Bagikan Artikel
Rate this post

Haloo BTG Travellers! Kita bahas semarang yuk!. Semarang adalah kota yang berada di Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini punya beragam tempat wisata dan kuliner yang menarik banget buat dikunjungi. Selain itu, Semarang juga memiliki berbagai bangunan bersejarah yang masih terjaga dengan baik, seperti Lawang Sewu dan Gereja Blenduk. Meskipun terletak di kawasan perkotaan, Semarang juga memiliki banyak taman dan ruang terbuka hijau yang bisa kamu kunjungi untuk bersantai. Selain itu kamu bisa menemukan juga berbagai macam makanan dan minuman khas Semarang yang pastinya bakal memuaskan lidahmu serta bisa dinikmati untuk berbuka puasa di bulan suci Ramadan ini.

Nah kalau kamu ada di Semarang dan ingin mencari tempat makan yang cocok untuk berbuka puasa, berikut ini beberapa rekomendasi kuliner yang bisa kamu coba di semarang

Nasi Gandul Pak Memet

Kuliner di Semarang Nasi Gandul Pak Memet
Nasi Gandul Pak Memet by Sunarto Narto on Google Maps

Nasi gandul adalah makanan khas yang berasal dari Pati Jawa Tengah, makanan ini sendiri berupa nasi putih yang diberi lauk empal atau daging sapi dengan bumbu bacem, lalu diguyur kuah gurih yang diolah dengan berbagai rempah. Kelezatan dari makanan ini mulai menyebar ke berbagai daerah, dan menjadi hidangan yang cukup populer terutama di Semarang. Nah salah satu rekomendasi nasi gandul di Semarang yang cukup populer adalah nasi gandul warung pak memet. Kenikmatan dari nasi gandul ini terletak pada kuahnya yang terasa gurih dipadukan dengan bumbu rempahnya. Nasi gandul ini cocok banget dimakan di malam hari terutama saat buka puasa. Kamu juga bisa memilih berbagai lauk yang ditawarkan disini diantaranya seperti kikil, otak sapi, lidah sapi, dan lainnya.

Alamat Jalan Dokter Cipto No.12, Bugangan, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah 50123
Jam Buka Setiap Hari 16:00 – 22:00
Kisaran Harga Dibawah Rp. 50.000 / orang (sudah termasuk makan dan minum)

Nasi Ayam Bu Wido

Kuliner di Semarang Nasi Ayam Bu Wido
Nasi Ayam Bu Wido by Soffian Joyopranoto on Google Maps

Nasi ayam bu wido ini adalah nasi ayam dengan berbagai lauk yang diguyur dengan kuah, memang sekilas hidangan ini mirip nasi liwet khas solo, cuma yang membedakannya adalah di kuahnya, jika nasi liwet solo menggunakan kuah areh, nasi ayam ini menggunakan kuah opor kuning sebagai kuahnya. Nasi ayam bu wido berisi lauk suwir, krecek, telur dan sayur labu, rasanya yang segar dan gurih bisa banget menemani kamu untuk berbuka puas loh. Kalau kamu kurang puas dengan menu standar yang disajikan kamu bisa menambah aneka lauk seperti sate usus, sate telur puyuh, dan sate ampela ati. Selain itu ada juga lauk lain yang bisa kamu pilih seperti tambahan kepala ayam, dan sayap ayam.

Baca Juga:  5 Wisata Kuliner Solo Legendaris Yang Sering Dikunjungi
Alamat Jl. Melati Selatan, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50135
Jam Buka Setiap hari 16:00 – 23:00
Kisaran Harga Mulai dari Rp. 3.000 – Rp. 32.000

Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik
Es Puter Cong Lik by Wijaya Gunawan on Google Maps

Es puter cong lik salah satu kuliner di semarang ini adalah sejenis es krim yang proses membuatnya sangat tradisional karena dalam pembuatannya bahan-bahan es krim ini dimasukan ke dalam tabung besar yang terbuat dari alumunium dan sisi sisinya diberi garam krosok serta es batu kemudian diputar, sehingga nantinya es akan cepat membeku dan siap dijual. Resep pembuatannya ini pun merupakan warisan yang diberikan oleh salah satu orang belanda yang pernah penjual ini kenal dulu.

Varian rasa dari es puter ini pun beragam, diantaranya adalah cokelat, kelapa muda, durian, dan alpukat. Disini yang paling minboo rekomendasiin adalah rasa durian ya BTG Travellers, karena varian ini yang paling laris dibeli loh dan memang sangat enak. Selain varian rasa, es puter ini juga punya isian yang beragam seperti kolang kaling, potongan roti, dan sagu mutiara. Dijamin deh kalau kamu makan es puter cong lik ini kamu pasti bakal nagih lagi buat nambah, apalagi dinikmatin saat berbuka pusa.

Alamat Jl. Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50241
Jam Buka Setiap hari 18:00 – 23:00
Kisaran Harga Rp. 20.000 – Rp. 40.000 / orang

Nasi Goreng Babat Hengky

Nasi Goreng Babat Hengky
Nasi Goreng Babat Hengky by Ema Putri on Google Maps

Nasi goreng memang makanan yang sudah pasti ada di berbagai kota di Indonesia, termasuk di Semarang. Buat kamu BTG Travellers yang mau mencoba berbuka puasa dengan hidangan nasi goreng yang disajikan dengan unik dan rasanya yang khas kamu bisa coba nasi goreng babat hengky. Salah satu kuliner di semarang ini menyediakan menu nasi goreng dengan isian daging babat, dan juga untuk proses pembuatannya berbeda dari yang lain karena dalam memasaknya mereka menggunakan kayu bakar untuk membuat nasi goreng ini sehingga aroma dari bakaran kayu yang khas akan menambah keunikan rasa dari nasi goreng yang disajikan sudah pasti harum deh. Rasa gurih dan manisnya juga membuat hidangan ini sangat istimewa. Sudah pasti kalau kamu sekali nyoba nasi goreng ini bakal bikin kamu pingin kembali suatu saat nanti.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Kuliner Korea untuk Musim Gugur
Alamat Tawangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah
Jam Buka Setiap hari 17:00 – 23:00
Kisaran Harga Mulai dari Rp. 20.000 – Rp. 100.000 / orang

Baca Juga : Makanan Khas Semarang yang Wajib Kamu Coba!

Mau Coba Semua Kulinernya? Yuk Pilih Hotel Terdekatnya!

Nah itu tadi 4 rekomendasi kuliner di semarang yang bisa kamu coba saat nanti buka puasa. Buat kamu yang mau nyoba semua hidangannya jangan khawatir kamu juga bisa sekalian staycation bersama keluarga maupun pasangan selagi menelusuri kota Semarang ini loh salah satu hotel yang minboo rekomendasiin terdekat dengan 4 kuliner tadi adalah Hotel Tentrem Semarang ya BTG Travellers, selain hotel ini berbintang 5 dan recommended banget, Hotel ini juga Kids Friendly buat kamu yang membawa si kecil berlibur ke semarang loh, Yuk segera booking hotelnya dengan promo dari BookingToGo!

Promo tiket pesawat, dan kereta api maret 2023

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.