com

Lokasi wisata hidden gem di Jogja berikutnya adalah Grojogan Lepo Dlingo. Nama Lepo sendiri sebenarnya singkatan dari Ledok Pokoh yang merupakan nama lengkap air terjun ini.

Di tempat ini, ada tiga air terjun yang bisa kamu kunjungi. Setiap air terjun memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Air terjun paling dalam memiliki kedalaman sekitar 2 meter. Namun, ada juga yang kedalamannya hanya 90 meter.

Kalau BTG Traveler mencari wisata hidden gem di Jogja yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, tempat ini bisa jadi pilihan. Variasi kedalaman air terjun memungkinkan anak-anak hingga dewasa bisa menikmati wisata air terjun dengan aman dan tenang.

Jam Operasional : 06.00–17.00
Tiket Masuk : Rp. 2.000,- untuk parkir motor, Rp 10.000,- untuk parkir mobil
Lokasi : Dusun, Jl. Pokoh, Dlingo, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Google Maps)

8. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang
Sumber: Kabarontime.com

Wisata hidden gem di Jogja berikutnya masih berupa wisata air terjun. Nama air terjun ini menyesuaikan dengan lokasi tempat air terjun ini berada, yaitu di Desa Sampang. Meski masih jarang dikunjungi, wisata satu ini memiliki keindahan yang akan membuat BTG Traveler terpukau.

Air terjun Sampang memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Ditambah lagi, terdapat relief bebatuan di sisi kanan dan sisi kiri air terjun. Jadi, kamu bisa melihat lapisan bebatuan yang indah dan eksotis. Karena keindahannya ini, banyak wisatawan yang menyebutnya sebagai Grand Canyon.

Jam Operasional : 06.00 – 18.00
Tiket Masuk : Gratis
Lokasi : Desa Sampang, Gedang Sari, GunungKidul (Google Maps)

9. Pantai Timang

Pantai Timang
Sumber: RadarJogja.JawaPos.com

Bicara soal wisata hidden gem di Jogja tentu saja tidak lengkap kalau tidak menyertakan wisata pantai. Ada banyak pantai indah yang bisa BTG Traveler temukan di Jogja. Salah satunya adalah Pantai Timang. Pantai yang masih menjadi hidden gem ini adalah salah satu lokasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Selain bisa menikmati suasana pantai, BTG Traveler juga bisa merasakan keseruan naik gondola melintasi pantai. Gondola di pantai ini terbuat dari kayu akasia, katrol, dan tali tambang yang sangat kuat. Namun, satu gondola hanya bisa membawa satu orang saja.

Selain sebagai hiburan, gondola ini juga berfungsi sebagai alat untuk menyeberang ke Pulau Timang. Jaraknya sekitar 98 meter dengan ketinggian sekitar 9 – 11 meter di atas permukaan laut. Jadi, kamu bisa melihat keindahan alam Pantai Timang dari atas gondola.

Jam Operasional : Sabtu – Kamis, 08.00 – 17.00
Tiket Masuk : Rp10.000
Lokasi : Jalan Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul (Google Maps)

10. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut
Sumber: Wikipedia

Selain pantai, Jogja juga memiliki banyak wisata air terjun yang bisa BTG Traveler kunjungi. Wisata air terjun selanjutnya adalah air terjun Kedung Pedut. Air terjun ini memiliki keunikan pada warna airnya. Air terjun Kedung Pedut memiliki air yang jernih dan dapat berubah warna menjadi hijau muda yang memanjakan mata.

Saat berkunjung ke Kedung Pedut, BTG Traveler dapat menikmati keindahan alam aliran sungai dan warnanya yang cantik. Kalau mau, kamu juga bisa berfoto di sekitar area air terjun atau di beberapa spot foto yang tersedia. Ada juga wahana tambahan lain seperti flying fox yang bisa kamu coba saat berkunjung ke wisata hidden gem di Jogja satu ini.

Jam Operasional : 08.00 – 15.30
Tiket Masuk : Rp11.000
Lokasi : Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (Google Maps)

11. Puncak Segoro

Puncak Segoro
Sumber: Kilat.com

Bagi BTG Traveler yang senang dengan pemandangan matahari terbenam, BTG Traveler bisa datang ke Puncak Segoro. Tempat ini masih terhitung sebagai tempat wisata hidden gem di Jogja karena baru dibuka beberapa waktu belakangan. Sehingga belum banyak wisatawan yang datang ke tempat ini.

Lokasi Puncak Segoro berada di antara tebing di atas laut. Sehingga pemandangan dari tempat ini terlihat indah dan memukau. Apalagi kalau BTG Traveler datang sekitar waktu matahari terbenam. Dijamin keindahannya tidak akan mudah dilupakan.

Jam Operasional : 08.00 – 18.00
Tiket Masuk : Rp5.000
Lokasi : Wiloso, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Google Maps)

12. Pantai Srakung

Pantai Srakung
Sumber: TuguJogja

Wisata hidden gem di Jogja lainnya yang berada di pantai adalah Pantai Srakung. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah, asri, dan eksotis. Tempatnya tidak terlalu besar, namun masih sepi pengunjung. Sehingga kealamiannya masih terjaga dan suasananya juga terasa tenang.

Kalau kamu berencana untuk mencari tempat tenang untuk bersantai atau berkemah, Pantai Srakung bisa jadi pilihan. Lokasinya diapit oleh dua tebing yang menjulang tinggi. Sehingga cocok untuk menikmati angin laut sambil berpiknik. Jangan lupa untuk membawa peralatan piknik dan kemah sendiri, ya.

Jam Operasional : 24 jam
Tiket Masuk : Gratis
Lokasi : Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Google Maps)

Itulah 7 wisata hidden gem di Jogja yang bisa kamu kunjungi untuk bersantai sendiri, berkumpul bersama teman, atau pun menikmati liburan bersama keluarga.

Promo Booking Hotel 2024

Sebelum pergi ke Jogja, Jangan lupa untuk melihat aplikasi Bookingtogo dan temukan berbagai penawaran terbaik untuk pembelian tiket pesawat dan hotel. Smart Booking, Easy Travel!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 3

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like